24 Maret 2011

Resep Martabak Tahu, Daging Cincang


Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT

Ide martabak tahu ini sebenarnya saya contek dari minimarket di depan kantor saya yang saban pagi selalu menjual martabak tahu hangat. Panganan ini laris manis diserbu karyawan kantor yang belum sempat sarapan pagi atau malas sarapan dengan menu berat. Sebenarnya tidak bisa murni dibilang martabak karena kulit martabak tahu ini terbuat dari kulit risoles/lumpia siap pakai yang banyak dijual di pasar tradisional, kemudian diisi dengan tahu putih yang dihaluskan dan ditambahkan dengan irisan daun bawang. Walaupun sederhana, makanan ini rasanya lezat dan mengenyangkan karena isinya yang padat dan ukurannya yang cukup jumbo. 

Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT

Supaya martabak tahu ini rasanya lebih mantap maka saya tambahkan daging sapi cincang ke dalamnya.  Anda tentu saja bisa melakukan kreasi lainnya tergantung selera dan isi kulkas.  Misalnya menggunakan daging ayam atau udang cincang. Kornet pun bisa dijadikan alternatif lainnya. Tidak ingin menggunakan daging-dagingan? Hanya dengan tahu dan daun bawang saja juga sedap. Kalau ingin yang lebih sehat, bisa ditambahkan bayam rebus yang dicincang atau parutan  kasar wortel. Sangat fleksibel. Bumbu yang digunakan juga  sederhana dan proses membuatnya sangat cepat.
 
Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT

Sulit mencari kulit risoles/lumpia siap pakai seperti yang saya gunakan? Anda bisa membuat kulit martabak sendiri menggunakan resep kulit lumpia yang pernah saya posting sebelumnya di lumpia goreng isi sayuran klik link disini. Ada begitu banyak cara untuk menyalurkan kreatifitas memasak, yang penting niat dan pelaksanaannya. Jadi jangan berhenti mencoba hanya karena satu atau dua bahan tidak tersedia di dapur anda karena mungkin ada alternatif lainnya yang bisa anda pergunakan. 

Yuk kita coba resepnya.

Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT

Martabak Tahu-Daging Cincang
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 15 buah martabak 

Bahan:
- 350 gram tahu putih, haluskan
- 200 gram daging sapi cincang
- 30 lembar kulit risoles siap pakai diameter + 20 cm
- 2 butir telur ayam
- 3 batang daun bawang iris halus
- Minyak untuk menggoreng

Bumbu:
- 1 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang kasar
- 4 siung bawang putih, keprak dan cincang halus
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh kaldu instan
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
Siapakan wajan, panaskan minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan transparan. Masukkan daging sapi cincang. Aduk dan masak hingga daging berubah warnanya. Angkat.

Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT
Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT

Siapkan mangkuk besar, masukkan tahu yang dihaluskan kedalamnya. Tambahkan tumisan daging, garam, kaldu bubuk, merica bubuk dan daun bawang. Aduk rata. Masukkan telur ayam, aduk hingga rata dan cicipi rasanya. 

Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT
Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT
Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT

Siapkan 2 lembar kulit risoles (karena kulit risoles siap pakai sangat tipis maka saya menggunakan 2 rangkap). Isi dengan 1 - 1 1/2 sendok makan adonan isi. Lipat seperti amplop. Sebaiknya sambil anda membungkus adonan isi dengan kulit, anda juga sekaligus menggoreng lumpia yang siap goreng. Karena jika terlalu lama adonan isi berada di dalam kulit dan tidak segera digoreng maka kulit martabak akan berlubang karena adonan yang basah. Kecuali jika anda membuat kulit martabak sendiri yang bisanya lebih kuat dan tebal. 

Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT
Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT
Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT

Panaskan minyak agak banyak di wajan menggunakan api kecil agar martabak matang di dalam dan kulitnya tidak cepat gosong. Goreng martabak dengan posisi lipatan kulit berada di bawah (agar kulit tertekuk dengan baik saat digoreng). Goreng martabak hingga warnanya coklat keemasan. Angkat dan tiriskan. Lakukan hingga semua bahan habis. 

Resep Martabak Tahu, Daging Cincang JTT

Sajikan martabak tahu selagi hangat dengan cabai rawit atau sambal botolan. Enjoy!



5 komentar:

  1. siang mbak...aku biasanya bikin martabak kulitnya buat sendiri lebih enak....trigu,garam,masako diuleni sampe kalis hbs itu direndam minyak smpe adonannya terendam smua biarkan 2jm untuk hsl yg bgs...setelah itu dh bisa dipakek jdi kyk yg dipenjual martabak beneran hehehe....coba aja dulu dikit mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba reina, minta resepnya donk, takaran2nya gitu mba utk kulit martabaknya, salam (rahma)

      Hapus
  2. Mbak apa kabar? Kalau bikin pake bumbu kari gmn carany?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba myrtha, ini ada link masakan di jTT dengan bumbu kari, tapi bukan versi kering ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/03/kari-ayam-dan-nanas.html

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...