16 Juni 2011

Resep Jelly Roll - Bolu Gulung Strawberry Nan Sedap!


Resep Jelly Roll - Bolu Gulung Strawberry Nan Sedap! JTT

Bolu gulung yang mengggiurkan ini sangat lezat, mudah dibuat dengan bahan yang tidak sulit diperoleh. Jika anda, seperti teman saya Tri, yang berusaha memasak makanan untuk buah hatinya sendiri, maka bolu gulung isi selai strawberry ini layak anda coba untuk si kecil. Tampilannya yang cantik dengan selai strawberry yang lezat berwarna merah menyala, umumnya sulit ditolak oleh para balita apalagi orang dewasa tentunya. Membuat makanan untuk putra-putri anda sendiri  memang membuat anda bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan, kualitas dan higienitasnya. Terus terang saya salut dengan Tri, yang mati-matian belajar aneka makanan balita demi menjaga asupan makanan putra semata wayangnya.

Resep Jelly Roll - Bolu Gulung Strawberry Nan Sedap! JTT
Resep Jelly Roll - Bolu Gulung Strawberry Nan Sedap! JTT

Kekuatan bolu gulung ini adalah pada adonan bolunya yang tidak menggunakan mentega sama sekali, hasilnya adalah bolu yang sedikit kenyal namun lembut dan tidak membuat cepat eneg. Selain itu kualitas selai yang anda gunakan juga sangat mempengaruhi rasa jelly roll ini. Karena itu gunakan selai strawberry dengan kualitas yang baik atau jika di pasar/swalayan buah strawberry sedang melimpah maka anda bisa membuat selai sendiri di rumah. Resepnya bisa klik di Selai Strawberry yang penah saya tulis sebelumnya. Tentunya selai buatan sendiri karena tidak ada tambahan bahan pengawet lainnya tidak akan tahan lama meskipun disimpan di kulkas, nah membuatnya menjadi pengisi jelly roll menjadi alternatif lainnya selain untuk olesan roti anda. 

Resep Jelly Roll - Bolu Gulung Strawberry Nan Sedap! JTT

Tips membuat cake roll adalah saat memisahkan putih dan kuning telur maka pastikan kuning telur tidak tercampur setetespun. Setetes saja kuning telur mencemari putih telur anda maka putih telur tidak akan mengembang dan kaku; Gunakan peralatan dan wadah yang bebas lemak/minyak, cuci bersih sebelumnya dengan sabun dan lap hingga kering; Gulung cake selagi masih panas menggunakan kain bersih atau kertas roti, dan diamkan sejenak sebelum selai dioleskan; Buat sedikit goresan di bagian sisi cake tempat awal gulungan dimulai cara ini membuat cake menjadi mudah digulung; Jika kita mengisinya dengan kocokan butter/mentega misalnya isi krim keju, maka tunggu hingga cake benar-benar dingin sempurna sebelum krim dioleskan agar krim tidak meleleh terkena panas roti. Roll cake ini juga lezat diisi dengan coklat leleh dan cincangan kacang mete, hmm rasanya akan semakin gurih. 

Saya mendapatkan pertanyaan dari pembaca mengenai cara menggulung bolu gulung agar tidak lengket satu sama lain. Tips di bawah ini mungkin bisa menjadi guidance sederhana untuk membuat bolu gulung yang cantik: 
  • Alasi loyang dengan kertas baking/kertas minyak dan olesi permukaan kertas minyak dengan margarine, olesi juga bagian dinding loyang.
  • Jika anda menggunakan serbet untuk menggulung kue, maka taburo permukaan cake dengan gula bubuk secara mereta. Gula bubuk mencegah kue menempel di serbet. Anda juga bisa menggunakan kertas baking. 
  • Keluarkan kue dari loyang, lepaskan kertas dengan hati-hati, letakkan cake di permukaan serbet bertabur gula bubuk, dengan pemukaan yang mulus berada di bawah. Tutup permukaan cake dengan kertas baking atau taburi dengan gula bubuk, sebelum anda menggulungnya. Ini untuk mencegah cake saling menempel saat digulung.
  • Gulung cake bersama serbet/kertas bakingnya sekalian, jadi serbet ikut tergulung di dalam gulungan cake, bukan hanya sebagai alat bantu saja. Gambar yang saya berikan di bawah saya tidak menggulung cake bersama serbetnya dan untungnya saat itu cake tidak lengket. Tapi untuk amannya sebaiknya anda menggulung beserta kertas/serbet.
  • Padatkan dan biarkan dingin, buka gulungan, lepaskan kertas (jika pakai) olesi selai dan gulung kembali cake
  • Semoga membantu dan sukses ya.    
Berikut resep dan cara membuatnya ya.


Resep Jelly Roll - Bolu Gulung Strawberry Nan Sedap! JTT


Jelly Roll (Bolu Gulung Isi Selai Strawberry)
Resep diadaptasikan buku Best Loved Dessert, Good Housekeeping - Jelly Roll

Untuk 1 buah bolu gulung dengan loyang 30 x 45 x 8

Bahan:
- 5 butir telur, pisahkan antara kuning dan putihnya
- 115 gram gula pasir, bagi menjadi 2 bagian
- 1 sendok teh vanilla ekstrak
- 60 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (saya pakai Kunci Biru)
- Gula bubuk untuk taburan (optional)
- 100 gram selai strawberry untuk olesan

Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 160'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Olesi loyang untuk cake roll/bolu gulung dengan mentega dan alasi dengan kertas roti. Sisihkan.

Resep Jelly Roll - Bolu Gulung Strawberry Nan Sedap! JTT

Siapkan mangkuk mikser, masukkan putih telur dan kocok dengan kecepatan tinggi hingga putih telur kaku dan membentuk puncak ketika pengocok kita angkat. Taburi setengah bagian gula ke dalam kocokan putih telur, sesendok demi sesendok, pastikan gula tercampur sebelum kita masukkan sendok gula berikutnya. Kocok hingga putih telur kaku dan terlihat mengkilap. Jangan berlebihan mengocok, jika telah terlihat kaku dan mengkilap, hentikan pengocokan. Sisihkan.


Resep Jelly Roll - Bolu Gulung Strawberry Nan Sedap! JTT


Masukkan kuning telur ke dalam mangkuk terpisah, tambahkan setengah bagian gula pasir dan vanilla ekstrak. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga berwarna pucat, kental dan mengembang, kira-kira 10 menit. Kurangi kecepatan mikser menjadi paling rendah, masukkan tepung terigu bertahap menggunakan sendok makan. Kocok hingga tercampur rata. Matikan mikser. Masukkan kocokan kuning telur ke adonan putih telur, aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Ratakan permukaannya dan panggang selama 15 menit atau ketika kita tekan cake maka cake akan membalik kembali. 


Resep Jelly Roll - Bolu Gulung Strawberry Nan Sedap! JTT


Siapkan selembar serbet/kain bersih, bisa juga menggunakan kertas baking. Taburi permukaan kain dengan gula bubuk secara merata, ini untuk mencegah cake lengket di kain. 

Keluarkan cake dari loyang, balikkan cake ke atas kertas/kain, letakkan cake dengan sisi yang mulus berada di bagian bawah ya. Taburi permukaan cake dengan gula bubuk, atau bisa juga dengan menutupnya menggunakan kertas baking, gunanya agar cake tidak lengket saat digulung.  

Buat irisan memanjang di salah satu sisi cake dengan pisau tajam, kemudian gulung cake sambil menekannya agar padat. Sebaiknya gulung cake beserta dengan serbetnya ya, jadi kain serbet ikut tergulung di dalam kue. Gambar yang saya berikan di bawah saya tidak menggulung cake berserta kainnya, jadi kain hanya sebagai alat bantu agar cake tergulung, resiko cara ini adalah permukaan cake bisa menempel satu sama lain. 

Biarkan cake dingin, sebelum dioleskan selai.

Resep Jelly Roll - Bolu Gulung Strawberry Nan Sedap! JTT
Resep Jelly Roll - Bolu Gulung Strawberry Nan Sedap! JTT

Buka gulungan cake, oleskan selai strawberry di permukaan cake dan gulung kembali. Potong-potong cake dan taburi cake dengan gula halus jika suka (saya tidak pakai). Cake siap disajikan. Yummy!


Sources:
Buku Best Loved Dessert, Good Housekeeping - Jelly Roll



36 komentar:

  1. Saya ingin coba ah kuenya , seperti apa ya rasa kue tanpa mentega ini .. Hehehe. Thanks for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wokeh Jeng Shinta, monggo dicoba ya. Saya suka jelly roll cake ini karena kenyal dan melawan kala digigit, nggak greasy (berminyak) dan padat. Mantap!

      Hapus
  2. mba, saya baru coba praktekkan bolu gulung ini, sukses sampai tahap penggulungan pertama, tp waktu sudah mendingin saya buka serbetnya koq kulit luar bolu gulungnya menempel di serbet smua ya mba? huhuhuhu... alhasil belum sempat mengoleskan selai strawberry nya bolu gulung saya sudah hancur... bahan2 smua sudah saya timbang dgn benar mba. apa saya trll berlebihan lama wktu mengocok putih telurnya ya mba? mohon sarannya.. thx :) (melisa)

    BalasHapus
  3. hi mba, saya baru praktekin jelly roll cake nya nich, berhasil sampai tahap penggulungan pertama lancar ( saya gulung pakai serbet bersih ). tp setelah mendingin saya buka gulungannya, kulit bagian luar rollcake nya pada nempel smua gitu di kainnya huhuhuhu :( terus pas saya buka gulungan kuenya jg susah bgt, kulit2 luar pada nempel ke tangan saya jg mba,jd ga berhasil saya oles selai strawberry nya roll cake nya sudah hampir hancur >.<

    kesalahan saya dimana ya mba? apa sebaiknya gulung pakai baking paper saja ya? atau ada pengaruh tadi saya kyknya mengocok putih telurnya terlalu lama sampai mengembang n kaku bgt adonan putih telurnya >.< mohon sarannya ya mba.. thx u :)

    Melisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Melissa, thanks atas pertanyaannya, bagian tersulit dari bolu gulung memamg urusan gulung menggulung agar gak lengket, berikut tipsnya ya, saya akan tambahkan juga diresep supaya lebih lengkap. Untuk pengocokan putih telurnya sudah benar kok.
      1. Alasi loyang dengan kertas baking yang diolesi dengan margarine baru adonan dituangkan
      2. serbet yang akan dipakai untuk menggulung harus ditaburi dengan gula bubuk secara merata di permukaanya, bisa juga pakai baking paper. Gula mencegah cake menempel di serbet.
      3. Lepaskan cake dari loyang, lepaskan kertas perlahan, jika ada cake menempel di kertas tidak apa-apa, letakkan cake di serbet, taburi lagi permukaannya dengan gula bubuk.
      4. Gulung cake bersama dengan serbetnya agar ketika dingin cake nggak saling menempel satu sama kali, jadi gulungan serbet ikut tergulung bersama cake ya. Kalau cara saya diatas cake saya gulung terpisah tidak bersama serbetnya.
      5. Biarkan dingin, buka olesi selai, gulung kembali.
      Jangan menyerah, bagian mmebuat cakenya sudah benar, hanya tahap menggulungnya saja ya. Next time moga berhasil ya.

      Hapus
    2. mba say apa menggulung kue bisa dengan kertas baking saja?

      Hapus
    3. yep mba siti, bs pakai kertas baking ya

      Hapus
  4. thx u bgt Mba Endang :) tadi loyangnya saya sudah alasi pakai baking paper + butter jd aman. cuman pas tahap menggulung dengan serbetnya ini yg weleh2... okayyy besok2 saya coba lagi pakai serbet yg ditaburi gula halus. saya penggemar berat blog Mba Endang loh dr resep masakan sampai kue2nya smuanya mamamialezatoss :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Melisa, sipp, lain kali ditaburi gula bubuk ya supaya gak lengket, sori saya lupa cantumkan itu di resep, sudah saya revisi sekarang. Sukses ya. ^_^

      Hapus
  5. makasih y mbak resepnya, mau coba nih ^_^ cuma masih pertanyaan, kalo misalkan saya buat boluya malam hari trus di gulung tapi ngisi selai dan menyajikannya besok siangnya bagagaimana? apa tahan bolunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, saya tidak sarankan pengisian selai menunggu keesokan harinya. Bukan karena bolunya gak tahan alias cepat basi, nggak ya, karena bolu ini bisa tahan hingga 3 hari lamanya. Tapi karena bolu yang sudah digulung akan menjadi kaku kala dingin apalagi keesokan harinya, ketika dibuka kembali gulungannya akan pecah2.

      Hapus
  6. Halo Mbak, perbedaan dg bolu gulung biasa hnya terletak pada kekenyalannya ny ya?
    Mbak trkdng ad resep yg memisahkan antara putih n kuning telur,yg membedakan hsl akhir cake dg pengocokan telur uth apa ya?
    mbak, ni terkdg ad resep cake sprt surabaya gtu menggunakan kuning telur sj yg dikocok dg gula..sy bingung ni, mw liat adoanan sdh sesai d mikser gmna gt, kan klu telur uth, ngembang, kental, putih, n berjejak..klu kuning nya aja gmana?
    n berapa lama gt?

    kpn lebaran klu k rmh2 org kok, ad teksur surabaya ny enak bgt gt, lembut, sdkt kenyal, n kue nya t kokoh bgt n kueny t enak bgt dliat gtu dr warnanya..pokokny klu mkan 1 it terasa kurang gt?

    thx mbak,yanti-palembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Yanti, masing2 resep cake memang beda2 Mba, jadi satu resep gak bisa jadi patokan resep lainnya. Jadi memang harus dicoba dibuat supaya tahu hasilnya akan seperti apa. Cake dengan banyak kuning telur, seperti lapis surabaya dan lapis legit maka teksturnya lebih lembut dan moist.

      nah kalau bolu gulung diatas pakai putih telur kocok supaya hasilnya gak terlalu lembut tapi ngembang sehingga ketika digulung gak pecah.

      ikuti resep dan petunjuknya saja Mba. dan memang harus dicoba hehehhe

      Hapus
  7. Mbak kenapa ga cake diolesin selai dulu baru digulung? Jadi ga perlu ngegulung 2 kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cake digulung dulu menunggu dingin, baru isian dioleskan. kalau cake panas maka selai akan meleleh dan belepotan kemana2. Apalagi kalau pakai isian buttercream, bisa meleleh butter nya kalau langsung dioles saat cake panas. kalau menunggu cake dingin baru digulung maka cake tidak akan mau digulung lagi.

      Hapus
  8. Mbak...buttercream buat sendiri ato beli jadi?kpengen diisi taburan keju jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau resep buttercream pakai resep ini saja: http://www.justtryandtaste.com/2011/10/brownies-lezat-legit-ala-chanti.html

      saya belum pernah beli buttercream Mba.

      Hapus
  9. Mbak, ukran loyang buat boluny brp ya? (Yg diresep ini). Thanks :)

    -desy-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba desy, panjang Mba, ini perkiraan ya, sekitar 23 x 40 an cm

      Hapus
  10. Mbak endang mau share. Kalo mau bolu mudah digulung. Setelah kue matang keluarkan dari oven, lalu tutup cake yang masi ada dalam loyang dengan penutup spt kayu/ triplek yang bersih biarkan dingin. Pasti nanti bolu jadi lentur dan mudah digulung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haluuu Mba Nany, makasih banget tipsnya ya Mba, yep masalah banget memang menggulung bolu gulung, suka pecah yaaa, next saya akan coba tipsnya.

      Hapus
  11. mbak enggak ada resep yang bolu gulung tapi kukus yah??? heheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ssayangnya saya belum pernah coba cake gulung kukus hehehhe, kalau sudah dicoba pasti di share kok

      Hapus
  12. Sore mbak, kalo pake loyang ukuran 22x22x7 cm bisa? Pengen nyoba buat.. Hehehe

    vk

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, untuk membuat bolu gulung pastikan loyangnya panjang dan memang khusus untuk bolu gulung, karena bolu harus tipis supaya bisa digulung, loyang 22 cm keknya terlalu kecil yaaa, bolu jadi tebal, atau buat 1/2 resep saja, intinya kalau bolu tebal gak bs digulung yaaa

      Hapus
  13. halo mbak endang. aku mau cobain buat bolu gulungnya tp sblm nya aku mau nanya.
    1. knp gula nya ga di campur semua ke kuning telur aja?
    2. apa kegunaan mencampur gula ke kocokan putih telur?
    3. boleh ga gula yg buat di campur ke putih telur aku aduk dl dgn sedikit air panas?
    4. selesai di panggang, olesin selainya ga sampai penuh merata di atas kue nya. jadi cm di tengah2 nya jd wkt pas di gulung ga mencret2 gt. boleh ga yah mbak?
    makasih yah mbak udah sabar bgt ngadepin kita yg pemula bgt and nanya nya yg konyol2. hahahaha... ngomong2 buku nya udah di cetak lom mbak? kl udah, congratulation yah mbak. sukses terus and jgn cape update resep baru terus. hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Nopie, waaah saya hanya mengikuti resep aslinya seperti itu Mba, dan hasilnya oke ya. Saya yakin ada banyak resep bolu gulung diluaran ya.

      setahu saya mencampur gula ke kocokan putih telur untuk membuat putih telur lebih kaku dan tahan lama busanya, gak cepat kempes sehingga cake menjadi kembang dengan baik.

      pertanyaan no 3 ga boleh yaaaa, putih telurnya nanti melempem, kempes, bolu gak ngembang

      no 4, boleh2 saja ^_^

      Hapus
  14. Hallu Mbak endang, mohon petunjuk dan sarannya doong sblm sy cb resep bolgulnya mbak endang, sy mau tanya klo sy panggang menggunakan oven tangkring brp lama waktu panggangnya? Lalu apinya harus besar, sedang atau kecil? Kemudian kalau permukaan atas blm berwarna kuning kecoklatan tetapi pinggiraannya sdh agak gosong sebaiknya gimana ya mbak? Soalnya trial yg pertama sy panggang smp 1,5jam krn atasnya blm berwarna kecoklatan maka sy teruskan memanggang alhasil bgitu diangkat bagian bwh bolgul agak gosong padahal sy taruh di rak tengah dan bagian kulit atasnya bgitu dibalik ke kertas roti malah nempel di kertas rotinya huhhuhuhu :( mohon bantuannya mbak, ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ ⌣̈ yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yurike, kendla menggunakan oven tangkring adalah panas yang hanya dibawah saja sehingga matangnya cake tidak merata. Saran saya, loyang sebaiknya didouble Mba, jadi lebih tebal. ini membuat bagian bawah cake gak cepat gosong sembari menunggu bagian atas matang.

      Harusnya pakai termometer suhu yang bisa dibeli terpisah supaya bisa tahu besar kecilnya api. Saya sendiri belum pernah pakai oven jenis ini, jadi memang harus trial error ya mba. Untuk mencegah cake menempel di kertas baking, olesi permukaan kertas dengan margarine pakai kuas.

      Hapus
  15. ouw iyaya hrsnya didouble loyangnya dan beli termometer terpisah, d rumah punyanya oven tangkring sih jd klo trial sering bgt errornya hahahaha...okee..okee terima kasih buanyakkkk untuk pencerahannya ya mbak endang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba yurike, semoga sukses dengan rolled cakenya yaaa

      Hapus
  16. Mbak,gimana membuat permukaan bolu gulung yang licin seperti yang dijual ditoko2, sperti merk MERAN***TI??..kalo bolgul strawberry JTT ini permukaan nya gak mengkilat,,seperti permukaan bolu biasa..

    Thanks,
    Lia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lia, waaah saya juga gak expert disini wakakka. Kayanya resepnya beda ya.

      Hapus
  17. Resep ini menggunakan ukuran loyang berapa mbak?? Saya tertarik untuk mencoba resepnya :)

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...