14 Mei 2013

Kue Tepung Beras Isi Gula Merah



Beberapa waktu lalu rekan sekantor saya Dewi membawa sekotak besar berisi kue yang terbuat dari tepung beras, warnanya putih dan bentuknya seperti kepalan tangan. Tampilannya memang terlihat unik dan aneh tapi ternyata rasanya sangat lezat, mirip-mirip seperti kue putu bambu yang banyak dijual oleh abang-abang di gerobak di tepi jalan. Bedanya kue ini tidak berisi gula merah di bagian tengahnya. Menurut Dewi namanya kue pohul-pohul dan merupakan salah satu kue tradisional suku Batak. 


Anyway, resep dari Dewi terdengar simple dan mudah, tipsnya hanyalah gunakan tepung beras yang masih fresh yang baru saja digiling dan dibuat dari beras dengan kualitas yang baik. Tepung beras yang seperti ini akan menghasilkan kue yang empuk, lembut dan harum. Takarannya? "Pokoknya kelapanya makin banyak makin enak, takarannya nggak tahu, Ibu yang buat." Oke, apa sih susahnya membuat kue ini, pikir saya. Semua bahan cukup dicampur dan diaduk jadi satu, supaya tampilannya lebih keren saya pun mencetaknya menggunakan cetakan berlubang untuk bolu kukus. Nah karena malas menggiling tepung di pasar maka saya pun membuat tepung beras sendiri dengan menggiling beras yang telah direndam dan diangin-anginkan hingga kering di coffee grinder. Hasilnya? Tidak selezat kue buatan Dewi tapi cukup mantap untuk nyamikan di sore hari.... ^_^


Jika anda ingin membuat camilan yang lezat, mengenyangkan dan sehat karena minim lemak dan bebas gluten maka kue tepung beras ini bisa anda coba di rumah. Terus terang saya tidak berani menyebutkan kue yang saya buat dengan sebutan pohul-pohul, karena pohul dalam bahasa Batak berarti kepal (pohul-pohul: kepal-kepal) sementara kue yang saya buat sama sekali tidak melibatkan proses mengepal di dalamnya. Seperti yang saya sebutkan di atas maka bahan dan proses pembuatan kue ini sangat sederhana. Kelapa muda yang dikerok kulit arinya diparut memanjang dan diaduk bersama dengan tepung beras, jika ingin manis anda bisa menambahkan gula pasir di adonan atau gula merah di bagian tengah kue. Adonan lantas dimasukkan ke dalam cetakan atau paling mudah adalah dikepal padat dan dikukus hingga matang. Selain dikepal atau dicetak kue juga bisa dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan dibentuk segitiga, tampilannya jadi mirip dengan iwel-iwel di Jawa, bedanya iwel-iwel menggunakan tepung ketan sebagai bahannya bukan tepung beras.


Tepung beras yang masih fresh memiliki peran yang sangat penting disini, sebaiknya anda tidak menggunakan tepung beras kemasan siap pakai yang banyak di jual di supermarket. Tepung beras siap pakai selain kurang lembab juga tidak berbau harum beras selayaknya tepung yang baru digiling, jika anda paksakan untuk digunakan maka kue yang anda hasilkan akan kering, keras dan tidak pulen. Untuk membuat tepung beras sendiri sangat mudah, pilih beras dengan kualitas yang baik dan pulen, rendam selama semalam dan tiriskan. Jika di sekitar tempat tinggal anda ada pasar tradisional yang menyediakan penggilingan beras, maka cara paling mudah adalah menggilingkannya di sana, atau jika anda malas seperti saya maka angin-anginkan beras hingga kering dan haluskan di coffee grinder atau bisa juga menggunakan blender yang biasa dipakai untuk menghaluskan biji-bijian. Tepung lantas diayak untuk menghasilkan butiran yang halus. 


Untuk memberikan aroma kue yang lebih harum bisa menambahkan vanili bubuk di dalam adonan kue walau daun pandan yang diletakkan di dasar mangkuk cukup membuat kue menjadi sedap rasanya. Tertarik untuk mencobanya? Berikut resepnya ya. 


Kue Tepung Beras Isi Gula Merah
Resep diadaptasikan dari Dewi Aspiranza

Untuk sekitar 12 kue menggunakan cetakan bolu kukus

Bahan:
- 250 gram tepung beras, gunakan yang masih fresh atau baru saja digiling
- 250 gram kelapa muda, buang kulit arinya dan parut memanjang
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1 lembar daun pandan
- gula aren/gula Jawa sisir secukupnya untuk isian

Cara membuat:


Siapkan cetakan kue mangkuk atau bolu kukus, olesi permukaan cetakan dengan minyak, sisihkan.  

Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung beras, kelapa parut, gula, garam dan vanili bubuk, aduk-aduk dengan jemari tangan hingga tercampur dengan baik. Sisihkan.


Letakkan selembar daun pandan di dasar mangkuk, tuangkan adonan tepung hingga mencapai tinggi setengah mangkuk cetakan, tekan-tekan adonan agar agak memadat. Letakkan irisan gula merah di tengahnya. Tutup gula merah dengan adonan hingga mencapai permukaan mangkuk, tekan adonan hingga agak padat. 

Note: adonan jangan ditekan terlalu padat dan jangan juga tidak dipadatkan sama sekali. Adonan yang terlalu padat akan membuat kue keras, tapi jika kurang padat maka kue akan hancur saat cetakan di balikkan.


Kukus kue di dandang kukusan selama 20 menit. Keluarkan dari kukusan dan balikkan kue di piring untuk melepaskan cetekannya. Sajikan hangat saat gula merah masih meleleh. Yummy!

Atau... anda bisa membuat pohul-pohul yang sebenarnya, bahan yang sudah tercampur menjadi satu dikepalkan dengan jemari tangan. Jangan lupa isi bagian tengahnya dengan gula aren agar lebih sedap. Kukus selama 20 menit hingga kue matang. Mantap! ^_^
    
      



61 komentar:

  1. mb endang mw nanya kalau tepung berasnya pke tepunh beras yg djual dpasaran bs ato ga y mb,apakah mempengaruhi hasilnya....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, bisa sih tapi rasanya gak begitu oke. Hasilnya nggak pulen dan keras, beda banget kalau pakai tepung beras yang baru giling sendiri dari beras yang bagus ya.

      Hapus
  2. mba Endang, ta kira ini masakan apaan, ternyata pohul-pohul. kalo di keluargaku kami sebut kue pancasila, krn dicetak dengan tangan. buat saya lebih enak kalo dimakan mentah, dikepal2 trus langsung dimakan, lebih terasa... jadi pengennnn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakkak, iya, mau kasih nama pohul2 kok keknya gak tega secara gak di kepal Mba, nama pancasila keknya keren tuh wakkakak.

      Hapus
  3. pagi mbak....ini kok kayak kue putu...ya klo djawa biasanya djual barengan sma klepon tp kayaknya gak pakek kelapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huwaa, iya memang mirip kue putu ya, tapi kalau putu kan gak pakai kelapa didalam adonannya. Ini kue pohul2 namanya, dari Batak hehehhe.

      Hapus
    2. mba mau nanya apa tepung beras ny dkukus dlu baru di campur kelapa teruss di kukus lagi..🤔

      Hapus
  4. siang mba.. ^_^

    lucu yh nama kuenya pohul", kalau di kampung saya ch itu kue namanya dodongkal mba, beda daerah beda pula yh namanya.. hihihi
    ini th kue favorit saya, thx yah mba wt resepnya saya pasti bakal coba bikin.

    salam sifa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah banyak namanya ya kue ini wakkakak, ada Pancasila, dodongkal, pohul, ombus-ombus, keren. Makasih ya Mba Sifa atas sharingnya ehhehe

      Hapus
  5. Hai mbak endang, apa kabar? Saya orang sumatera utara, pohul-pohul ini ada juga yang menyebutnya "ombus-ombus" (hembus-hembus) karena umumnya disantap saat masih panas :)
    Bedanya lagi, ombus-ombus dibungkus dgn daun pisang dan dibentuk kerucut. Ada dua variasi ombus-ombus, yg menggunakan isian gula merah seperti pohul-pohul ini dan yg original (hanya tepung beras, kelapa parut, gula pasir dan sedikit garam). Nah yg kedua ini favorit saya karena rasanya lebih gurih. Sayangnya saat ini ombus-ombus mulai langka karena proses pembuatannya agak ribet (dulu tepung beras dihasilkan dr proses manual dgn menumbuk beras menggunakan alu dan harus bolak balik diayak) sedangkan penggunaan tepung beras kemasan memberikan hasil yg berbeda. Aah.. Saya jadi rindu ombus-ombus nih mbak.. Cari dimana ya.. Hehe.. #curhatcolongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayu, wah saya baru tahu namannya ombus-ombus, kemarin teman saya Dewi juga bikin yang itu, ueeenakkk banget ya wakakkak. Pulen banget kek roti kukus. Keknya kudu bikin sendiri Mba, nggiling beras di pasar, teman2 kantor saya yang orang Batak juga bilang susah carinya, kudu bikin sendiri heheheh

      Hapus
  6. di kota saya, namanya kue putu bumbung krn dicetak dalam bumbung (bambu) & isinya jg gula merah, kue/tepung berasnya sedikit asin gurih & belum dicampur kelapa, waktu disajikan barulah ditaburi kelapa parut (banyak2) dan gula pasir (sedikit)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, yep mirip hehhehe. Pengen juga bikin yang putu bumbung, udah ngiler2 hehehhe. Thanks infonya ya. ^_^

      Hapus
  7. Wawww...

    Mba Endang..sy tadi pagi baru mencoba resep ini.sy pgemar kue2 tradisional esp yg tanpa santan..
    Dan hasilnyaaa..Taraaaaaa..uenakkkk tenan..walaupun sy harus sambil menjaga bayiku umur 5bulan..hahhaa..tapi semangattt sampe kelar dan puass..temen2 ofc juga pada ketagihan..."Bikin lagi dung" wkwkwkwk..

    resep_tips_pic..so very berguna for kami pemula..:D

    Thank you mami endang..#mami lebih cucok..#hug#

    Semalam sy baru beli mixer utk coba resep red velvet mba endang..
    Ahhahaa..suami sampe kaget tiba2 pengen mixer..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, yep kue ini mudah dan enak banget, apalagi kalau pakai tepung beras yang fresh. Teman saya dewi suka bawa ke kantor yang versi pohul2, bentuknya cuman dikepal2 pakai tangan. Pulen, legit dan empuk seperti roti, haduuuh jadi ngeces pagi2 gini hiiks

      Makasih sharingnya ya Mba! ^_^

      Hapus
  8. Ini mahhhhhhh... di Bandung udah terkenal dari dulu, namanya "AWUG"...cuma bisanya di bungkus daun pisang, bentuknya gede2 kaya tumpeng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, saya jadi ingat, di kampung saya ada juga kue namanya Awug dan setelah saya ingat2 persis sama dengan makanan ini ya wakakkaka. Thanks infonya

      Hapus
  9. Di Betawi disebutnya Kue Dongkal, di kampung saya dulu ada yg jual setiap pagi. Jadi salah satu jajanan sarapan favorit saya. Tapi pas si emak yg jualan itu meninggal, nggak ada lagi yg dongkalnya seenak buatan dia. Kue ini jadi nyaris punah di kampung saya. Tapi sejak beberapa tahun lalu ada sekumpulan anak muda yg kreatif jualan kue ini tiap sore menjelang malam. Laris manis, antrinya sampai panjang, mungkin karena orang2 sudah kangen sama makanan enak ini.

    BTW, liat siaran Asia Food Channel, di Malaysia ternyata ada juga makanan ini, di sana disebutnya Putu Piring karena cetakannya serupa piring2 kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lina, yep teman saya yang Betwai kemarin baru saja kasih tahu, ini namanya dongkal hehehhe. Enaknya kalau pagi tepung beras yang baru giling ya, empuuuk banget hasilnya.

      Yep, saya pernah lihat di internet mengenai putu piring, waduh sampai ngiler2 keknya enak bangetttt. thanks sharingnya ya ^_^

      Hapus
  10. hy mbak endang saia org dari daerah batak, besar di daerah batak dan sekolah jurusan tataboga mengharuskan saya mengetahui berbagai masakan tradisional.termasuk pohul-pohul,pada acara adat tertentu pohul-pohul tidak di kukus alias di makan mentah,tepung beras di campur dengan kelapa parut dan gula merah lalu di kepal alias di pohul(bahasa batak) rasanya jika di makan mentah jauk lebih enak,tetapi dengan syarat kelapanya harus banyak mbak,biasanya sih kalao d daerah sumatera pohul-pohul yg mentah di sebut dengan nama "ITAK ATAU NITAK"

    SALAM KULINER :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloow Mba Juni, waak makasih atas sharing dan tipsnya, pengetahuan saya akan makanan Batak sangat minim banget wakakka. Resep ini saya dapatkan dari teman Batak saya dan memang mereka bilang ada yang namanya kue Itak, gak pakai dimasak ya, katanya enak, saya belum pernah coba wakakkak. Jadi ngeces.com. Salam kuliner juga ya Mba! Sukses selalu ^_^

      Hapus
    2. oh kl itu kami org aceh jg demikian beras digiling trs di ayah ... taruk kelapa parut sedikit gula trs di kepal2 pakek tangan trs dimkn ... srg kl mau puasa ata lebaran mkan seerti itu soalnya di tumbuh pakek jingki bhs aceh indo nya gk ngerti apa ....

      Hapus
    3. Hai Mba Murni, wah ternyata makanan ini juga disajikan di Aceh ya, thanks sharing dan infonya. ^_^

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. hai, mbak, mkash bgt resepnya. ni saya dari Klaten Jateng, saya baru membayangkan aroma dan rasa dr bahan2 tsb sudah yakin pasti enak dan gurih. dan scepatnya akn saya coba di rumah. dan bahkan akan saya jadikan refrensi buat ujian akhir sekolah pada siswa2 saya. up date terus resepnya yaa mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Nur, terima kasih sharingnya ya, moga suka dengan resep kuenya setelah dicoba, tips saya pakai tepung beras yang baru saja digiling ya, dan kelapa muda yang fresh, hasilnya pasti mantap!

      Hapus
  13. Kalau dikampung saya (solok, sumatera barat) ada jg yg mirip kue ini, namanya MUTU, cm dibuat dr perpaduan tepung beras dan tepung ketan dgn perbandingan sama. ditambahkan kelapa parut, Isinya bukan gula aren, tp kelapa yg dimasak bersama gula aren dan daun pandan (unti). rasanya benar2 yummy..... (nelfa)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba nelfa, thanks sharingnya ya, wah kayanya kue mutu lezat banget, saya suka kalau pakai ketan heheheh

      Hapus
  14. mbak, apa bisa tepung berasnya diganti dengan sagu mutiara? ada 1 jenis kue favoritku waktu di medan. bentuknya gak jauh beda dengan kue ini mbak. tp dia pakai sagu mutiara, trus pake kelapa n didalamnya juga diisi dengan gula merah. nah sekarang aku netap di pontianak. disini gak pernah nemu kue itu. kepengan makan, tapi pas pulang ke medan gak nemu. jadi pengen nyoba buat sendiri. browsing nyari resepnya gak nemu, karena namanya juga aku gak tau mbak. hahhaha.... pas liat resep ini kok rada mirip yah... langsung otak berputar. apa mungkin caranya sama? bisa kasi aku saran gak mbak? thanks alot yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Santi, menurut teman2 saya yang asli Medan, makanan ini namanya sebenarnya pohul2, dan dibuat dengan cara dikepalkan dengan tangan. Saya belum tahu kalau menggunakan sagu mutiara ya dan belum ada gambaran seperti apa kuenya hehehhe

      Hapus
  15. Mba,bagaimana membuat rasa ketan menjadi gurih?Ada yang bilang diberi garam,mohon pencerahan.Termasuk bagaimana membuat bumbu kelapa tidak asam dan apakah perlu dikukus?Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, ketan gurih keknya pakai santan yang dimasak dengan garam sampai wangi baru dicampurkan ke ketan ya. Yep kelapa harus dikukus supaya tidak cepat basi ya.

      Hapus
  16. hai mba endang, salam kenal :-) sy sudah nyoba resepnya... pas masih anget teksturnya masih lembut, tp pas mulai dingin kuenya jd makin mengeras :’-( kenapa ya mba? apa kelapanya harus di peras dulu dan dibuang airnya? kue yg sy buat jg warnanya jd kecoklatan, mungkin dr si gulmernya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, pakai tepug beras yang masih fresh yang baru giling akan memberikan hasil lebih empuk, plus kelapanya yang muda dan memag kue ini seperti putu ya, baiknya dimakan hangat2 ya.

      Hapus
  17. Balasan
    1. 12 buah ya, ada dicantumkan di resep kok

      Hapus
    2. hehe iya mbak makasih. Saya nyoba bikin pake tepung beras yg kemasan, hasilnya keras klo udah dingin, seret gitu hehe...
      sebenernya enak sihhh

      Hapus
    3. yep, kudu pakai tepung beras yang baru saja digiling, harum, tekstur dan rasanya benar2 bedaaaa

      Hapus
  18. Kue ini warnanya selalu putih ya mbak... Kalo misal diberi sedikit pewarna makanan bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, yep kue ini selalu putih ya, sama seperti kue putu bambu, silahkan kalau mau diberi pewarna ya

      Hapus
  19. kalo pake cetakan yang gak bolong bisa mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru sebaiknya pakai cetakan yang gak bolong mba, syaa gak punya soalya

      Hapus
  20. Halo Mba Endang, saya belum lama nikah dan biasanya jarang banget bikin kue-kue mba. tapi kalau weekend gini suka pengen nyoba-nyoba hehe. Mau tanya, itu tepung berasnya ga diaduk pakai air ya mba? jadi kerinngan aja gitu ya? cuma basah-basah sedikit dari kelapanya? betul ga mba? Mau praktek nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ghina, yep, tdk pakai air mba, jadi kaya kue putu ya, untuk hasil terbaik sebaiknya pakai tepung beras yang baru digiling ya.

      Hapus
  21. Hai mba endang, kalau ga ada cetakan bisa ga pakai daun pisang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya bisa ya Mba, tapi saya sendiri belum coba hehhehe

      Hapus
  22. Dimana beli tepung beras yang baru di giling mbak? Kalo tepung beras ros*br*n masuk gak mbak? Maaf newbi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus giling sendiri di pasar mba, setahu saya tdk ada yang jual. Kalau yakin tepung beras kemasannya oke kualitasnya bs pakai itu, tapi untuk kue yang harum sebaiknya pakai tepung beras yg baru digiling

      Hapus
  23. Halooo mbak endang ga pk air ya mbak? Saya prnh coba pk tepung beras yg di jual plus tepung ketan. Agak keras kurang pas rasanya. Klo resep mbak perlu air ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, saya gak pakai air, karena parutan kelapa sudah lembab, kalau mau ciprati air sedikit gak papa, hanya asal lembab saja tepungnya.

      Hapus
  24. Mbak saya da Coba rasanya enak bgt. Tp pas saya makan da Kaya beras gt berindil2 perlu 2x saring ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Grace, mungkin tepungnya kasar ya, jadi bs saja kudu diayak ya

      Hapus
  25. Mbak Klo saya giling beras minggu tp senin br di pake bau Nggak? Apa masih seenak klo giling terus di pake di hr yg sama? Maap Mbak endang byk nanya2

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama tepung kering dan dijemur dengan baik, saya rasa nggak ya. Kalau mau aman masukkan ke chiller kulkas saja mba

      Hapus
  26. Halo, Mba.
    Mau tanya : kalau mau bikin yg pohul2, untuk gula merahnya tetap diiris&diaduk di dalam adonan tepung berasnya? Kalau kelapanya harus parut sendiri ya? Karena kalau lihat pohul2, kelapanya sepertinya bukan parutan mesin. Parutannya kasar&besar2. Bingung Saya, Mba : parutnya di mana. Yang terakhir, Mba. Kalau kuenya Saya masak pagi, tapi baru dimakan malam. Masih enak ga kalau Saya panaskan dengan dikukus ulang. Atau kalau masak malam sebelumnya masih bisa untuk makan malam besoknya. Kalau ada acara kan lumayan, Mba kerjainnya. Hi hi... Terima kasih, Mba Endang.

    -Irene

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Irene, teman saya pernah bawa pohul2 gula merahnya ditaruh ditengah kue, jadi sebagai isi mba. Kelapa kasar itu diparut sendiri dirumah, triknya pada posisi kelapa. Kalau buat santan kan kelapa posisi miring ketika diparut, kalau mau panjang2 kelapa posisinya rebah.

      bisa dipanaskan mba dikukusan kalau mau dihidangkan besok

      Hapus
  27. Klo dirumah q di magetan jawatimur, namanya kue puro, memang harus pake tepung beras fresh... Klo di tempat q setelah beras di giling halus, dikepal2 terus dikukus... Setelah mateng diparut pake parutan kelapa... Trs diremas2, biar remahan yang gede jadi lembut, terus di tinting biar lembut... Baru dicampur kelapa parut(banyak lbh enak kata ibuk q), garam, gula pasir dikit aja... Baru dibungkusin pake daun pisang tengahnya di isi gula merah.... Mbok dingin ndak bakal keras sm awet... Saya suka bgt sm ini... Klo waktu kecil biasa bilang kue nasi jagung soale mirip nasi jagung teksturnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya yaa. Di tempat saya namanya itu iwel2, hehhe, biasanya dimasak ketika lahiran bayi. Enaknya memang pakai tepung beras fresh.

      Hapus
  28. Bu kalo agak lama/sudah dingin kue nya agak keras ya jadinya bu ???

    BalasHapus
  29. Kok saya coba agak keras ya mbak ???
    Ada yg kurang kah mba ???
    Terima kasih

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...