11 Oktober 2013

Chicken Fajitas: Masakan Ayam a la Tex-Mex



Waaak saya baru saja membuat kesalahan super fatal! Secara tak sengaja saya mengklik tombol removed forever di komentar di blog dan sekitar 100 komentar langsung raib tanpa bekas hanya meninggalkan pesan 'this comment has been removed by a blog administrator'. Betapa cerobohnya saya! Akhirnya Jumat yang seharusnya indah ini harus saya isi dengan ber-goo***gling ria mencari artikel bagaimana caranya mengembalikan komentar yang telah terhapus. Berbeda dengan email yang ketika dihapus akan masuk ke 'tong sampah' dan bisa di-restore kembali dengan mudah maka di blog, komentar terhapus akan lenyap dari muka bumi. Karena itu saya mohon maaf bagi rekan-rekan yang telah mengirimkan komentar dan bahkan sebagian besar telah saya tanggapi juga, jika kemudian anda menemukan komentar yang telah anda submit tidak ada di sana dan hanya meninggalkan sepenggal kata di atas, maka itu semua murni faktor ketidaksengajaan. Saya masih berusaha untuk mengembalikannya kembali walau dengan cara manual. Hiks!


Kejadian di atas memang terasa menyesakkan, tapi lupakan sejenak dan fokus ke ayam fajitas yang kali ini saya posting. Fajita merupakan kata yang ditemukan di dalam kuliner Tex-Mex (Texan-Mexican), umumnya mengacu kepada hidangan yang terbuat dari daging, bisa jenis daging apa saja, diproses dengan cara dipanggang dan dihidangkan bersama taco atau tortilla. Tex-Mex sendiri merupakan istilah untuk menjelaskan kuliner di Amerika yang mencampur aneka produk makanan yang ada dan kreasi warga Amerika-Meksiko dengan mendapatkan pengaruh kental dari kuliner Meksiko. Fajita biasanya dimasak dengan menggunakan bumbu bawang bombay dan cabai besar dan dihidangkan bersama rajangan lettuce, salsa, guacamole (saus pencelup a la Meksiko yang terbuat dari alpukat dan lemon), krim asam, keju dan tomat.


Nah untuk chicken fajitas yang kali ini saya posting saya menggunakan dada ayam, anda juga bisa menggunakan fillet paha ayam untuk tekstur yang lebih empuk dan berlemak. Proses pembuatannya sangat mudah dan untuk memanggangnya saya menggunakan pan datar anti lengket. Agar dada ayam bisa matang sempurna di pan maka anda harus mengirisnya menjadi lembaran yang tipis. Dada ayam lantas direndam di dalam bumbu perendam yang terbuat dari cincangan daun ketumbar, cabai merah besar, minyak zaitun, air jeruk nipis dan bumbu lainnya. Agar rasany lebih hot saya menambahkan gilingan cabai merah kering yang telah saya proses sebelumnya dan simpan di kulkas. Dada ayam yang telah direndam selama satu jam membuat semua bumbu meresap hingga ke serat daging, dan menguarkan aroma yang sedap kala dipanggang. Tips penting untuk masakan ini adalah penggunaan cincangan daun ketumbar dan air jeruk nipis, rasa gurih, asam, pedas yang berpadu membuat perut pun langsung berkeruyukan dengan kencangnya. ^_^

Daun Ketumbar/Cilantro/Corriander

Untuk tips membuat cabai kering giling sendiri dan bumbu-bumbu bubuk lainnya silahkan di klik di postingan saya sebelumnya disini ya. Bagi anda yang sering kesal ketika menyimpan daun ketumbar di kulkas karena daun yang mudah sekali layu dan busuk hanya dalam waktu 3 hari saja, maka saya punya satu tips yang mungkin bisa anda praktekkan. Potong bagian pangkal batang yang dekat dengan akar, bungkus seluruh daun ketumbar dengan plastik, dan masukkan panglal batang di dalam gelas berisi air dan simpan di kulkas. Dengan cara ini daun tahan hingga 2 minggu lamanya. Saya telah membuktikannya sendiri.


Ayam fajita sedap disantap dengan nasi putih hangat atau dalam gulungan tortilla bersama aneka sayuran segar dan siraman saus salsa atau menjadi isi sandwich untuk sarapan atau makan siang anda. Mantap! Bagaimana jika ayam tidak habis dalam satu kali kesempatan? Gampang. Simpan ayam fajita di dalam wadah tertutup rapat dan masukkan ke chiller kulkas, ayam tahan hingga 1 minggu lamanya, atau bekukan di freezer untuk masa yang lebih lama. 

Resep ini sangat mudah, lezat dan cepat untuk dibuat, jadi bagaimana jika anda mencobanya di weekend ini? 


Chicken Fajitas
Resep diadaptasikan dari Simply Recipes - Chicken Fajitas

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep yang berhubungan dengan chicken fajitas? Silahkan cek di link di bawah ini:
Homeade Tomato Salsa: It's Hot & Super Yummy!
Burrito Isi Daging Cincang & Sayur
Steak Ayam, Salad Sayuran dan Kentang Rebus
Semangkuk Besar Salad Sayuran dengan Dressing Rendah Lemak 

Bahan:
- 600 gram dada ayam tanpa tulang (2 pasang dada ayam), bisa menggunakan fillet paha ayam
- 1/2 sendok makan ketumbar bubuk
- 1/2 sendok teh jintan bubuk
- 4 - 5  sendok makan minyak zaitun, bisa digantikan dengan minyak sayur biasa
- 1 sendok makan cabai kering giling
- 3 batang daun ketumbar, rajang halus
- 2 sendok makan air jeruk nipis
- 2 sendok teh garam
- 2 buah cabai merah besar buang biji, giling kasar atau cincang
- 3 siung bawang putih, ulek kasar

Cara membuat:


Siapkan sepasang dada ayam, seperti gambar saya diatas. Bagi dada menjadi dua bagian. Potong masing-masing bagian dada menjadi irisan tipis sehingga dari sepasang dada ayam anda mendapatkan 4 lembar fillet dada. Total seluruhnya adalah 8 fillet. 

Biarkan dada ayam dalam kondisi seperti ini, jangan dipukul-pukul atau ditipiskan.


Siapkan mangkuk, masukkan semua bumbu perendam ke dalam mangkuk, aduk rata. Masukkan fillet dada ayam, remas dan aduk sehingga semua potongan fillet terlumuri bumbu dengan merata. Tutup mangkuk berisi ayam dengan plastic wrap dan diamkan selama 1 jam disuhu ruang atau selama semalam di dalam kulkas. 


Siapkan pan datar anti lengket, anda bisa menggunakan pan datar biasa yang biasa untuk menggoreng atau pan bergerigi seperti yang saya tunjukkan diatas. Panggang satu sisi fillet dengan menggunakan api sedang saja hingga permukaannya kecoklatan, sambil dipanggang guyurkan sedikit sisa bumbu perendam ayam di permukaan fillet. 

Balikkan ayam dan panggang sisi sebelahnya hingga kecoklatan dan matang. Tidak memerlukan waktu lama untuk membuat fillet matang karena sangat tipis. Jangan terlalu lama memanggangnya, over cooking akan membuat dada ayam akan terasa seperti karet. 


Angkat ayam dan hidangkan dengan nasi panas, salad sayuran dan saus salsa. Yummy!

Untuk resep salad silahkan klik link yang saya cantumkan di awal resep  ya. 

Sources:
Wikipedia - Tex-Mex Cuisine
Wikipedia - Fajita
Simply Recipes - Chicken Fajitas




44 komentar:

  1. Ya ampiun mbak..... pantesan aq heran banget, kok ngak biasanya komenku diremove gt. aq dari pagi mikir2 apa aq ada salah ketik ya, jadi mbak tersinggung. eh ternyata oh ternyata .... hehehehe....

    tapi emang iya mbak, jadi panik baget ya kalau kita menghapus sesuatu yang ngak mau dihapus.
    aq pernah ngalamin, tapi yang kehapus data pesan kenangan di hp. rasanya langsung campur aduk hehehehe...

    tapi gpplah mbak, nanti kita2 komen ulang aja. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa, haduuuhhh, gak tahu kenapa tadi saya kok bisa ceroboh banget kaya gitu, semua komen saya ticked mark, kemudian otomatis removed, baru nyadar saya baru saja menghapus 100 komentar, mau nangis rasanya hahhahah.

      Bisa di restore kembali tapi saya harus copy manual satu persatu dari email, untungnya komen blog nyambung di email jadi semua komen masih tersimpan dengan baik. cuman manual huaaaa

      thanks ya! ^_^

      Hapus
  2. seems yummy..

    mbak, daun ketumbar itu seperti apa yah? bisa dibeli dimana?
    [maklum, tukang masak amatiran]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ruth, daun ketumbar kaya seledri Mba, cuman lebih kecil daunnya dan lebih halus, gampang rusak walau di kulkas. Walau persis seledri cuman aromanya beda jauh, banyak yang gak suka baunya. Tapi menurut saya kok wangi dan khas yaaa, hehheh. Biasanya dijual di supermarket besar, car**fur dan sejenisnya.

      Hapus
  3. Bu Endang, rasanya pedes ndak?
    Koq pengen nyoba tapi takut pedes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Tri, gak pedes sama sekali Mba, pakainya cuman cabai kering bubuk dan cabai merah besar hehehheh. Kalau masih takut skip saja cabainya, rasanya masih tetep enak kok.

      Hapus
  4. Yaampuuun mbak sabar yaa hohoo semoga cepet pulih lagi komentar yang ilang itu :D kayaknya akhir2 ini mbak Endang lagi seneng sama masakan yang ada cilantronya yaa hihii :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. komentar ilang itu kudu dipulihkan satu persatu waduuuuhhh, mumet saya. iya nehhh cilantro enak banget, sampai bela2in beli benih di ace dan nanem sendiri, baru tumbuh kecil2 kaya korek api, kapan panen yaaaa hiiks

      Hapus
    2. Hihii sabar yaa mbak :3 ah serius mbak sampe nanem sendiri ? Lucu banget *ngebayangin* aku belom pernah nyobain tapi kok kayaknya enak yaa ngeliat resepnya mbak hehee, eh iyaa air buat cilantro di kulkasnya mesti diganti ga mbak ?

      Hapus
    3. yep, airnya buat cilantro di kulkas saya ganti setiap hari hehehe. cobain deh fajitas nya enaaakkk banget wakkakak

      Hapus
  5. Alternatif pengganti daun ketumbar apa,Mba? Di Papua tempat saya tinggal gak ada nih... Mohon pencerahan^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skip saja daun ketumbarnya Mba, gak pakai gak papa kok. asalkan ketumbar bubuk, jinten, air jeruk nipis dipakai, rasanya dah enak hehehh

      Hapus
  6. Hai salam kenal mba Endang...
    Satu lagi resep maknyuss yg bikin orang rumah tidak berhenti menambah nasi Xixixii... Thx ya mba sudah membagi resep2 mudah untuk pemula seperti saya. Sukses selalu untuk mba Endang... Btw mba, kantor qt sebelahan, pernah lihat mba di salah satu supermarket, mau menyapa tapi takut salah :D
    (Hanny)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Hanny, wah kalo kantor kita sebelahan pasti kita sering banget ketemu di mall sebelah hahhahha, secara 2 mall itu selalu dikunjungi selama jam makan siang. Sip, senang resepnya disuka, tapi saya setuju, chicken fajitas ini bikin makan nambah, saya malah stock di freezer dalam jumlah banyak buat bekal makan siang di kantor hehehhe

      Hapus
  7. hai mbak endang salam kenal, selama ini saya diam2 menjadi pengikut resep setia mbak, thanks ya mbak....... jadi + banyak ilmu, kata anak saya rasanya uenak pol, jempol sepuluh.....hehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya ya, saya juga maniak sama ayam fajitas ini, saya bikin banyak dan simpan di freezer buat bekal makan siang di kantor hehehhe.

      Hapus
  8. Salam kenal mba Endang..
    Seneng banget nemu blog ini, jadi ga mati gaya lagi deh di dapur :)
    Hebat ya mba Endang, di sela kesibukan masih sempat berbagi resep, ada tips dan trik nya lagi.. maaciiiiiih ya mba untuk kebaikannya.. ;)
    Nanya donk mba, kalo mau nyimpen si chicken fajitas ini di freezer dalam kondisi udah dipanggang ato masih mentah sehabis dilumuri bumbu ya?
    Tengkiu ya mba..(Lia)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lia, bisa keduanya ya mba, bisa sudah direndam bumbu masuk freezer dan saat akan disantap panggang dulu atau sudah matang, kala akan disantap di panaskan bentar di micro. saya biasanya pakai cara kedua ya.

      Hapus
  9. Wah jadi nyeces pngen nyoba.. ternyata gampang ya meski terlihat masakan 'rumit'.
    Tutorialnya lengkap skali step by stepnya, mski tnpa video cukup jelas..
    Tp gak ada bumbu yg bubuk2nya nih, msti giling2 dlu deh.. gpp lah itung2 skalian stok bumbu :D
    Nanti sore hrs dieksekusi nih bwad buka puasa, mupeng liadnya.. hehe
    Thanks ya mbak endang bwad resep2nya yg cihui yg anti gagal ^^
    -Bella-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Bella, sippp moga sukses setelah dicoba dan disuka ya, terus terang saya maniak banget sama makanan ini dan suka saya cemilin wakakkaka. thanks sharingnya ya

      Hapus
  10. Wow mantab chicken fajitasnya.. sm hubby smpe dicemilin.. sambil nunggu marinade sayap ayam berbumbu jd aja nyemilin yg baru mateng.. maknyus dapat variasi lain menu ayamnya :D
    -Bella-

    BalasHapus
  11. Mba, aqu dah nyoba n enak banget chicken fajitas nya (padahal ga suka daging ayam bagian dada loo) hehehhehee. makasi ya mba, maaf aqu banyak nanya n udh banyak juga resep2 mba endang yang aku cbain. smua sukses kecuali siomay hehhehee. makasi ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Eliez, yep saya juga suka banget sama masakan ini sampai2 buat banyaak banget saya bekukan di freezer buat bekal makan siang wakkaka. Buat isi sandwich juga oke loh

      Hapus
  12. Iya mba, dcoba buat sandwich enak juga. saya cman nambahin selada sama tomat aja udah enak banget hehehhee. thx ya mba

    BalasHapus
  13. Halooo Mbak Endang, salam kenal aku Wulan :))
    Selama ini aku jadi silent reader dan udah nyoba beberapa resep juga. Aku suka blognya karna langkah-langkahnya jelas jadi bikin pengen masak terus walaupun resepnya ribet hehe.

    Baru mau nyoba bikin chicken fajitas ini, misal daun ketumbar diganti daun seledri bisa ga mbak? Atau mending di-skip saja? Soalnya di pasar nggak ada.
    Makasih yaa Mbak Endang ditunggu resep-resep endeus dan mudah lainnyaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Wulan, salam kenal yaaa, thanks ya sharingnya disini.

      Untuk masakan meksiko kalau gak ada daun ketumbar, skip saja, jangan diganti daun seledri karena nanti rasanya jadi aneh ya.

      Hapus
  14. Mbak, kalo dadanya ga di bikin fillet tipis tp masaknya agak lama biar mateng bgt bisa kan yah? Trus di oven aja bisa juga kan ya?
    Makasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, apalagi kalau pakai oven ya, kalau pakai pan memang sebaiknya di fillet tipis supaya matang sampai ke dalam

      Hapus
  15. Thank u mbak Endang, resepnya manthap dan lengkap. Meskipun bagi saya ini menu baru. Tapi setelah ikuti resep mbak, benneran enak banget, thank you yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Meidy, thanks sharingnya ya Mba, senang sekali resepnya disuka, sukses selalu yaa

      Hapus
  16. Mbak Endang, saya kepengen beli buku resepnya... Tapi kendalanya saya tinggal di luar, mbak Endang punya solusinya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Meidy, coba cek di play store mba, ebooknya dijual disana ya.

      Hapus
  17. Bisa dibantu dikirim mbak Endang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, kalau dicoba sendiri kayanya lebih sip markusip mba meidy hehhehhe

      Hapus
  18. Mbaaa, ini eksekusi hari Sabtu. . .
    Enaak, cuman karena saya lebih suka digoreng, jadi setelah dipanggang, waktu sahur saya goreng deeh. . .hihihi. . .
    Makasi yaa mbak resepnya. .:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Risa, wakakka, yep digoreng juga oke kok, walau saya belum pernah coba hahhahah. Thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  19. Mba, trik menyimpan daun ketumbar bisa dipakai untuk menyimpan daun mint jugakah?

    Thanks Mba

    BalasHapus
  20. Mba Endang, buat daun ketumbar bisa skip gak ya.. Tempat tinggal aq gak ada yg jual mba😁..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak ada skip saja mba, walau daun ketumbr akan membuat rasanya unik ya, tapi mmg tdk semua orang suka aromanya

      Hapus
  21. Daun ketumbar kalau diganti dengan daun culantro bisa tidak ya?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...