Pages

10 Agustus 2011

Resep Homemade Mie Bayam

Resep Homemade Mie Bayam

Membuat mie sendiri sebenarnya prosesnya sangat mudah. Walaupun mudah, kendala utamanya mengapa saya agak malas-malasan untuk membuatnya adalah banyaknya perabotan yang harus digunakan serta mie segar yang tidak tahan lama disimpan meskipun di dalam kulkas sekalipun. Seringkali, meskipun telah membuatnya dalam porsi kecil tetap saja hasilnya adalah mie segunung yang membuat saya kebingungan untuk mengolahnya menjadi aneka masakan. Namun kendala itu saya singkirkan jauh-jauh ketika keinginan dan rasa penasaran untuk mencoba membuat mie bayam muncul. Saya akui, seringkali motivasi saya untuk mencoba suatu makanan atau masakan bukan karena saya tergila-gila akan makanan tersebut tetapi lebih pada keunikan dan tantangan untuk membuatnya dan mie bayam ini memang cukup menantang dan unik untuk dicoba.

Resep Homemade Mie Bayam
Resep Homemade Mie Bayam

Mie yang menggunakan tambahan sayuran seperti bayam, wortel, labu kuning, atau bit memang beberapa waktu yang lalu cukup nge-trend di Jakarta. Bahkan di Plaza Festival di jalan HR. Rasuna Said, Jakarta ada satu resto yang khusus menjual olahan mie seperti ini. Di supermarket besar saya juga sering melihat mie bayam kering dijual dalam kemasan-kemasan plastik hanya saja belum sempat untuk mencobanya. Nah, membuatnya sendiri ternyata tidak sulit lho dan bahan-bahannya juga mudah dan murah. Selain itu mie dengan kandungan serat dan vitamin seperti ini tentunya lebih baik dibandingkan dengan jenis mie yang biasa. 

Resep Homemade Mie Bayam

Walaupun tidak bisa saya katakan rasa mie bayam ini sangat lezat, namun aroma bayam hampir tidak tercium dan terasa. Teksturnya pun cukup kenyal. Hasil mie yang anda buat akan lebih bagus jika menggunakan alat pemotong pasta karena ukuran potongan mie seragam bahkan hingga ukuran yang terkecil sekalipun. Karena malas mode on, maka saya tidak mengeluarkan alat pemotong pasta tetapi adonan saya gilas dan potong-potong menggunakan pisau tajam, hasilnya mie menjadi berukuran besar dan ukurannya pun bervariasi. Untuk membuat mie bayam ini anda harus menghaluskan daun bayam hingga menjadi bubur bayam, saya menyerahkannya pada food processor, bisa juga menggunakan blender. Cincang halus terlebih dahulu daun bayam di talenan, masukkan ke blender bersama telur dan proses hingga halus, baru kemudian adonan bayam ditambahkan ke dalam tepung untuk di proses berikutnya menjadi mie. Untuk tips detail membuat mie ini anda bisa klik di postingan saya sebelumnya di Membuat Mie Udon Sendiri Di Rumah (Chewy Homemade Udon Noodles).

Mie bayam sebaiknya setelah jadi harus segera langsung diolah menjadi masakan seperti mie goreng, mie rebus atau mie ayam seperti gambar di atas, ini agar mie memberikan rasa dan tampilan terbaiknya. Tertarik untuk mengetahui caranya? Berikut resepnya ya.

Resep Homemade Mie Bayam

Homemade Mie Bayam
Resep diadaptasikan dari website Taste of Home - Spinach Noodle Recipes

Bahan:
- 330 gram terigu protein tinggi
- 150 gram daun bayam
- 2 sendok makan tepung sagu/tapioka
- 1 sendok teh garam
- 2 butir telur, kocok lepas

Cara membuat:

Resep Homemade Mie Bayam

Cuci bersih daun-daun bayam, buang batangnya. Jika anda menggunakan blender maka cincang terlebih dahulu daun-daun bayam di talenan hingga agak halus kemudian masukkan ke dalam blender bersama dengan telur kocok dan proses hingga halus. Jika menggunakan food proccessor, langsung masukkan saja lembaran daun dan telur kocok, tanpa perlu mencincang bayam terlebih dahulu, kemudian proses hingga halus.

Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung terigu, tepung sagu, garam, aduk menjadi satu hingga rata. Tambahkan adonan daun bayam, aduk dan uleni hingga tercampur baik. Adonan agak keras dan kaku jadi proses menguleni memang sedikit menguras tenaga. 

Resep Homemade Mie Bayam

Jika adonan telah tercampur baik, bulatkan adonan dan masukkan ke dalam plastik transparan yang cukup tebal (saya menggunakan plastik ukuran 2 kilo). Uleni adonan dengan cara menginjak-injaknya dengan kaki telanjang kira-kira 3 menit hingga adonan terlihat halus. Istirahatkan adonan selama 1 jam di dalam plastiknya.

Mengiris Mie 

Resep Homemade Mie Bayam

Taburi permukaan meja kerja anda dengan tepung terigu, sekarang kita akan memproses adonan menjadi mie. Keluarkan adonan dari plastik, bagi menjadi beberapa bagian, kita akan bekerja pada masing-masing bagian. Tipiskan masing-masing bagian adonan hingga memiliki ketebalan kurang dari setengah sentimeter. Taburi tepung pada permukaannya, lipat atau gulung adonan kemudian iris tipis-tipis dengan lebar + 3 - 4 mm. Taburi tepung pada gulungan adonan kemudian lepaskan masing-masing gulungan dengan jari-jari tangan hingga terurai. Lakukan hingga adonan habis. 

Merebus Mie 

Resep Homemade Mie Bayam

Siapkan panci ukuran agak besar, isi air yang banyak. Kunci merebus mie adalah air yang banyak, jika kekurangan air maka mie yang kita hasilkan tidak kenyal dan terlihat mblothong (saya kesulitan mencari bahasa Indonesia untuk istilah Jawa ini). Lebih baik banyak air daripada kekurangan air karena saat perebusan merupakan tahap membersihkan mie dari tepung terigu yang berlebihan. 

Didihkan air di panci, masukkan irisan mie. Jika panci kurang besar, lakukan perebusan bertahap dan ganti air setiap tahapannya. Masukkan potongan mie di air mendidih, rebus hingga mie mengapung di permukaan air. Begitu mengapung langsung angkat dan tiriskan, kemudian cuci mie di air dingin yang mengalir hingga mie terasa kesat (tidak lengket). Tiriskan mie dan mie siap diolah menjadi aneka masakan, misalnya mie ayam jamur seperti foto di bawah. Sedap!

Resep Homemade Mie Bayam


Sources:
Taste of Home - Spinach Noodle Recipes
Just Try & Taste - Membuat Mie Udon Sendiri Di Rumah (Chewy Homemade Udon Noodles)

21 komentar:

  1. setelah saya membaca just try and teste ini saya tertarik dgn resep mie byam ini... apalagi ttg bayam ini merupakan skripsi yg saya ambil...
    saya pngen sekali untuk berwirausaha, dan usaha yg saya ambil adalah membuat outlet atau kedai yg jual khusus olahan atau masakan dari mie bayam...

    BalasHapus
  2. Mbak, seneng deh baca resep mi bayam ini. karena ga pake gilingan mie spt resep2 yg lain. soale saya belum punya.
    oya coba bikin stick bayam dong mbak... buat camilan sehat si kecil. tapi yg ga pake gilingan ya mbak.. *ngrayu nih*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Farida, sebenarnya membuat mie gak usah pakai gilingan mie/pasta bisa kok, asalkan bisa menggilas dan memotongnya setipis mungkin. Saya akui, versi pakai mesin giling lebih bagus ya, lebih seragam dan tipis.

      Stick bayam sepertinya gud idea tuh, ntar ya saya coba2 dulu hehhehe. Makasih ya Mba.

      Hapus
  3. alhamdulillah nemu resep yg sesuai dg sikon saya. sedang coba praktek mbak & ingin share hasilnya jg. ijin cantumkan link nya ya. makasii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Elina, kalau mau hasilnya tipis, bagus dan seragam, digiling pakai penggiling mie Mba.

      Hapus
    2. Kalo ada alat lengkap tambah manteb ya mbak. ini baru aja selesai posting hasilnya :) http://erleenarakhma.wordpress.com/2013/07/25/mi-ayam-hijau-handmade-%E6%89%8B%E4%BD%9C%E3%82%8A%E3%81%AE%E7%B7%91%E9%BA%BA%E3%81%BF%E3%81%A9%E3%82%8A%E3%82%81%E3%82%93%E3%80%80/

      Hapus
    3. Hai Mba Elina, wah mantep, kalau banyak anggota keluarga di rumah emang seru bikin mie sendiri, banyak yang makan hehehe. saya suka bingung kalau bikin mie, jadinya banyakkk buanget trs yang makan cuman saya wakkakakk. thanks sharingnya ya.

      Hapus
  4. mbak, aq copy resep mi nya yah.....penasaran pengen buat mie tanpa alat yg lengkap :) makasih mbak

    BalasHapus
  5. Mba ini klo gak semua di masak atau di simpan sisa nya bagaimana? Apa harus di keringkan dahulu di oven agar bisa di simpan atau bagaimana? Terimaksih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukkan saja ke freezer mba dalam plastik rapat, awet kok

      Hapus
    2. Mbak Endang, penyimpanannya, saat mie masih mentah atau setelah direbus?

      Hapus
    3. setelah direbus, ditiriskan dan dingin mba

      Hapus
  6. Mba kalau mie bayam ini bisa tahan brp lama?? Apakah kalo dsimpan dikulkas bisa satu mingguan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, di chiler bisa sekitar 3 hari ya, belum pernah coba lebih dr itu.

      Hapus
  7. mba endang kalo dgnti dgn bit/wortel/ ubi ungu/labu kuning/buah naga takaranny 150gr jg y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Suci, saya belum pernah coba, mungkin harus disesuaikan juga tepungnya kalau adonan terllau lembek

      Hapus
  8. Saya penggemar blog nya mbak endang loh walau jarang koment ya krn lht koment yg banyak udah mewakili xixixixixi,
    Iya mbak coba buat stick bayam, wortel, ubi ungu etc gt... saya rencana mau jualan stick cm blm nemu resep yang oke neh mbak. #ikut2an ngerayu ah wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Meirina, salam kenal ya dan thanks sudah menyukai JTT. Saya belum pernah bikin stick aneka rasa hehehe, mau praktek sudah gamang dengan proses gilas menggilas hiks

      Hapus
  9. Untuk resep ayam jamurnya bisa di lihat di mana ya mba endang?pengen trial makasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Merry, googling saja Mba, "mie ayam jamur JTT' saya juga kalau cari resep JTT begitu hehhehe

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^