18 September 2012

Salad Tuna, Ketimun, Selada dan Wortel dalam Saus Mayo yang Creamy



Semangkuk besar salad tuna dan sayuran dalam gelimangan saus mayonaise yang creamy? Baru membayangkannya saja air liur saya telah menetes. Cincangan daging tuna yang gurih, potongan ketimun, selada dan wortel yang crunchy berpadu dalam saus mayonaise yang lembut dengan rasa nano-nano. Hmm, sungguh salad ini terasa sangat menyegarkan apalagi setelah seharian bekerja di kantor dan bermacet-macet ria di jalanan Ibu Kota yang kian hari terasa semakin parah. Seharian saya telah membayangkan untuk menyantap makanan ini dan satu hari itu terasa menyiksa dan panjang.  Jadi ketika jam makan siang tiba, saya pun bersama Tri, cuci mata di Carefour sebelah kantor. Tidak menyia-nyiakan kesempatan, saya pun mulai mengisi keranjang belanja dengan sebotol mayonaise dan sekaleng tuna. Untuk bahan lainnya saya telah memilikinya di kulkas. Jadilah sepulang kantor saya pun berkutat di dapur mewujudkan mimpi yang telah tertunda seharian. ^_^


Salad, merupakan makanan yang sangat fleksibel, artinya banyak jenis sayuran, buah dan protein yang bisa anda masukkan ke dalamnya. Sayuran segar yang bisa disantap mentah merupakan alternatif terbaik, sedangkan protein seperti telur rebus, dada ayam rebus yang disuwir dan tuna bisa dijadikan pelengkap. Potongan buah seperti melon, nanas, anggur, atau pir lezat juga untuk ditambahkan. Untuk dressing-nya, biasanya saya hanya menggunakan minyak zaitun, bawang putih dan perasan jeruk lemon, kali ini saya ingin yang lebih creamy dan nendang: mayonaise. 


Menyiapkan makanan ini tidak memerlukan waktu lama, bahan-bahan tinggal di rajang dan serut, aduk-aduk dan seporsi besar salad siap menemani makan malam anda. Jika tidak habis dalam satu kali kesempatan, masukkan salad dalam wadah kedap udara dan simpan di kulkas. Salad masih terasa sedap dan segar keesokan harinya. 

Berikut resepnya ya.


Salad Tuna, Ketimun, Selada dan Wortel
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 1 buah ketimun, potong dadu
- 1 buah wortel, serut kasar
- 5 lembar daun selada keriting, rajang kasar
- 1 batang daun bawang, rajang halus  (optional)
- 2 buah tomat, rajang kasar 
- 2 sendok makan mete panggang cincang kasar (optional)

Saus: 
- 1 kaleng tuna, suwir-suwir
- 3 sendok makan original mayonaise (mayo tanpa tambahan bahan lainnya)
- 2 sendok makan balsamic vinegar atau air perasan jeruk lemon
- 1 sendok makan minyak zaitun, bisa diganti minyak sayur biasa
- 1 sendok makan saus sambal botolan
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh gula pasir (optional)

Cara membuat:


Siapkan mangkuk besar, masukkan semua bahan-bahan salad ke dalam mangkuk.  


Dalam mangkuk lainnya masukkan semua bahan saus, aduk rata. Tuangkan saus ke dalam rajangan sayuran. Aduk rata. Cicipi rasanya. Jika mayonaise telah mengandung gula dan terasa manis maka tidak perlu menambahkan gula pasir. 


Salad tuna dan sayuran siap disantap. Yummy!





10 komentar:

  1. mb,.. kemana aja??? hampir nangis (lebay) liat blog mb yang biasanya up date banget jadi diem di bulan juli, agustuuss,..

    besok pingin nyobain salad ini, mumpung ahad waktunya processing tunaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Laily, hahahaa thanks atas komennya ya walau lebay wkaakak. Iya nih Mba, kemarin2 lagi males.com, sekarang coba untuk semangat lagi. Moga bisa update terus kaya dulu ya. Sip, banyakin tunanya Mba, uenakkk tenan. Sukses buat Mba Laily juga ya.

      Hapus
  2. hai mba..salam kenal :) selama ini cuman jadi silent reader. saya suka banget lho sama resep"nya mba..realistis dan praktis.oh ya mbak kalau salad bisa disimpen lama ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Saniya, untuk salad kalau mau disimpan di kulkas sebaiknya dalam kondisi terpisah, sayur dan saus tidak dicampurkan sekaligus. kalau sudah dicampur harus segera dimakan supaya tetap segar dan mencegah salad menjadi berair ya

      Hapus
  3. Mbak endang, curhat dikit ya,,,
    aku suka bingung kalau mau beli mayonaisse di mall. karena banyak pilihan dan masih suka salah pilih mana mayonaise yang original dan low fat.
    biasanya tandanya gimana mba? dan mb endang kalo beli yg merk apa?

    makasih infonya yah mba cantiik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, untuk mayo saya biasanya pakai merk dari Korea, botolnya mirip dengan merk ma**ma suk** hanya saja gak ada tulisan latinnya. merk mayonya ditulis pakai tulisan Korea, ada tulisan latin fresh mayonnaise.

      Hapus
  4. Halo mbak..

    Mbak saya cm mau bilang terimakasiiih banget resep2 mbak jadi penyelamat saya yg lg merantau ke negeri orang dan akhirnya ngerasain masuk dapur. Slama ini jaraang bgt masak. Skrg klo mau masak saya lgsg ketik di google bahan yg mau dimasak + justtryandtaste. Resep apa yg keluar itu yg saya masak hahahaha. Buku resep mbak yg masakan rumahan jg saya bawa kesini. Semoga selalu sehat mbak biar bisa update resep teruss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Irien, salam kenal dan thanks sharingnya ya, senang sekali resep2 JTT disuka dan bs membantu survive di negeri orang,

      sukses selalu ya!

      Hapus
  5. Mbak En, sekian lama pgn bgt coba bikin salad sndiri nih tp tiap liat resep bahannya ribet giliran punya jtt koq kd gmpng yaaa...heehhe. nanya donk, mbak utk tuna kalengan ini merk apa ya ? Di zoom pecah fotonya. Soalnya hubby g tahan amis, bau dikit lgsg ogah mkn.
    Thanks in advance - Na

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Na, tuna kalengan umumnya memang amis ya, saya sendiri belum menemukan yang bebas amis, bagi mereka yang susah dengan aroma amis kayanya agk susah jika pakai tuna klengan di resep salad di atas.

      untuk mengurangi amis saya paling hanya pakai tuna dalam air ya, bukan oil. merk apapun oke di pasaran mba.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...