29 September 2011

Obsesi Roti 10: Roti Gulung Isi Coklat Kacang


Percaya kepada insting atau naluri anda, mungkin kalimat yang tepat untuk diterapkan bukan hanya dalam aktifitas sehari-hari dimana kita memang harus selalu waspada, apalagi bagi mereka yang hidup dan mengadu nasib di kota Metropolitan seperti saya. Setiap hari dalam perjalanan menuju ke kantor, di angkutan umum, di mall atau pusat keramaian lainnya kita sebenarnya terekspose dengan berbagai risiko dan mungkin saja tanpa sadar kita berdiri atau duduk bersanding dengan pencopet dan kriminal sejenisnya. Insting seringkali berperan sangat penting disini, alam bawah sadar kita terkadang mungkin memberikan sinyal bahaya hanya saja tertutup oleh pikiran kita yang penuh dengan logika. 


28 September 2011

Avocado Pound Cake - Pound Cake Alpukat


Pound cake merupakan cake yang paling umum kita jumpai.  Diperkenalkan pertama kali di Inggris sejak awal tahun 1700-an, nama pound cake  diambil dari resep asli cake ini yang terdiri atas tepung, gula, mentega dan telur dengan takaran masing-masing 1 pound (453,59 gram). Pada saat itu tidak ada pengembang kue yang digunakan di dalam adonan, untuk membuat cake mengembang hanya mengandalkan udara yang dimasukkan ke dalam adonan.  Pada jaman ketika banyak orang tidak bisa membaca, ukuran 1 pound ini dibuat untuk memudahkan  mereka mengingat resepnya.


27 September 2011

Manisan Kulit Jeruk - Candied Orange Peel


Sejak melihat artikel mengenai manisan kulit jeruk di beberapa web atau blog membuat saya menjadi penasaran dengan rasanya. Apakah selezat tampilannya yang sangat menggoda ataukah getir dan pahit sebagaimana kulit jeruk seharusnya. Irisan-irisan kulit jeruk berselimut gula dengan warna oranye atau kuning yang cerah ini memang membuat mata menjadi tak jemu memandang dan air liur menetes. Walaupun telah lama resep ini berada dalam koleksi resep di notebook, namun baru kemarin saya mencoba membuatnya. Itupun setelah meyakinkan diri dengan menonton tayangan video di web About.com. Sedikit terjadi accident saat proses pembuatannya namun akhirnya manisan kulit jeruk ini jadi dengan sempurna. Walaupun tertutupi oleh gula namun rasa getir kulit jeruk masih sedikit terasa, mungkin gula yang saya gunakan kurang banyak saat merebusnya. Namun yang jelas, manisan ini cukup oke untuk memanfaatkan kulit jeruk yang selama ini hanya teronggok di tong sampah.


26 September 2011

Soto Daging Betawi ala Pak Kustandi


Pak Kustandi bukan nama suatu resto atau warung makan yang menjual soto Betawi nan lezat. Pak Kustandi yang ini adalah rekan sekantor saya yang telah berbaik hati membagi resep soto Betawi yang telah turun temurun di wariskan di keluarganya ini. Bermula dari santap siang saya di Kedai Ria yang menyediakan soto daging Betawi yang lezat, sayapun menjadi penasaran dengan resep soto Betawi asli. Rupanya tidak perlu jauh-jauh saya mencarinya, karena Pak Kustandi memiliki resepnya yang ternyata sangat sederhana dan mudah. Rasanya? Hmm, lezat dan tidak kalah dengan soto Ria yang pernah saya ulas di artikel Jajan Yuk! Anda bisa klik disini untuk mengetahuinya. 


25 September 2011

Membuat Ayam Popcorn - Popcorn Chicken


Ayam popcorn yang saya sajikan kali ini memang sedap untuk menemani nasi panas atau dimakan begitu saja sambil menonton acara favorit di televisi pada Minggu pagi yang cerah seperti hari ini. Membuatnya sangat mudah, cepat, dan hasilnya tidak kalah dengan ayam goreng sejenis yang dijual di resto siap saji. Ayam popcorn sebenarnya hampir sama dengan ayam goreng yang biasa anda santap di KFC, bedanya ayam popcorn terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil kemudian dilumuri dengan tepung bumbu, telur dan tepung roti/bread crumbs lantas digoreng hingga crispy. Karena ukurannya yang kecil membuat daging ayam mampu matang sempurna hingga ke bagian dalam dan menghindari tepung roti menjadi gosong dan berwarna kecoklatan.

24 September 2011

Scone Kismis dan Chocolate Chunk


Ada dua cara dalam mengucapkan scone, yaitu 'Skon' dan 'Skoan'. Makanan sejenis quick bread berukuran kecil ala Inggris ini diyakini berasal dari Skotlandia dan memiliki kedekatan dengan sejenis roti pipih yang dipanggang di penggorengan bernama bannock.  Scone khususnya populer di US, Inggris, Kanada, Australia, New Zealand, dan Irlandia walaupun beberapa negara lainnya juga mengkonsumsinya. Umumnya, scone terbuat dari gandum, barley, dan oatmeal dengan baking powder sebagai bahan pengembangnya, adonan dibentuk menjadi lingkaran dan dibagi menjadi 4 atau 6 bagian dan dimasak dengan cara dipanggang. Memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan biskuit ala US yang lembut dan remah, yang membedakannya hanya biskuit umumnya disajikan seperti roti yang dimakan kala santap pagi sementara scone biasanya disajikan sebagai teman minum teh dan kopi atau sebagai hidangan pencuci mulut. Untuk resep biskuit saya pernah menampilkannya, silahkan klik disini. 


23 September 2011

Cake Coklat Pisang (Chocolate Banana Cake)


Satu hal yang terkadang membuat saya kalang kabut sendirian ketika ada saudara yang datang dari daerah adalah oleh-oleh titipan dari Ibu saya yang luar biasa. Contohnya minggu lalu, ketika Paklik (bahasa Jawa untuk Paman) datang dari Paron, walaupun saya telah berpesan jangan membawa apa-apa tetap saja Ibu menitipkan hasil bumi dari kebun sendiri yang memang melimpah ruah. Jika hanya beberapa buah saja mungkin masih bisa diterima, tapi bagaimana jika satu kardus besar mangga, pisang kepok dan ubi jalar? Alhasil saya harus memeras otak untuk membagikannya kesana dan kemari. Buah mangganya dengan sukses saya transfer ke Depok, ke rumah tante Sopiah, untuk dibagikan ke tetangga. Sementara pisang dan ubinya... Hmm, kalau yang satu ini saya agak pelit untuk berbagi karena selain pisang kepok kuning dari kebun di belakang rumah Paron sangat manis dan lezat,  pisang dan ubi jalar juga merupakan bahan baku untuk membuat aneka kue, roti dan cake yang mantap. Salah satunya adalah cake coklat pisang yang saya posting ini. 


21 September 2011

Membuat Biskuit Super Remah & Lembut


Anda pernah mencoba membuat biskuit sendiri? Jika belum, saatnya sekarang untuk mencoba membuatnya, karena biskuit yang fresh, hangat dan baru keluar dari oven terasa so, so yummy! Nah, jika anda tertarik untuk memulai, mungkin resep biskuit yang saya hadirkan ini bisa menjadi referensi, bahan-bahannya sangat mudah, prosesnya mudah, namun hasilnya tak kalah dengan biskuit resto bintang lima (lebay dot com) ^_^. Tapi sungguh, ini bukan bualan. Saya sendiri sempat dalam hati menyesali, jika tahu hasilnya akan sedemikian sedapnya mungkin sejak dari dulu saya telah membuatnya.


20 September 2011

Linguini dengan Saus Tuna


Satu lagi modifikasi linguini yang saya hadirkan disini dan semoga tidak membuat anda terbosan-bosan dengan resep pasta yang sering sekali saya tampilkan walaupun saya mengaku bukan penggemar pasta. Seringkali ketika saya memasak satu resep maka adakalanya bahan tersisa dan membuat saya memutar otak untuk memberdayakan si bahan menjadi makanan lainnya yang lezat. Nah ide linguini saus tuna ini berawal dari lasagna tuna yang pernah saya posting sebelumnya, saus tunanya yang berlebih dan penampilannya yang mirip dengan saus spaghetti membuat saya melirik stoples linguini di meja dapur. Segenggam linguini kering di tangan, sepanci air mendidih dan sesendok makan garam dapur, dalam sebentar sepiring linguini rebus yang al dente telah tergolek di piring. Dengan tambahan tiga sendok makan saus lasagna tuna sisa, jadilah linguini saus tuna yang alamak lezatnya.


19 September 2011

Tahu Berontak Isi Kol, Wortel & Daun Bawang


Di Jakarta dan mungkin di sebagian besar orang mengenal makanan ini dengan nama tahu isi, namun di Paron, kampung halaman saya, gorengan lezat ini berjuluk tahu berontak. Nama ini mungkin diberikan untuk menunjukkan si tahu yang perutnya seakan memberontak dan gendut karena berisi tumisan aneka sayur-sayuran. Apapun alasannya, tahu isi atau tahu berontak ini merupakan salah satu makanan favorit saya dan tidak pernah membuat saya bosan. Membuatnya sangat mudah dan saya jamin anda tidak akan kecewa dengan hasilnya, pasti penganan ini akan habis ludes diserbu dalam sekejap. Selain itu, bahan-bahannya juga terjangkau dengan harga yang murah meriah.

18 September 2011

Sup Konro & Konro Bakar Nan Empuk di Resto Haji Mamink


Sup konro dan konro bakar di resto Daeng Tata milik Haji Mamink ini sudah lumayan kondang, jika anda search di Google pasti akan menemukan artikel serupa dengan yang saya posting kali ini yang bercerita mengenai kelezatan iganya. Entah itu diolah menjadi sup atau dibakar dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam dagingnya yang lembut. Saya sendiri termasuk pelanggan setia dan lama resto masakan khas Makassar ini namun baru weekend kemarin saya berhasil mengajak Tedy kesana. Berangkat sejak pukul lima sore dari rumah Pete dan terjebak kemacetan karena saya memilih alternatif jalan yang salah, kami pun tiba disana hampir pukul setengah tujuh. Restoran yang terletak di sudut jalan ini terlihat terang benderang dan ramai oleh pengunjung. Di hari biasa maupun weekend resto Daeng Tata memang selalu penuh namun ternyata kali ini luar biasa. Full! Hampir semua kursi terisi. 


17 September 2011

Timlo Solo dengan Telur Masak Kecap, Sosis Solo, Wortel dan Jamur Kuping


Timlo Solo merupakan hidangan yang terdiri dari mie soun, potongan sosis Solo, suwiran ayam, wortel, irisan telur yang dimasak kecap, terkadang irisan hati ayam dan telur dadar juga di tata di dalamnya kemudian disiram dengan kuah bening mirip sop. Disantap panas-panas sambil ditemani dengan sambal kecap yang pedas. Wuihh, rasanya segar dan sedap. Sayangnya hidangan ini jarang ditemui di Jakarta dan membuatnya sendiri memang membutuhkan sedikit kesabaran karena pernak-perniknya yang cukup banyak. Karena itu sebelum membuatnya pastikan anggota keluarga sedang berkumpul di rumah sehingga ketika hidangan matang seluruh keluarga berpartisipasi menyerbu untuk menyantapnya. Seperti kata teman saya, Chanti di Aceh, yang paling membahagiakan memasak untuk keluarga sendiri adalah saat menatap wajah-wajah ceria mereka tatkala menyantap hidangan lezat dan sehat yang dimasak oleh anda sendiri.

14 September 2011

Tumis Cumi Asin & Tempe


Salah satu hal yang membuat saya kangen dengan Paron, sang kampung halaman, adalah tempenya. Kabupaten kecil ini selayaknya kabupaten lainnya di Ngawi memang terkenal akan produksi tempenya yang lezat. Umumnya toko-toko jajanan di Ngawi pasti menjual tempe yang telah diolah menjadi aneka keripik tempe yang renyah dan gurih. Berbeda dengan tempe di Jakarta yang berongga dan kempes, tempe produksi Paron padat dengan bulir kedelai yang utuh dan terasa pulen. Selama liburan disana, hampir setiap hari Ibu saya pasti menyajikan sepiring tempe goreng di rumah dan tak bosan-bosannya saya menyantapnya.


13 September 2011

Membuat Chocolate Mug Cake Dalam 5 Menit

 
Ingin makan cake coklat tengah malam tetapi semua bakery telah tutup? Atau malas keluar rumah karena telah terlanjur nyaman di depan televisi namun mulut ingin mengudap cake coklat? Atau ingin makan cake coklat namun ogah membuatnya dalam porsi besar? Nah, jika di rumah anda kebetulan memiliki microwave maka resep Chocolate Mug Cake kali ini mungkin bisa menjadi solusi bagi anda yang mengalami masalah diatas seperti saya. Simple dan sangat cepat, hanya dalam 5 menit segelas coklat cake yummy bisa anda nikmati.
 

12 September 2011

Pangsit Kuah Isi Daging Ayam & Sayuran


Semangkuk pangsit kuah nan segar ini layak untuk menemani makan malam anda di rumah. Gurih, lembut dengan kekenyalan yang pas, saya yakin keluarga anda di rumah pasti akan berebutan untuk mencobanya. Membuatnya juga sangat mudah dan hasilnya tidak mengecewakan. Pangsit rebus seperti ini biasanya disajikan bersama dengan bakso, tahu dan pangsit goreng namun kali ini saya hanya menggunakan pangsit rebusnya saja. Untuk kulit pangsitnya saya menggunakan kulit pangsit siap pakai yang banyak dijual di pasar, sementara bahan isinya saya menggunakan daging ikan dan ayam yang dicincang halus. Bahan isi cukup anda bungkus dengan kulit pangsit dan kukus sebentar, tata di mangkuk saji beserta potongan daun sawi dan siram dengan kuah yang panas. Trala, pangsit kuah siap disantap.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...