08 Desember 2010

Resep Karakeling - Telur Gabus Bersalut Gula


Resep Karakeling - Telur Gabus Bersalut Gula

Kue ini termasuk dalam jajaran kue tradisional. Saya memperoleh resepnya dari majalah Sedap edisi 5/II/2001, berdasarkan informasi di dalamnya kue ini berasal dari Medan. Berhubung di kulkas saya masih ada tepung ketan jadi saya sekalian memanfaatkan sisa bahan yang daripada keburu kedaluarsa. Sebenarnya, kue ini mudah pembuatannya. Hanya saja pastikan minyak untuk menggorengnya betul-betul dingin. 

Menunggu minyak mendingin itulah yang membuat prosesnya menjadi agak lama. Jika minyak kurang dingin maka kue tidak akan mengembang dengan baik dan hasilnya permukaan kue tidak mulus tetapi bopeng-bopeng kasar.  Jadi kesabaran sepertinya dituntut untuk membuatnya. Saya sendiri sambil menunggu minyak mendingin, saya gunakan untuk membaca buku dan browsing internet :)

Ini resepnya jika anda tertarik untuk membuatnya.

Resep Karakeling - Telur Gabus Bersalut Gula

Karakeling - Telur Gabus Bersalut Gula
Resep diadaptasikan dari majalah Sedap, Edisi 5/II/2001

Bahan kue:
- 300 gram tepung ketan (resep asli 225 gram)
- 4 butir telur ayam
- 1/4 sendok teh garam
- minyak untuk menggoreng

Bahan besta:
- 200 gram gula pasir
- 1/4 sendok teh cuka
- 100 ml air
- 1 sendok makan minyak

Cara membuat:
Kocok telur menggunakan mixer hingga kaku. Matikan mixer. Masukkan tepung ketan dan garam. Aduk rata, uleni hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Tambahkan tepung ketan sedikit-sedikit jika masih lengket.

Bentuk kue menjadi angka delapan.

Resep Karakeling - Telur Gabus Bersalut Gula

Siapkan wajan, beri minyak agak banyak. Rendam kue terlebih dahulu ke dalam minyak dingin. Jangan terlalu banyak memasukkan kue karena kue akan mengembang.

Taruh wajan di atas api kecil hingga mekar. Goreng hingga kuning kecoklatan.

Resep Karakeling - Telur Gabus Bersalut Gula

Lapisan besta: Panaskan minyak, masukkan gula pasir dan air, aduk hingga gula mencair, kental dan berambut. Masukkan kue, aduk-aduk. Matikan api. Terus aduk kue dan gula hingga seluruh permukaan kue terselimuti. 

Dinginkan dan simpan kue dalam wadah kedap udara. Selamat mencoba!

Source: 
Majalah Sedap, Edisi 5/II/2001




20 komentar:

  1. mbak, thx bgt resepnya,saya yg asli medan malah ga tau resepnya pdhl suka sekali makanan ini. ada juga yg bilang namanya 'kue angka lapan'. sekedar info aja ya mbak,di Medan ga ditemukan lagi. adanya di daerah padangsidempuan sekitar 12 jam dari Medan. qiqiqi. syusyeee...kali.wajib coba nih...thx lagi ya mbak.....:)
    rgrds---dina---

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dina, makasih atas komentarnya ya. Yep, kue ini udah jarang ya hahah, bikinnya padahal gampang banget, bisa buat nostalgia waktu makannya ya. ^_^

      Hapus
  2. hai mbak endang,
    saya dina lagi....:)
    saya mau izin copy resepnya buat event 'jajanan tradisional Indonesia" di NCC (tentu dengan menyertakan linknya kesini). boleh kan? Saya udh cobain resepnya , top markotob deh
    thx sebelumnya...

    rgrds==dina==

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dina, sip silahkan di share resepnya. Thanks sharingnya disini. ^_^

      Hapus
  3. Mba...bantu aku dunk, kok adonan ku kepyar ya kyk mau bkin kue putu!! Hiks....
    Aku kocok telurnya smpe buih gt....trus aku mix ma tepungnya kok mlh kepyar yak!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba evi, masukkan tepung ketannya bertahap, jangan sekaligus sambil diuleni, kalau dirasa sudah cukup, adonan kalis, lembab, jangan tambahkan tepung ketan lagi. Telurnya kudu dikocok sampai kembang dan pekat ya.

      Hapus
  4. Mbak Endang, ini tekstur kuenya renyah atau cenderung keras ya? tepung ketannya bisa diganti tepung lain kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, teksturnya renyah ya, nggak bisa ganti tepung lainnya ya, carakeling sama kek telor gabus, pakai ketan

      Hapus
    2. baiklaah.. terimakasih banyaak..

      Hapus
  5. Halo Mbak Endang, salam kenal saya Maria.

    Saya sudah coba 1/2 resep saja, lalu tepung yang terpakai hanya 110 gr. Lalu karena saya malas sekali jadi saya enggak mau nunggu sampe kelamaan sampe minyaknya dingin betul (cuma pakai satu panci buat goreng).

    Jadi pertama kali saya masukkan adonan dalam minyak dingin di panci penggorengan, setelah cukup, saya nyalakan kompor dengan api sedang. kemudian saya goreng2 sampe kering, angkat, api kompor saya matikan, panci saya sisihkan. lalu saya ambil piring kecil yg di kasih sedikit minyak, saya masukkan secukupnya adonan kue, setelah cukup, adonan saya pindah ke panci lalu taruh diatas kompor dengan api sedang lagi.

    cara ini cukup sukses buat saya, adonan mengembang, renyah tanpa menunggu berjam2. cuma sayang saya sepertinya gagal nge bestak nya, gula nya. Hasilnya gula tetep lengket seperti karamel, tidak keras. tapi enak sih :D

    Terima kasih buat blog nya, sangat membantu buat saya yg pemula di dapur.

    Maria

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Maria, salam kenal juga ya. Wah caranya mantap juga ya buat megakali, memang yang menjengkelkan bagian menggorengnya ya, ribet bener wakkakka. thanks sharingnya ya Mba. Untuk bestak gulanya memang rada2 ribet sayangnya waktu itu saya gak ambil foto2nya, maklum saat itu blognya masih baru mulai wakakkak

      Hapus
  6. Mba,aq dah bikin sampe 2 kali
    Tapi kenapa jadinya ngga renyah ya,tapi empuk gitu kaya roti,tapi enakk sih,cuma pengen versi garingnya mba,kira2 salahnya dimana ya mba
    Makasih ya untuk resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sya, mungkin kurang lama menggorengnya ya, atau ukurannnya kurang kecil. Saya sudah lama buanget membuat makanan ini jadi agak lupa2 ingat hehehhe

      Hapus
  7. mbaa cara buat bestaknya, kya caramel ya mba, minyak dipanaskan sampai gula mencair, tp di fotonya gula nya kaya putih.. mohon advicenya yaa mba

    BalasHapus
  8. mba mohon bantuannya, saya mau buat kue lebaran buat karakeling.. yang sy mau tanyakan , wktu buat bestak gulanya ga smpae cair banget ya, mksdnya ga smpai jadi caramel gituu ya, fungsi cuka untuk apa ya mba, bisa diganti jeruk nipis tidak? terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Jasmine, hanya sampai gula berserabut dan pekat ya, bukan hingga sampai menjadi karamel. Untuk sampai menjadi karamel, gula harus dimasak agak lama. Untuk bestak ini tidak memerlukan waktu lama ya.

      waduh terus terang saya sendiri heran ada cuka di resepnya, tapi memang resep aslinya seperti itu ya. mungkin bs digantikan dengan air jeruk nipis ya Mba

      maaf jika jawaban saya terlalu lama ya

      Hapus
  9. Mbak, kalaulah zaman dululah pake dijemur segala nih kue...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaah saya nggak tahu itu wakakka, susah juga ya buat kue trdisional hehhe. thanks infonya ya Mba

      Hapus
  10. Sepulang kerja bikin kue ini. . .
    Waktu tepung dimasukkan ke kocokan telur, saya masukkan seluruhnya, akibatnya adonan kebanyakan tepung. . .
    Bingung, sampai akhirnya saya kocok lepas satu buah telur lalu diuleni hingga kalis. . .
    Sempat deg deg an, takut tidak sesuai yang diharapkan, ternyata eh ternyata si kue renyah dan enak. .:D

    Tips dari saya: Buatlah ketika Anda benar-benar memiliki waktu luang, ketika malam semakin larut dan orang-orang dirumah telah bermimpi indah, saya masih berkutat di dapur, sampai akhirnya menyerah karena ngantuk dan ada sedikit adonan yang terbuang. . . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakak, ini kue jadul Mba Risa, waktu itu saya buat tapi setelahnya gak tahu mau diapain, yang ngabisin gak ada wakakak. Capek bikin ini heheheh. Thanks sharingnya yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...