Pages

12 Juni 2013

Nasi Bakmoy


Nasi bakmoy, dari namanya kita sudah bisa menebak makanan ini mendapatkan pengaruh kuliner Chinese. Menurut Wikipedia, asal makanan ini dari Jawa Tengah. Tidak banyak literatur yang meyebutkan mengenai kuliner yang satu ini, hanya disebutkan masakan ini terdiri atas nasi yang ditaburi dengan potongan tahu goreng, ayam dan telur rebus yang disiram dengan kuah kaldu ayam yang dibumbui dengan kecap manis. Walaupun penampilannya terlihat ribet, ternyata membuat nasi bakmoy sangat mudah. Jadi jangan terburu-buru untuk enggan mencobanya. Memang cukup banyak pernak-pernik yang harus anda persiapkan, seperti nasi, tumisan ayam dan tahu, gorengan udang (saya ganti dengan ayam), dan kuah. Tapi semua perlengkapan nasi bakmoy tersebut tidak memerlukan bumbu yang sulit dan mudah untuk dipersiapkan. Untuk rasanya, hmm.... segar dan mantap! ^_^


Beberapa bahan demi alasan kepraktisan dan hemat, saya skip dan ganti dengan yang lebih mudah digunakan. Untuk membuat nasi bakmoy, bahan utama yang harus anda persiapkan adalah ayam dan tahu. Ada beberapa cara untuk mengolah ayam yang digunakan, anda bisa merebus dan membuatnya menjadi ayam suwir seperti yang saya lakukan, atau memotongnya kecil-kecil saat masih dalam kondisi mentah dan menggorengnya hingga matang. Ayam lantas ditumis dengan tahu yang dipotong dadu dan digoreng hingga kering. Untuk menghemat bahan, gorengan udang yang terbuat dari udang cincang dan tepung terigu, saya ganti dengan daging ayam cincang. Adonan ayam cincang ini lantas saya goreng kecil-kecil, menghasilkan gorengan yang empuk dan gurih. Gorengan ini nantinya saat penyajian, kita gunting kecil-kecil dan ditaburkan di atas nasi.



Saya menyantap masakan ini dengan menggunakan nasi merah. Beberapa waktu yang lalu, seorang pembaca JTT pernah bertanya ke saya bagaimana memasak nasi merah supaya teksturnya tidak terlalu keras. Nah pengalaman pribadi selama ini, saya selalu mencampur beras merah dengan beras putih dengan perbandingan 1 : 1. Beras lantas saya masak di rice cooker dengan takaran air sedikit lebih banyak dari takaran air untuk memasak beras umumnya. Cara ini membuat nasi merah yang teksturnya kering dan keras menjadi lebih sedap disantap. Selain proses memasaknya, maka nasi merah juga lebih afdol jika disantap dengan hidangan berkuah. Nah nasi bakmoy cocok untuk menjadi pendamping yang mantap. 

Yuk kita tilik resepnya.
 

Nasi Bakmoy
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Bahan tumisan ayam & tahu:
- 1 kotak tahu, berat sekitar 300 gram, potong dadu ukuran 1 x 1 cm
- 1/2 ekor ayam ukuran besar atau 1 ekor ayam ukuran kecil seperti yang saya gunakan, berat sekitar 500 gram
- 4 siung bawang putih cincang halus
 - 200 ml air
- 1 sendok makan saus tiram
- 1 sendok makan kecap asin
- 2 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- seujung kuku garam

Bahan gorengan:
- 100 gram daging ayam cincang
- 2 sendok teh tepung tapioka
- 1 sendok makan tepung terigu
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 1 butir telur

Bahan kuah:
- 1 liter kaldu bekas merebus ayam
- 3 batang daun seledri
- 5 siung bawang putih, memarkan
- 2 ruas jahe, memarkan 
- 1 sendok teh kaldu bubuk instan
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam

Cara membuat:



Siapkan panci, masukkan 1 liter air dan ayam, rebus hingga ayam matang dan empuk. Angkat ayam, sisihkan kuah kaldunya.  Suwir-suwir ayam hingga berukuran kecil. Sisihkan.  

Membuat kuah
Siapkan panci berisi kaldu bekas merebus ayam, tambahka air hingga kuah kaldu mencapai minimal 1 liter. Masukkan daun seledri, bawang putih yang dimemarkan dan rebus hingga mendidih. Tambahkan merica, garam dan kaldu bubuk. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Angkat.


Siapkan wajan, panaskan minyak agak banyak. Goreng tahu hingga kecoklatan dan kering, angkat dan tiriskan.

Membuat gorengan



Siapkan mangkuk, masukkan ayam cincang, tepung sagu, tepung terigu, merica, garam dan telur. Aduk hingga menjadi adonan yang tercampur  baik. Goreng adonan di wajan berisi minyak bekas menggoreng tahu hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Membuat tumisan ayam



Tuangkan minyak bekas menggoreng tahu ke wadah lainnya, sisakan sekitar 1 sendok makan minyak. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan ayam dan tahu, aduk rata. Tuangkan sekitar 200 ml air, aduk rata dan masak hingga mendidih. Masukkan saus tiram, kecap asin, kecap manis, merica dan garam, aduk rata dan masak hingga kuah menyusut dan habis. Angkat dan sisihkan.  

Penyajian


Siapkan piring atau mangkuk, tata nasi di dasar mangkuk. Taburkan tumisan ayam tahu di atas nasi, gunting-gunting gorengan dan taburkan di atas nasi. Siram dengan kuah kaldu, sajikan dengan taburan daun seledri dan daun bawang.

Nasi bakmoy biasa disajikan dengan pelengkap berupa telur rebus dan sambal. 

Santap selagi hangat. Yummy!

21 komentar:

  1. hm, mesti di coba nih, nasi bakmoy itu soalnya banyak versi nya. yang saya cari yang ini nih, yang pake adonan terigu udang. dan berbumbu sambal petis. Yummy. makasih ya untuk sharing nya
    salam dari pembaca baru :)

    Evelin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Evelin, salam kenal juga ya. Wah sayang nasi bakmoy saya gorengannya pakai ayam cincang, walau bisa diganti dengan udang juga, daaan gak pakai sambal petis heheheh. Okeh, moga resepenya disuka ya. Thanks komentarnya ya ^_^

      Hapus
    2. hi dik evelin, kalau gak salah yang dimaksud itu tahu telur or tahu gimbal. Pakenya lontong, tahu digoreng gak terlalu kering, potomg2, tahu gimbal potong2 juga, siram dengan ulegan cabe rawit, bawang putih, kacang sangrai, petis, gula, garam yang diencerkan dengan kecap manis dan air sedikit. Taburi sledri goreng dabn bawang goreng . . . . hmmm !

      Hapus
    3. Wah Mba Nana, tahu gimbal semarang ya? Mantaaappp banget tuh, hiiks salah satu resep impian yang pengen dieksekusi. Thanks sharingnya ya. Mantap!

      Hapus
    4. Memang seharusnya pake sambel petis,aku jg td cari2 mana resep sambel petisnya

      Hapus
  2. Mbak endang apakah pny resep cilok yang enak tp mudah buatny?kl ada bagi2 dunk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, belum ada Mba, ntar kalau ada pasti saya poting ya ^_^

      Hapus
  3. Selamat pagi, mbak. Akhir pekan kemarin saya coba resep ini, dan menyantapnya dg nasi merah persis spt mbak krn kebetulan ada beras merah yg sdh cukup lama di kulkas. Perbandingan dg beras putih sama 1:1 juga. Mantap mbak, dg sensasi jahe, serasa bersantap di restoran. Terima kasih idenya.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Sisca, wah senang baca sharingnya, ini salah satu cara menyantap nasi merah wakakakak. Sip, thanks ya! ^_^

      Hapus
  4. Mbak endang, hebat banget sih rajin masak, rajin moto, rajin ngeblog dan rajin posting hehehe.. Aku suka banget sama blog nya, walopun cuma baru bbrp resep aja yg dicobain hihih.. Love your blog, mbak endang :)

    Inge

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Inge, thanks sharingnya ya, terkadang saya juga malas bangetttt seperti akhir2 ini, hilang mood heehehhe

      Hapus
  5. Mbaaa..sy dua hari ini makin semangat masak..nyobain resep2 yg mba posting..makasih ya mba,sukses slalu!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dewi, waaak salut banget, moga saya tertular semangatnya hahhaha, saya lagi malas banget akhir2 ini hiiksss.

      Hapus
  6. hallo mbx Endang,,salam kenal, saya dari kemaren,,kemaren kepingin makan nasi bakmoy dan akhirnya kenyang juga :D,,terimakasiiih resepnya,,,,top markotop,pertama kali saya mengenal nasi Bakmoy, ijin saya share y mbx resepnya,,matur suuuwuuun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, salam kenal juga ya. sip silahkan dishare resepnya, moga bermanfaat buat lainnya ^_^

      Hapus
  7. halo mbak Endang, kalo mamaku bikin gorengan udangnya dibikin bulat2 kecil trus dimasak jadi 1 sama ayamnya+ dikasih daun bawang yg banyak.trus gak pake tahu.pelengkapnya bawang grg,telur rebus dan sambal petis...haduhhh segernya hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah mantap banget, saya jadi ngiler bacanya huaaa. Nasi bakmoy ini hasil percobaan. moga rasanya cocok ahhahah. Thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  8. Mbak Endang yang baik dan selalu berbagi...
    Terima kasih untuk resep-resepnya....Dari cara membuatnya mirip sama gaya mama yang tradisional kalau masak...
    Aku mau segera eksekusi bakmoy ini...look lekker mbak...
    Terima kasih ya... (Elizabeth)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Elizabeth, thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  9. Seujung kuku, secuil tangan dan segenggam... inget kata2 dari nenek... wkwkwkkw...
    Thanks resepnya kak

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^