23 Desember 2013

Semangkuk Sereal dan Buah: Cara mudah menikmati sarapan sedap



Jika anda bosan mengeluarkan pan dan menyalakan kompor untuk menyiapkan sarapan di pagi hari maka resep praktis kali ini mungkin bisa anda coba dirumah. Super duper mudah, fresh, bergizi dan rasanya pun lezat! Peralatan yang anda perlukan hanyalah talenan, pisau tajam dan waktu selama 10 menit untuk mempersiapkannya. Nah makanan tersebut apalagi kalau bukan semangkuk sereal dengan potongan buah segar, buah kering dan siraman susu segar yang dingin. Menyantapnya semangkuk penuh pun tidak akan membuat anda merasa berdosa walaupun perut terasa sesak kekenyangan.  

Rasanya sudah bukan masanya lagi sarapan harus diisi dengan bubur ayam atau lontong sayur yang berat, apalagi bagi pekerja kantoran seperti saya yang seharian aktifitasnya hanya duduk dan menggerakkan dua buah jari di keyboard. Sedikit sekali kalori yang terbakar dalam aktifitas tersebut, sisa sarapan akan berubah menjadi lemak yang menumpuk di perut dan paha. Memperbanyak asupan buah di pagi hari menjadi alternatif saya untuk mengisi perut dengan kenyang tanpa khawatir  kalorinya yang tinggi. Setiap hari variasi buahnya bisa disesuaikan dengan selera, namun pepaya, mangga dan pisang menjadi favorit saya karena rasanya yang manis dan pas bersanding dengan sereal dan susu


Ada ratusan variasi untuk menikmati sereal, yang paling sering dan umum dilakukan adalah dengan menyiramnya dengan susu segar. Cara tersebut terus terang tidak saya rekomendasikan karena nutrisinya yang minim. Bagi saya, kepingan sereal hanya sebagai pelengkap dan bukan aktor utama di sarapan pagi ini. Teksturnya yang garing dan renyah membuat setiap kunyahan menjadi lebih seru, namun komposisi utama tetap harus buah-buahan segar. Untuk serealnya, saran saya gunakan sereal jagung tanpa gula (corn flakes) seperti yang saya gunakan dan hindari aneka sereal yang mengandung coklat dan gula. Gunakan buah-buahan dengan rasa yang manis seperti melon, pepaya, mangga, anggur, pisang serta buah kering seperti kismis, apricot dan prunes. Agar gizinya lebih lengkap saya menaburkan biji wijen mentah. Biji wijen atau sesame seeds telah lama dikenal sebagai sumber yang baik untuk kalsium, magnesium, besi, fosfor, vit. B1 dan serat makanan. Selain biji wijen anda juga bisa menggunakan kacang-kacangan lainnya seperti kacang mete, almond atau walnut yang dicincang kasar.


Karena saya menghindar menggunakan susu sapi maka saya memakai susu kedelai kotak yang bisa dibeli di supermarket dalam aneka merk. Anda bisa menggunakan susu sapi biasa. Saya tidak menambahkan pemanis  apapun ke dalam mangkuk karena buah segar dan buah kering yang digunakan telah menyumbangkan rasa manis yang pas pada sereal namun jika masih kurang manis bagi indera pengecap anda maka tambahkan kucuran madu atau susu kental manis di atasnya. 

Masukkan semua bahan di dalam satu mangkuk dan segera santap kala buah dan susu cair masih dingin karena baru saja keluar dari kulkas. Nah saya jamin pagi anda menjadi lebih ceria dengan perut kenyang yang terasa nyaman. Jadi berikut bahan dan prosesnya yang simple ya. ^_^


Sereal & Buah
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 buah mangkuk  

Tertarik resep mudah untuk sarapan lainnya? Silahkan klik link di bawah ini ya:
Delicious Pancake
Omelet Roti
Blueberry & Strawberry Muffins  

Bahan:
- 1/4 buah pepaya, potong kubus
- 2 buah pisang ambon atau pisang emas , potong melintang tipis
- 1 buah mangga arum manis, potong kubus
- 2 - 4 sendok makan kismis
- 5 - 6 buah prunes, cincang kasar
- cereal jagung (corn flakes) secukupnya
- biji wijen untuk taburan secukupnya 
- susu kedelai cair sesuai selera (bisa menggunakan susu sapi segar biasa)
- madu jika kurang manis

Cara membuat:


Siapkan semua potongan buah, bagi ke dalam 2 buah mangkuk. Taburkan kismis dan prune di masing-masing mangkuk sama rata. Taburkan wijen dan corn flakes. Banyaknya corn flakes sesuai selera anda.


Tuangkan susu cair di mangkuk dan santap segera. Yummy!

Source:
WhFoods - Sesame Seeds 



20 komentar:

  1. hihhhiiihi saya sarapa buah mbk,tapi coba ah kayaknya mengundang selera ^^

    BalasHapus
  2. cantik banget hasil akhirnya..mau nyoba ah..makasih mbaa :)

    BalasHapus
  3. Barusan saya coba sarapan ini mba', semangkok besar isi buah mangga,pepaya,sereal jagung, ludess sampe' susu kedelainya di sruput sampe' kering hhihihi.. Wareeek e pool tanpa berasa berdosa krn yg dimakan bukan lemak2an hihiihi....:D
    -salam natassa dibatam- ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Natassa, yeppp saya hampir setiap hari sarapan ini dan gak bosan2, buahnya saja diganti2 wakakka. Kenyang tapi tenang yaaa. Thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  4. Ini menggoda banget mbak omg tapi sayangnya ga suka sereal jadi besok2 buahan aja yang dibikin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, skip serealnya Mba, pakai buah dan susu saja juga kenyang dan sedap kok

      Hapus
  5. mba endang, numpang tanya ya, tapi bukan ttg resep sereal di atas sih, saya semalem buat resep dari mba yg puding almond yg udah lama di posting itu, tapi saya gak pakai essence almond, saya pakainya air pandan dan kayu manis, resepnya saya pakai sekaleng susu evaporasi dan air 450ml, tapi saya ganti agar2 menjadi gelatin, nah 1 lembar gelatin kan kira2 3,6gram ( saya pakai 3 lembar gelatin asumsi saya tuh sama seperti sebungkus agar2 7gram) but hasilnya gagal alias puding tidak mengeras mba, jadi kayak bubur gitu tapi gak encer2 bgt, nah yg saya mau tanyakan apakah penggunaan gelatin setara dengan penggunaan agar2 bubuk ? dan apakah saya salah pas masak, padahal saya udah sampai mendidih loh mba...mohon petunjuknya dari sang ahli..thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya gak pernah pakai gelatin ya selalu pakai agar2 sachet. Setahu saya gelatin beda takarannya dengan agar2 sachet ya.

      Kalau dr yang saya baca, 6 lembar gelatin berat 10 gram atau setara dengan 3 sendok teh gelatin bubuk menggunakan 480 ml air untuk memasaknya.

      Untuk penggunaannya, lembaran gelatin di lunakkan dengan merendamnya dalam air dingin, kalau sudah lunak peras dan masukkan ke dalam bahan lain yang sudah dimasak hingga mendidih, aduk sebentar hingga larut dan segera matikan kompor. Setahu saya gelatin gak boleh dimasak sampai lama karena akan merusak kemampuan mengentalnya.

      moga membantu ya

      Hapus
  6. hallo mba endang salam kenal, udah lama saya wara-wiri diblognya mba, malah dah ada beberapa resep yg udah dipraktekin, kaya, pempek dos, egg tofu home made dll. thanks ya mba dah share ilmunya. ditunggu resep berikutnya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, thanks sharingnya ya, senang sekali resep2 JTT disuka. Keep stay tune yaa. Sukses selalu ^_^

      Hapus
  7. Mba Endang, ini Monic lagi...
    Saya mau ijin ya soalnya saya sdh memulai blog saya dan ada yang resepnya dari Mba Endang, banyak malah..he he he...
    Tapi saya cantumkan sumber kok dan kasih back link ke JTT....
    Sebenarnya saya sdh mulai coba-coba resep sudah cukup lama tetapi baru dikumpulkan aja di komputer..nah tahun ini bertekad mau buat blog juga..
    Ntar kalo mba Endang ada waktu mampir ke blog ku ya..lihat jadinya hasil karyaku pakai resep mba Endang....jauh deh kalahnya...
    kadang minder kalau bandingkan hasil buatanku dgn hasil buatan mba Endang..hiks

    Thanks ya Mba...baik banget dah sudah bagi-bagi resep n step by stepnya dan juga informasi2 lainnya serta tips2.....

    Monic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Monic, wah saya sangat mendukung sekali bagi mereka yang ingin membuat blog sendiri. Bagus itu Mba. Blog itu ibarat tanaman harus dipupuk dan dirawat, dan selalu diawal memang anchur2an tapi lama2 pasti akan makin oke dan dipoles lebih bagus lagi.

      saya pasti akan mampir ke blognya Mba, saya yakin semua karya yang dibuat dengan jerih payah sendiri pasti indah hasilnya. Sukses ya ya Mba ^_^

      Hapus
  8. Resep2nya mba endang mmg paling top dah :) enak dibaca dan komplit penjelasannya...
    Mba, biji wijen bisa dikonsumsi mentah ga perlu disangrai ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks yaa. Biji wijen bisa dimakan mentah, saya kalau untuk sereal biasanya saya taburkan saja mentah2, kalau mau disangrai aromanya akan lebih gurih lagi ya.

      Hapus
  9. Mba mau nannya, tapi ga ada hubungan sama cereal sih wkakaka
    sebenernya adonan pancake sama waffle sama ga si? kok aku pernah ke suatu tempat dessert waffle terkenal di Bali dan mereka blg beda ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sama ya, tapi biasanya waffle lebih liat dan tidak seempuk waffle, hanya saja basic adonan sama

      Hapus
  10. Wah... Sepertinya mbak pernah ke eropa ya. Jadi ingin membuat resepnya. Oh ya itu corn flakesnya merk apa ya? Soalnya banyak sekali yang dijual di pasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasa pakai merk Kellogs ya, tapi merk lainnya menurut saya oke juga ya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...