20 Juli 2013

Kiwi Sorbet: Tanpa mesin pembuat ice cream



Makanlah buah yang sedang musim sebanyak-banyaknya. Nasehat ini sepertinya tepat untuk mensiasati harga buah-buahan yang kian hari kian merangkak naik. Walau sebenarnya kalau mau jujur, barang apa sih yang tidak naik di negeri ini? Tapi khusus untuk buah-buahan harganya beberapa bulan belakangan ini memang mengkhawatirkan, terutama buah impor yang biasanya murah, seperti apel Fuji dan jeruk Mandarin. Bukan berarti saya tidak mendukung upaya pemerintah untuk menaikkan pamor buah lokal dan mendongkrak taraf hidup petani, namun sepertinya buah lokal masih belum mampu untuk mensuplai permintaan pasar yang tinggi. Ujung-ujungnya buah lokal justru lebih mahal dibandingkan versi impornya. 


Tentu saja masih banyak buah lokal dengan harga terjangkau seperti pepaya dan pisang. Tapi betapa membosankannya jika setiap hari kita hanya dijejali dengan kedua buah tersebut. Apalagi semakin bervariasi buah dan sayur yang kita santap maka akan semakin bervariasi pula asupan vitamin dan mineral yang masuk ke tubuh. Jadi tidak heran ketika toko buah di samping kantor saya tiba-tiba melakukan obral murah buah kiwi - mantapnya lagi ini jenis kiwi manis yang terasa seperti madu - maka kami, para karyawan kantoran yang setiap hari rajin berkunjung untuk mengecek harga kontan memborong sebanyak-banyaknya. ^_^


Nah, berpegang teguh dengan opini yang saya tuliskan di kalimat pembuka artikel ini, santaplah buah sebanyaknya-banyaknya selagi diobral! Maka sudah lebih dari dua minggu ini hari-hari saya diisi dengan menyantap kiwi. Walau saya akui kiwi yang terasa sedikit asam lebih saya sukai. Sebagian buah saya sikat segar begitu saja, sebagian menjadi campuran vla buah di puding almond yang pernah saya posting disini. Dan karena kiwi termasuk buah yang memiliki umur simpan yang tidak lama maka sebagian besar buah saya permak menjadi sorbet kiwi yang maknyus ini. Membuatnya mudah, yang anda perlukan hanyalah freezer untuk membekukan buah dan food processor atau blender untuk menghaluskan buah yang telah beku. Jika telah dibekukan atau berubah menjadi sorbet maka kiwi ini memiliki umur simpan yang lama sehingga anda masih tetap bisa menikmati si segar yang lezat ini walau harganya telah kembali melambung tinggi. ^_^


Buah kiwi yang seringkali di asosiasikan dengan negara New Zealand sebenarnya berasal dari China bagian selatan, dimana buah ini juga dideklarasikan sebagai buah nasional negara China. Buah kiwi berbentuk bulat lonjong sebesar telur ayam, dengan warna kulit kecoklatan dan berbulu. Ketika buah di belah maka akan tampak daging buah berwarna kuning hingga kehijauan dengan biji-biji kecil berwarna hitam yang melingkar di bagian tengahnya. Buah ini bisa disantap langsung berserta bijinya setelah kulitnya dikupas. Kiwi yang telah masak memiliki umur simpan selama 1 hingga dua minggu di dalam kulkas dan sebaiknya saat disimpan buah tidak terkena sinar matahari langsung dan juga tidak dicampur dengan buah lainnya seperti apel, pir atau pepaya. Kiwi sangat sensitif dengan gas ethylene yang dikeluarkan oleh buah lainnya. Gas ini yang akan menyebabkan kiwi menjadi berlebihan matangnya (over-ripen). 


Kiwi segar kaya akan enzym yang larut di dalam protein bernama actinidain. Enzym ini mirip dengan papain yang terkandung di getah pepaya. Kandungan actinidain membuat kiwi mampu membantu proses pengempukan daging. Untuk kasus ini saya telah sering membuktikannya sendiri, dibandingkan jika anda mengempukkan daging menggunakan getah pepaya atau enzym papain lebih baik gunakan remasan daging buah kiwi. Takarannya untuk 500 gram daging gunakan hanya 1/2 buah kiwi yang telah dilumatkan, diamkan selama 15 menit saja. Daging siap anda gunakan beserta dengan kiwinya sekalian. Jangan menggunakan terlalu banyak buah kiwi dan jangan terlalu lama mendiamkannya karena alih-alih daging empuk yang anda dapatkan, namun justru bubur daging yang nanti akan dihasilkan. Cara ini mantap ketika anda ingin membuat steak daging, dimana daging hanya perlu di grill di pan atau alat pemanggang dalam waktu yang tidak lama. Untuk menghasilkan steak yang empuk anda memerlukan daging kualitas terbaik yang harganya pasti mahal, nah dengan menggunakan kiwi maka anda bisa menggunakan daging kualitas biasa saja untuk hasil steak yang mantap. 


Tentu saja kemampuan kiwi untuk mengempukkan daging hanyalah salah satu kelebihannya, karena manfaat utama buah ini adalah pada kandungan vintaminnya. Kiwi kaya akan vitamin C, K dan E serta merupakan sumber serat makanan yang baik. Daging buah dan kulitnya mengandung senyawa flavonoids, actinidain, dan serbuk sari yang bisa menyebabkan iritasi pada mulut dan kerongkongan terutama bagi mereka yang alergi pada senyawa ini. Biji kiwi sendiri mengandung minyak yang kaya akan alpha-linolenic acid dan asam lemak omega 3. 

Umumnya sebuah kiwi berukuran sedang mengandung 46 kalori, 0,3 gram lemak, 1 gram protein, 11 gram karbohidrat dan 2,6 gram serat makanan yang sebagian terkandung di bagian kulitnya. Buah kiwi juga seringkali disebut memiliki kemampuan sebagai pencahar ringan untuk membantu masalah sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi. Selain manfaat di atas buah kiwi juga mengandung carotenoids, seperti vitamin A beta-carotin, lutein dan zeaxanthin. Berdasarkan penelitian, kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin E di biji-bijinya membantu untuk mencegah pengentalan darah. Mengkonsumsi dua atau tiba buah kiwi setiap hari mampu mencegah petumbuhan sel-sel yang tidak diinginkan dan mengurangi triglyceride dalam darah, sehingga berpotensi untuk mencegah darah mudah menggumpal. 


Kembali ke sorbet yang kali ini saya posting Apa yang membedakan antara es krim dengan sorbet? Es krim mengandung adonan dasar custard yang terbuat dari susu, krim, gula, dan (seringkali) kuning telur. Ketika adonan ini dibekukan dan diproses menjadi es krim maka akan menghasilkan tekstur yang lembut, ringan dan creamy.  Sedangkan sorbet merupakan produk yang bebas susu dan bebas telur. Umumnya terbuat dari jus buah atau air yang telah ditambahkan aneka rasa dan sirup. Larutan ini lantas diproses seperti membuat es krim untuk menghasilkan tekstur yang lembut dan ringan seperti salju. 

Baik es krim maupun sorbet, keduanya memerlukan mesin pembuat es krim untuk menghasilkan produk yang lembut, namun tanpa mesin pun anda bisa membuat es krim atau sorbet yang lezat di rumah. Untuk resep es krim tanpa ice cream maker silahkan klik link disini dan disini ya, sedangkan untuk sorbet kiwi kali ini prosesnya terbilang sangat mudah. Hampir sama dengan proses membuat es krim pisang yang pernah saya tampilkan, maka yang anda perlukan hanyalah buah kiwi beku, gula bubuk dan sedikit air. Proses hingga halus dengan food processor atau blender, tuangkan di wadah kedap udara dan bekukan di freezer. Trala! Sorbet kiwi yang lembut dan lezat menanti untuk anda santap. Yummy!

Berikut resepnya ya.  


Kiwi Sorbet
Resep didapatasikan dari web Snixy Kitchen - St. Patrick's Day Kiwi Sorbet

Bahan:
- 6 buah kiwi (saya menggunakan greem kiwi yang asam), kupas dan potong-potong setebal 1 cm
- 100 gram gula bubuk (haluskan gula pasir dengan blender)
- 2 sendok makan air es

note: buah lainnya untuk sorbet: stroberi, melon, sunkist, pepaya+jeruk nipis/lemon, mangga, semangka, peach kalengan, plum, nangka, pisang, markisa (peras airnya saja).

bahan perasa untuk sorbet: vanilla ekstrak, santan, sirup, jeruk nipis/lemon.

Cara membuat:


Siapkan kiwi, gunakan jenis kiwi green yang terasa asam, akan menghasilkan cita rasa sorbet yang lebih nendang. Jika anda menggunakan kiwi manis seperti kiwi green madu atau golden kiwi, kurangi takaran gula yang saya cantumkan di atas. 

Kupas kiwi, potong-potong dan masukkan ke dalam wadah kedap udara. Tutup rapat dan masukkan ke freezer selama 2 - 3 jam, hingga beku. 

Masukkan kiwi beku ke dalam blender atau food processor bersama dengan gula bubuk dan proses hingga halus.  


Kucuri kiwi dengan air es sedikit demi sedikit dari lubang di tutup food processor atau blender, proses hingga terbentuk tekstur yang creamy, lembut seperti es krim.

Tuangkan sorbet di wadah kedap udara, bekukan di freezer hingga sorbet agak keras. Siap disantap! Yummy!

Sources:
Wikipedia - Kiwifruit 
The Kitchn - What's the Difference?  Ice Cream, Gelato, Sorbet & Granita




52 komentar:

  1. Wow..enak banget nih mbak. Mau coba ah, anak-anak pasti suka nih.Thanks resepnya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak Fiza, yep segar,dan lembut, enak banget. Btw, blognya kakak juga bagus, resep2nya bikin ngeces hehehhe

      Hapus
  2. Mbak buah lain apa bisa mbak?semisal strowberi or buah naga or mangga?makasih..yani-jember..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yani, bisa pakai mangga, stroberi, melon, semangka, buah naga, pepaya+jeruk lemon/nipis, leci, jeruk sunkist, wah banyak Mba ^_^

      Hapus
  3. mba endang.. Mba tau gak cara buat nasi goreng, atau mie goreng/kwetiaw yang sama persis dengan abang2 nasi goreng yg biasa mangkal. Saya udh sering buat,, tapi kok rasanya tetep aja ga mirip. Atau pembaca blog disini ada yang tau? Apa mereka memakai anggur merah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya juga nggak tahu tuh rahasianya dimana haahha, kemungkinan mereka pakai: saus tiram, kecap ikan dan msg yang banyak hehehhe

      Hapus
  4. mbak kalo apel bisa gak yah dibikin sorbet?
    lagi banyak banget apel di rumah.. :D
    kalo bisa, apa sebelum dibekukan apelnya mesti dikasih perasan air lemon/lime?
    mohon pencerahannya yah mbak endang, thx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Non Dita, bisa kok tapi prosesnya beda. Ini resepnya: 4 apel (paling oke yang asam dan keras seperti granny smith atau apel malang), 4 sendok makan eir jeruk lemon/nipis, 100 gram gula bubuk, 300 ml jus apel, pewarna hijau dikit. Masukkan semua bahan kecuali pewarna ke panci, rebus 4 menit sampai empuk, blender sampai halus, tambahkan pewarna. bekukan di freezer. kalau dah beku masukkan ke food processor dan proses hingga smooth. bekukan lagi sampai keras dan siap dmakan. moga suka ya

      Hapus
  5. patut dicoba nih...kayaknya anakku bakalan doyan banget... siiippp :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, saya yakin anak2 suka banget mba dengan sorbet buah ini. ^_^

      Hapus
  6. kalo pake buah melon gimana ya? kan banyak airnya tuh

    BalasHapus
  7. Mba, kl nanas bs ga ya ? Apa lbh enak campur yogurth ? -feni-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanas enak kok Mba Feni, pakai yogurt lebih yummy lagi, lebih mahteh hehheheh

      Hapus
  8. Mbak Endang, aku buat sorbet kiwi tp warnanya kok ga hijau kayak foto punya mb.Endang ya? Tp agak coklat. aku pakai gula pasir. Apa krn pengaruh gulanya kah? Klo rasanya sih oke.. Knp ya kira2? Makasih mbak..
    -salam kenal dr Ayu-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayu, saya rasa jenis kiwinya ya. kalau pakai green kiwi seperti yang saya buat hasilnya akan hijau. tapi golden kiwi biasanya warnanya kuning krem. bukan karena gula pasirnya ya Mba.

      Hapus
  9. Salam kenal mba Endang, sy seneng banget nemu blog ini, sejak kmrn mantengin blog ini mulu hehe. Sy jg sdh nyoba resep yg omelet roti tadi pagi buat bekel suami makan siang eh katanya enak banget, makasih ya mba.

    Ohya sy pengen nyoba bikin sorbet ini, kebetulan dapet banyak markisa dr tetangga. Nah kalo pake markisa apa air perasannnya disimpen dl di kulkas ampe beku baru diblender mba? Ohya itu kalo pake gula pasir kan dihaluskan pake blender yah? Dikasi air gak mba?

    Terakhir bisa bikin sorbet pake kacang ijo/merah gak? Kebetulan punya banyak jg dirumah. Hehe maap banyak nanya. Thx a bunch mba Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Retno, kalau mau pakai markisa, air jus markisa masukkan saja ke tray es batu yang kotak2 kecil itu ya, kalau sudah beku di blender sampai halus. Jus markisa soalnya pasti lebih keras dibandingkan kiwi. Gula pasir dihaluskan dengan blender gak perlu di kasih air, pakai blender buat giling biji2 dan bumbu ya Mba. Karena kalau pakai gula pasir langsung ke sorbet takutnya gak halus ya. Gud luck ya.

      thanks sharingnya disini.

      Hapus
  10. Sepertinya enak nih,perlu dicoba,apalagi saat ini,didaerah saya sedang panas2nya...

    BalasHapus
  11. Hallo mbak Endang :) Sebelumnya sy mau ucapkan terima kasih atas jawaban mbak utk semua pertanyaan sy ya mbak. Sy bersyukur menemukan blog mbak Endang yg sangat murah hati & telaten dlm membantu pemula2 spt sy. Semoga amal baik mbak mendatangkan kebaikan yg berlimpah jg ya utk mbak Endang :) Seperti biasa sy ingin tanya hehehe....mbak sy punya nya hanya blender & meat chopper. Apkh blender buah biasa kuat utk menghancurkan es ya mbak? Kalo meat chopper kata penjualnya jgn dipake utk es. Kalo bisa dg blender biasa, senangnya....tdk perlu lg diproses berulang2 keluar masuk freezer. Makasih sebelumnya ya mbak. Sukses selalu..... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Priscilla, amin dan terima kasih atas doanya ya. untuk blender buah, tergantung jenis blendernya ya, kalau power blender dengan motor kuat maka akan kuat untuk menghancurkan es, tapi kalau blender biasa apalagi dengan bahan gelas harus hati2, es harus dihancurkan kecil2 baru di masukkan blender.

      untuk sorbet kiwi diatas, teksturnya empuk kok gak keras jadi pakai blender biasa juga udah oke ya

      Hapus
  12. Mbak, saya punya buah alpukat, malam ini kalau setelah dipotong kemudian di freezer semalaman dan besoknya baru diolah gpp?

    Makasih ya mbak,saya senag baca blog ini. Banyak resep yang menarik. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lia, bisa kok, alpukat di freezer tahan sampai 1 bulan, cuman kalau alpukat sudah dibekukan atau kondisi dingin jadi agak pahit ya.

      Hapus
  13. Iya mbaaak,pahiiit..kecewa deh..sepet lidahku jadinya hihihi..kalo pake kiwi, ngeblender pake blender buah dari kaca gpp mba?kmrn blender alpukat beku,serem gitu aq liatnya,takut pecah,udh gt susah ngeblender (gk jln krn gak tlalu cair)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, biarkan buah bekunya agak empuk saja dulu disuhu ruang, atau pakai buah biasa saja gak papa. Blender baru kemudian dibekukan. Pakai buah beku itu kalau sorbet mau langsung dimakan ya.

      Hapus
    2. Oh gitu mbak..makasih mbaak..oya kmrn saya liat ada ice cream maker utk buah gitu,jd sorbet hasilnya, merk yonanas..gak perlu blender2 x ya hihihi

      Hapus
    3. wah kalau pakai ice cream maker sih buat es krim atau gelato pastinya lebih mudah dan sukses. saya buat sorbet ini untuk mengakali karena gak ada ice cream maker di rumah ^_^

      Hapus
  14. Oya mba,vanilla extract dengan vanilli beda?
    Mbak, di resep2 puding yang seribg aq liat,ada penambahan jelly plain..itu yang gimana y?merk apa?aq tny ke toko bahan kue, malah gak tau,ditunjukin jelly nutrijel...maaf mbaaa bnyk nanya..makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vanilla extract dan vanili bubuk beda yaa, extract bentuknya cair seperti madu, lebih harum dan gak pahit rasanya. Nah jelly plain saya juga kurang tahu mungkin mirip seperti bubuk konyaku yaaa hehehehe

      Hapus
  15. salam kenal bu, makasih resepnya mau dicoba dulu soalnya jarang banget malah hampir belum pernah ice cream dari buah kiwi.. moga2 anak-anak senang :)

    BalasHapus
  16. Siang mba,klo pake jambu biji merah resepnya gmn mba?ditambah susu enak ga?makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jambu diblender dan disaring ya mba, buang bijinya, selanjutnya proses sama seperti diatas. pakai susu lebih enak ya

      Hapus
  17. Mbak, blog nya keren banget. Saya yg males masak jadi mau masuk dapur lagi. Baru byoba 3 resep sih dr blog mbak (churros, baso sapi, sorbet kiwi). Tapi semuanya berhasil krn mbak endang kasi tips nya lengkap!

    Makasi ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Milfa, thanks ya Mba! Senang sekali resep JTT berhasil dicoba.

      Hapus
  18. Salam kenal mbak....
    Gulanya bisa diganti apa yah, kira-kira? Atau ada saran penggunaan buah lain?
    Saya berminat untuk buat ini sebagai cemilan anak saya yang baru mulai tumbuh gigi di umurnya yang 10 bulan ini. Makasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba egha, gula bisa diganti madu ya, dan buah bisa pakai buah apa saja kok, tapi buah yang lunak seperti kiwi, stoberi, terung belanda, peach yang enak dibuat sorbet supaya teksturya gak keras

      Hapus
  19. Hai mbak.. maaf saya mau tanya saya sempat membuat froyo kiwi dan rasanya agak pahit, itu kenapa ya? ataukah rasa kiwinya sendiri memang seperti itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, kiwinya yang pahit ya, saya pernah mengalaminya juga

      Hapus
  20. mba,,saya kelamaan naruh freezer..keras banget jadinya.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikeluarkan dulu di suhu ruang sampai agak leleh mba anisa, nanti baru bs disendok

      Hapus
  21. Halo mba endang, saya rindi.
    Salam kenal..

    Terdampar ke JTT gara2 lagi nyari info soal sorbet kiwi..
    Kemaren bikin & berhasil. Segeeeerrr...
    Setelah jalan2 liat list resep, jadi tergoda buat nyoba ini itu.. Uraian d setiap resep, cukup jelas buat pemula kaya saya yang jarang banget masak, tapi mau ga mau harus bisa masak.. Hahaha..

    Akhirnya hari ini eksekusi bihun pedas ala szcehuan tapi ga pake cabe. Biar bisa makan bareng bocil. Dan hasilnyaaaa,, enyak enyak enyak.. Entah kebetulan, entah emang resepnya tokcer.. Yang jelas, saya senang gembira..

    Makasi banget lho mba.. Semoga ilmu & resepnya berkah.. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Rindi, salam kenal ya. Thanks ya sudah menyukai resep2 JTT. Senang sekali resepnya disuka. Sukses yaa

      Hapus
  22. Terima kasih mbak resepnya, izin copas ya ^^

    My blog

    BalasHapus
  23. Hai mbak endang.... Klau pakai kacang ijo bisa gak mbak?? Semisal bisa, perbandingan kacang ijo sma gula brapa y mbak?? Makasih

    -Dita-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dita, harusnya bisa ya, mumgkin buat seperti bubur kacang hijau biasa Mba, baru proses menjadi sorbet. Gula menurut saya sesuai selera saja.

      Hapus
  24. Makasih mba,

    saya mau nanya apakah beda hasilnya jika gula bubuk diganti bukan dari gula yang di blender tapi gula tepung merek Bant%$ng? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja Mba, yang penting gulanya halus jadi mudah larut. Membuat sorbet sebenarnya tdk susah ya

      Hapus
  25. Hai Mbak Endang, maaf mau tanya, kalau misalnya skip gula bisa ga mbak? Atau misal diganti susu kental manis gt takarannya seberapa? Terima kasih banyak mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diskip mba, hanya kiwi kan asam ya, jadi kalau bs ditoleran rasa asamnya sih ok2 sja

      susu kental manis seusai selera saja mba, banyak oke sedikit juga gpp

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...