05 Maret 2012

Resep Bolu Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut



Resep Bolu  Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut

Sebenarnya malam telah cukup larut kala saya mengutak-atik aneka bahan di dapur untuk membuat bolu gulung ini. Walau badan letih dan terdera flu yang baru saja menyerang di Sabtu kemarin, namun semangat untuk membuat bolu roll yang satu ini tidak padam. Itu karena resep bolu gulung ubi jalar ini sangat mudah sekali dibuat dan minus lemak alias tanpa mentega/margarine, jadi secara keseluruhan lebih sehat dan rendah kalori dibandingkan bolu gulung umumnya. Hobi ngemil dan program penurunan berat badan memang dua hal yang tidak sejalan, karena itu saya berusaha untuk memilah jenis camilan yang masuk ke mulut saya, walau terkadang itu semua tergantung mood juga. ^_^

Ubi jalar yang saya gunakan di resep ini  adalah jenis Cilembu yang manis dan legit namun sayangnya warnanya kurang menyala. Jika anda berkesempatan menemukan jenis ubi jalar yang berwarna merah jingga, atau ungu maka jangan lewatkan kesempatan tersebut untuk membelinya dan mencoba menyulapnya menjadi bolu gulung yang satu ini. Saya pastikan anda tidak akan menyesalinya.

Resep Bolu  Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut

Di resep aslinya, bolu gulung ini menggunakan cream cheese sebagai bahan pengisinya. Nah, kali ini saya menggantinya dengan bahan yang lebih murah dan mudah diperoleh serta kebetulan selalu tersedia di dapur rumah Pete yaitu peanut butter jam alias selai kacang. Saya memang selalu menyediakan minimal tiga jenis selai di kulkas yaitu strawberry, blueberry dan selai kacang yang greasy, ini karena selai-selai ini terasa sangat sedap jika disantap dengan cheese crackers yang asin dan gurih. Okeh, saya terpaksa mengakui salah satu kebiasaan buruk saya, jika malam-malam perut terasa keruyukan maka potongan crackers dan selai menjadi penyelamat agar tidur saya bisa menjadi lebih pulas ^_^.  Jika anda sedang dalam program penurunan berat badan yang seakan never ending story seperti saya maka saya sarankan don't try this at home, oke. 

Resep Bolu  Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut

Bolu gulung ubi jalar ini menurut saya rasanya sama sekali tidak mengecewakan. Bolu memiliki tekstur kenyal, padat dengan rasa unik ubi jalar yang manis legit. Selai kacang yang saya gunakan menggantikan cream cheese terasa oke berpadu dengan parutan keju cheddar yang asin. Secara kesuluruhan bolu gulung ini tidak terlalu eneg dan saya jamin tidak membuat anda cepat bosan. 

Tips membuat bolu gulung adalah alasi loyang anda dengan kertas baking/kertas minyak kemudian lapisi permukaan kertas dengan mentega tipis baru adonan bolu anda tuangkan ke atasnya. Cara ini membuat bolu mudah dilepas dari loyang dan mempercepat kita menggulungnya. Saat bolu masih panas, buat irisan memanjang di salah satu sisi permukaan bolu dengan pisau tajam, kemudian dorong bolu hingga membentuk gulungan sambil melepaskan kertas yang menempel. Biarkan bolu tergulung dengan kertasnya hingga bolu agak menghangat baru kemudian buka gulungan dan oleskan selai kacang dan taburi dengan keju cheddar parut. Jika anda menggunakan butter cream sebagai bahan pengisinya maka pastikan bolu telah benar-benar dingin sempurna agar krim yang diaplikasikan tidak meleleh. 

Resep Bolu  Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut

Satu kendala saat membuka gulungan bolu adalah permukaan bolu yang saling menempel satu sama lainnya sehingga patah-patah dan tidak rapi. Agar tidak terjadi hal yang seperti ini maka alasi permukaan bolu anda dengan kertas baking baru kemudian gulung bolu beserta kertas di permukaannya. Kertas ini akan mencegah bolu menempel dan menghasilkan permukaan bolu yang mulus kala gulungan bolu di buka dan bahan isi di letakkan di permukaannya. 

Satu hal lagi, resep asli bolu ini sebenarnya menggunakan labu kuning dan bukan ubi jalar, jadi jika anda memiliki labu kuning maka tidak ada salahnya jika anda melakukan eksperimen lainnya dengan menggunakan labu kuning. Kukus labu hingga empuk, haluskan dan jadikan bahan pengganti ubi jalar. Membuat bolu gulung ubi jalar ini sangat mudah dan cepat, jadi tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mencobanya di rumah bukan? Yuk, kita langsung ke dapur saja.

Resep Bolu  Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut

Bolu Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut
Resep diadaptasikan dari web Joy of Baking - Pumpkin Roll

Untuk 1 gulung bolu menggunakan loyang ukuran 34 x 23 cm

Bahan:
- 100 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah
- 1 sendok teh bubuk spekuk (untuk menggantikan 1/2 sendok teh kayu manis bubuk, 1/4 sendok teh all spice bubuk)
- 1/2 sendok teh baking powder (pastikan fresh, cek masa kedaluarsanya dan gunakan yang double acting baking powder)
- 1/2 sendok teh baking soda (saya tidak pakai)
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 3 butir telur ayam, ukuran besar, suhu ruang
- 200 gram gula pasir
- 150 gram ubi jalar, kukus dan lumatkan hingga benar-benar lumat dan halus

Isi bolu :
- 100 gram selai kacang siap pakai
- 50 gram keju cheddar parut 

Taburan:
Gula halus (optional)

Cara membuat:
Siapkan oven, panaskan di suhu 195'C. Letakkan kawat pemanggang di tengah. Alasi loyang ukuran 34 x 23 cm dengan kertas baking, olesi permukaan kertas dengan mentega/margarine tipis-tipis, olesi juga sisi loyang yang tidak tertutup kertas. Sisihkan. 

Resep Bolu  Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut

Siapkan mangkuk, masukkan bahan kering, tepung terigu, baking powder,  bumbu spekuk, garam, vanili bubuk, aduk rata. Sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur, gula pasir, kocok dengan speed sedang hingga menjadi adonan yang kental, pekat dan pucat, sekitar 10 menit dengan mikser biasa.  Masukkan ubi jalar yang telah dihaluskan ke dalam kocokan telur, kocok hingga tercampur baik. 

Resep Bolu  Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut

Kurangi kecepatan mikser menjadi paling rendah. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan kocok sebentar hanya agar tepung terigu tercampur dengan baik. Matikan mikser. 

Resep Bolu  Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut

Tuangkan adonan ke loyang dan panggang selama 2o -25 menit atau hingga permukannya mulai kuning kecoklatan dan matang ketika di tusuk dengan lidi. Keluarkan dari oven. Lepaskan bolu dari loyang dengan cara mengangkat sisa kertas minyak di bagian kedua ujung bolu . Letakkan bolu di meja datar. 

Buat sayatan memanjang di bagian ujung salah satu sisi pendek bolu dengan menggunakan pisau, jangan sampai putus. Anda bisa menutup permukaan bolu dengan sehelai kertas baking untuk mencegah bolu menempel saat digulung dan menyusahkan anda untuk membukanya ketika akan mengaplikasikan selai dan keju. 


Resep Bolu  Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut

Dorong bolu ke bagian dalam hingga membentuk satu gelondongan sambil tangan anda melepaskan kertas baking yang menempel di dasar bolu . Bungkus rapat bolu dengan kertas baking bekas yang telah anda lepaskan. Biarkan sejenak agar bolu menghangat. 

Buka gulungan bolu dan oleskan permukaannya dengan selai kacang dan taburi dengan keju parut. 

Tips: jika selai kacang terlalu pekat, cairkan dengan air hangat dan aduk rata sehingga selai kacang menjadi tidak terlalu pekat dan mudah untuk dioleskan ke permukaan bolu .

Resep Bolu  Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut

Gulung kembali bolu , taburi permukaannya dengan gula bubuk (optional), dan potong-potong sesuai selera. Bolu gulung ubi jalar siap disajikan. Yummy!


Source:
Web Joy of Baking - Pumpkin Roll



12 komentar:

  1. Halo lagi mbak Endang...
    Tadi pagi aku nyoba resep ini, sempet ragu sih soalnya ga pake mentega/minyak. Tapi karena aku percaya sama resep2 di blog ini, akhirnya dieksekusi juga. Pake ubi ungu, warnanya jadi cantik banget loh, suka :)
    Sayangnya, cake ubi-ku terlalu tebel. Aku maksa manggang pake double pan lagi. Akhirnya susah digulung, hihihi. Lain kali kalo bikin lagi, mungkin mesti setengah adonan dulu manggangnya, biar agak tipis dan enak digulungnya :)
    Oia, aku bikinnya ga pake baking powder loh, apalagi baking soda, tapi hasilnya tetep empuukkk. Satu lagi, tepung yg aku pake bukan terigu. Dikasi tau temen, untuk mengganti terigu bisa dicoba pake campuran tepung beras+tepung sagu aren+tapioka dengan perbandingan 2:2/3:1/3, konon si penemu campuran ini menamakannya Gluten Free Flour (GFF). Lebih sehat dooongng??
    Lohhh, kepanjangan ya curhatku kali ini *malu*
    Pokoknya, love justtryandtaste so much!

    Salam,
    -Hanif-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hanif, thanks banget atas sharingnya, sepertinya saya kudu coba GFF nya, terdengar menarik sekali hehee. Sip!

      Hapus
  2. mbak..pengen nyoba resep ne...tp pakek tepung ubi kira2 brp takaran tepung ubinya yach...cz susah cari ubi yg bgs terus tepung trigunya ...msh dipkek ato semua tepung ubi....mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ratu, wah saya belum pernah coba pakai tepung ubi Mba, karena pasti takarannya jauh beda karena tepung kan gak mengandung air. Coba pakai resep yang berbahan terigu saja, ganti terigunya dengan tepung ubi.

      Hapus
  3. Mba Endang..
    Mau nanya spice bubuk itu apa yah? kyk gmn bentuknya?
    Aku rencana mau nyobain resep ini ^^

    Thanks ya Mba
    _yuriko_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Yuriko, all spice bentuknya seperti bubuk kayu manis, warna kecoklatan, ini merupakan campuran kayu manis, cengkeh, pala, jahe bubuk, umumnya dipakai untuk mengharumkam kue atau masakan. Banyak dijual di supermarket di bagian bumbu instan. bisa diganti dengan kayu manis dan cengkeh bubuk atau bumbu spekuk.

      Hapus
  4. mbak ini bisa kukus gak ?

    BalasHapus
  5. Mbak ini rasanya 'seret' bikin haus (kering) atau cukup moist ? Mksh...

    BalasHapus
  6. mba, saya sdh coba resep ini, versi ubi jalar dan labu kuning. tp tidak saya buat jadi bolu gulung, pakai loyang bulat 20 cm saja. diatasnya saya tambah selai srobery dan coklat. anak saya umur 2 thn lebih suka versi labu kuning karna lebih lembut, trims resepnya

    helen

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Helen, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka, yep pakai labu kuning juga sedap ya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...