Pages

01 Februari 2012

Resep Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak - Refresh Your Body, Mind & Soul!

Resep Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak

Bagi maniak sayur seperti saya, salad merupakan salah satu makanan favorit yang tidak pernah bisa saya tolak jika kebetulan berkunjung ke satu resto atau jamuan makan. Sebegitu maniaknya saya, bisa-bisa semangkuk besar salad sayur dan potongan buah habis saya sikat sendiri tanpa sedikitpun ada keinginan untuk berbagi. Itu yang biasanya saya lakukan jika berkunjung ke Pizza Hut, saladnya saya akui sangat lezat. Saya bahkan mengembangkan skill untuk menata dedaunan, kacang-kacangan, broccoli dan potongan buah sedemikian rupa hingga mangkuk yang terbatas ukurannya tersebut mampu menampung sayur dan buah yang melimpah plus guyuran dressing yang meluber kemana-mana. Mantap!

Resep Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak
Resep Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak
Resep Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak

Toko buah langganan saya, All Fresh, adalah vendor penyedia salad berikutnya yang akhir-akhir ini menjadi favorit saya. Buah dan sayurannya lengkap dan dressing-nya pun beraneka ragam. Mulai dari Thousand Islands yang berlemak hingga low fat dressing yang menggunakan minyak zaitun dan cincangan bawang putih sebagai bahannya. Rasanya sungguh yummy! Karena salad termasuk makanan yang rada ribet persiapannya disebabkan banyaknya aneka bahan yang harus di gunakan maka membeli versi jadinya memang dirasa merupakan pilihan terbaik. Sayangnya harganya juga menguras kantong, untuk semangkuk salad dengan berat 100 gram anda harus merogoh kocek sebesar enam ribu rupiah. Biasanya salad yang saya beli diganjar dengan harga berkisar di tiga puluh ribu rupiah per mangkuknya.  Karena harganya yang lumayan tinggi itulah membuat saya akhirnya memutuskan untuk membuatnya sendiri. Tentu saja dengan bahan-bahan yang terbatas, sesuai dengan persediaan di dalam kulkas, yaitu bit dan broccoli sisa membuat brownies, serta lettuce dan jagung beku pipilan. Saya lupa memasukkan wortel yang diserut kasar, padahal sayuran tersebut bisa membuat salad yang saya buat menjadi lebih bergizi dan berwarna.

Resep Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak
Resep Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak

Nah untuk dressing-nya, lupakan sejenak Thousand Islands atau Russian dressing yang berat karena kali ini saya menggunakan Italian dressing sehat yang terbuat dari minyak zaitun, cincangan bawang putih, perasan air jeruk lemon dan merica hitam tumbuk. Semua bahan di masukkan menjadi satu dalam satu botol tertutup rapat dan kocok hingga tercampur baik. Hasilnya adalah cairan kental, keruh, berwarna kekuningan yang menakjubkan. Kala anda diamkan maka minyak dan bahan-bahan lainnya akan terpisah, karena itu saat akan digunakan kocok kembali campuran tersebut kuat-kuat. Jika tidak ada jeruk lemon, anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai penggantinya. Simpan dressing dalam wadah tertutup rapat jika tidak habis dipakai dalam satu kali kesempatan.

Resep Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak

Salad sayuran dengan dressing minyak zaitun ini terasa ringan dan sangat segar. Semangkuk besar salad sayur ini saya santap sendiri sebagai makan siang saya di hari Minggu kemarin sebelum berangkat ke les renang. It's truly refreshing! ^_^

Berikut resepnya ya.

Resep Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak

Salad Sayuran dengan Dressing Minyak Zaitun & Lemon
Resep dressing diadaptasikan dari web Spark People (Recipes) - Olive Oil and Lemon Salad Dressing 

Bahan:
- 1/4 bongkah lettuce ukuran sedang, sobek-sobek kasar dengan menggunakan jari
- 2 buah umbi bit, kupas dan belah masing-masing menjadi 6 bagian, kukus hingga empuk
- 3 sendok makan jagung manis pipilan beku, kukus hingga matang
- 1 batang broccoli, siangi kuntumnya. Kupas kulit batangnya dan rajang tipis. Kukus setengah matang

Dressing minyak zaitun:
- 100 ml Extra Virgin Olive Oil (minyak zaitun)
- 4 butir bawang putih, cincang halus
- 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar
- 100 ml air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- seujung kuku mixed herbs (Italian seasoning)

Cara membuat dressing:

Resep Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak

Masukkan semua bahan dressing ke dalam botol yang memiliki tutup rapat. Tutup botol dengan baik. Kocok kuat-kuat selama 1 menit hingga air jeruk lemon bercampur dengan minyak zaitun. 


Resep Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak

Tata bahan salad dimangkuk, siram dressing ke atas sayuran secara merata. Aduk dengan menggunakan tangan atau spatula. 

Salad siap disantap. Yummy!

Source:
Web Spark People (Recipes) - Olive Oil and Lemon Salad Dressing

55 komentar:

  1. Mbak Endang.. Bit kukus enak ya? Aku ko ga bisa makan bit, bau langunya itu bikin mual duluan, boro-boro pengen nyicip deh. Ada tips spy bit kukus ga terlalu langu -aroma dan rasanya- kah?

    -Hanif-
    (ini aku lagiiii \(^0^)>, jangan bosen ya mbak)

    BalasHapus
  2. Mbak, lada hitamnya bisa diganti lada putih?
    Kebetulan lagi nggak punya.
    Btw, senang bgt dgn blog Mbak Endang.
    Menu2 sehatnya sangat menginspirasi.
    Terus berkarya ya Mba. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal, ladanya bisa menggunakan hitam atau putih. Thanks atas komentarnya ya ^_^

      Hapus
  3. Dressingx kl dsimpan bs tahan brp lama y mbk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dressing yang mengandung mayonaise hanya bisa tahan 3 hari dalam wadah tertutup rapat di dalam kulkas. Dressing tanpa mayo (menggunakan minyak & vinegar) bisa tahan lebih dr 2 minggu di suhu ruang. Tx.

      Hapus
  4. hai mba Endang..saya suka sekali postingan mba Endang. pasti selalu ada ceritanya..saya juga penggemar salad. tapi belum pernah buat sendiri. request dong mbak...kalo nemu resep dressing salad yg kayak di pizza hut jangan lupa bagi-bagi ya mba...tks
    luluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Luluk, thanks ya. Untuk dressing salad pizza hut, yang terpenting menggunakan mayonaise Mba, tambahkan gula, garam, merica bubuk, cincangan bawang putih, dan kalau ada cincangan acar timun botolan. ^_^

      Hapus
    2. Thanks buat resep dressing salad nya mbak...kemaren udah sy praktekin pas ada tamu perusahaan dateng..ternyata cocok sama lidahnya orang bule....^_^

      Sherly Liphandika

      Hapus
    3. Halo mba Sherly, thanks sharingnya ya, senang sekali resep dressingnya sesuai dan disuka ^_^

      Hapus
  5. makasih mb endang tipsnya..ga da acar timun botolannya. tapi saya tambahin saus tomat.
    hmmmm...amboy... rasanya. i love you dah
    luluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Luluk, sip, saya malah belum pernah tambah saus tomat, kayanya perlu dicoba heheheh. Thanks sharingnya ya

      Hapus
  6. sudah kucoba mbak, rasanya enakkkk ;-)
    huahahha makasih banyak resepnya,
    lain kali saya bakal praktekkan resep yg lain,
    semangat update blog ya mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sip dan thanks sharingya ya. Ayo dicoba resep lainnya ya. ^_^

      Hapus
  7. Mbak... aq masih dalam taraf "mencoba menjadi maniak sayur" yaa walaupun aq suka sayur tp g maniak juga. Hehe.. share terus y mbak.. kbtln aku juga lagi mau diet,sapa tau bisa nambahin esep.di menu harian aku.. tengkyu mbaakk.
    Nana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Nana, wah saya gak bisa hidup tanpa sayur wakakka. Lebih milih sayur dibanding daging. Thanks sharingnya, moga bisa jadi maniak seperti saya hehehe

      Hapus
  8. Mbak... Aku mau tanya resep untuk bikin dressing thousand islands donk mbak... kalau aku nggak salah mbak udah nulis di jawaban pertanyaan diatas, tapi belum ada detail ukurannya dan cara buatnya.. boleh di share Mbak? Kebetulan kita sama Mbak, sama-sama suka beli dressing salad Italian Dressing di All Fresh, tapi kok makin lama makin mahal yha... hehehe.. jadi aku mau coba bikin sendiri pakai resep mbak ah.. Nah kalo suamiku, sama juga sama mbak, sukanya dressing Thousand Islands nya Pizza Hut..jadi aku mau coba bikin dressing sendiri aja juga yang ala Pizza Hut.. Makasih banyak Mbak.. sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sebenarnya mudah banget buatnya, asalkan ada mayo dan cucumber pickle (acar timun dalam botol) pasti sedap hasilnya. Saya coba kulik2 dulu ya resepnya, nanti kalau tastenya sudah cucol pasti saya share di sini hehhehe. thanks ya. salam.

      Hapus
  9. hai mbak...blh tny mixed herb itu apa ya??tks..semua resep mbak saya coba dan hasilnya yummy..tks ya berbagi resep...top markotop de mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Fonny, mixed herbs itu campuran rempah kering seperti: basil, oregano, rosemary, thyme atau biasa disebut dengan Italian seasoning. Umumnya dipakai untuk saus pizza, lasagna atau makanan a la Italia lainnya. Bisa dibeli di supermarket besar ya. Thanks sharingnya, senang resepnya bisa membantu ^_^

      Hapus
  10. Mbak endang, boleh share pake olive oil merk apa? Yg extra virgin kan? Saya pernah coba kok gagal ya, aroma zaitunnya gak bisa ilang. Gak tau italian dressinh yg ada di allfresh, yummy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep saya pakai extra virgin Mba, gak pernah terpaku sama satu merk, yg saya ingat sih bertolli ya, hmm menurut saya kok gak bau ya, apa karena penciuman saya dah mati rasa hehehe.

      pakai jeruk nipis dan bawag putih Mba supaya bau minyak gak kuat banget.

      Hapus
  11. Mbak endang salam kenal seneng aku bisa nemu blog ini jadi seneng di dapur. Aku mau tanya neh kalau sayurnya di ganti buah atau di campur buah gmn? Tetep enak gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dina, untuk dressing ini sepertinya kurang oke buat buah. Kalau mba menghindar pakai mayo, gunakan saja yogurt sebagai penggantinya, tambahkan madu supaya agak manis. Atau gunakan mangga manis dan jeruk sunskist yang diblender sebagai dressing.

      Hapus
  12. Mbak Endang... sejak tahu ada resep2 maknyuss dari Just and Taste, jd jarang bgt buka resep lain... Gaak pernah boseen baca blognya.. :). Kebetulan sy penggemar afc, dan pernah dpt tips spy dressing dlm resep diatas bs bercampur. Rahasianya : campurkan sedikit mustard, psti akan tercampur. sempurna.. Begitu yg disebut chef Michael :). Semangaat teruus buat posting resep2nya yg muantab top markotop ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nunik, thanks infonya yaa, yep biasanya kalau membuat homemade mayo, plus mustard supaya semua bahan bisa nyampur dengan baik. Saya gak terpikir pakai mustard di resep ini wakakkakak. Thanks yaaa

      Hapus
  13. Mbak endang.. Kenalkan sy termasuk Karnivora berat nih hehehe.. Gak bs makan kl gak ada yg berbau bau daging, tp berhubung emak2 dengan 2 anak yg harus di contohin makan sehat, yaaa terpaksa jsy harus makan sayuran.. Tp untung sy masih suka makan Salad ( suami n anak2 jg doyan bngt ) jd sy coba buat sendiri, dpt deh resep mbak Endang.. Mau sy coba ah coz suami gak mau pk Mayo, semoga sukses nih mbak.. Koq keliatan nya enak banget!! Tq ya mbak endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya yaa. Saya justru jarang makan salad yang menggunakan mayo, dressing favorit saya hanya olive oil, vinegar, garam dan rempah2 seperti oregano atau basil. Atau kalau agak creamy pakai dressing yogurt juga yummy! Hidup salad! hehehheh

      Hapus
  14. Hai mba endang, salam kenal yah. Saya sdh coba resep ini dan rasanya enak banget. Bikin ketagihan hehe ... untuk yogurt rendahlemak biasanya mba menggunakan merk apa yah? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mBa Lidya, salam kenal juga ya, thanks sharingnya dan senang sekali resepya disuka. Saya suka pakai merk Biokul ya.

      Hapus
  15. Hi mbak endang, saya suka sekali makan sashimi salad di Sushi Tei. Seger banget dressingnya. Mungkin bisa dicoba dan kalo udh nemu bisa dishare buat kita disini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba duma, wah belum pernah coba itu sashimi salad di sushi tei, ntar kalau sudah coba baru bs direka2 resepnya wakakka, thanks yaaa

      Hapus
  16. Hai mbak. mau tanya klo ga pake mixed herbs rasa ny tetap enak ga ya? Tq^^

    BalasHapus
  17. hai mbak, mau tany akalo olive oilnya diganti corn oil bisa tidak ya?

    BalasHapus
  18. Hai mba mau tanya vinegarnya merk apa ya mba?makasih ya..saya suka banget sama resep2 di.blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, saya suka pakai balsamic vinegar atau red wine vinegar, merk bertolli kalau nggak salah ya

      Hapus
  19. Mbak, kl minyak zaitunnya bukan yg extra virgin olive oil, itu jg bisa digunakan?
    Trus gula utk dressing bisa digantikan dgn madu ga? Kl bisa, berapa takarannya untuk resep di atas? Makasih sebelumnya ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Dewi, tidak yag EVO gak masalah ya, pakai minyak sayur yang light seperti minyak kedelai, bunga matahari atau minyak biji anggur juga ok.

      bisa pakai madu ya, sekitar 1 s.d 2 sendok makan oke ya

      Hapus
  20. Halo mbak endang, blognya bagus banget, penuh informasi, saya udh coba resep2 rotinya, seru bgt, enak. Mantap... Oya mbak,kalau pake wortel, apa dikukus dulu juga atau mentah saja? Makasi sebelumnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya Mb Ima, senang sekali resepnya disuka ya Mba. saya biasanya pakai wortel mentah yang diserut kasar ya

      Hapus
  21. baru mau nyoba niiihh, kebetulan saya punya kebun di Cipanas , tanamannya Organik, jadi tiap minggu dapat sayuran terus dari kebun, yg lalu pake mayo terus, terima kasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Yasmine. Thanks sharingnya yaa, moga resepnya disuka yaa. Sukses selalu

      Hapus
  22. Halo Mbak Endang, salam kenal saya Wulan, sudah beberapa kali ciba resep di JTT ini dan berhasil cucok semua :D bikin yang ga bisa masak jadi berasa jago hahaha.

    Oh iya untuk salad dressing ini penyimpanannya bagaimana ya mb endang? Tahan lama kah? Makasih banyak mbak sukses selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Wulan, salam kenal dan thanks ya sudah menyukai JTT.

      masukkan saja dressing ke dalam botol apapun ya, tuturp rapat, simpan di chiller kulkas, kalau mau dipakai tinggal dikocok lagi saja. Tahan sampai 1 minggu ya

      Hapus
  23. hai mb Endang,maaf baru komen dan baru minta ijinnya sekarang,meski sdh banyak resep jtt yg sdh saya cobain dan disukai keluarga..minta kerelaannya ya mba endang.. mb.mau ty kalo extractvirgin olive oil diganti sama pure olive oil bisa ngga ya? secara saya ngga suka ,sama bau evoo... kalo dibotolnya ditulis bukan utk salad ^_^...tp kandungannya campuran evoo+olive oil olahan...( tari-penggemar setiamu) semoga ilmunya menjadi ladang amal mb endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Tari, silahkan digunakan resepnya Mba, saya turut senang jika resep2 JTT bisa berguna ya. Untuk minyak salad, bisa menggunakan jenis olive oil apapun ya, sesuai selera saja mba.

      Hapus
  24. Halo mba endang, makasih ya mba resepnya udah aku coba dan sukaaaa. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Feni, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  25. Mba, kalo misalkan ga pake bawang gak papa kan ya dari segi rasa? Lagi mengurangi bawang bawang soalnya.. hehe. Trims :)

    BalasHapus
  26. Hi mba endang, salam kenal ya..
    Mau tanya kalo mix herbs nya di skip gitu mempengaruhi rasanya ya? Makasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ririn, salam kenal juga ya. sedikit mempengaruhi ya, tapi tetap enak kok walau diskip

      Hapus
  27. Jalli mba saya coba bikin nih sesuai resepba ,sata ganti vibegarnya sama jeruk nipis 3 buah (di resep kan 100 ml) tapi ko rasanya asem banget ya mba? Apa emang rasanya asam , makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang asam ya, jadi tergantung seberapa banyak sayur yang diberikan. sebaiknya dressing tdk terlalu banyak dikucurkan

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^