Pages

04 Januari 2011

Resep Homemade Susu Kedelai

Resep Homemade Susu Kedelai

Membuat susu kacang kedelai sendiri sementara di luaran banyak yang menjualnya? Merepotkan. Pasti kata itu yang pertama kali melintas di benak anda. Tetapi tahukah anda walaupun prosesnya panjang tetapi hasilnya sangat worthed? Selain lezat, dengan membuatnya sendiri anda bisa menjaga higienitas dan kemurniannya. Saya pernah melihat berita di satu stasiun televisi bahwa banyak susu kacang yang dijual di luaran tidak murni terbuat dari kacang kedelai, beberapa diantaranya dicampur dengan kapur. Bisa anda bayangkan, jika susu kacang seperti ini dikonsumsi terus menerus? Bukan sehat yang anda peroleh tetapi berbagai penyakit, salah satunya adalah batu ginjal datang menyerang.

Jadi, jika anda memang menggemari susu kacang kedelai, pastikan anda membelinya di penjual susu kacang yang terpercaya dan anda tahu sendiri proses pembuatannya. Atau seperti yang saya lakukan, membuat sendiri di rumah. Dengan peralatan sederhana, karena saya tidak memiliki soy milk maker, susu kacang yang lezat dan murah meriahpun bisa anda sajikan di rumah.

Resep Homemade Susu Kedelai

Jika anda telah mencoba membuatnya sendiri di rumah hanya saja  agak kecewa karena bau langu yang biasanya mengikuti susu kedelai atau ternyata susu membentuk endapan walaupun telah disaring, atau ketika susu disimpan di kulkas susu menjadi terpisah antara air bening da cairan kentalnya, maka saya punya tips untuk mengatasinya. 

Dengan cara ini susu kedelai bebas endapan dan bebas bau.
  1. Rebus kedelai terlebih dahulu sebelum di haluskan
  2. Tambahkan wijen dan blender bersama-sama dengan kedelai, untuk susu kedelai wijen anda bisa klik websitenya disini.
  3. Gunakan air matang saat memproses kedelai di blender.
  4. Saring menggunakan kain halus, saya menyaringnya 3 kali, 2 kali saat susu belum direbus kemudian saring sekali lagi saat susu telah direbus dan dingin.
  5. Karena tidak menggunakan bahan pengawet sebaiknya susu hanya menginap satu malam saja di dalam kulkas.  
  6. Rebus susu dengan api sangat kecil, sambil diaduk-aduk dan jaga jangan sampai susu mendidih. Ketika telah muncul letupan pertama di permukaan susu maka segera matikan api kompor, melanjutkan memasak hingga susu mendidih akan membuat susu menjadi menggumpal dan pecah. 
  7. Di literatur yang saya baca, untuk mengentalkan susu bisa ditambahkan oatmeal atau quick oat pada saat diblender sebanyak 1 atau 2 sendok makan (saya belum mencobanya), anda bisa klik websitenya disini.
Untuk varian rasanya, supaya tidak bosan anda bisa menambahkan vanilla, bubuk coklat,  cappuccino, pandan atau essence jeruk. Sebagai bahan pemanisnya, untuk anda yang menghindari gula maka gunakan saja madu.  Semakin sedap kan? 

Yuk kita intip cara membuatnya.

Susu Kacang Kedelai
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk sekitar 2 1/2 liter susu

Peralatan yang diperlukan:
- Blender
- Kain bersih untuk menyaring
- Saringan besi atau plastik
- Baskom
- Panci
- Botol kaca yang bersih untuk menyimpan susu

Bahan:
- 300 gram kedelai
- 2 liter air matang
- 200 gram gula pasir (terserah anda)
- 2 sendok makan wijen untuk menghilangkan bau langu kedelai

Cara membuat:
Pertama-tama cuci bersih kedelai, kemudian rendam kedelai  dengan air yang cukup banyak, karena kedelai sangat menyerap air jadi pastikan airnya tidak kurang supaya kedelai mekar sempurna. 

Resep Homemade Susu Kedelai

Rendam minimal 6 jam atau semalaman. Ganti airnya jika terlihat mulai berbusa. Jika anda terlanjur merendam kedelai sementara belum memiliki waktu untuk membuatnya, masukkan saja kedelai yang terendam air ke dalam kulkas.

Resep Homemade Susu Kedelai

Gosok-gosok kedelai dengan kedua permukaan telapak tangan hingga kulitnya mengelupas, kita tidak akan menyertakan kulit ini ke dalam susu, selain menyulitkan ketika proses penghalusan juga membuat ampas kedelai menjadi kasar. Semaksimal mungkin buang kulit arinya, saya tahu ini agak menyulitkan jadi lakukan semampu anda. 

Resep Homemade Susu Kedelai

Tiriskan kedelai. Masukkan ke dalam panci tambahkan air hingga menutupi permukaan kedelai. Rebus hingga air mendidih, angkat. Fungsinya adalah untuk memblanching kedelai sehingga mengurangi bau langu yang biasanya ada pada susu kedelai. Tiriskan.

Resep Homemade Susu Kedelai
Resep Homemade Susu Kedelai

Masukkan separuh kedelai ke dalam blender, beri 500 ml air matang dan 1 sendok makan wijen. Proses hingga halus. Tuangkan ke dalam baskom atau wadah penampung lainnya.  Ulangi proses pada sisa kedelai, blender kedelai dengan menambahkan 500 ml air matang + 1 sendok makan wijen. 

Resep Homemade Susu Kedelai

Saring bubur kedelai dengan menggunakan kain bersih, sebaiknya gunakan kain yang tipis dan halus supaya susu mengalir lancar. Karena saya tidak memilikinya maka saya menyaringnya menggunakan serbet bersih, kainnya agak tebal sehingga memerlukan waktu agar susu mengalir lancar. Peras hingga tidak ada air susu yang keluar. Proses kembali ampas kedelai di blender dengan menambahkan 1 liter air, kemudian ulangi proses menyaring.

Resep Homemade Susu Kedelai
Resep Homemade Susu Kedelai
Resep Homemade Susu Kedelai
Resep Homemade Susu Kedelai

Ampas kedelainya bisa anda olah menjadi makanan yang lain, saya menambahkan wortel parut, telur, tepung terigu, cabai dan bumbu, kemudian digoreng dalam minyak panas. Jadi deh lauk teman makan nasi :). Lezat.

Resep Homemade Susu Kedelai

Susu kedelai yang terkumpul di masukkan ke dalam panci tapi untuk memastikan supaya susu benar-benar halus bebas endapan, saring beberapa kali lagi saat susu kedelai anda tuangkan ke panci. Saya menggunakan saringan teh kecil.

Resep Homemade Susu Kedelai

Rebus susu kedelai dengan menggunakan api kecil, tambahkan gula dan essence lainnya (pandan, coklat, lemon) jika suka. Aduk-aduk selama proses perebusan supaya susu tidak pecah. 

Tips supaya susu tidak pecah:
- Gunakan api sangat kecil saat merebus, supaya panas susu merata dan mencegah susu tidak pecah.
- Aduk-aduk terus selama susu direbus, agar suhu susu merata
- Rebus hanya hingga muncul letupan pertama di permukaan susu. Jaga jangan sampai susu mendidih. Susu yang mendidih akan membuat protein yang terkandung di dalamnya menggumpal sehingga susu tampak bergerindil atau bahkan pecah, karena itu gunakan air matang saat menghaluskan kedelai.

Jika tampak letupan pertama di permukaan susu, segera angkat susu dari kompor.

Resep Homemade Susu Kedelai

Saat susu mendingin saring susu sekali lagi, karena pada saat dingin akan muncul lapisan tipis diatas permukaannya. Lapisan tipis ini bisa dimakan, jika di pabrik pengolahan tahu besar lapisan ini diolah menjadi kulit kembang tahu. 

Nah, susu kedelai kita siap untuk dinikmati. Rasanya lezat dan tidak langu lho.  

Sources:
Vegan Yum Yum, Homemade Organic Soy Milk 
Soy Milk Maker, Soy Milk Recipes 
Supreme Master Television, Susu Kedelai Wijen 

78 komentar:

  1. mba,saya pernah baca artikel klo susu kedelai yg baik itu, yg sudah di fermentasikan, prosesnya sama kaya yoghurt x ya mba

    BalasHapus
  2. Halo, hmm maaf ya saya belum pernah membaca mengenai susu kedelai fermentasi mungkin mirip yoghurt ya.

    BalasHapus
  3. pengen nyoba daripada beli...thengs infonya

    BalasHapus
  4. bisa tahan brapa lama dikulkas?

    BalasHapus
  5. mba, dengan resep ini jadinya brp ml?

    BalasHapus
  6. Hi Mbak Endang, senang sekali jika mampir ke blog Mbak :) Kemarin aku mencoba resep susu kacang homemade, n yippiee...sukses 99% dipuji suami:) kegagalannya karena saringan ampasnya masih ada, padahal aq udah saring 3x dgn saringan kawat yg kecil (mungkin harus benar2 pakai kain yah mbak).

    Mbak Endang, bisa bagi tips gimana cara cepat utk memisahkan kulit kacang kedelai dengan kacangnya setelah rontok? Utk memisahkannya ini butuh waktu lama mbak, nempel. Selain itu, bisa gak yah mbak klo kacang kedelainya dikupas dulu utk disimpan sebagai stok karena proses bersihinnya itu luama? Jadi sewaktu mw bikin, tgl diblender gitu.

    thanks yah mbak for sharing:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya juga punya masalah yang sama, suka susah misahin kulit dan biji kacang, sampai sekarang belum nemu caranya, akhirnya dicomot deh satu2.

      Yep, saringnya harus pakai kain supaya hasil susu halus, pakai saringan kawat tidak terlalu oke.

      Nah sekarang kudu bikin egg tofunya tuh dari susu kedelai, gampang banget buatnya: http://www.justtryandtaste.com/2013/05/homemade-egg-tofu-mudahnya-membuat-tahu.html

      Sukses ya! ^_^

      Hapus
  7. hai mba.. weekend kmrn saya praktekin resep ini.. alhmdlh berhasil.. TQ mba endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Non, sip, buatan sendiri lebih puas dan kental. Kalau dah coba ini buat sekalian egg tofunya tuh, resepnya ada di JTT ^_^

      Hapus
  8. mba endang, saya mau tanya kalau beli kacang kedelai nya di mana mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di pasar banyak kok Mba, di toko sembako atau di supermarket jga banyak. saya beli di lotte, sudah dipacking ukuran 1/4 kg.

      Hapus
  9. Hi Mbak Endang,

    Ampas kedelainya bisa di olah juga jadi makanan yah mbak?
    Baru pernah denger nih...share donk mbak penampakannya...

    ditunggu yah.

    makasih,
    Sandra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sandra, bisa dibuat perkedel kasih bumbu bawang dan merica, plus telor dan sedikit tepung sagu, dan daun bawang, lumayan enak juga wakkak. Sayang saya gak punya fotonya dan gak pernah bikin susu kedelai lagi hehheh.

      Hapus
  10. informasi nya bermanfaat mbak, sy mau coba ah nanti sehabis pulang kantor :)

    BalasHapus
  11. Dear Bu Endang ..

    Salam kenal saya Rintant, mau tnya bu.mungkin agak meyimpang ya dr resep susu kedelai,,saya mau tanya soal susu mint,, bu, coba dunk dibikin susu mint, saya pernah baca blogsnya tmn, dia dikasih susu mint waktu di italia, nah aku penasran pgn nyoba hehehhe , udah nyari2 g nemu2 resep yg oke.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rintant, saya belum pernah dengar susu mint, mungkin susu dicampur daun mint kali ya hehehheh. coba googling saja untuk hal ini.

      Hapus
  12. saya doyan banget soya, tapi selama ini ya beli dilangganan pembuat soya, nah berhubung sekarang anak saya udah 1 tahun dan mulai makan apa aja yang bisa dimakan hehehehe....jadi sedikit worry mau makan ato jajan kl bukan buatan sendiri, jadi inspirasi banget deh soya nya mbak endang. hhhmm....blm sempat eksekusi soya mbak tapi dah saya cantumkan dalam agenda kerja dapur saya.. hihihihi... semoga sukses buat soya nya., doakan saya ya ..(kayak mo perang aja ya mbak..)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Mba Ony, pasti sukses kok, gak susah membuatnya hehhehe. thanks sharingnya ya.

      Hapus
  13. mbaaa, untuk proses kembali ampas kedelai di blender dengan menambahkan 1 liter air, kemudian ulangi proses menyaring itu maksudnya setelah diperas, ampasnya diblender dan disaring yang kedua kali atau maksudnya proses blender itu untuk yang setengahnya lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, setelah blenderan kedelai di peras, ampasnya tambahkan kembali air 1 liter, blender kembali kemudian saring dan peras lagi ya. Jadi kita proses dua kali supaya sari kedelai benar2 terperas habis.

      Hapus
  14. halo mba saya mau tanya nih
    saya pernah bikin susu kacang tapi kenapa saat disimpan di kulkas pas airnya sama susu jadi misah ya? tolong jawab ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba tri, sy juga mengalami hal sama kok, mengendap, biasanya saya kocok saja, umumnya homemade kaya gitu ya. beda sama pabrik

      Hapus
  15. halo mba endang....
    saya udah cobain buat bikin susu kedelai ini dan rasanya..
    top bgt, bau langunya bner2 ilang,,

    mama saya yg alergi susu sapi, lantas langsung saja menyukai susu ini,,
    thanks mba endang buat resepnya...

    =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Roselyana, thanks sharingnya ya Mba, senang sekali susu kedelainya disuka.

      Hapus
  16. tiap bkin soya homemade ini langsung dieksekusi jd egg tofu trs, scara pd doyan bgt gituh.. dan berhubung aq gak suka soya krn trauma tiap beli psti langunya gak ilang2, jd aja dibikin egg tofu klo bkin soya.. nah kmarin si mama tiba2 beliin kacang kedelai, ktnya mw mnum soya, jgn dibikin egg tofu, jadi lah pagi ini smua mnum soya, krn penasaran aq pun mnum jg, wuihh beda bgt ya sm beli diluaran.. gak langu n lezaaattt... seketika hilanglah trauma mnum soya wakakaka
    tapi tetep, gak mau beli diluaran, msti langu dah.. kapokkk...
    tp aq minus wijen mba, bgitu aja udah gk langu gmn pake ya..
    anyway thanks ya mba.. berkat resep mba jd bs mnum soya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba bella, yep sekarang saya juga kalau buat susu kedelai larunya ke egg tofu, habis bisa makan banyak egg tofu kalau buat senndiri, beli mahal banget mana cuman dikit kan. hehehhe

      thanks sharingnya ya mba. senang sekali resepnya disuka.

      Hapus
  17. Hallo mbak say mau tny kalo susu yg sdh dibuat tp pecah krn lupa diaduk apa masih bs diselamatin tuh susu? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap bisa dikonsumsi hanya saja tampilannya udah gak oke, pakai buat campuran jus saja atau kuah sayuran pengganti santan, tetap enak kok

      Hapus
  18. Mbak Endangg,,... entah resep ke berapa ini yang aku coba, hasilnya mantapp. Aq tambahin sedikit gula merah dan jahe, rasanya tambah jozz.

    Sedikit tips untuk memisahkan kedelai dengan kulitnya, saya rebus dlu baru saya remas2, kulitnya cepet banget terkelupas, tambahkan air banyak, otomatis kulitnya terapung di atas, tuang air utk dibuang, nanti kulitnya yg terbuang duluan. Lakukan sampai benar2 bersih. Hasilnya cukup menghemat waktu, saya buat susu kedelai homemade ini gak sampai 1 jam.hehe...Thx mbak...Maaf kebanyakkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah thanks sharing dan tipsya ya mba, mantap banget keknya, kebetulan masih ada sisa kedelai di dapur, mo bikin juga jadinya heheheh

      Hapus
  19. malqm mba.sya ingin tanya berapa lama ya waktu yang dibutuhkan untuk merebus sari kedelai yang sudah diblender..saya sudah menyaring dan merebus awal nya bagus sperti susu.tapi sesudah direbus sampai mendidih dengan api kecil dan sambil diaduk malah menjadi pecah dan tidak menyatu.itu kenapa ya mba..apa saya merebus terlalu lama ya? dan solusi nya bAgaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Denny, Kendala membuat susu kedelai sendiri selama ini memang susu jadi terpisah di kulkas antara bagian kental dan airnya. Nah minggu lalu saya coba lagi, kali ini saya pakai air matang saat blender kedelai. Dan hanya rebus sampai muncul letupan kecil saja di permukaan susu. Susu tidak sampai mendidih. hasilnya bagus, tidak menggumpal dan tidak terpisah saat di kulkas.

      jangan merebus susu sampai mendidih, karena protein di susu akan menggumpal, walau pakai api kecil dan di aduk2 tetap akan menggumpal kalau kondisinya mendidih. karena itu pakai air matang saat memblender kedelainya.

      Hapus
    2. salam mba Endang..oh jadi sampai ada letupan kecil saja ya.soalnya memang mba wkt diawal sudah larut dan bagus dan menyatu tapi saya takut kurang pemasakan jadi saya sampai mendidih dan bergolak air nya dan alhasil menjadi pecah..kalau pemakaian air selalu pakai air matang dari tahap perendaman juga pakai air matang mba..dan satu lagi mba untuk di awal banget sesudah perendaman kemarin saya langsung blender dan tidak direbus dulu..jadi sekarang saya ingin mengikuti langkah mba jadi direbus dulu baru diblender nah yang jadi pertanyaan ku..direbus sampai mendidih nya asal mendidih kecil gitu aja ya.atau sampai matang atau bagaimana ya?

      Hapus
    3. Hai Mas Denny, saya kemarin coba juga kedelai nggak s aya rebus dulu, langsung saya blender saja dengan air matanng. Hassilnya sih oke2 saja ya, mungkin bau langu kedelai bukan masalah buat saya hehheh. Kalau mau pakai direbus dulu, masukkan saja kedelai di air mendidih beberapa detik saja, nggak sampai matang, hanya memblanching kedelai saja ya. Langsuung angkat dan tiriskan

      Hapus
    4. Mb air matang suhu ruangan atw air matang suhu hangat2?
      Mksh

      Hapus
  20. halo mb, saya latifah ingin tanya kalau susu kedelaiditambahikayumanis kira2 untuk resep diatas butuh bubuk kayumanis berapa gram? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulai 1 sendok teh dulu mba, kalau kurang tambah lagi saja, saya belum pernah coba ya, dan kayu manis itu tergantung selera juga

      Hapus
  21. Luar biasa ya mba perjuangan ngupasin kacangnya, saya kupas satu per satu dari subuh sampai dzuhur baru kelar. . . wkwkw
    Kupasinnya nyantei sih, sambil tiduran, sambil nonton tv hehehe. .
    Enak, lebih kental dari yang biasa beli dan tentu saja lebih murah. . .
    Tapi ya itu, gak nahan banget ngupasin kacangnya wkwkwkwk
    Next time, saya coba gak dikupasin ah hehehe

    Makasi yaa mba resepnya. . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengupas kulit kacang kedelai itulah yang membuat saya masih mikir mau mengeksekusi satu mangkuk kacang wakkakak. muales banget dan lamaaaa hahahhah.

      Hapus
  22. Mbak Endang, buat susu kedelai ini pake kedelai yang segar atau kedelai kering itu? Apa bisa pakai kedelai jepang (Edamame) itu juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Gayatri, saya biasanya pakai kedelai kering Mba. Tapi saya baca2 di net bisa pakai edamame ya, kukus/rebus dulu edamame sebentar hanya untuk memanaskannya dan blender seperti biasa. Warna susunya kehijauan

      Hapus
  23. mau nanya mbak terakhir saya buat susu kedelai stelah 2 hari susunya malah jadi tahu. kira2 apa yah penyebabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terlalu panas kala merebus, gunakan air matang saat memblender kedelai dan rebus hanya sampai muncul letupan pertama saja di permukaan susu, jangan sampai mendidih, dan jangan pakai api besar

      Hapus
  24. maaf mba mo nanya,,klo wijen fungsinya sih buat apa,,,kok segala ikut diblender juga,,,
    kalo dicampur meizena sih kita tau untuk mengentalkan,,,tapi kalo wijen saya lum tau tuh,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan di artikel di atas sudah saya jelaskan fungsinya, tolong dibaca ya

      Hapus
  25. mba endang mau tanya..
    kalau blender kedelai nya berapa lama ya? saya ada blender dan sudah saring..setelah saring saya rebus .tetapi hasil nya lama2 seperti santan pecah itu dan diminum pun sprt minum air putih saja gak seperti susu mba..padahal rebus dengan api sedang dan diaduk teratur tapi selalu begitu..apa blender kurang halus atau kenapa ya mba? mohon masukannya ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang meneyebabkan pecah pada susu biasanya karena merebus terlalu lama walau pakai api kecil. Saya biasanya pakai air matang ketika proses kedelai dan tidak dimasak sampai mendidih. ketika sudah ada gelembung kecil langsung diangkat. suhu tinggi membuat susu pecah

      Hapus
  26. Hi... Mba Endang salam kenal, mau tanya itu biji wijennya disangrai dulu ga? Terimakasih~ -Avadanna-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ava salam kenal juga ya, tidak disangrai ya

      Hapus
  27. Saya juga mengalami pecah pada proses pemasakan,sungguh rasanya kecewa berat karena sudah capek dengan proses menguliti kedelainya,mau saya buang kok sayang,akhirnya saya coba blender kembali susu yg pecah itu,alhamdulillah masih bisa diselamatkan,semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mb, susu kedelai memang gak boleh dipanaskan suhu tinggi dan gak boleh lama2 dipanaskan hingga mendidih. Karena itu sebaiknya pakai air mtang ketika memblender kedelai sehingga proses perebusan tidak lama. Thanks sharing dan tipsnya ya

      Hapus
  28. Siang Mbak... Kemarin nemu resep ini langsung eksekusi. Malam rendam kedelai dan saya ikuti semua prosesnya. Alhamdulillah meski tanpa wijen tidak Tercium bau langu. Kendalanya cuma pas meras pakai Kain sepertinya masih kurang kuat. Ampas masih agak basah.
    Kalau rasa belum incip. Kurang manis atau tidak belum tahu lagi puasa... Saya hanya menambahkan gula karena lebih suka yang ori.

    Sekarang tinggal eksekusi tofunya yang belum.
    Makasih resepnya Mbak... Sejauh ini belum ada resep dari blog ini yang tidak berhasil saya eksekusi... Tiap resep yang saya cari dan ada di sini selalu berhasil. Semoga Mbak Endang sehat terus dan bisa berbagi terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Dyah sharingnya, senang resepnya berhasil dicoba ya, sukses selalu ^_^

      Hapus
  29. hai Mbak Endang..salam kenal. kemarin saya sudah coba buat susu kedelainya lagi (setelah dua tahun lalu nyoba tapi kapok di ngupas kedelainya hihihi). Nah di percobaan kemarin ini Alhamdulillah ngupasnya superr duperr gampang, mungkin karena saya merendamnya kelamaan ya (malam direndam,besok sorenya baru dikupas karena lupa hahaha). Ngupasnya cuma diremas2 aja pakai satu tangan sambil nyanyi2, eh ternyata sudah lepas semua kulit arinya padahal kedelainya ada hampir setengah kilogram. Setelah disiram air dan kulit arinya sudah mengapung siap dibuang.
    Makasih banyak resepnya ya Mbak....susu kedelainya mantaabbb...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mba Sinta, thanks sharingnya ya, senang susu kedelainya berhasil dicoba, sukses yaaa

      Hapus
  30. Alhamdulillah saya telah mencobanya. sedikit sebagai tambahan agar susu tidak langu yaitu dengan merendam kedelai dengan air panas. bisa diulangi dua atau tiga kali sebelum kedelai direbus dan diblender. dan saya tak hanya memanfaatkan sari kedelai ini sebagai minuman, saya juga menggunakannya untuk dalam pembuatan kolak, opor ayam, sayur lodeh danbeberapa sayur bersantan lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Gendis, thanks ya sharing dan tipsnya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  31. Selamat sore mbak endang indriani.mau tanya,sekitar 2-3 hari yg lalu sya beli sari kedelai kemasan botol.kata penjual,sari kedelainya harus kondisi dingin.setelah beli,saya sempet iseng mencoba meletakkan di suhu ruangan.baru sekitar 2 jam,sari kedelainya menjadi tahu.ada yang bilang,itu sari kedelai palsu (terbuat dari ampas).apa benar.? Karna saya merasa aneh mmg kalo sari kedelai hanya bisa diminum dalam kondisi dingin.terima kasih,mohon dijawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Edho, memang sari kedelai dalam penyimpanannya setahu saya harus diletakkan disuhu yang dingin ya, biasanya disuhu yang hangat/suhu ruang protein di kedelai akan menggumpal. Bahkan terkadang kalau memasak sari kedelai terlalu lama atau terlalu tinggi suhunya maka ketika disimpan semalam di kulkas akan terpisah antara air dengan bahan padatnya. Saya kurang tahu mengenai palsu tidaknya ya.

      Hapus
  32. Mbak, setelah 1,5 tahun vakum bikin sarder. Kemarin nyoba bikin lagi, eh ternyata sardelnya gak tahan lama (gumpal & misah air dengan sardelnya). Memang waktu masak saya biarkan mendidih, setelah mendidih baru diaduk 10 menitan. Udah kelamaan kali gak bikin lupa caranya. Kira2 butuh suhu berapa derajat ya waktu memasaknya? Mkc. #hidupsehatdengansardel

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mas Adhoenk, sesuai tips saya diatas, merebus susu kedelai tdk boleh sampai mendidih ya, karena protein disuhu akan rusak dan menggumpal ketika terkena suhu tinggi. Saran saya, kedelai dikukus sebentar, kemudian diblender dengan air matang, sehingga ketika dimasak hanya sampai muncul letupan kecil pertama dan api langsung dimatikan. Sy tdk punya termometer makanan jadi tdk bs memperkirakan suhu susu.

      Hapus
  33. Selamat pagi mbak Endang, saya mau tanya kan saya bikin Sari kedelai sore hari, semisal pagi hari saya rebus lagi ato saya panaskan lagi bagaimana ya mbak? Soalnya saya lebih suka sarikedelai hangat daripada dingin? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau hangat sebaiknya drebus sebentar mba, hanya saja harus hati2 merebus susu kedelai, karena terlalu panas maka susu akan menggumpal seperti penjelasan saya pakai komen diatas ya.

      Hapus
  34. Halo mba Endang, salam kenal ya, sedikit cerita pagi ini aku beli bubur kacang ijo yang kuahnya gak pake santan. rasanya seperti pakai susu kedelai. melihat comment mba Gendis, saya baru tau susu kedelai bisa pengganti santan yaa (maklum saya baru pemula dalam memasak hehe). bisa tolong dipandu mba, untuk menambahkan susu kedelai ke suatu masakan atau kacang ijo, gimana supaya gak pecah, secara kan hanya boleh api kecil dan tidak mendidih (letupan pertama aja), di step apa mba ? tks sebelumnya ya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Tabita, santan di bubur kacang ijo bs diganti dengan susu cair biasa atau susu kedelai. Untuk susu kedelai mungkin sebaiknya ditambahkan ketika kacang ijo sudah masak dan menjadi bubur, jadi ketika akan dihidangkan saja.

      Hapus
  35. met kenal yaa mbak endang.. aku ada produksi homemade susu kedele di rumah mbak, jualnya pake botolan gituu.. naaaah kdg2 hasil e di botol tu bisa bersiihh gituu.. tapi kdg2 koq dii leher botol spt ada putih2 ya kentel2 gituh.. ga tau salah apanyaa.. sampai kdg meh bikin tuu trauma.. mohon masukannyaaa.. thanks before😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Laura, salam kenal juga ya. Wah kurang tahu juga ya, kemungkinan merebus susunya kelamaan, susu kedelai sangat mudah pecah dan terpisah antara air dan lemaknya jika suhu terlalu tinggi kala dipanskan

      Hapus
  36. Siap eksekusi ah... makasih mba endang udh mau berbagi ilmu dan tips mya, mudah2an segala urusannya dimudahkan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Mba Rahma, moga sukses ketika resepnya dicoba ya.

      Hapus
  37. Untuk 1 kg kedelai brapa liter air ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo tinggal dikalikan saja, 1 kg = 1000 gram, jadi kalau kali 3 resep sekitar 900 gream kedelai, air sekitar 6 liter

      Hapus
  38. Makasih mbak resepnya,, sukses selalu buat mbak,,

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^