Pages

02 April 2011

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT

Bola-bola ubi jalar isi keju ini camilan yang sangat mudah sekali membuatnya. Selain mudah, murah, rasanya juga lezat. Isi keju yang saya tambahkan disini merupakan modifikasi yang saya lakukan karena kebetulan saya memiliki quick cooking melt cheese dari Kraft di kulkas. Anda tentu saja boleh meng-eliminirnya dari resep, walau saya akui lelehan keju ini membuat si bola-bola ubi menjadi lebih lezat dan gurih. 

Sebenarnya bola-bola ubi goreng bukan jenis makanan baru, di kampung halaman saya di Paron, Ngawi, sejak kecil saya sudah sering mengudap jenis kue ini. Kami menyebutnya timus. Resep timus jauh lebih sederhana, ubi jalar dikukus kemudian dihaluskan dan ditambahkan gula dan sedikit tepung terigu atau tapioka. Adonan ubi dikepal dan digoreng hingga kecoklatan.

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT

Untuk resep yang saya sajikan kali ini, saya adaptasikan dari bola-bola ubi ala Thailand. Disana makanan ini dinamakan Kanoom Kai Noak Garta dan bahan-bahan yang digunakan lebih kompleks dibandingkan dengan timus dari Ngawi. Tentu saja di Thailand, bola-bola ubi ini tidak diisi dengan keju.

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT

Tips. 
  • Usahakan untuk menggunakan ubi jalar yang berwarna kuning, oranye atau ungu ya. Selain vitaminnya lebih tinggi juga membuat kue berwarna cantik. 
  • Jangan menguleni adonan, aduk adonan menggunakan spatula kayu atau jika menggunakan tangan maka sentuh adonan seperlunya saja, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit menggunakan sendok makan hingga tercapai kondisi adonan yang diinginkan. Tidak terlalu lembek sehingga sulit untuk dibentuk bola-bola dan juga tidak keras. 
  • Gunakan keju yang mudah meleleh sebagai isinya, misalnya mozzarella, atau cheddar yang tidak terlalu keras. 
Berikut resepnya.

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT
 
Bola-Bola Ubi Isi Keju
Resep diadaptasikan dari Appon's Thai Food - Sweet Potato Balls

Untuk sekitar 20 bola ubi 

 Bahan:
- 150 gram ubi jalar kuning
- 150 gram tepung terigu serba guna
- 75 gram tepung tapioka
- 2 sendok teh baking powder
- 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 150 gram gula halus
- 75 ml susu cair
- 100 gram keju yang mudah meleleh, potong kubus ukuran 1 x 1 cm (saya menggunakan merk Kraft yang mudah meleleh/quick cooking melt)
- 25 gram gula halus untuk taburan
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Kupas ubi jalar, potong-potong membentuk kubus kecil. Kukus hingga empuk, kemudian haluskan. Saya meletakkan ubi kukus di mangkuk besar kemudian saya haluskan dengan menggunakan ulekan batu yang dibungkus plastic wrap. Haluskan hingga benar-benar halus.

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT
Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT

Ayak tepung terigu, vanili bubuk, baking powder, garam dan tepung tapioka. Masukkan tepung ke dalam mangkuk berisi ubi halus, tambahkan gula halus kemudian aduk menggunakan spatula kayu hingga tercampur. 

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT
Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT

Masukkan susu cair sedikit demi sedikit hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung. Jika adonan masih keras, tambahkan susu cair seperlunya saja. Jika adonan telah terbentuk dan susu masih bersisa biarkan saja, adonan yang terlalu lembek akan menyulitkan anda untuk membentuknya. Adonan tidak diuleni ya, jadi jika anda menggunakan jari-jari tangan untuk mencampur adonan sebaiknya lipat-lipat saja adonan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah hingga bahan tercampur baik. 

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT

Bagi adonan masing-masing seberat + 25 - 30 gram, tipiskan adonan di telapak tangan anda masukkan 1 buah potongan keju di tengah adonan yang ditipiskan. Bentuk menjadi bulat, gelindingkan menggunakan telapak tangan anda hingga membentuk bola yang smooth. 

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT
Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT
Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT
Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT

Siapkan penggorengan, isi minyak agak banyak. Panaskan dengan api kecil dan goreng bola-bola ubi hingga permukaannya kecoklatan dan matang. Aduk bola-bola ubi selama digoreng agar merata warna dan matangnya. Angkat ubi dan tiriskan. 

Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT
Resep Bola - Bola Ubi Isi Keju JTT

Letakkan ubi di piring/mangkuk saji, biarkan agak dingin dan taburi dengan gula halus pada permukaannnya menggunakan saringan teh kecil agar gula tersebar merata. Sajikan bola-bola ubi selagi hangat agar keju di dalamnya masih meleleh. Bola-bola ubi ini paling oke jika dimakan langsung ketika baru keluar dari penggorengan saat keju masih meleleh, jika akan dimakan keesokan harinya maka masukkan bola-bola ke dalam microwave selama + 2 menit. 

Selamat mencoba.

Source:
Appon's Thai Food - Sweet Potato Balls

81 komentar:

  1. pengen nyoba mba,tp ga punya tepung tapioka.. klo ga pake bisa ga ya ??

    BalasHapus
  2. Halo Mba Ais, salam kenal ya.
    Pakai tepung terigu juga gpp kok, tetap bisa dan rasanya enak ^_^. Selamat mencoba ya.

    BalasHapus
  3. mba.. susu cairnya bs diganti gak? sy susah mendapatkan susu cair ditempat saya tinggal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh, pakai saja susu bubuk dilarutkan dengan air atau susu kental manis dilarutkan dengan air. Saya biasanya pakai 2 sendok makan susu bubuk+ 100 ml air.

      Hapus
    2. mba kok plus 100ml susu bubuknya kan itu di resep cuma.75ml..hehe

      Hapus
    3. kadang ketika dicamopur susu bubuk, air menyerap disusu sehingga takrannya tidak menjadi 75 ml lagi mba, jadi saya tambahkan air lebih banyak. Kurang cairan adonan akan keras

      Hapus
  4. hi salam kenal mba, karena saya sering mampir boleh ya saya link blog nya :) ....mohon ijin.tks byk

    BalasHapus
  5. saya suka sekali blog ini...jadi hobby masak sekarang ...makasih yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Jeng Ria, thanks atas komentarnya ya, moga dipraktekkan resep2nya ya, kalau ada yang mau ditanyakan silahkan loh ^_^

      Hapus
  6. saya udah siap2 bahan didapur buat praktek ini, tapi ubinya diganti dgn umbi talas ( bisono bhs jawanya ) bisa gak Mbak? btw...waktu digoreng gak meledak2 kan hehe...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, saya rasa bisa diganti dengan talas, nah apakah meledak2 atau nggak saya juga nggak punya jawaban tapi menurut saya sih nggak ya hehehe

      Hapus
  7. Hi Endang,
    salam kenal, aku mau tny donk yg dimaksud dgn tepung terigu serba guna itu apakah terigu utk aneka kue (segitiga biru)or tepung serba guna utk menggoreng cumi etc (dari sasa/royco) ?
    & pemakaian baking powder 2 sendok teh apakah tdk berbahaya ? baking powder yg dipakai double acting or yg biasa.
    Pls adv. thanks Lucy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Lucy, salam kenal juga. Tepung terigu serba guna itu tepung terigu protein sedang yang umum digunakan untuk aneka kue, gorengan dan makanan lainnya. Kalau pakai bogasari maka merk dagangnya segitiga biru. Bukan tepung bumbu dari sasa/royco ya. Baking powder daya rasa nggak berbahaya, saya pakai yang double acting.

      Hapus
  8. Salam kenal mb endang, aku mau nanya nih... Misalnya aku bikinnya sore lalu aku masukim ke kulkas, gorengnya bsk pagi (utk bekal sekolah), bisa gak ya?
    Pls infonya ya mba, seandainya pernah coba :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dan salam kenal juga Mba Lusia, bisa disimpan dalam wadah rapat di kulkas, besok pagi bari digoreng.

      Hapus
  9. nice recipe, make it easier than other, simply and yummy, thanks.

    BalasHapus
  10. Saya coba 3 resep mbak Endang kemarin; panggang, goreng, kukus. Komplit! Resep yg ini, kebetulan pake ubi warna putih. Rasanya enak, tapi tekstur agak keras ya, spt onde2 ketawa. Dan agak retak2 juga spt dlm foto. Adonan saya kurang pipih, jadi keju lelehnya ada yg keluar. Saya akan coba lagi! Thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Jeng, untuk bola-bola ubi coba next time pakai ubi cilembu ya, teksturnnya lebih empuk dan rasanya lebih enak. Saya juga belum puas dengan hasil bola-bola ubi yang saya buat hahhaha

      Hapus
  11. Untuk ibu saya (76thn), bola-bola ubi yg saya buat memang terlalu keras, apalagi kalo sdh dingin. Ok, saya coba pake ubi cilembu next time. Thanks!

    BalasHapus
  12. salam kenal...mbak
    senang bgt bisa nyobain resep2nya..smua sukses dri ayam betutu
    Banana Cream Cheese Cake,Cotton Japanese Cheesecake ,...cz doyan yg berbau2 keju hehehe
    tp kenapa sya nyoba bpla2 ubi yg keliatan sederhana ini gagal
    cz agak keras ,apa karna ubinya sya blender n bakingnya cuma 1sdt,terus tapioka sya ganti kanji heheeh
    tapioka kn sama dgn kanji ya mbak...thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Reina, bola-bola ubi ini memang gampang2 susah, kuncinya jangan diuleni terlalu lama, gunakan ubi cilembu yang kandungan gulanya lebih banyak dibanding pati dan harus dimakan saat masih hangat. Setelah dingin jadi agak mengeras. tepung nya sudah benar kok, tapioka dan kanji sama ya. Moga sukses ya.

      Hapus
  13. keliatannya yummy bgt...aku mau coba bikin ah, tp klo takaran terigunya dikurangi bisa ga, ngaruh ga ke tekstur dan rasanya ? aku pengen rasa ubinya nendang gitu, hehee...
    trus baking powder di sini fungsinya buat apa mba ? bisa ga klo ga dipake ?
    banyak nanya ya mba, hehee...plis dijawab ya, makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, saya rasa akan berpengaruh ya, terigu dan baking powder akan membuat bola2 ubi menjadi empuk dan kembang. Kalau ubi dibanyakin dan tanpa BP saya rasa jadinya kaya timus ya, hehehhe.

      Hapus
  14. ok mba, makasih ya sarannya...ngeliat resep2 di blog mba bikin ngiler semua, hehehee...
    sekali lg makasih ya mba..

    BalasHapus
  15. Hallo salam kenal mba :)

    Gak sengaja buka blog ini,dan hampir tiap hari aku intip2 resepnya,hehehe...
    Dan utk resep yg ini,besok harus aku cari tuh ubi krn ini adalah makanan fav bpk mertuaku,doakan smoga berhasil ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Salam kenal juga, untuk resep ini pakai ubi cilembu supaya empuk dan gunakan BP yang doble acting Mba agar mengembang dan empuk. Moga sukses ya,

      Hapus
  16. Hai lam kenal mba, suka bgt dgn blog ini. Aq prnh buat kue serupa resep ini tapi bahannya ubi pohon dan cm pake campuran susu bubuk n keju parut, hasilnya gurih n yummy tp prnh hasilnya retak dan pecah2 mungkin krn tanpa campuran tepung. Dimodifikasi isi meses cokelat jg mantap lho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal juga, hmm biasanya ubi pohon cenderung kenyal dan gak pecah ya, kaya bikin combro saja pakai tambahan kelapa parut sama kentang parut, hasilnya empuk dan gak pecah. Hm, bisa dicoba nih ide ubi pohon plus keju parutnya, thanks ya! ^_^

      Hapus
  17. Hai mbak slm kenal, aku suka blog ini nambah wawasanku. Aku pernah buat kue serupa resep ini bedany pake bahan ubi pohon terus campurannya hanya susu bubuk dan keju parut. Rasany gurih dan yummy . Bisa jg dikreasikan dg cokelat meses. Hanya hasilnya kadang retak kalau ubiny kurang bagus. Ntar mo coba resep mbak ini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah idenya bagus jg pakai ubi pohon ya,nggak pernah kepikiran sebelumnya wakkaka. Makasih ya.

      Hapus
  18. Mba aku bikin rada kenyal...apa kbnykn tapioka????amatir nih tp sok2an ga nyontek resep wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sari, ubinya ngaruh juga Mba, pakai ubi cilembu suoaya empuk, dan memang sebaiknya jangan kebanyakan tapioka hehehhe

      Hapus
  19. kayknya simple nih, maklum mbak baru belajar masak jdi cari yg simple, mbak punya saran gak? Resep simple,bahan simple tapi rasa luar biasa?? Hehe
    mksi loh mbak blognya keren . ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, untuk resep ini pastikan ubi yang digunakan yang empuk ya, cilembu paling oke, dan BPnya cari yang double acting agar hasinya empuk dan mengembang.

      Hapus
  20. Mbak Endang, terima kasih atas resepnya. Kemarin saya bikin ini buat snack jamaah tarawih di masjid kantor. Tapi ternyata saya salah beli gula, saya pikir gula kastor itu sama dengan gula halus, ternyata beda ya. Jadinya gak bisa buat garnish bola2 ubinya. Akhirnya saya pakai trik chef Budi di Daia TV, saya gulingkan ke telur dan tepung panir. Tampilannya jadi kayak kroket bulat.

    BTW, gara2 nemu blog mbak Endang, saya jadi semangat masak. Tadinya karena hidup sendirian di rantau, saya malas masak. Sekarang saya nyari2 alasan buat masak, biar bisa mraktekin resep dari mbak Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lina, thanks sharingnya ya. wah idenya menarik juga, digulingkan di tepung panir heheheh, enaknya kalau bikin versi gurihnya ya , makan pakai cabai rawit mantappp.

      sip, senang bisa membuat teman2 yang lain jadi semangat masak. saya dulu waktu kuliah, cuman punya kamar dan dapur secuplik dipakai ramai2 dapurnya, tapi masak tetep jalan terus, udah hobi dan bawaan orok wakakkak. caio mba! ^_^

      Hapus
  21. halo bu, saya pingin coba resep ini bwt besok lomba masak. kira2 waktu 2 jam cukupkah?

    BalasHapus
  22. Aku suka resep"nya..pernah bbrpa kali coba resepnya,الْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„َّÙ‡ِ رَبِّ الْعَالَÙ…ِينَ sukses,mksh y mba...moga makin banyak koleksi resepnya biar aku bs coba juga.....(Suci @ Bandung)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya Mba Suci, moga suka resep2 lainnya ya ^_^

      Hapus
  23. Wah akhirnya dapat resep buat lomba classmeeting lusa :) makasih banyak yaaa :)

    BalasHapus
  24. Lapor mbak, resep nya sdh dieksekusi. Mantap, cuma agak kemanisan mungkin krn isi sy ganti coklat meses krn kehabisan keju :-) trus krn gak punya gula halus saya pakai gula pasir biasa hehe. Thanks mbak. Jangan bosan2 ya update resep n baca comment saya pokoke tiap resep yg sy praktekin saya akan kasi laporan sm master saya mbak endang. :-) Imel

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba imel, waaak saya bukan master mba, saya sama kok seperti mba suka coba2 dan trial di dapur. sering gagal juga wakakkak, cuman tetep nekat. kita sama2 belajar ya mba, thanks sharingnya yaa ^_^

      Hapus
  25. Lapor mbak.setelah sibuk cari referensi sana sini ternyata ujung2nya resep dari mbak yang paling menggoda dan bikin tertarik karena pake tambahan susu.disini saya pake ubi ungu.bedanya saya kasih mentega sekitar 3 sendok ketika dicampur dengan garam,vanila,dll.saya pengen adonan kue saya legit harum mentega jd spekulasi tambah blueband.saya coba bikin 2 versi dengan keju dan meises.hasilnya enakkkk bangget mbak.sempet kasih beberapa ke tetangga dan pada bilang enak. Beda bener rasanya dengan kue bola yg biasa mama saya or mama mertua bikin.yabg resep dari mbak lebih terasa modern tanpa tinggalin khas dari ubinya. Makasih resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Agustina, thanks sharingnya yaaa. modifikasinya keknya oke tuh plus mentega pasti lebih lezat dan legit yaa. Sip! senang sekali resepnya disuka yaaa

      Hapus
  26. waahh,,resepnya sederhana dan mudah tapi rasanya modern dan mantappp,,makasih mba resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Aini, thanks sharingnya yaaa, senang sekali resepnya disuka! ^_^

      Hapus
  27. waaaahhh... keren nih, saya juga orang cilembu belum pernah kepikiran bikin resep kayak gini, bagus lah.... izin share ya... jika disini ada yang butuh Ubi Cilembu Asli silahkan kunjungi blog saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas firman, thanks ya, moga setelah dicoba resepnya disuka yaaa

      Hapus
  28. Halo mba...camilannya enak sekaliii..pas dimakan saat hujan seperti skg.. thanks orr sharing ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka.

      Hapus
  29. Saya sudah nyoba 2x sist... Gampang bgt bikinnya, tp sayang kejunya gk bisa meleleh, pakaibbahan yg ada soalnya, adanya kraft, tp ttp mantap
    Thanks ya sist buat resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Atik, thanks sharingnya ya mBa, senang sekali resepnya disuka yaa

      Hapus
  30. Mbak terimakasih resepnya sdh sy coba dan bener2x mantep. Sy nggak pake taburan gula halus krn sdh manis menurut sy maklum dah tuwir hrs ngurangin gula hehehe.. Sy jg sdh coba beberapa resep mbak yg lain dan Alhamdulillah semua sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. Yep, skip saja gulanya ya, terutama kalau pakai ubi cilembu yang super manis. thanks yaaa, sukses sellau!

      Hapus
  31. mbaaaa :( 2x coba ini ko teksturnya liat setelah digoreng, kebanyakan tapioka atau terigu kali ya mba? pls help.. baru sekali gagal nyoba resep mbak.. *apa saya engga patuh resep ya ? huks)

    mba, tanya donk, klo di resep bule suka ada istilah half and half maksudnya apa ya mba?

    oya, bihun goreng singapurnya juarahhh.. enyaakkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kebanyakan tapioka ya mba, coba kurangi takraan tapioka dan pakai ubi jalar kuning yang empuk seperti jenis cilembu.

      half & half itu perpaduan antara krim dan susu, biasanya campuran antara susu murni dengan krim ringan, kandungan lemaknya sekitar 10-12 %. Jadi sebenarnya lebih mirip ke susu tapi sedikit lebih kental, Bisa diigantikan dengan susu cair full cream biasa ya

      Hapus
  32. MBAK endang bisa gak y bila pakek baking powder double acting soalnya punya stok nya situation DI rumah.mksh atas jawaban nya sebelumnya

    BalasHapus
  33. MBAK endang salam kenal DARI pelosok jatim trenggalek.Mbak kalau pakai gula pasir biasa bisa nggak MBAK y untuk resep ini.MKSH

    BalasHapus
  34. Hai mba endang. Sya deska, salam kenal. Sya mau tnya. Adonan yg siap goreng apa bisa disimpan di kulkas / di frezzer? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba, yep saya rasa bs ya, asal adonan mentah ya. di chiller dalam wadah rapat bs hingga 3 hr ya

      Hapus
  35. Halo mba endang salam, mba aku mau nanya pernah beli bola2 ubi disekitar mangga besar itu bola2 ubinya pas digoreng kaya ngembang gede gitu..tapi pas dimakan kaya ada rongga kosong gitu caranya gimana ya mba biar ngembang gitu jadi keliatan bagus..heheh makasih mba sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Evi, hehhe saya belum tahu caranya mba, mungkin minyak yang super banyak memanng berpengaruh ya

      Hapus
  36. mbak yg baik hati..apa resep ini bisa utk ubi ungu?

    BalasHapus
  37. Kalau g pake baking powder piye mbak,,?

    BalasHapus
  38. Mbak klu diuleni pake tangan aja bisa gk mba.. Soalnya dirumah gak ada spatula..

    BalasHapus
  39. Hai mbaa..setelah sekian lama saya buka buka coba resep ini itu bnyak sekaalliii..baru dehh saya coment.maaf yaa..
    Saya bikin ini di riweh in anak anak nahh niat mau bikin 4 adonan yang ubi masuk 4 x resep yg lainnya masuk 3x resep
    Huahh so far rasanya masih enak kata anak anak..
    Cuma permasalahan saya ubi ungu nya dalam nya berubah warna jadi agak kebiru biruan gt..
    Nah lohh..hehee apa karna saya pakai bpda 3st aja ..
    Nahh ada juga yg sepuluh bulatan pertama blm masuk tuh bpda nya..walahh saya beneran ribet dengan kedua anaka anak yg mau bantuin..
    Jd kesimpulan bola ungu saya. Yg g pake bpda warna ttp ungu dan g ngembang..yg pake bpda warna dalam agak kebiruan tapi ngembang .
    Itu berubah warna g bahaya kan ya mba..
    Hahaa curhat sayaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, waah seru sekali acara masak memasaknya, memang memasak dengan krucil suka riweh tapi mengenalkan mereka membuat makanan sendiri dari kecil harus dilakukan ya hehehe. Gak papa ribet sendiri yang penting semua happy. Kurang tahu dengan warna kebiru2annya mungkin kena BPDA hehhehe.

      sukses yaa, thanks sharingnya yaa

      Hapus
    2. Halo mba.. Mau bantu jawab nih. Td aku coba jg pake bpda hercules. Pas diuleni warnanya jd kebiruan. Aku cek trnyata sudah exp. Haha..

      Hapus
    3. waakakak, bisa jadi mmg karena BPDA ya

      Hapus
  40. Ya Allah komen2 nya lucu2 banget mba,, jadinya pagi2 ketawa2.. wkwkwk..
    Oya mba, resep jtt mba endang tetap jadi favorit lho.. sampe sekarang, meskipun resep2 bagus udah seliweran di mana2, di YouTube, Ig, Cookpad dll, tapi blog jtt gak bisa dilupakan, salam sayang utk mba endang yg udah ngajarin aku masak, pertama kali belajar bikin pizza di jtt ini sampe akhirnya aku bisa jualan pizza dan lariiiis banget maasyaa Allah. Makasih ya mba cantiik :)

    BalasHapus
  41. Hai Mbak...salam kenal, makasih utk resepnya, mau Coba nih. Tapi Ada pertanyaan, karena Aku punya bubuk keju, bisa kah dijadikan isian? Takarannya bagaimana ya? Trus dg isian saus keju begitu, bisa disimpan dulu dalam lemari es atau freezer kah? Makasih....

    Jovita

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^