08 Maret 2011

Resep Tekwan - Sup a la Palembang


Resep Tekwan JTT

Palembang, menurut saya, adalah rajanya daerah dengan makanan yang terbuat dari ikan. Tidak heran dengan sungai terpanjang di Sumatera, sungai Musi, yang membelah Palembang menjadi dua bagian yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir memberikan pasokan ikan yang melimpah untuk Palembang dan sekitarnya. Sungai Musi sejak dulu juga telah menjadi urat nadi perekonomian di kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu komunitas Tionghoa yang cukup besar di Palembang memberikan pengaruh 'Chinese taste ' yang kental pada makanan Palembang yang terbuat dari ikan seperti Pempek dan Tekwan.  Kedua jenis makanan ini cukup terkenal di seantero Nusantara. Siapa sih yang bisa menolak pempek gurih dengan kuah cuko yang pedas dan sedap? Hmm, mantap bana!

Resep Tekwan JTT

Selain pempek dan tekwan, tentu saja masih banyak kuliner Palembang yang juga mengesankan. Misalnya saja kerupuk kemplang, pindang ikan patin, mie celor, laksan, pindang tulang, celimpungan dan masih banyak lagi.  Nah, kali ini saya akan berbagi resep tekwan yang lezat. Hidangan  berkuah yang satu ini rasanya segar dan ringan. Makanan ini memiliki tampilan seperti sup ikan, komposisi utamanya adalah bakso kecil-kecil yang terbuat dari daging ikan/udang dan tepung sagu. Biasanya tekwan dilengkapi dengan mie soun, jamur kuping dan kembang sedap malam. Kuahnya yang ringan dengan bumbu yang sederhana, membuat kita tidak mudah eneg saat menyantapnya. Tekwan paling pas jika dimakan panas-panas dengan sambal yang pedas ditambah dengan cuka dan taburan daun bawang yang banyak. Wuih, sedapnya tiada dua!

Resep Tekwan JTT
Jamur kuping & kembang sedap malam

Dulu, teman satu kos saya di Jogja sering sekali jika kembali dari Pelembang membawa tekwan kering. Tekwan yang ini cukup direbus dengan kuah kaldu ikan dan diberi bumbu berupa bawang putih dan merica dan disajikan beserta pelengkapnya. Praktis dan lezat. Di Jakarta saya belum pernah menemukan tekwan kering  seperti itu, jika lagi kepingin makan tekwan maka saya pun terbang ke Palembang (dalam mimpi) :D. Ups, bercanda! Yah, apalagi yang saya lakukan jika bukan membuatnya sendiri di dapur, bergumul dengan daging ikan dan udang demi semangkuk tekwan yang amboi enaknyo. No regret, karena hasilnya memang sedap.

Berikut ini resepnya yang sebagian saya ambil dari Femina online dan sebagian lainnya adalah hasil modifikasi yang saya lakukan.


Resep Tekwan JTT

Tekwan
Resep diadaptasikan dari website Femina Online - Tekwan

Bahan:
- 50 gram jamur kuping, rendam air dingin hingga lemas, tiriskan
- 100 gram soun, rendam air panas hingga lunak, tiriskan
- 1  buah bengkuang, potong korek api
- 15 buah kembang sedap malam, cuci bersih, simpul
- 2 batang daun bawang, rajang halus
- 1 batang seledri, rajang halus

Bahan bakso:
- 350 gram daging ikan tengiri, jika anda mendapatkan tulangnya maka rebus tulang ikan bersama dengan kepala udang.
- 100 gram udang, lepas kepala dan kupas kulitnya.  Rebus kulit dan kepala udang dengan 2 liter air untuk kaldu.
- 50 ml air es
- 100 gram tepung sagu, ayak
- 2 buah putih telur
- 2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

Bahan kuah:
- 2 liter kaldu tulang ikan, kepala dan kulit udang
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 1 sendok makan garam
- 1 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh kaldu bubuk instan

Sambal:
- 3 butir cabai rawit
- 2 butir cabai merah
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 1/2 sendok makan cuka

Cara membuat:
Untuk membuat baksonya.
Potong-potong daging ikan tengiri, masukkan ke dalam blender bersama dengan udang kupas dan putih telur. Proses hingga tercampur rata. 

Resep Tekwan JTT
Resep Tekwan JTT

Tuangkan daging ikan yang telah diblender ke dalam mangkuk, tambahkan garam, kaldu bubuk dan tepung sagu. Aduk hingga adonan tercampur rata. 

Resep Tekwan JTT
Resep Tekwan JTT
Resep Tekwan JTT

Cara membuat kuahnya:
Rebus tulang ikan, kepala dan kulit udang dengan 2 liter air untuk membuat kaldu. Angkat dan saring kaldu, buang kepala udang dan tulang ikan.  Panaskan kaldu dengan api kecil sehingga kaldu hanya mengeluarkan letupan-letupan kecil. Dengan menggunakan 2 buah sendok kecil/sendok teh, bentuk adonan ikan menjadi bulatan-bulatan kecil. Masukkan  bulatan bakso ke dalam kuah panas dan rebus hingga bakso mengapung. Lakukan hingga semua adonan bakso habis. Sisihkan. Sekarang kita akan membumbui kuahnya. 

Resep Tekwan JTT
Resep Tekwan JTT
Resep Tekwan JTT

Tumis bawang putih dengan 1 sendok makan minyak hingga harum, masukkan tumisan bawang ke dalam kuah kaldu. Tambahkan merica, kaldu instan, garam, jamur kuping dan kembang sedap malam. Masak hingga kuah mendidih. Cicipi  rasanya dan taburi dengan 1/2 irisan daun bawang. Aduk dan angkat.

Resep Tekwan JTT
Resep Tekwan JTT

Penyajian:
Siapkan mangkuk, atur soun dan bengkuang di dasar mangkuk. Siram dengan  bakso dan kuah panas dan taburi dengan daun bawang dan seledri. Sajikan dengan sambal sebagai pelengkap. 

Resep Tekwan JTT
Resep Tekwan JTT


Sambal:
Haluskan cabai, tambahkan gula, garam dan cuka. Masukkan irisan daun bawang dan aduk rata. Gunakan sambal sebagai pelengkap.

Selamat mencoba. 

Sources:
Website Femina Online - Tekwan
Wikipedia Indonesia - Palembang



8 komentar:

  1. Mba, di bahan untuk bakso ada 50ml air es, tp dipproses pembuatan bakso ga pake air es. Jd air es ini dipake kapan ya?. Thx :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, good question and correction! Yup, masukkan air es ke dalam gilingan daging, bersama garam, tepung sagu dan kaldu bubuk. Thanks ya! ^_^

      Hapus
  2. kumpulan resepnya yummy semua dan mudah..kudu dicoba nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Merry, moga sukses dengan trialnya yaaa

      Hapus
  3. Mbak, salam kenal..Resep Tekwannya udah kucoba rasanya mantap top markotop...makasih ya Mbak, sekalian minta ijin untuk nyontek resep-resep lainnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Yanti, thanks sharingnya ya, senang sekali resep Tekwannya disuka ^_^

      Hapus
  4. Baru nemu.. Ternyata ada tekwan di jtt... Semua bahan punya, kecuali ikan, saya pake baso ikan dan otak2. Jadilah tekwan abal-abal.. Tetep enak, mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai resep tekwan yang ini Mba Emilia:
      http://www.justtryandtaste.com/2014/07/tekwan-la-jtt-super-duper-yummy.html

      menurut saya lebih enak heheheh. Thanks ya sharingnya!

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...