27 Oktober 2011

Resep Sup Tuna Asam Pedas dengan Nanas


Resep Sup Tuna Asam Pedas dengan Nanas

Bagi saya, bulan Oktober ini memang benar-benar bulan yang penuh dengan kesibukan, bahkan di hari Sabtu-Minggu pun yang notabene merupakan hari merdeka dan bersantai ria ternyata tak lepas dari kegiatan kantor yang mati-matian saya lupakan jika sedang liburan. Kesibukan ini semakin diperparah dengan jalanan di sepanjang Sudirman menuju Blok M yang macet berat karena pemerintah DKI sedang mengerjakan proyek pembuatan saluran air yang menghabiskan separuh space di jalur lambat. Pagi hari saat berangkat dan sore hari kala pulang menjadi sedikit bencana karena jalur cepat pun terkena imbas mobil-mobil yang sedang berderet antri hendak menuju ke jalur lambat. Ditambah hujan yang mengguyur lebat, sempurnalah hari-hari warga Jakarta. Yah, beginilah nasib menjadi kuli di Jakarta. Eits, saya tidak mengeluh, sama sekali tidak berniat untuk itu, saya hanya ingin berbagi secuil curhat dan segentong uneg-uneg yang seakan tidak pernah ada habisnya ^_^

Resep Sup Tuna Asam Pedas dengan Nanas
Resep Sup Tuna Asam Pedas dengan Nanas

Ahh, lupakan sejenak cerita mengenai kemacetan, karena 90% warga Jakarta setuju dengan semboyan "Jika tidak macet maka bukan Jakarta namanya", saya kembali dengan menu yang saya posting kali ini. Hujan lebat, cuaca mendung dan suhu yang dingin, jika sudah seperti ini maka otak saya seakan-akan telah dikontrol untuk teringat ke makanan yang berkuah panas. Sepertinya bukan hanya saya yang mengalami hal tersebut, karena beberapa kali bersantap siang dengan teman-teman kantor, hampir rata-rata dari mereka memilih soto atau sup daging. Saya sendiri termasuk penggemar berat dua hidangan berkuah tersebut hanya saja membuat soto lumayan ribet dan walaupun sup daging mudah dan lezat saat ini saya sedang berusaha mengurangi konsumsi daging sapi. Tapi sup tuna asam pedas dengan potongan-potongan nanas yang berenang di kuahnya yang segar sangat mudah dibuat dan sulit untuk ditolak. Jadi kemarin sepulang kantor saya pun membuatnya di rumah. Dari saya dan untuk saya ^_^.

Berikut resepnya ya.

Resep Sup Tuna Asam Pedas dengan Nanas

Sup Tuna Asam Pedas dengan Nanas
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 - 3 porsi 

Bahan:
- 200 gram fillet tuna, potong dadu (bisa digantikan dengan jenis ikan lainnya), remas-remas dengan 1 sendok makan air jeruk nipis, biarkan 10 menit dan cuci bersih.
- 1/4 buah nanas, buang bagian tengahnya, potong-potong
- 1 liter air

Bumbu (bisa dihaluskan atau diiris tipis):
- 5 buah cabai rawit
- 3 buah cabai merah keriting
- 4 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih
- 1 ruas jahe
- 1 1/2  sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu lainnya, rajang kasar:
- 2 buah tomat merah
- 2 batang daun bawang
- 5 - 8 buah belimbing wuluh, belah dua (bisa diganti dengan air jeruk nipis/cuka masak)
- 5 lembar daun jeruk purut, sobek

Cara membuat:
Siapkan panci, masukkan air dan rebus hingga mendidih. Masukkan cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, daun jeruk. Masak hingga semua bahan layu.

Resep Sup Tuna Asam Pedas dengan Nanas

Tambahkan tuna, nanas, garam, gula, kaldu bubuk, merica bubuk dan belimbing wuluh. Masak hingga daging tuna matang (tidak memakan waktu lama). Masukkan daun bawang dan tomat, aduk rata. Cicipi rasanya dan angkat.

Resep Sup Tuna Asam Pedas dengan Nanas

Hidangkan masakan ini selagi panas. So yummy!




2 komentar:

  1. Tumben belum ada yang komen mbak.
    Mbak endang, mau tanya, belimbing wuluhnya di resep dua kali tapi masukinnya sekaligus ya 10 buah itu? Kalau diganti air jeruk nipis/cuka, takarannya berapa ya? Oya, ikannya bs diganti dgn kakap fillet kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Erma, thanks koreksinya, sudah saya betulkan resepnya. pakai sekali saja Mba, tapi saya sendiri suka pakai banyak, karena belimbing wuluh kurang asem kalau direbus. jadi sekitar 5 - 8 butir oke kok.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...