Pages

02 Oktober 2011

Resep Es Kacang Merah Nan Legit

Resep Es Kacang Merah Nan Legit

Kacang merah (Phaseolus vulgaris) sebagaimana jenis kacang lainnya kaya akan pati, protein dan serat makanan, selain itu juga merupakan sumber zat besi, potassium, selenium, molybdenum, thiamine, vit B6, dan asam folat yang sempurna. Umumnya kacang merah disimpan dalam kondisi kering, namun semakin lama penyimpanannya maka kadar nutrisinya pun akan semakin berkurang. Selain itu kondisi kacang yang kering akan memperlama proses memasak walaupun telah di rendam dalam air selama semalam. Penambahan gula, garam dan bahan yang berasa asam seperti tomat akan memperlama proses pengempukan kacang merah. Karena itu saat mengolahnya sebaiknya rebus kacang dalam air mendidih tanpa tambahan bahan apapun hingga kacang benar-benar empuk sebelum kemudian digunakan ke dalam aneka masakan. 

Resep Es Kacang Merah Nan Legit
Resep Es Kacang Merah Nan Legit

Jika anda mencari informasi mengenai kacang merah atau red bean di internet maka akan muncul beberapa jenis yang dikategorikan ke dalam kacang merah, yaitu kidney bean dan azuki bean. Keduanya termasuk keluarga kacang-kacangan atau Fabaceae bedanya adalah azuki bean berbentuk cenderung agak bulat dan berukuran kecil dan umumnya digunakan di kuliner Jepang dan China, biasanya dalam bentuk pasta kacang merah. Anda bisa menemukan kacang ini di supermarket besar di bagian bahan-bahan makanan dan rempah-rempah Chinese. Sementara kidney bean, sama dengan kacang merah yang biasa kita konsumsi, namanya diambil dari warna dan bentuknya yang menyerupai ginjal. Berukuran lebih besar dan panjang serta umumnya digunakan di kuliner India dan Amerika Utara, contoh masakan yang populer menggunakan kidney bean adalah chili bean dan rice and bean. 

Di Indonesia, penggunaan  kacang merah ke dalam masakan sepertinya tidak terlalu variatif. Umumnya kacang merah digunakan dalam hidangan berkuah seperti sup kacang merah yang pernah saya posting sebelumnya di Sup Senerek, sebagai campuran rendang daging untuk membuat warna rendang menjadi lebih pekat dan coklat, dimasukkan ke dalam gulai nangka atau sayur lodeh atau yang populer tentu saja diolah menjadi es kacang merah yang segar dan lezat seperti yang saya posting kali ini. Es kacang merah merupakan makanan populer yang diklaim berasal dari Manado dan merupakan salah satu jenis minuman es favorit saya. 

Resep Es Kacang Merah Nan Legit

Menurut saya, es kacang merah dinyatakan lezat jika kacang yang digunakan empuk, legit dan manis, sementara kuahnya kental kecoklatan. Karena itu jika anda menggunakan kacang merah kering pastikan untuk merebusnya hingga benar-benar empuk. Nah, untuk membuat kuahnya terlihat kecoklatan dan menarik maka saya menambahkan satu sendok makan coklat bubuk ke dalamnya.  Tertarik untuk mencoba? Berikut resepnya ya.

Resep Es Kacang Merah Nan Legit

Es Kacang Merah
Resep diadaptasikan dari buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Jaman - Es Kacang Merah

Untuk 5 porsi

Bahan:
- 200 gram kacang merah kering
- 1 liter air
- 1/2 sendok teh garam
- 4 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 2 sendok makan gula merah, sisir
- 1 sendok makan coklat bubuk, cairkan dengan 100 ml air sebelum dimasukkan ke dalam rebusan kacang

Kuah:
- 300 ml santan kental, saya menggantinya dengan susu cair
- 1 sendok makan tepung maizena

Pelengkap:
- Es batu 
- Susu kental manis

Cara membuat:
1 hari sebelumnya...

Resep Es Kacang Merah Nan Legit

Rendam kacang merah dalam air hingga semua bagian kacang terendam, biarkan semalaman hingga kacang mengembang dan empuk. Didihkan 2 liter air di panci, masukkan kacang dan rebus hingga kacang benar-benar empuk.

Jika kacang telah empuk, masukkan gula, garam, vanili, coklat bubuk, dan masak hingga gula meresap dan kuah menyusut. Angkat dan sisihkan.

Note: pastikan kacang empuk sebelum dimasukkan gula dan garam. Kacang tidak akan bisa empuk jika saat perebusan awal telah memasukkan gula dan garam.

Membuat kuah:

Resep Es Kacang Merah Nan Legit

Masukkan santan/susu cair dalam panci, larutkan tepung maizena dengan santan/susu cair hingga larut kemudian masukkan ke dalam santan/susu. Hidupkan kompor dan masak hingga santan mendidih dan kental, aduk-aduk selama santan dimasak agar tidak pecah. Angkat. 

Cara penyajian:
Siapkan mangkuk saji, masukkan beberapa sendok kacang merah beserta saus coklat rebusannya, tuangkan kuahnya dan tambahkan es batu serut diatasnya. Siram dengan susu kental manis. Es kacang merah siap disantap. Yummy!

Source:
Buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Jaman - Es Kacang Merah
Wikipedia - Red or Kidney Bean
Wikipedia - Azuki Bean 

80 komentar:

  1. klo es kacang merah ini jg fav sy.. sy dlu tigl dipalembang.. nah disana jg byk yg jual es ini.. br tw kl rebus kacang merah makin lama kl dikasih garam or dll.. paling males bikinnya krna laaamaaa rebusnya.. thx infony mba

    BalasHapus
  2. Halo Non Mia, iya kacang merah paling bete bagian ngerebusnya. Tobat dah lamanyaaaa. Pernah kasus belum terlalu empuk dah masuk gula n garam, wahhh sampai 3 jam direbus gak bakalan empuk deh ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masak kacang merahnya dengan cara dipresto deh..cuma butuh waktu 1/2 jam kacang merahnya sudah empuk..^-^....

      Hapus
  3. Mbak.. aku bookmark ya...
    Ini favorit aku jg. Tp kpn hari nyoba bikin blm bs secantik di posting mbak...
    Maklum, newbie..
    Thanks resepnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ayu, point penting adalah kacang kudu direbus dulu dalam air tanpa tambahan apapun hingga benar2 empuk. Kalau belum empuk dan terlanjur masuk gula, sampai kapan pun direbus gak bakalan mau empuk lagi hehehhe ini pengalaman prbadi yang desperate merebus kacang merah. Selamat mencoba ya.

      Hapus
  4. klw pakei kacang merah segar bisa gak yah mba? tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, pakai kacang merah yang segar bisa banget kok, malah ngerebusnya gak lama ^_^

      Hapus
    2. Pake yang segar apa juga direndam semalaman ya. Salam kenal dr heny

      Hapus
  5. mkasi mba infonya...aku pengen coba buat menu baru di GEROBAK MAPAY :)semoga bisa berhasil ky yg mba bikin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Jeng, sip silahkan dicoba ya. Semoga benar2 menjadi menu baru yang sukses. ^_^

      Hapus
  6. Hai mba.. Aq ay dari Palembang,
    Aq ga sngaja nemu blog mb, krn lgi googling resep ttg puding.. n ALHAMDULILLAH stlh baca lbih detail, smua informasi yang mb beri seputar resep" ini VERY INSPIRING TOO MUCH!!! Seneng bgd..bsa bnyk ngilmu ke mba utk aq yg lagi bljar masak ^^
    Senengnya lgi ga cuma step by step langkah cara masaknya, tpi juga include pict" yg bkin qta lbih gampang utk ngebayanginnya..
    Once again, salam kenal yaa mb.. smga bs terus membrikan resep" terbaiknya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal ya. Sip senang mendengar blog ini bisa memberikan manfaat. Semoga berhasil dalam percobaannya ya dan jangan sungkan untuk bertanya. Sukses ya, makasih atas komentarnya. ^_^

      Hapus
  7. haloo mba endang, aku ayu, temen tyas..
    pas tahun baru kemaren sempet nyoba beberapa resep dari blog ini, nyoba es kcang merah, nasi kebuli pake magic jar, ayam madu, ayam manis pedas, tahu isi pedas sama tahu isi sosis.. dan semuanya enak.. ^_^

    makasih ya udah berbagi.. keep trying, keep cooking, keep sharing :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Ayu, wah senang mendengar uji coba resepnya sukses dan suka. Yep, Tyas sempat cerita kok, tambah lagi neh teman yang sama2 suka kutak kutik di dapur. Sukses juga ya dan tetap semangat ^_^

      Hapus
  8. Ngapa ga pakai panci presto aja mbak biar cepet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, betul banget. Saya baru ingat punya panci presto setelah mati2an merebus kacang pakai cara biasa hehehe

      Hapus
  9. salut sama blog ini... bermanfaat bangt.

    BalasHapus
  10. resep ini kayaknya cukup unik dan mudah untuk dicoba, makasih ya resepnya nanti kalau ada waktu saya coba buat dirumah deh :)

    BalasHapus
  11. mba, ada informasi suplayer kacang merah yang siap pakai (sudah direbus dan ada kuah nya) ?. yang bisa disimpan disuhu ruang?? kalau ada mohon infonya yah mba, digunakan untuk toping bubble drink. thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Indra, sayangnya saya tidak punya info itu ya, saya juga pengen banget bisa beli yang model begini cuman supermarket adanya yang kacang saus tomat hehehe.

      Hapus
  12. mba, direndam dl pake aer, mamaku biasanya rendam pagi, sore diolah.. cepet bgt.. gtu juga buat kacang ijo.. ga nyampe 20 menit jadi kacang ijonya.. klo semaleman takut kelembekan nantinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Bunga, thanks tipsnya ya, yep direndam air saya suka semalaman wakakkak, biar cepat empuk

      Hapus
  13. Hi mb endang.. brusan bkin es kacang merah.. tpi kenapa ya mba rebusan kacangnya stlh dicampur coklat,gula,garam, dll kq rasanya malah pahit T_T ap yg salah y mb? Trus sisiran gula merahnya dicampur pas kpn mb? Thks before y mb ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloow mba, mungkin coklat bubuknya ya, coba pakai yang kualitasnya bagus jadi pakai dalam jumlah banyak tetap enak rasanya. gula dimasukkan bareng garam ketika kacang sudah benar2 empuk ya, keterangannya ada di proses pembuatan.

      Hapus
  14. Hola Mb Endang, sy Lagi nyoba buat es kacang merah nya ni. Kacangnya Sudah sy rendam sehari semalam Dan sy rebus berjam jam tapi ga empuk juga. Apa emang Butuh waktu lama bener ya buat ngerebusnya?
    Mau pake panci presto males soalnya kacang yg sy proses cuma sedikit..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mb Nuraeni, yep kendala merebus kacang merah adalah butuh waktu lama kalau diirebus biasa bukan presto.

      tipsnya supaya cepat lunak, rendam kacang semalam, buang airnya. rebus kacang sampai mendidih, matikan api, diamkan selama 30 menit sambil ditutup. buang airnya. masukkan air kembali kemudian rebus dengan api kecil selama 1 1/2 - 2 jam. harusnya bisa empuk yaaa, boleh dicoba wakkakak

      Hapus
    2. Ok deh next time sy praktekin tips nya.. Tapi saat ini kacang merah gagal empuknya Sudah berakhir diblender sama ibu Saya..hahaha
      Makasi share nya Mb..

      Hapus
  15. Mbak, enak mana pakai santan atau susu? Dlm bayanganku kl pake santan rasanya spt kolak ya? Kl pakai susu, kayak es teler? Betul nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya enak kok, wakakak. Saya suka semuanya hehhehe

      Hapus
  16. Mbak Kalau Misalkan Nggak Pakai Santan Apa Bisa Mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, ganti saja dengan susu supaya rasanya lebih mantap

      Hapus
  17. Hai Mbak Endang,
    Semoga nggak bosan ya, baca komen2 dari saya :D
    Di dekat rumah ada restoran pempek yang juga menyajikan es kacang merah, dibandrol 13ribu per mangkoknya.
    Bukan harga yang terlalu mahal, tapi setiap beli saya selalu berpikir, c'mon...it's only kacang merah! Sedikit tidak rela....
    Tapi karena anak-anak suka sekali, once in a while saya beli juga.
    Nah, saya ketemu resep ini 2 hari lalu dan sudah saya coba.
    Hasilnya? Sip marisip! :D
    Tapi, karena tujuan utama saya membuat es kacang merah yang identik dengan si restoran pempek, saya membuatnya jauh lebih sederhana.
    Kacang merah saya presto selama 15-20 menit sejak desisan pertama.
    Tuang ke panci biasa dan saya tambahkan gula yang takarannya saya kurangi 40%.
    Dimasak sebentar sampai air sedikit mengental, diamkan sampai dingin dan masukkan kulkas.
    Penyajiannya hanya es batu cacah, kacang merah, susu kental manis dan sirop coco pandan.
    Saya buat di malam hari setelah solat tarawih untuk disantap buka puasa di hari berikutnya.
    Kacang merahnya sudah betul-betul dingin dan gulanya meresap tapi rasanya tidak terlalu manis, perfect untuk disajikan dengan susu kental manis dan sedikit sirop supaya cantik warnanya.
    Thanks lagi Mbak Endang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, waah mantap banget tuh modifikasi es kacang merahnya. Saya jadi ngiler wakkakak. Ini makanan favorit saya banget, keknya selalu beli kalau ke resto pempek di sekitar sini. Thanks sharngnya yaaa

      Hapus
  18. Mba endang, kalo pake kacang merah kaleng apa bisa gak mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. asalkan si kacang merah kaleng itu benar2 murni kacang merah ya mba (kacang merah dalam air) bukan dalam saus atau sejenisnya ya.

      Hapus
  19. kalau diganti dengan kacang lain misalnya kacang tanah begitu mungkin gak ya sista?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba dina, kacang tanah saya kurang tahu ya, ada pernah dengar ada yang jual es kacang tanah tapi saya sendiri belum pernah melihat dan merasakannya

      Hapus
  20. Mba Endang yang ciamik,
    sebelumnya, i love you full, your blog, your reply, makasih banyak yaa,, kemaren coba buat pancake mba, sukses, anak dan mamah sukak, nah, ini mau tanya mba, aku pernah bikin kacang merah pake slowcooker, yg merk Takahi, empuknya oke banget, engga pecah juga, hemat tenaga, tapi sambil dicemplungin bubuk coklat juga ga ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba agy, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resep pancakenya disuka. bubuk coklatnya masuk belakangan saja setelah kacang matang ya mba.

      Hapus
  21. Salamualaykum. Hai mba Endang. Resep ini sdh sy coba, kuahnya pakai santan dan tidak pakai maizena. Hasilnya seperti es ogura ala Hok*-Hok* Ben** favorit suami. Nyummy banget. Sy bakal setiap hari buat es ini seandainya si Kacang Merah itu ga bikin panci sy mledug. Panci sy cedera parah di bagian pantatnya akibat perebusan yg superr lamaa. Hahaha.

    Reni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mba Reni, hahahhaha iyaa itu yang paling ngeselin sama kacang merah ya, ngerebusnya lamaaaa. Coba pakai tips ini:
      1. rendam kacang selama semalam, keesokannya buang air rendamannya.
      2. Rebus air mendidih, masukkan kacang, rebus selama 1/2 jam di api besar.
      3. Matikan api kompor, diamkan selama 1 jam dengan panci tertutup.
      4. Rebus kembali hingga mendidih, kecilkan api dan rebus selama 1 jam.
      5. Cara ini lebih cepat empuk, jangan tambahkan gula, garam atau bahan2 lainnya sebelum kecang empuk ya. Kalau sudah benar2 empuk baru ditambah bahan lain.

      sukses yaaa

      Hapus
    2. Mba endang, itu point ke empat, kacangnya direbus lg, dgn air yg baru atau air rebusan pertama mba? Trmkasih

      Hapus
  22. Mb endang, bbrp hari yg lalu saya nyobain buat es kacang merah..rasanya mantab, orang2 rumah pada suka, kata ibu enakan es kacang merah ini drpd yang di rumahmakan A..hihihi *senengbanget*
    Tapi mb..kmrn merasa ada yg kurang, kenapa kacang merahnya setelah dingin / tercampur es jadi nggak lumer di mulut ya mb?teksturnya beda ketika masih hangat2..
    Sudah saya rebus sampai empuk, lalu saya campur gula dll teksturnya masih empuk lumer dimulut..tapiii setelah dicampur es, langsung mengkerut keras..
    Kenapa bisa gitu y mb?apakah lama merendam juga pengaruh, karena kemarin direndam pagi,sore direbus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ratna, kalau kacang menjadi keras ketika dingin maka kacang kurang lama direbus.Harus sampai empuk dan pecah Mba. Rendam 24 jam, rebus dengan api kecil saja sampai benar2 empuk, pakai panci presto atau slow cooker hasilnya akan maksimal. Jangan tambhkan gula, garam atau apapun saat direbus, supaya benar2 empuk.

      Hapus
    2. Mba endang aku udah 3x bikin es kacang merah ini.. tp kok kacangnya keras lg stlah diberi garam gula coklat vanili.. aku bikinnya pke panci presto. Pertama bikinnya setengah jam, yg kedua 45 menit, yg ketiga smpai 1 jam di presto.. ketigatiganya hasilnya lembut mba, cm stlah diberi garam gula vanili kacangnya mengeras lg. Apa yg salah ya mba? Apa mmg sifat kacang ini akan mengeras stlah diberi gula garam vanili coklat? Trmkasih mba endang.

      Hapus
    3. wah saya bingung juga mba, pengalaman sih kalau kacang benar2 empuk ya tdk akan keras ketika dikasih gula, kaya bikin kacang hijau saja mba

      Hapus
  23. Hai mbak endang... gw sering banget ngintip resep di blog mu ini, tapi setiap dirimu menceritakan proses memasak sering bgt disisipin nama2 orang yg kok familiar. Awalnya.. ah kebetulan sama aja, kok tapi banyak bgt yaaa yg namanya sama. Pas aku liat lagi fotomu... ternyata dirimu adalah trainer ku dulu. Mmng aku pernah tau kl dirimu pintar masak.. ternyata dirimu trainer waktu di NISP Sekutitas dan Trainer urusan di dapur jg.. Mantab n sukses yaaa mbaaak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Novi, wah apa kabarnya sekarang? tak disangka kita ketemu online ya wakkaka. sekian lama tak bersua heheh.Sukses juga buat novi yaa

      Hapus
  24. kebetulan punya kacang merah di rumah dan nemu resep ini, langsung eksekusi, terimakasih mbak atas ilmunya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya ya mba, senang resepnya disuka, sukses selalu yaaa

      Hapus
  25. Mba endang mau nanya boleh ya..
    Saat masih mentah kacang merah sebaiknya disimpan di mana? Dan kuat brp hari ?
    Dan kalau setelah di rebus kacang merahnya tahan brp hari dan harus di simpan di mana dan bagaimana?

    Mba untuk takaran 250ml.. bagusnya kita masukin kacang merahnya brp gram ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kacang merah mentah mudah diserang bubuk kalau disimpan disuhu rung jadi saya masukkan ke chiller. kacang rebus selalu saya simpan di freezer.

      untuk takaran saya bingung yaaa heheheh

      Hapus
  26. Mbaa endang, waduh sayaa baru baca link mbaa yg ini. Saya baru ngerendam kacangnya jam 7 pagi ini. Telat baca tipssnyaa mba endang. Huaaa... Jadi saya bisa masaknya kapan ya mbaa. Apaa bsk pagi aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Deeby, bisa direbus pakai slow cooker, atau panci presto mba supaya lebih cepat dan gak perlu pakai rendam2an hehhehe.

      Atau ganti saja air rendamannya, dan lanjutkan merendam.

      Hapus
  27. Haii mba endang apa ada kursusnya untuk usaha es kacang merah??Sarannya dunk untuk usaha mba..thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya kurang tahu, yang jelas saya gak buka kursus ya, kuncinya ada pada kacang merah, asal dimasak sampai benar2 empuk pasti oke hasilnya

      Hapus
  28. Makasih mba resepnya... segeer buat buka puasa..

    BalasHapus
  29. Klo dibikin es mambo bisa ga mba? Apa dicampur semua trus d blender ya..setelah es nya mateng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah buat es mambo mba, mungkin bs ya, hanya bahan2ya tentunya berbeda

      Hapus
  30. Halo mbak endang sy fans JTT lho..berkat resepnya mbak...level skill memasak sy meningkat..buktinya anak suami lahap makannya...hehehe...oya sdikit tips dr ibu sy kl rebus kacang merah sama kacang hijau mending pakai air sebatas terendam(nggak langsung banyak)nanti kl udah air menyusut disiram lagi air panas/termos,sambil dimasak..penambahan air panas bs diulang sampai 3x setiap air menyusut...ini ampuh bgt bkin kacang supper empuk lebih cepat...sy jg sgt setuju sm artikelnya mbak endang gula garam dimasukkan di tahap akhor setelah kacang tsb lunak...krn dl gagal mulu kok masak ga enak dan kacangnya keras...well done mbak endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mb Fate, thanks ya sudah menyukai resep2 JTT, dan thanks ya sharingnya, sangat bermanfaat sekali. Sukses yaa

      Hapus
  31. Maaf mbak 1 lg, ketinggalan, kalo pake sun kara yg 200 ml, perlu dicairkan LG enggak mbak? Soalnya enggak ada keterangan di kemasannya. Sx lg tq ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, perlu ya, memang tdk ada keterangan pencairan, biasanya disebutkan 200 ml setara dengan berapa butir kelapa. saya pakai seperlunya saja dan dicairkan sesuai selera

      Hapus
  32. Tutup
    Pratinjau

    Edit Anonim berkata...
    Hai mba endang, salam kenal.. saya mau tanya, kacang merahnya kl sdh empuk, diberi gula, dll trus disimpan dichiller tahan brpa lama? Terima kasih banyak mba atas jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, salam kenal juga ya. Di chiller bs tahan sampai 1 minggu mba, asalkan gak kena santan atau susu ya. Di freezer bs sampai 3 bulan ya.

      Hapus
  33. Iya mba blm kena susu & santan cm diksih gula, vanili & coklat.. terima kasih mba endang ����

    BalasHapus
  34. Haii mba endang salam kenal.. saya mau cb bikin es kacang ini mba.. cm kt ibu saya, kl bikin kacang merah jgn dikit2, lgsg aja sekilo setengah biar capeknya sekalian heheh krna kan repot mba ngelembutin si kacang ini xixixii..... Saya mau tanya mba, kl saya bikin sekilo setengah apa ga pahit kl coklat nya dijadiin 7,5 sdm? Trmkasih mba endang atas jawabannya ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, salam kenal juga ya. coklat bubuk sebenarnya hanya memberikan warna lebih coklat, jadi diberikan sesuai selera saja, masukkan bertahap sj sampai tercapai warna yang diinginkan

      Hapus
  35. Hai mba salam kenal sekali lg, untuk kuahnya santan dan susu bolehkah dicampurkan? kalo boleh brpkah kira2 perbandingan takarannya? atau bisakah pake susu aja biar lebih simpel dan cepat di sajikan? apakah rasanya lezatnya tidak berkurang ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Eva, boleh2 saja Mba, bisa 1 : 1 ya. Bisa pakai susu saja hehehe, sesuai selera saja Mba. Untuk rasa, saya suka taste yang santan hehehhe

      Hapus
  36. hai mba endang salam kenal, saya sudah ngikutin blog mba dari dulu. beberapa saya coba resepnya. semuanya enak-enak. sekarang mau cobain es kacang merahnya ah, favorit banget soalnya. hihihi....

    ijin share resepnya juga ya mba di postingan coba resep saya di FB.

    makasih banyak mba buat inspirasi resep-resepnya. moga selalu sukses dan terus jadi inspirasi buat yang mau coba belajar masak seperti saya. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Helmi, thanks sharingnya ya, senang resep2 JTT disuka, sukses yaaa

      Hapus
  37. Alhamdullilah kami sudah 4 tahun berjualan es kacang merah di Palembang 😉

    BalasHapus
  38. Sya pernah makan es kacang merah buatan manado dan palembang bedanya ada kalau mba endang yg ini cara manado punya kalau palembang pake sirup warna merah
    Dua2nya enak sama2 pake kacang kalau manado yg sya tau pernah ke manado kacang merah pake susu dan gula merah itu bedanya..salam kenal horas

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^