25 Juli 2011

Resep Cake Kukus Yogurt Strawberry


Resep Cake Kukus Yogurt Strawberry JTT

Variasi cake kukus memang seakan tidak ada habisnya dan bahan-bahan yang digunakan pun ternyata bisa kita modifikasi dari berbagai macam. Cake kukus yang saya sajikan kali ini resep awalnya sebenarnya menggunakan blueberry yoghurt, namun berhubung di kulkas saya adanya strawberry yoghurt maka resepnya pun saya modifikasi sedikit, selain jenis yoghurtnya berbeda saya juga menambahkan strawberry segar yang dihancurkan ke dalamnya. Rasanya pun menjadi nano nano, sedikit asam dan manis.  Walaupun saya tidak bisa katakan cake kukus yoghurt strawberry ini spektakuler rasanya, namun sepertinya cukup lumayan juga sebagai variasi cake yang anda buat di rumah. Terutama jika anda mulai bosan dengan cake yang hanya terbuat dari coklat atau keju melulu saja.

Resep Cake Kukus Yogurt Strawberry JTT
Resep Cake Kukus Yogurt Strawberry JTT

Untuk membuat cake kukus yoghurt strawberry ini, anda bisa menambahkan strawberry segar seperti yang saya lakukan atau jika tidak pun tidak masalah. Jika menggunakan strawberry segar, hancurkan buah dengan menggunakan garpu atau remas-remas dengan jari-jari tangan. Tidak perlu dihaluskan menggunakan blender agar tekstur strawberry-nya masih terlihat dan langsung masukkan ke dalam adonan strawberry yang telah dihancurkan beserta dengan jusnya ya.  Kunci terpenting untuk membuat cake ini berhasil adalah saat mengocok telur dan gula harus sampai benar-benar mengembang, kental, berwarna putih dan sangat pekat.

Berikut resepnya ya.

Resep Cake Kukus Yogurt Strawberry JTT

Cake Kukus Yogurt Strawberry
Resep diadaptasikan dari buku Seri Usaha Boga, Cake Tulban Kukus by Koko Hidayat - Strawberry Yoghurt Cake  

Untuk 1 loyang cake tulban (lubang di tengah) diameter 23 cm

Bahan:
- 5 butir telur ayam suhu ruang
- 225 gram gula pasir
- 10 gram cake imulsifier (saya pakai Starkis)
- 220 gram tepung terigu protein rendah (saya pakai Kunci Biru)
- 30 gram susu bubuk
- 150 gram yoghurt rasa strawberry
- 75 ml minyak zaitun atau minyak sayur biasa
- 10 butir strawberry segar, dihancurkan

Glaze:
- 3 sendok makan selai strawberry
- 1 sendok makan air

Cara membuat:
Siapkan loyang cetakan bentuk tulban, olesi mentega dan taburi dengan tepung terigu, sisihkan.

Resep Cake Kukus Yogurt Strawberry JTT

Siapkan mangkuk mikser, kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga putih, mengembang dan kental. Matikan mikser. Masukkan tepung terigu, dan susu bubuk dengan cara mengayaknya langsung diatas mangkuk adonan, aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan minyak, aduk rata. Pastikan spatula menyentuh dasar mangkuk agar minyak yang mengendap bisa tercampur baik.

Resep Cake Kukus Yogurt Strawberry JTT

Tambahkan yoghurt, minyak zaitun dan strawberry yang telah dihancurkan plus jusnya. Aduk adonan dengan cara membalik-balikkan spatula hingga adonan tercampur dengan baik.

Resep Cake Kukus Yogurt Strawberry JTT

Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah disiapkan. Panaskan dandang kukusan hingga air mendidih, gunakan air yang cukup banyak agar cukup untuk mengukus dalam waktu yang lama. Masukkan loyang berisi adonan, tutup permukaan kukusan dengan kain bersih yang menyerap air, kemudian tutup rapat dengan penutup kukusan. Kukus cake selama + 50 menit dengan api sedang hingga matang. Test dengan lidi atau tusuk sate apakah cake benar-benar telah matang.

Keluarkan cake dari dandang kukusan, diamkan sejenak hingga cake agak mendingin dan bagian tepi cake tampak terlepas dari loyang. Balikkan cake di piring datar dan dinginkan. 

Menghias dengan glaze:

Resep Cake Kukus Yogurt Strawberry JTT

Masukkan selai dan air ke dalam panci kecil, panaskan di kompor sambil diaduk-aduk hingga  selai mencair dan menjadi adonan yang kental. Tidak perlu sampai mendidih. Masukkan selai ke dalam kantung plastik segitiga, ikat rapat dan potong bagian ujungnya. Semprotkan selai ke atas permukaan kue.

Nah, cake siap dipotong-potong dan disajikan. Selamat mencoba. 

Source:
Buku Seri Usaha Boga, Cake Tulban Kukus by Koko Hidayat - Strawberry Yoghurt Cake 



22 komentar:

  1. mba bikin souffle donk ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, saya belum pernah nyoba souffle padahal pengen banget, sampai loyang ramekin nya saya bahkan beli di Ace Hardware. Moga bisa saya coba ya, hehhe. Thanks ya.

      Hapus
  2. Mbak, minyak zaitunnya bs diganti dgn butter ga?

    BalasHapus
  3. mba endang, sy udah berhasil bikin kake ini. menurut sy rasanya cukup enak. sy bawa sbg hantaran ke calon meertua. dan alhamduilah pada suka. berasa susu banget. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, sipp thanks sharingnya ya, senang semua suka dengan cakenya ^_^

      Hapus
  4. mbak, sy bikin ini tp dganti blueberry.. yogurt nya jg blueberry.. cm glaze nya pakr selai blueberry yg lgs tuang hahahaa.. adonan sy tambah baking soda 1sdt mbak.. jadix lembuuuuuut bgt.. kykx klo asem ktmu baking soda jd lembut y mbak hehehe..
    nyoba2 berhasil.. suwun mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shinta, waduhhh pakai blueberry lebih mantep, di jakarta blueberry mahalnya poll, se pack kecil 50 rb, hiks. Wah modifikasi resepnya mantap Mba, jadi ngeces, lebih sehat juga yaaa. Yep, asem ketemu soda memang mantep hehhehe. Thanks sharingnya ya Mba ^_^

      Hapus
  5. kalo dioven bisakah mbak?

    BalasHapus
  6. Mba Endang aku barusan bikin tapi hasilnya jelek. Mungkin waktu mixer telur dan gula ga sampe putih sekali terus loyang terlalu kecil. Soalnya loyang yang ukuran 23 yang baru aku beli terlalu tinggi. Jadi ga bisa di tutup danfangnya... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Novia, sebaiknya memang kalau membeli loyang juga disesuaikan dengan kukusan, karena saat proses pengukusan, tutup kukusan harus sangat rapat supaya uap panasanya maksimal ya. Sebaiknya coba setengah resep dulu saja mba, untuk permulaan.

      Hapus
  7. Halo Mbak Endang, akhirnya setelah semingguan aku penasaran sama resep ini, malam ini baru banget aku coba bikin. Hasilnya? Enak! Gurih tapi gak enek dan ada asem-asemnya. Seruuu. Hihihi.
    Oiya Mbak, cuma ada satu kendala nih. Kok pas dikeluarin dari loyang si adonan ini agak lengket, ya? Jadinya sisi luar kuenya kurang cantik karena agak cuil-cuil. Semisal loyangnya dilapisi kertas roti, bisa jadi solusi supaya kue nggak di lengket di loyang gak Mbak?
    Selain itu, aku mau sharing juga soal glaze-nya. Aku bikinnya pake stroberi segar, nggak pake selai. Jadi 10 buah stroberi aku blender pake 50 ml air terus aku masak lalu ditambah 50 gr gula pasir dan 1 sdm tepung maizena yang sudah diencerkan dengan sedikit air, sampai meletup-letup. Rasanya lebih segar dan nggak terlalu manis, jadi makin seru! Hehehe
    Maaf yaa Mbak Endang aku komennya panjang banget. Berhuhung aku belum punya oven, ditunggu resep-resep steam cake yang baru lho Mbak. Muchas gracias alias danke alias arigatou gozaimasu, ya Mbak Endang! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Niken, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resepnya disuka ya. Yep silahkan alasi loyangnya dengan kertas baking ya mba, berhubungan karena ini loyang tulban jadi agak susah pakai kertas Tapi kalau pakai loyang persegi biasa bisa ya.

      yep, glazenya saya yakin kalau pakai strawberry segar jauh lebih manyus ya hehehe. thanks yaa

      Hapus
  8. Mba endang, kalo mau dipanggang berapa lama ya? Suhuya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. panggang sekitar 50 menit, suhu 170'c, sebaiknya cek dengan lidi ya, karena beda oven bs beda waktunya

      Hapus
  9. Mbaa, kalo ga pake emulsifier bisa ga yaa? Kemaren aku bikin yang cokelat keju, padahal baru pertama kali bikin, kata suamiku enaak, hihi, makasih mba En..

    Rischa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau skip emulsi, kudu ganti pakai pengembang lain seperti baking powder double acting mba, cake ini berat, saya khawtir gak ngembang kalau skip pengembang

      Hapus
  10. Kalo baking powder double acting jadi berapa ya takarannya, mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk resep diatas pakai 1 1/2 sendok teh BPDA ya mba

      Hapus
  11. Makasih mbaaa udah dijawab, padahal resep lama, hehehe, tapi aku pengen nyobain cake kukus yang ini (dan dari JTT, soalnya alhamdulillah pake resep2 JTT berhasiil)

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...