28 November 2013

Salad Sayur dengan Dressing Jeruk Sunskist



Sekitar seminggu yang lalu, saya dengan beberapa teman bersantap siang di sebuah resto Korea bernama Yo Chon yang terletak di lantai 4, Pacific Place, Jakarta Selatan. Ibu Jane, boss saya, meyakinkan kami semua bahwa masakan di restoran tersebut lezat dengan harga yang tidak terlalu menguras kocek selayaknya restoran Korea umumnya. Makanan yang di sajikan diluar bayangan saya karena semua menunya menggunakan bahan dasar ayam. Mulai dari aneka sayap dan paha ayam yang dibalur tepung dan digoreng hingga garing dan dibumbui dengan aneka rasa; salad sayuran dengan ayam goreng tepung yang crispy, nasi goreng kimchi dengan ayam panggang, serta aneka resep ayam dan salad lainnya. Makanan yang kami pesan cukup bervariasi dan menurut saya semuanya terasa mantap dengan taste asin manis pedas yang terasa kena bagi lidah Jawa saya. 

Kami memesan dua tipe salad, soy salsal salad dengan dressing soy sauce yang terasa asam asin gurih, permukaan salad ditaburi dengan potongan ayam goreng yang crispy dan salad sayuran biasa dengan dressing orange yang segar untuk Mba Mirah, salah satu rekan saya yang vegetarian. Keduanya terasa mantap dan tentu saja menambah wawasan akan variasi dressing salad yang saya ketahui selama ini. Jadi weekend kemarin sepulang jogging pagi di Gelora Bung Karno, dengan perut yang terasa lapar saya pun membuat semangkuk besar salad sayuran dengan dressing jeruk sunskist yang saya blender hingga halus. Rasanya segar dan yummy!


Sebenarnya selain jeruk sunskist, anda juga bisa menggunakan mangga yang telah masak seperti arum manis atau manalagi yang diblender, saya pernah mencobanya sebelumnya. Aroma dan harum mangga yang segar dan manis membuat salad terasa lebih sedap dan mengundang selera untuk disantap. Untuk dressing jeruk sunskist di resep salad kali ini saya menggunakan satu buah jeruk utuh yang setelah saya kupas dan hilangkan kulit arinya yang berwarna putih, jeruk kemudian saya blender bersama bahan dressing lainnya. Hasilnya adalah dressing yang sangat kental dan berbeda dengan dressing di Yo Chon yang encer. Jika anda ingin dressing yang cair maka gunakan air perasaan jeruk sunskist saja dan aduk bersama bahan lainnya. Dressing harus terasa sedikit manis dan asam, karena itu saya menambahkan perasaan air jeruk nipis ke dalamnya, atau jika anda memiliki rice vinegar di rumah maka anda bisa menggunakannya sebagai pengganti air jeruk nipis. Rice vinegar memiliki rasa lembut manis dengan asam yang tidak terlalu tajam selayaknya jeruk nipis.

Agar dressing terasa sedikit pedas, saya tambahkan sedikit bubuk cabai. Yo Chon sendiri tidak menggunakan bubuk cabai, jadi skip saja jika anda merasa bahan ini terasa aneh di dalam dressing. Namun bagi saya sedikit sengatan pedas saat menyantap sayuran yang crunchy membuat ritual makan salad menjadi lebih mengasyikkan. ^_^


Sejak saya menjalankan program diet maka hampir 80 persen konsumsi makanan saya sehari-hari terdiri atas sayuran dan buah-buahan. Selain dalam bentuk smoothie,  maka salad bagi saya merupakan cara yang menyenangkan untuk menyantap sayuran sebanyak-banyaknya. Menurut Dr. Fuhrman, seorang Nutritarian pengarang buku best seller Eat To Live dan sering muncul di televisi bersama Dr. Oz, maka sayuran seharusnya menduduki porsi paling besar di piramida makanan. Sekitar 30 - 60% kalori yang masuk ke dalam tubuh kita seharusnya berasal dari sayur-sayuran; sekitar 10 - 40% kalori berasal dari buah-buahan beans/legumes, biji-bijian, kecambah, kacang dan alpukat; kurang dari 20% kalori berasal dari biji utuh (whole grains) dan umbi; kurang dari 10% berasal dari telur, ikan, ayam dan produk susu bebas lemak;  sedangkan golongan daging merah, keju, makanan manis, dan makanan olahan sebaiknya jarang untuk dikonsumsi.  Piramida makanan Dr. Fuhrman ini tentu saja sangat jauh berbeda dengan piramida makanan yang selama ini kita kenal sejak kecil, dimana nasi, sereal, roti atau kentang menduduki porsi terbesar dan diikuti dengan sayur, buah dan protein hewani.

Dr. Fuhrman sendiri menjamin jika pola makan yang beliau rekomendasikan ini dijalankan dengan benar maka bukan hanya berat badan ideal saja yang akan tercapai dengan mudah namun juga tubuh akan menjadi lebih sehat, fit dan penyakit pun akan enggan mendekati badan kita. Tidak ada salahnya untuk dicoba. ^_^


Menurut saya salad sayur merupakan makanan yang memenuhi hampir semua unsur yang saya butuhkan dalam sebuah masakan. Rasa yang sedap, proses yang mudah, nutrisi yang tinggi dan bisa disantap sebanyak-banyaknya tanpa ada rasa berdosa yang biasanya muncul sehabis menyantap porsi makanan yang besar, tentu saja dengan catatan anda menggunakan dressing yang rendah lemak. Selain proses yang mudah, salad juga tidak menuntut sayuran yang terlalu ribet, saya biasanya hanya menggunakan irisan ketimun dan tomat, namun jika kulkas saya sedang lengkap maka sobekan daun lettuce, rajangan paprika merah dan brokoli rebus sering saya gunakan di dalamnya. Hal lainnya yang membuat saya senang membuat salad adalah karena sisa rajangan sayuran yang belum terkena dressing bisa saya masukkan ke blender dan proses bersama buah-buahan, dalam sekejap segelas besar smoothie buah dan sayur tersedia untuk menyegarkan hari yang panas.


Jika anda bingung dengan dressing apa yang cocok untuk menemani salad anda maka menurut saya dressing paling mudah yang bisa anda siapkan dalam hitungan menit adalah olive oil, jeruk nipis, garam dan merica. Ingin sedikit lebih kaya rasa anda bisa tambahkan bawang putih cincang dan oregano bubuk. Gemar dengan dressing nan creamy namun anda mati-matian menghindari mayonnaise? Gunakan saja yogurt rendah lemak sebagai pengganti mayo, tambahkan cincangan bawang putih, jeruk nipis, garam, merica dan Italian seasonings atau mixed herbs, aduk rata. Rasanya yummy dan tak kalah dengan dressing yang terbuat dari mayonnaise. Kala saya mengetik artikel ini di kantor saat jam makan siang, saya menyantap sepiring besar salad dengan dressing soy sauce, rasanya super fresh dan nendang. Cukup campurkan soy sauce, air jeruk nipis, sedikit kecap ikan, cincangan bawang putih, gula pasir dan garam, aduk rata. Karena soy sauce sudah cukup asin maka hati-hati saat memasukkan takaran garam dan gunakan gula untuk menyeimbangkan rasa. Dressing harus terasa asam, asin dan manis. Next time saya akan posting resep detailnya.

Berikut ini resep dan proses pembuatan salad sayur dengan dressing jeruk sunskist ya. 


Salad Sayur dengan Dressing Jeruk Sunskist
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Suka dengan salad? Mungkin resep salad di bawah ini bisa anda coba di rumah:
20 Menit Salad Sayuran dengan Ayam dan Kentang Goreng
Salad Pasta, Sayuran dan Tuna
Russian Salad (Olivier)

Bahan salad:
- 4 lembar daun selada romaine, atau daun selada biasa, sobek kasar
- 1/2 bongkah daun lettuce head, sobek kasar 
- 1/2 buah paprika merah, iris serong tipis
- 1/2 buah paprika kuning, iris serong tipis
- 2 butir tomat, rajang kasar
- 2 buah ketimun, iris serong tipis
- 1/2 bongkah brokoli, potong-potong dan rebus setengah matang 

Bahan dressing:
- 1 buah jeruk sunskist, kupas kulitnya dan buang bijinya, atau gunakan perasan air jeruk sunskist dari 2 buah jeruk jika anda ingin dressing yang lebih encer
- 50 ml minyak zaitun
- 1 buah jeruk nipis, peras airnya
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/4 - 1/2 sendok teh garam
- seujung kuku bubuk cabai (optional)
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1 siung bawang putih

Cara membuat:


Siapkan semua sayuran, letakkan daun selada dan daun lettuce di dasar mangkuk. Tata paprika, tomat, ketimun dan brokoli rebus di atas daun selada. Masukkan salad ke dalam kulkas jika tidak langsung anda makan saat itu juga. 

Untuk dressing. 


Masukkan semua bahan dressing ke dalam gelas blender, saya menggunakan dry mill blender yang biasa digunakan untuk menghaluskan bumbu dan biji-bijian. Proses hingga smooth. Jika kurang encer tambahkan perasan air jeruk sunskist ke dalam dressing, aduk hingga menjadi agak encer. Cicipi rasanya, sesuaikan garam, gula dan merica sesuai selera. Jika kurang asam tambahkan perasan air jeruk nipis.

Dressing bisa anda masukkan ke dalam botol dan simpan di kulkas untuk keesokan harinya. 

Untuk dressing yang tidak terlalu kental, gunakan perasaan air jeruk sunskist dari dua buah jeruk (bukan 1 buah jeruk utuh) dan campur semua bahan jadi satu di blender dan proses hingga tercampur rata.

Jika salad siap untuk disantap, ambil salad secukupnya di piring saji, siram dengan dressingnya. Langsung disantap saat itu juga. Yummy!

Sources:
Dr. Fuhrman,   How to live, for life - Dr. Fuhrman's Nutritarian Pyramid     



28 komentar:

  1. haloo kakak :) saya datang lagi
    wah~~ ini sih, bisa makan porsi besar dengan ''watados'' ya,, hehe WAjah TAnpa DOsa, saya banget kak :D

    kak, kalau mau posting menu sehat lagi bisa gak ya, sekalian tambahkan kayak berat badan ideal plus tentang kalori, hehe xixixi~

    makasih kakak :) sukses selalu, tetap semangat, ini bakal di coba untuk menu makan siang hari ini , nyuuum~ wahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Non Wulan, thanks sharingnya ya, okeh next time kalau saya posting makanan sehat pasti akan saya tambahkan info itu ya ^_^

      Hapus
  2. Mbk Endang, olive oil bisa diganti ga? di tempat saya belum ada yang jual olive oil untuk masak, adanya olive oil buat pijat merk salah satu kosmetik indonesia, jelas ga bisa buat masak.... hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Oka, pakai minyak goreng yang ada tulisan bisa buat salad juga, atau minyak jagung ya, bisa kok diganti.

      Hapus
  3. Ah kenapa harus paprika mbaak kenapaaa ? *stres liat harga paprika*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, gak usah pakai gpp, saya sering pakai daun selada, tomat dan timun,sedap dan segarrrr

      Hapus
  4. patut dicoba yaa ^_^
    ak jg lg suka bgt sm salad2,cm utk ngemil lg pengen pancake durian, resepny dong mbak pancake durian. Kalo enak ak mw jualan. buat tambahan ^_^ mksih sblumnya mbak..

    BalasHapus
  5. halo mbak endang, sy pengikut blog mbak beberapa bulan terakir, tp br baca tulisan ttg salad, tnyata dressing salad ga melulu moyones, pas baca in tnyata bs juga pake buah2an segar, akirnya lgs praktek dan bikin ketagihan makan salad krn dressing bervariasi...tks utk resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, yepp dressing salad sangat bervariasi sekali, pakai yogurt juga enak loh. Yogurt, parutan bawang putih, oregano bubuk, jeruk nipis, minyak zaitun dan sedikit garam, aduk dah. maknyus dimakan dengan timun dan wortel mentah hehhehe

      Hapus
  6. seger seger abis makan yang berat berat. Thx mbak dah tak simpen resepnya.

    BalasHapus
  7. Mbak Endang,dressingnya kalo disimpen di kulkas tahan berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya mba, tahan sampai 3-5 hari dalam wadah tertutup rapat ya

      Hapus
  8. wahhh cocok nih buat saya yg lagi Food Combining makasih ya mba endang inspiratif bgt :)

    BalasHapus
  9. Hai Mba Endang, sya udah cobain resepnya dan rasanya yummy. Jdi makin semangat diet sehat. Thanks a lot Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Yos, thanks yaa, saya juga suka dengan sausnya yang segar hehehe

      Hapus
  10. keren mbak..cocok bgt buatku yg lg diet..

    BalasHapus
  11. mbak endang, minyak zaitun yang dipakai buat salad itu yang EXTRA VIRGIN olive oil (EVOO) atau yang EXTRA LIGHT olive oil (ELOO)?
    trus rasa minyak zaitun yg lumayan enak, merk apa yah mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai yang extra light saja mba kalay belum terbiasa dengan rasa khas minyak zaitun. Untuk merk saya gak terpaku pada satu merk, saya pakai merk apapun yang ada di spm ya

      Hapus
  12. mba tau resep salad kayak hokben ga?mau bgd bkin kyk gitu huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. simple mba, hanya pakai mayonaise plus dikit garam, merica bubuk dan gula saja kok

      Hapus
  13. Hai mbak Endang salam kenal ya sy nadya dr bali,sy slama ini silent rider di bloknya mbak endang,tengkiu ya mbak resep2nya kalau sy coba resep dr blok ini dijamin ga pernah gagal n sll pas di lidah saya ini yg buat sy takjub dgn mbak Endang kok keren banget sih mbak??? Hahahaha, mbak kpn2 buat salad yg dressingnya pake Avocado dong mbak katanya jg bs utk org diet

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba Nadya, thanks ya resepnya disuka. Dressing alpukat mudah kok mba, masukkan saja daging alpukat, jeruk nipis, sedikit garam, merica, mixed herbs (jika suka) ke blender, dan proses smooth. kalau mau seidkit encer tambahkan air atau olive oil ya.

      Hapus
  14. Resep ini enak sekali, kaya dressing kesukaan aku yg di pizza hut. Barusan habisin 2 bowl lectuce sendirian gara2 dressing ini. Tapi sunkistnya diganti jeruk mandarin kemarin beli dan kecut semua ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Ayu sharingnya ya, senang resep saladnya disuka, sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...