Pages

02 Desember 2011

Obsesi Roti 14: Roti Isi Abon

Obsesi Roti 14: Roti Isi Abon

Sebenarnya cita-cita awal saya bermaksud membuat roti abon fenomenal ala Bread Talk, jika anda tinggal di Jakarta atau kota lainnya dimana Bread Talk membuka cabang pasti tahu dengan roti abon yang saya maksudkan. Roti berbentuk bulat panjang, berukuran cukup jumbo, dengan taburan tebal abon yang dilekatkan dengan krim/vla berwarna putih transparan ini memang sedap dan menjadi incaran utama pengunjung di Bread Talk. Tiruan sejenisnya banyak dijual di toko roti lainnya hanya saja roti abon Bread Talk memang beda rasanya, terutama pada krim/vla yang melumuri permukaan si roti. Nah, setelah saya hunting kesana kemari mencari resep krim/vla ala Bread Talk ini, ternyata selain mayonaise salah satu bahan penyusunnya adalah susu kental manis. Mayonaise-nya sih saya selalu siap sedia di kulkas namun susu kental manisnya ini yang saya kehabisan stock gara-gara satu kaleng susu saya gunakan semua untuk membuat es krim mangga minggu lalu.  Walaupun begitu, bukan berarti keinginan membuat roti abon sirna. Tetap terlaksana, namun tentunya berbeda tampilan dan rasa. Yeah, walau begitu namanya tetap sama kan? Roti isi abon. ^_^

Obsesi Roti 14: Roti Isi Abon
Obsesi Roti 14: Roti Isi Abon

Untuk membuat roti isi abon ini saya menggunakan resep roti yang sama seperti ketika saya membuat roti gulung isi kacang hijau. Prosesnya lebih simple tidak seperti ketika menggunakan metode taizhong, namun tekstur roti yang dihasilkan lembut, lembab dan tidak kalah seperti ketika membuatnya dengan menggunakan water roux (taizhong method). Jika di metode taizhong tepung terigu dimasak dengan air hingga menjadi adonan yang kental, maka untuk membuat roti abon ini sebagian tepung terigu cukup disiram dengan air mendidih saja dan diaduk hingga menjadi gumpalan padat. Di resep aslinya tepung yang telah diberi air mendidih ini disimpan di dalam kulkas hingga 12 jam, saya tidak melakukannya melainkan langsung mengggunakannya ke dalam adonan. 

Obsesi Roti 14: Roti Isi Abon

Karena adonan yang terbentuk sangat lembek dan lentur maka ketika dipanggang tidak memerlukan waktu yang lama. Ketika permukaannya mulai tampak kecoklatan maka segera keluarkan dari dalam oven, terlalu lama akan membuat roti menjadi terlalu kering dan mengurangi kelembutannya. Simpan roti dalam wadah rapat agar tetap lembab. Oke, berikut resepnya ya.

Obsesi Roti 14: Roti Isi Abon

Roti Isi Abon
Resep diadaptasikan dari blog Happy Home Baking - Red Bean Roll 

Untuk 9 buah roti 

Bahan:
- 100 gram abon sapi, atau seusai dengan selera anda
- wijen untuk taburan secukupnya 

Bahan roti:
Bahan A
- 50 gram tepung terigu protein tinggi (misal Cakra Kembar)
- 35 gram air mendidih

Bahan B, aduk rata.
- 150 gram tepung terigu protein tinggi (misal Cakra Kembar)
- 50 gram tepung terigu serba guna/protein sedang (misal Segitiga Biru)
- 40 gram gula pasir halus
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan susu bubuk
- 1 sendok teh ragi instant (4 gram), saya pakai Fermipan

Bahan C, kocok menjadi satu:
- 88 gram air
- 30 gram telur (1/2 butir telur kocok lepas; 1/2 bagian lainnya untuk olesan)

Bahan D:
- 30 gram mentega

Cara membuat:

Obsesi Roti 14: Roti Isi Abon

Siapkan mangkuk, tuangkan bahan A ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata menjadi satu gumpalan kasar. Diamkan hingga dingin.   

Siapkan mangkuk besar, masukkan bahan-bahan B ke dalam mangkuk, aduk rata. Buat sumur di tengah-tengah tepung, tuangkan bahan C ke dalamnya. Biarkan meresap kemudian aduk-aduk menggunakan spatula menjadi adonan basah. Tambahkan adonan bahan A ke dalamnya kemudian uleni adonan hingga rata.  

Obsesi Roti 14: Roti Isi Abon

Taburkan sedikit tepung pada permukaan meja datar, letakkan adonan di atasnya. Uleni adonan selama + 10 menit. Taburi sedikit tepung jika adonan terasa lengket, atau celupkan tangan anda pada tepung dan terus uleni hingga adonan menjadi tidak menempel pada permukaan meja. Kikis adonan yang menempel di permukaan meja menggunakan pisau.

Obsesi Roti 14: Roti Isi Abon

Tambahkan mentega yang telah dipotong-potong ke adonan dan uleni kembali adonan hingga kalis. Terus uleni hingga adonan menjadi lentur, liat dan elastis, serta tidak menempel pada tangan anda, sekitar 25 - 30 menit.

Bulatkan adonan menjadi bola yang halus, masukkan ke dalam mangkuk yang telah diolesi minyak pada permukaannya. Tutup adonan dengan plastic wrap atau kain bersih, istirahatkan adonan di suhu ruang selama 1 jam atau hingga mengembang menjadi minimal 2 kali lipat. 

Obsesi Roti 14: Roti Isi Abon

Kempiskan adonan dengan menekannya perlahan dengan telapak tangan, letakkan adonan di meja dan gilas dengan kayu penggilas hingga melebar dan berbentuk segi empat dengan ketebalan sekitar 1 1/2 cm. Taburi abon pada permukaannya hingga rata, gulung adonan sambil menekannya dengan jari-jari tangan agar abon menempel erat di adonan. Tekan bagian sambungan adonan agar tidak terbuka saat dipanggang. 

Obsesi Roti 14: Roti Isi Abon

Potong-potong adonan menggunakan pisau tajam menjadi sekitar 9 - 10 bagian. Siapkan loyang tulban anda, olesi dengan mentega pada permukaannya kemudian tata potongan adonan melingkar di dasar loyang. Tutup permukaan loyang dengan kain dan diamkan selama 20 menit hingga adonan mengembang. Olesi permukaannya dengan telur kocok dan taburi dengan wijen. 

Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya minimal 30 menit pada suhu 190'C selama 15 menit. Jika permukaan roti telah berwarna kecoklatan segera keluarkan dari dalam oven, dinginkan dan simpan dalam wadah tertutup untuk mempertahankan kelembabannya. Enjoy! 

Sources:
Blog Happy Home Baking - Red Bean Roll 
Just Try & Taste - Roti Gulung Isi Kacang Hijau

6 komentar:

  1. mbak coba resep roti boy donk cz aku coba beberapa x hasil topingnya jelek tp rasanya enak sich....dh googling resep g ada yg pas biasanya klo nyoba dri blog mbak kn sukses hehehe mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Ratu, roti boy ini saya udah lama pengen coba, cuman selalu sebatas angan2. Masih bingung menentukan resep mana yang tokcer, ntar ya Mba saya coba2 juga hehehe

      Hapus
  2. dear mbak endang,
    kalo pake mayonaise dan susu kental manis perbandingannya berapa ya mbak. mumpung dua2nya lagi ada di kulkas nih.
    thx sebelumnya
    rgrds==dina==

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dina, perbandingannya kira2: 3 sendok makan mayonaise dan 2 sendok makan susu kental manis, aduk jadi satu. Rasanya manis asam dikit, kalau kurang manis tambahkan susu kental manisnya ya, kalau mau pedas kasih 1 sendok makan saus sambal botolan ^_^

      Hapus
  3. mbak Endang request minta resep abon sapi dong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Tien, wah saya belum pernah coba Mba, kudu di trial dulu yaaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^