19 Mei 2012

Resep Cake Bayam - Andai Popeye tahu cake hijau ini ^_^


Resep Cake Bayam

Ingat Popeye? Tokoh kartun sahabat anak-anak ini merupakan salah satu film kartun kegemaran saya. Entah telah berapa banyak episode film ini yang telah saya tonton sejak kecil hingga dewasa. Terkadang sebal dengan gaya Olive yang genit atau ngakak dengan Brutus yang konyol, namun dari semuanya tentu saja Popeye dan kaleng bayamnya yang terpatri kuat dalam ingatan. Film ini selain menebarkan pesan moral bahwa si baik selalu menang juga mengajarkan kepada anak-anak untuk suka menyantap sayuran terutama bayam yang kaya akan zat besi, tentu saja dengan iming-iming semoga menjadi kuat seperti Popeye. ^_^

Resep Cake Bayam

Ternyata bayam selain lezat disantap dalam aneka bumbu tumisan dan sayuran juga bisa menjadi salah satu bahan untuk membuat cake berwarna hijau yang cantik ini. Seperti biasa, bahan-bahan cake yang unik seringkali membuat saya tergelitik dan tertantang untuk mencoba memanfaatkannya. Anda bisa tilik resep cake sayuran yang pernah saya posting sebelum-sebelumnya, seperti cake wortel, brownis brokoli bit & wortel, cake beetroot dan kali ini cake bayam. Menggunakan sayuran sebagai bahan kue atau cake merupakan salah satu cara untuk menyembunyikan sayuran ke dalam makanan. Cara ini walau kurang mengajarkan anak-anak untuk mencintai dan terbiasa dengan rasa sayuran, namun cukup efektif untuk membuat mereka bersedia memakannya.

Resep Cake Bayam
Resep Cake Bayam

Terus terang saya akui dibandingkan dengan brownies brokoli, cake wortel dan cake beetroot yang moist maka cake bayam ini cita rasanya memang tidak selezat yang lain. Ditambah lagi saya lupa memasukkan vanili bubuk ke dalam adonan, ini membuat rasa khas bayam masih terasa. Di cake sayuran lainnya, cita rasa sayuran sama sekali hilang tertutup oleh aroma bahan lainnya. Jika anda hendak membuat cake ini maka haluskan bayam segar menggunakan food processor hingga menjadi puree atau bubur yang lembut, saya mencoba menggilingnya dengan blender namun mesin sulit bergerak walaupun telah saya tambahkan minyak ke dalamnya. Mungkin daun sebaiknya dirajang halus terlebih dahulu baru dimasukkan ke dalam blender. Memang membutuhkan waktu untuk membuat daun menjadi bubur karena itu lakukan dengan sabar dan perlahan. Gunakan hanya daun-daun bayam saja dan buang tangkai yang keras untuk mempermudah anda mengerjakannya.  

Resep Cake Bayam
Resep Cake Bayam

Bayam memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan kaya akan antioksidan, terutama dalam kondisi segar, kukus atau direbus sebentar. Bayam juga merupakan sumber yang baik akan vitamin A (terutama lutein), vitamin C, vitamin E, vitamin K, magnesium, mangan, folat, betaine, besi, vitamin B2, kalsium, potasium, vitamin B6, asam folat, tembaga, protein, phospor, zinc, niacin, selenium dan asam lemak omega 3. Baru-baru ini, opioid peptides yang biasa disebut rubiscolins juga ditemukan di bayam. Polyglutamyl folate (vitamin B9 atau asam folat) merupakan komponen penting di dalam sel, dan bayam merupakan sumber yang baik akan asam folat. Merebus bayam dalam air mendidih akan mengurangi kadar asam folat hingga setengahnya sedangkan microwave tidak memberikan efek pada kandungan folat.

Resep Cake Bayam

Dengan kandungan nutrisinya yang luar biasa tak heran jika bayam menjadi pilihan makanan bagi Popeye untuk mengalahkan si kuat Brutus yang memiliki tubuh beberapa kali lipat lebih besar darinya. Jadi, apakah anda juga sering menyediakan bayam di rumah? Buah hati anda enggan menyantapnya? Nah, mungkin menyulapnya menjadi cake bisa menjadi alternatif solusi untuk mengkonsumsinya. Berikut resepnya ya.

Resep Cake Bayam

Cake Bayam
Resep diadaptasikan dari web Mom! What's for dinner? - Spinach Cake

Untuk 1 loyang cake ukuran 20 x 20 cm

Bahan: 
- 200 gram daun bayam dari 2 ikat bayam (ambil daun dan pucuk muda, buang batangnya)
- 180 ml minyak goreng
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 250 gram gula pasir
- 3 butir telur ayam, suhu ruang
- 2 sendok makan air jeruk lemon
- 240 gram tepung terigu serba guna (misal Segitiga Biru atau Kunci Biru)
- 2 sendok teh baking powder (sebaiknya gunakan yang double acting, pastikan masih fresh dan cek tanggal kedaluarsanya)
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuat: 
Panaskan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah. Olesi loyang 20 x 20 cm dengan mentega dan taburi tepung pada permukaannya, sisihkan. 

Resep Cake Bayam

Jika anda memiliki food processor maka masukkan bayam langsung ke dalam wadah food processor bersama dengan minyak dan proses hingga halus. Akan membutuhkan waktu beberapa saat jadi lakukan perlahan dengan sabar hingga bayam berubah menjadi puree/bubur yang kental. Sisihkan.

Jika anda tidak menggunakan food processor, saran saya adalah menggunakan blender. Rajang daun bayam hingga halus menggunakan pisau tajam. Masukkan ke blender bersama minyak dan proses hingga halus. Agar lebih mudah lakukan secara bertahap, jangan langsung memasukkan semua daun ke dalamnya agar mesin mampu bergerak dan bekerja maksimal. 

Resep Cake Bayam

Siapkan mangkuk, masukkan bahan kering: tepung terigu, vanili bubuk, garam, baking powder. Aduk rata menggunakan spatula atau di ayak lebih bagus lagi. Sisihkan.
 
Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur, gula, kocok dengan kecepatan tinggi hingga kental, kembang dan berwarna pucat. Matikan mikser, masukkan bubur bayam dan air jeruk lemon, aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan tepung terigu dalam dua tahapan, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur baik. 

Resep Cake Bayam

Tuangkan adonan di loyang, panggang selama 40 menit atau hingga cake matang dan ketika di test dengan lidi tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan dari oven, hilangkan uap panas dan balikan cake di rak kawat dan biarkan dingin. 

Potong-potong cake sesuai selera. Siap disantap. Yummy!  

Sources:
Web Mom! What's for dinner? - Spinach Cake
Wikipedia - Spinach



17 komentar:

  1. rasane gmn kui mbak?? mang enaq tha ?? bayemnya kerasa ga?? aku ga terlalu suka bayem soalnya ?? tapi suamiku pingin di buatinn.. kalo ada rasa bayemnya kan aku jadi gak bisa ikut makan .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, rasanya lumayan walau gak seenak cake brocoli atau beetroot. Bayamnya masih kerasa walau gak terlalu, karena saya lupa pakai vanili. Mungkin harus dicoba masukkan essence kaya lemon atau almond jadi bayamnya gak terlalu kerasa ^_^

      Hapus
  2. waaah mb endang dah buat ya.sy mlh belum2 aj cm ngumpulin resep cake bayem aj mpe bulukan tuh,xixi..mlh kpn hari sy buat cake sawi.sy kira akan langu tnyta aromax mlh unik mba,ad sdkit aroma pisang,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, cake sawinya boleh juga Mba Anita hehehe. Keknya aromanya lebih enak dr bayam ya ^_^

      Hapus
  3. Dear mbk endang,
    mau nanya nih, minyak yg 180 ml itu hanya utk menghaluskan bayam aja? ga dipake buat adonan lagi?
    trus untuk jeruk lemon bisa diganti jeruk nipis?
    ditunggu ya mbak jawabannya. mumpung bayamnya msh segar nih....
    thx sebelumnya....
    rgrds = dina =

    BalasHapus
  4. Dear Mba Dina, yep hanya 180 ml minyak untuk mempermudah menggiling bayam, tidak perlu ada tambahan minyak lagi. Jeruk lemon untuk memberikan aroma wangi pada cake karena bayam berbau langu, ganti dengan essence lemon sj.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dicobain nih mbak, olala ternyata bayamnya tinggal 100 gr, jadi terigunya saya tambah aja jadi 300 gr (ngarang.com). enak juga kok...p .cuman warnanya jadi hijau pastel ga hijau membara kyk punya mbk endang. trus krn lemonnya ga ada jadi agak langu, tp dikiiit kok. next time pake resep asli lah...(cek stok kulkas dulu baru terjun ke dapur..heheh)
      tengkyu mbak endang....:)
      rgrds===dina===

      Hapus
    2. Halo Mba Dina, heheh, cakenya sebenarnya enak cuman bau langu bayam ini susah ya hahaha. Saya mau coba versi sawinya, mungkin gak begitu langu ya. Thanks atas sharingnya ya Mba.

      Hapus
    3. hallo mba endang...adduuh kruyukan deh ini perut tiap buka blog mba,,,,hehehe...
      mba aku pengen nyoba cake bayemnya cuma kalo di kukus bisa ga mba?oia itu bayemnya dikukus dulu atau mentahan di blender mba??
      tengkyuuu mba endang...:)

      Hapus
    4. Halo Mba Indri, maaf telat balasnya ya Mba. Saya pakai bayam mentah Mba, belum pernah coba versi kukusnya, saya rasa bisa ya dan mungkin langunya agak sedikit hilang kalau dikukus terlebih dahulu. Mba Indri sudah pernah baca postingan saya brownies bit & wortel? Nah mungkin bisa dimodif pakai bayam kukus Mba. Ini linknya ya http://www.justtryandtaste.com/2012/01/brownies-bbw-broccoli-bit-wortel-ala.html

      Hapus
  5. mbak aku dah bikin cake bayamnya....dipadukan dengan tumis ayam dari chicken steam cake mbak juga.....cakenya jadi lembuuuuttt bangeettt....dan manis gurih karena ada tumis ayamnya...hhhehehe..siiipp deeehh resepnya mbak,,,,makasih ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow mantappp, pasti gurih dan yummy Mba! Gud idea dan thanks sharingnya.

      Hapus
  6. thanks bwt beberapa resep serba "sayuran yg menyamar", biarpun ga nolak sayuran, kadang2 porsinya ga bisa banyak, jd jurus menyamar ala ninja ini tetap diperlukan...saya tunggu kejutan ninja berikutnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, coba brownies BBW (brokoli, bit & wortel), mantap juga tuh ini linkya: http://www.justtryandtaste.com/2012/01/brownies-bbw-broccoli-bit-wortel-ala.html

      Atau zukini cake. http://www.justtryandtaste.com/2012/03/cake-zukini-zucchini-dengan-kacang.html

      Kejutan ninja berikutnya ya? sedang diusahkan hahahha. Thanks ya. ^_^

      Hapus
  7. Mba endang, saya cuma mau sharing , saya uda coba resepnya dan sukses . Saya taro di cup muffins, dan diksh topping. anak2 suka bgt . Mba jgn bosen sama saya ya , krn saya tiap hbs coba resep jtt pasti tulis comment. Sejauh ini gk pernah gagal . Mbak endang hebat d . Salut bgt sama mba yg sdh meluangkan waktu buat blog ini . Thank you mbak. Aster

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba aster, thanks sharingnya yaa, senag sekali cakenya disuka. Bisa pakai sawi juga ya mba sebagai pengganti bayam. saya senang kok membaca komentar2 yang sudah mencoba hehehhe

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...