08 Mei 2012

Resep Granola Bars: The power of food!



Ngemil, kegiatan yang paling sulit saya hindari di sela jam makan berat berikutnya tiba. Entah kenapa, tidak afdol rasanya jika bekerja di belakang meja dan laptop tanpa disertai dengan kunyahan di mulut. Apapun itu yang dikunyah. Dasarnya orang Indonesia, camilan yang paling disukai pasti yang berbentuk kering, garing, renyah dan menimbulkan suara kriuk yang meriah kala bersentuhan dengan gigi. Kerupuk, keripik, kacang garing, rempeyek atau makanan kecil lain yang gurih dan banyak, banyak mengandung MSG. Hmm, sebenarnya ini tidak baik tapi sulit merubah kebiasaan sejak lahir, upppsss maksud saya sejak tumbuh gigi. ^_^

Cara menanggulangi kebiasaan ngemil paling mudah adalah dengan jangan menyediakan makanan kecil apapun di rumah termasuk mie instan. Karena pengalaman sebagai anak kos, mie instan bisa berubah menjadi camilan juga. Mie kering dalam bungkusnya tinggal di hancurkan dan bumbu pun ditaburkan ke dalamnya. Trala, jadilah snack teman nonton tivi yang pas. Taktik lainnya adalah dengan hanya menyediakan bahan mentah di rumah sehingga memerlukan perjuangan untuk mengubahnya menjadi makanan layak kudap. Tapi olala dasarnya memang bawaan ngemil, bahkan kentang yang diam manis tergolek di bawah meja dapur pun bisa menjadi camilan dalam sekejap. Tinggal kupas, potong dan rendam di air garam, goreng sebentar dan dalam waktu 10 menit saya telah memiliki semangkuk kentang goreng yang yummy untuk dicocol dengan saus. Mengerikan memang! ^_^

Resep Granola Bars: The power of food!
Resep Granola Bars: The power of food!

Okeh dari pada putus asa lebih baik berusaha. Nah, sekarang saya mencoba 'sedikit' bersahabat dengan nafsu duniawi yang satu ini dengan mencoba mengemil sesuatu yang lebih sehat. Really? Contohnya? Hmm, wortel mentah? Ketimun? Apel? Tomat? Sehari dua hari semangat masih menggebu. Seminggu? Gak kuat! Eits bagaimana jika granola bars? Sebatang kue ini kaya akan gizi dan serat karena terbuat dari oatmeal, buah kering, kacang-kacangan dan biji-bijian. Praktis buat sarapan, pas untuk dikunyah di sela jam makan. Rasanya? Percayalah, it's truly so yummy! Jadi, apakah anda siap untuk makanan super power ini? Yuk lanjut.

Resep Granola Bars: The power of food!

Melongok sebentar ke Wikipedia (I love Wikipedia very much!), granola adalah makanan yang disajikan saat makan pagi atau sebagai makanan kecil yang terkenal di Amerika Utara. Makanan ini terbuat dari oatmeal, kacang-kacangan, madu, dan terkadang beras yang telah di panggang hingga crispy seperti pop corn. Biasanya granola di panggang hingga renyah dan selama proses pemanggangan campuran ini di aduk agar masing-masing bahan tetap tercerai berai. Buah-buahan kering seperti kurma dan kismis terkadang juga ditambahkan ke dalamnya. Selain untuk sarapan, kerap kali granola dimanfaatkan sebagai bekal bagi mereka yang sedang hiking, camping atau melakukan perjalanan jauh lainnya. Untuk mempermudah saat membawanya maka granola lantas dibentuk menjadi batangan-batangan yang padat. Ini disebut dengan granola bars. Granola bars pertama kali ditemukan oleh Stanley Mason dan menjadi makanan populer di US, Kanada, sebagian negara Eropa, Brazil, Afrika Selatan dan Jepang. Akhir-akhir ini makanan ini juga mulai merambah ke India dan Asia Tenggara. 

Resep Granola Bars: The power of food!

Sebenarnya proses pembuatannya sangat mudah, bahan-bahan yang digunakan juga bervariasi tergantung dari persediaan yang anda miliki di rumah. Anda bisa mengikuti bahan seperti yang saya buat atau menggunakan kreatifitas anda sendiri, hanya saja lebih baik gunakan bahan yang tidak melenceng dari tujuan awal yaitu snack sehat. Anda bisa menggunakan oatmeal, tepung gandum utuh; kurma, kismis, cranberry, apricot, prune dan buah-buah kering lainnya; kacang-kacangan sehat seperti almond atau kacang Brazil; biji-bijian seperti wijen sangrai, biji bunga matahari, biji labu. Lantas dimana saya membeli semua bahan-bahan tersebut? Supermarket besar seperti Carefour banyak menjual buah kering, kacang-kacangan dan biji-bijian yang saya maksud. Harganya memang tidak bisa dibilang murah namun jika anda bandingkan antara membuatnya sendiri dengan membeli snack sehat sejenis yang tinggal 'lep' maka membuatnya sendiri jauh lebih murah. 

Resep Granola Bars: The power of food!

Kendala terbesar membuat granola bars adalah masalah kue hancur saat akan dipotong menjadi potongan kecil. Terus terang saya mengalami masalah tersebut dan satu loyang kue berakhir menyedihkan. Saya harus menyantapnya dengan menggunakan sendok. Satu loyang lainnya selamat karena saya masukkan ke dalam kulkas selama semalam, keesokan harinya kue pun sukses dipotong dengan mudah menjadi batang-batang granola yang ringkas untuk dibawa. Tips lainnya untuk menghindari retak pada kue adalah jangan memotongnya menjadi potongan yang terlalu kecil dan gunakan potongan buah kering atau kacang-kacangan dalam ukuran yang kecil. 

Tertarik untuk mencobanya? Berikut step by step proses pembuatannya ya.

Resep Granola Bars: The power of food!

Granola Bars
Resep diadaptasikan dari web Smitten Kitchen - Thick, Chewy Granola Bars yang diadaptasikan dari web  King Arthur Flour - Chewy Granola Bars 

Untuk 2 loyang granola bars menggunakan loyang 20 x 20 cm. 

Bahan:
- 130 gram oatmeal instan
- 30 gram tepung oatmeal (haluskan oatmeal menggunakan blender)
- 370 gram campuran kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering (saya menggunakan biji bunga matahari, biji labu (kwaci), cranberry kering dan apricot kering)
- 70 gram selai kacang (peanut butter)
- 80 gram minyak zaitun atau minyak goreng atau mentega/margarine cair
- 1/2 sendok teh garam
- 150 ml madu
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan air

Cara membuat:
Siapkan oven, panaskan di suhu 180'C. Letakkan loyang di tengah rak. Siapkan 2 buah loyang masing-masing dengan ukuran 20 x 20 cm. Alasi loyang dengan kertas minyak dan oles bagian sisi-sisinya dengan mentega. Sisihkan.


Resep Granola Bars: The power of food!

Siapkan mangkuk, masukkan oatmeal, tepung oatmeal, campuran buah kering dan biji-bijian atau kacang jika ada, aduk rata. Sisihkan.

Note: Jika anda menggunakan apricot atau kurma, potong-potong menjadi ukuran kecil. Semakin kecil ukuran semakin baik dan membuat granola bars mudah dipadatkan dan tidak terlalu rapuh.

 Resep Granola Bars: The power of food!

Siapkan mangkuk kecil lainnya, masukkan minyak zaitun, selai kacang, madu, gula, garam dan air, aduk rata hingga menjadi larutan yang smooth. Tuangkan larutan minyak madu ke atas bahan kering, aduk menggunakan spatula hingga tercampur baik dan menjadi adonan yang lembab. 

Resep Granola Bars: The power of food!

Bagi adonan menjadi dua bagian, tuangkan 1/2 bagian adonan ke loyang. Ratakan dan tekan-tekan adonan hingga menjadi sangat padat. Proses ini sangat penting agar granola menjadi padat dan tidak buyar saat dipotong. Saya menggunakan punggung gelas cup pengukur untuk menekan adonan agar padat, anda bisa menggunakan punggung sendok atau telapak tangan, pukul-pukulkan perlahan di permukaan adonan.

Lakukan pada sisa adonan lainnya menggunakan loyang yang lain. Jika adonan telah padat masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven dan panggang selama 25 - 30 menit atau hingga permukaan granola bars mulai berwarna kecoklatan. Keluarkan dan dinginkan. 

Masukkan granola bars ke dalam kulkas selama semalam agar kue benar-benar keras dan mudah dipotong. 

Resep Granola Bars: The power of food!

Siapkan meja datar atau talenan, balikkan loyang. Buang kertas di dasar kue dan potong-potong kue menggunakan pisau yang benar-benar tajam. Ukurannya sesuai keinginan anda. Untuk menghindari kue hancur jangan potong dengan ukuran yang terlalu kecil, semakin besar semakin baik. Bungkus masing-masing kue dengan plastik dan simpan di kulkas. 

Granola bars siap menemani santap pagi anda, sebagai bekal di jalan atau.... hanya sekedar camilan iseng seperti yang saat ini saya lakukan. Sambil blogging dan browsing mulut saya tak henti-hentinya mengunyah kue yang laziz ini. ^_^

Selamat mencoba!  

Sources:
Web Smitten Kitchen - Thick, Chewy Granola Bars yang diadaptasikan dari web  King Arthur Flour - Chewy Granola Bars
Wikipedia - Granola



50 komentar:

  1. ini kue sehat yang untuk membuatnya membuat saya malas duluan, lah di oven coba kalau dikukus :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, sayang sekali ini gak bisa dikukus karena semua bahannya bisa melempem. Thanks ya ^_^

      Hapus
  2. aduh mbaaaaa makasi dah mosting iniii. aq bner2 ngiler sama iniii, ini sejenis nogat kan ya? mirip banget sama soyjoy. ini bahan perekatnya cuma madu sama minyak aja ya mba? bisa lengket juga ya ternyata gak pake telor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, mirip sama soyjoy Mba. Nggak pake telor, pakai madu, mintak dan guka pasir. Saya masih ada satu resep lagi mba Anita yang kayanya lebih keras hasilnya, yang ini mudah rapuh. Nanti saya coba dulu ya.

      Hapus
  3. Mba Endang, aku udah bikin granolanya. Rasanya mirip2 sama Soyjoy hehe.... Lumayan buat diet dan ganjel perut kalo kelpaeran. Mba aku punya koq teksturnya agak2 alot dan gak crunchy, apa emang begitu ya? yg bener tuh agak2 alot atau garing kriuk2 gitu... Soalnya aku panggangnya udah lmyn lama dan atasnya udah warna coklat n kering. Abis itu ikutin resep ditaro di kulkas semaleman. Gmn mba?
    Salam Juliet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non, yep memang teksturnya nggak crunchy, yang agak kering dan garing hanya biji-bijiannya sedangkan lainnya nggak garing ya. Memang seperti itu karena kandungan madu dan penut butter membuat granola lembab dan gak garing. Yep, dimasukkan ke kulkas, ini karena granola yang saya buat susah untuk keras dan kompak, ketika di potong hancur, makanya saya masukkan ke kulkas semalaman supaya keras dan mudah dipotong.

      Hapus
  4. Mbak, saya udah nyoba. Sukaa.. tapi sayang bawahnya gosong :(
    Makasih resepnya. Kapan2 dicoba lagi, soalnya saya juga penggemar soyjoy :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Andiah, sipp, senang mendengarnya, saya juga suka banget granola bars, sayang biji2annya mahal hiiksss

      Hapus
  5. mbak eeen..huhuy,kdua kalinya ni bikin granola,niatny buat ganjal perut krn masih mnyusui jadinya lafaaaar trus :) yg pertama pake kurma&kenari,naah yg td siang sy buat pk akal sehat yg sdg kelaparan..hahaha.pk campuran tomat cherry kering yg diiris sooo mini,sama kacang tanah sangrai yg emang dr sananya udah kecil2,heheh.cumaaa..selai kacang habis!oh my..jadilah pk yg ada,hahahaha,pisang!iya..pisang dilumatkan,tappi..tetap manstraap ;)
    -cipie-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, wah sudah lama banget saya gak pernah bikin granola lagi hehehhe. Kayanya modifikasinya oke juga tuh, mantap. Thanks sharingnya ya Mba Cipie, sukses selalu ^_^

      Hapus
  6. Enak nih kayaknya....tp bahan2nya muahaaaalll...Hik..hik..:(..hik...:'(‎​..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa, setuju, ada biji2an enak yang murah gak ya??? keknya cuman kacang tanah hiiksss.

      Hapus
  7. tanya dund, kalo madunya diganti sama karamel cair bisa? thankies :*
    p.s. i love your recipes :)

    BalasHapus
  8. akhirnya nemu juga resep ini. Makasih banyak yah mbak, kebetulan lagi diet nih, disuruh kurangin nasi ganti dengan oatmeal. Biji2annya pake almond, sukade dan kismis, dipanggangnya pake happy call biar praktis ga usah ngeluarin oven yg ngejugrug di gudang :p....makan 2 potong langsung kenyang. request dong mbak, aneka resep olahan dari oatmeal, misalnya pizza oatmeal, pempek oatmeal, baso oatmeal dll pokonya semua yang mengandung oatmeal hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloow thanks sharingnya ya, oatmeal bisa dibikin tepung loh, tinggal di proses saja di blender atau food pro, nah tepung ini bisa dipakai untuk bikin aneka kue, cake, cookies dan roti, lebih sehat dan berserat dibaanding tepung biasa.

      Hapus
  9. btw just info aja nih, aku beli bahannya ga mahal2 koq. belinya di toko kelontong bahan kue, biasanya ada di pasar tradisional. Aku beli kismis 1 ons rp. 5000. Almond 1 ons rp. 15.ribu itupun almondnya kebanyakan, masih bersisa, dan buah keringnya aku ganti sukade, seons sekitar 8000 aja. Dan itu bisa dipake biat 3 kali bikin granola bar (kecuali kismisnya, karena dimakan habis oleh anakku hihihi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah murah tuh pasarnya, almond suka mahal banget harganya hiiks, soalnya saya penggemar berat buah kering dan kacang2an hahahah

      Hapus
  10. Mbak kalau diskip selai kacangnya bisa tidak? atau penggantinya apa ya ,soalnya saya mau bikin tanpa selai kacang. Terimakasih Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. selai kacang membuat bars lebih merekat dan padat ya, takutnya kalau diskip hancur saat dipotong. pakai almond butter atau tambahkan porsi madu atau pakai karamel (gula dikaramelkan), resiko bars jadi banyak mengandung gula.

      Hapus
  11. mba endang beli biji-bijiannya dimana ya? di giant atau lotte ada gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasa beli di carfur ya, mungkin kedua supermarket lainnya ada ya, cek saja ya non

      Hapus
    2. www.clubsehat.com
      ada toko fisik di daerah cideng, tp bs online juga kok. Disini lebih mutah drpd supermarket lainnya plus kualitas barang lebih oke. Aku slalu blanja disini utk konsumsi anak2ku yg vegan.

      Hapus
    3. thanks Mba sharingnya, sangat berguna untuk ibu2 lainnya ya. salam

      Hapus
  12. Mba Endang...granola.bisa dipanggang d happy call kah? Balada anak kos:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, kalau happy call nya bs buat manggang cake maka berarti bisa buat granola diatas hehhehe, saya belum pernah pakai happp call

      Hapus
  13. Duuuh aku jatuh cinta sama resep granola bar dan oatmeal cookies mba.. aku pribadi ga punya pengalaman soal baking, pas aku coba sekali langsung jadi dan yummy rasanya b^^d karna pertama bikin lgsg jadi aku senaaang banget *jadi besar di perut dan besar di kepala xixixii...
    Mba seperti testimoni sebelumnya alternatif dari selai kacang apalagi ya? Selain karamel? Aku ga suka makanan terlalu manis... mohon pencerahannya hehehehe.. btw karamel bikin sendiri bisa? Atau ada produk jadinya di pasaran?


    Yang bikin aku suka blog ini rapi dan bahasanya gampang dimengerti,detail dan foto yg disertain sangat membantu.
    Pas browsing banyak blog yg ternyata mengacu dari blog jtt.. thumbs up b^^d
    Buat yg punya blog ta'doain happy always n be blessed
    Best regards

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, thanks sharingnya ya.

      untuk resep diatas, selai kacang fungsinya untuk membuat butiran antar bahan menempel. mungkin bisa pakai madu atau kurma yang dihaluskam sebagai gantinya. saya sendiri belum pernah coba skip selai kacang ya. tapi mungkin bisa dicoba.

      Hapus
  14. yach pengen bget bkin cemilan kek gni, tpi sayang gax bsa dikukus :-( hiks

    BalasHapus
  15. Just share, Granola Bars bisa kok d buat tanpa harus d panggang... aku dapat vid nx d youtube... yang aku bingung convert cups to gram nx... berhub. tuw vids bule yg bikin... :D

    makasih udah bagi resep nx mba Endang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, thanks sharingnya ya. converter di googling saja mudah kok

      Hapus
  16. Hallo mab makasih banyak atas infonya, oh iya biar gak ribet buah2an kering dan kacangnya pakai muesli aja kali ya, udah komplit di dalamnya tinggal pakai perekat seperti madu juga ditambah sereal :) apakah ada yang pernah coba diet dengan gronola ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, yep saya rasa bisa ganti dengan muesli ya, lebih praktis.

      Hapus
  17. Mb..mau tanya..klo kacang2annya tu disangrai dulu ato langsung campur aj..trus tepung oatmeal tu dari oatmeal instan yg diblender bukan..tengqyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mb meri, kalau saya suka disangrai atau dipanggang sebentar di oven higga matang, kalau nggk rasanya agak2 mentah.

      yep, tepung oat dari oatmel diblender ya mba

      Hapus
  18. Itu yg ijo namanya kacang apa ya mba endang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biji labu ya mba, pumpkin seed, bs dibeli ditoko bahan kue atau supermarket besar ya

      Hapus
  19. cari cari resep healthy food ada disini juga :D wow! pasti dicoba setelah bahan tersedia semua :)

    BalasHapus
  20. Mba makasi ya resepnya. Aku cobain. Enak bgt. Cuma aku agak banyakin tepung oatnya jadi kayak cookies teksturnya hihihi tapi tetap enak dan s

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Joan, thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
    2. Mbak Endang bisa gak klo gulanya diganti pake kayu manis? Biar lebih alami gtu manisnya gak sama skli pake gula

      Hapus
    3. gula pasir bs di skip mba, tapi madu tdk ya, karena itu yang membuat granola bars mau lengket satu sama lain. bs tambah kayu manis bubuk ya

      Hapus
  21. Mba Endang, semalam saya uji coba resep ini, setengah resep. Percobaan pertama, gula saya kurangi sedikit. Hasilnya ... rasa enak, tapi sebagian besar hancur. Mungkin loyang kebesaran, jadi ketipisan. Lain kali mau coba lagi. Resep yg lain, yg kt mba lebih keras itu yg oatmeal fruit bar? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Sisca, memang agak rapuh, coba next tambah telur 1 atau 2 butir, jadi lebih mau menyatu.

      Hapus
  22. Ok. Sy mau coba resep oatmeal fruit bar juga.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
  23. Hai mbak endang, sy sering pakai resep2nya mbak. Mantappp banget mbak, terimakasih ya..

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...