Pages

16 September 2014

Express Pizza dengan Roti Pita


Apa jadinya kalau sedang bersantai di rumah, enggan keluar dan perut lapar keroncongan? Hmm, sebagian dari anda mungkin akan mengatakan, "Delivery order dong! Hari gene"! Delivery order memang solusi mudah bagi anda yang tinggal di perkotaan dimana aneka makanan seperti pizza, burger dan ayam goreng bisa dengan mudah tersaji di depan mata hanya dengan menekan tombol di HP. Tapi bagi mereka yang berada di pelosok desa atau dimana tidak ada restoran terdekat yang bisa mengirimkan makanan cepat saji maka anda harus memutar otak. Tentu saja banyak makanan yang mudah dan cepat untuk dihidangkan hanya dengan berkutat sekitar sepuluh hingga lima belas menit di dapur, tetapi bagaimana kalau makanan yang anda inginkan adalah pizza! Nah resep yang saya tampilkan kali ini merupakan alternatif pizza super express nan nendang yang bisa anda coba di rumah. Bahkan prosesnya begitu mudah dan menyenangkan sehingga krucil-krucil pun bisa anda libatkan di dalam aksi membuatnya. ^_^

Syrian Pita Bread
Oregano kering

Pizza selalu menyenangkan untuk dibuat dan selalu laris kala dihidangkan. Tidak peduli mereka yang telah berusia lanjut seperti Ibu saya atau yang masih muda seperti keponakan-keponakan saya, semua gemar akannya. Tentu saja bagian yang paling seru dari makanan ini adalah banyaknya variasi topping yang bisa anda gunakan sehingga kreatifitas anda untuk memadu-padankan aneka bahan di kulkas hampir tak terbatas. Jangan terpaku bahwa pizza hanya mantap disandingkan dengan tumisan daging cincang dan irisan sosis atau pepperoni saja, karena sebenarnya aneka seafood seperti remahan daging ikan tuna, tumisan udang, cumi-cumi atau kerang serta suwiran dada ayam mantap juga sebagai proteinnya. Bagi anda yang vegetarian maka irisan jamur, aneka sayuran dan tofu cincang yang ditumis sebentar bisa menjadi pilihan. 

Zaitun hitam

Kendala utama dalam membuat pizza (kalau hal itu bisa dikatakan sebagai kendala) adalah adonan roti yang digunakan sebagai bahan utamanya. Membuat adonan roti untuk pizza tentu saja memerlukan proses menguleni dan fermentasi. Walau membuat adonannya sangat mudah - anda bahkan bisa melakukannya dengan mata terpejam! - namun jika ada alternatif roti pizza lainnya yang lebih mudah dan cepat untuk disajikan tentu saja lebih membangkitkan semangat. Nah ada berbagai macam resep adonan roti pizza yang bisa anda gunakan, salah satu diantaranya bahkan menjadi favorit saya (resepnya bisa anda klik di link yang saya sertakan di bawah). Menurut saya roti pizza yang lezat memiliki tekstur sedikit liat, garing di luar namun empuk di dalam dan tidak mudah lembek ketika saus dan aneka topping di letakkan di atasnya. Untuk pizza kali ini saya tidak menggunakan semua jenis adonan roti yang pernah saya sharing ke anda, melainkan saya akan menggunakan jenis roti tipis yang ternyata menghasilkan pizza yang sesuai dengan deskripsi 'pizza mantap' saya diatas.

Adonan Pizza Empuk,  Garing & Renyah Tanpa Ulenan! 
Pizza Pepperoni - Stop Membeli Pizza, Buatlah Sendiri di Rumah! 


Anda bisa menggunakan jenis roti pita (roti a la Timur Tengah yang tipis dan berongga di tengahnya); roti naan atau chapati (roti a la India yang tipis dan biasa disantap dengan kari; tortilla (roti tipis a la Meksiko yang terbuat dari tepung gandum atau jagung dan biasanya digunakan untuk membungkus burrito) dan masih banyak jenis flatbread lainnya. Flatbread merupakan jenis roti tipis lebar yang tidak mengembang dan umumnya tidak menggunakan ragi sebagaimana jenis roti umumnya, kecuali roti pita yang memang sedikit puffy. Umumnya flatbread terbuat dari bahan sederhana seperti tepung terigu atau tepung jagung, air dan garam yang kemudian digilas hingga menjadi adonan yang tipis.  Flatbread biasanya dipanggang diatas pan, tandoor atau lempengan besi tebal yang dipanaskan (tava).

Anda bisa membuat flatbread sendiri atau jika kebetulan supermarket di dekat rumah anda menjual jenis Syrian pita bread seperti yang saya gunakan maka itu merupakan cara termudah. Beberapa resep flatbread seperti pita bread dan roti tipis sejenis tortilla pernah saya hadirkan di JTT, anda bisa klik di link yang saya berikan di bawah. Keunikan flatbread adalah roti ini bisa anda simpan di freezer di dalam plastik untuk waktu yang lama dan siap digunakan saat diperlukan. 

Roti Gulung Isi Daging Cincang, Sayuran & Saus Salsa!
Roti Pita Isi Salad Ayam 


Karena menggunakan pita bread yang sudah matang maka yang saya perlukan hanyalah membuat saus pizza dan mempersiapkan aneka topping-nya. Untuk sausnya saya hanya menggunakan cincangan kasar tomat, bawang putih, dan tomat puree, serta tentu saja bukan pizza namanya jika tidak berbau rempah Italia bukan? Karena itu saya menambahkan oregano kering ke dalam sausnya untuk memberikan aroma khas yang unik. Anda juga bisa menggunakan mixed herbs atau Italian seasonings yang juga biasanya saya gunakan di dalam aneka saus pizza yang saya tampilkan di JTT. Semua bahan saus cukup direbus hingga menjadi kental dan siap dioleskan ke permukaan roti tipis yang anda gunakan. Terlalu banyak saus tersisa? Masukkan ke plastik dan bekukan di freezer, next time anda ingin membuat pizza lagi maka cukup panaskan saus di pan hingga mendidih.

Untuk bahan toppingnya, berdayakan isi kulkas anda! Seperti yang saya kemukakan di paragraf depan, bahan makanan apapun sepertinya bisa anda jadikan topping. Karena saya hanya memiliki udang kecil kupas dan sayuran yang terbatas - hanya tomat, zaitun hitam dan cabai! - maka bahan tersebutlah yang kemudian saya gunakan untuk menghias permukaan pizza yang saya buat. Plus gunungan parutan keju cheddar mudah meleleh buatan Kraft maka pizza express ini tak kalah sedapnya dengan pizza buatan resto di luaran, bahkan yang ngetop sekalipun! ^_^
 

Nah untuk tumisan udangnya -  anda bisa menggantinya dengan bahan lainnya seperti suwiran dada ayam panggang atau ayam goreng atau tumisan irisan daging ayam segar atau daging sapi cincang - saya menumisnya sebentar dengan kunyit bubuk. Kunyit ini berfungsi untuk menutup aroma amis udang yang terkadang menganggu saat menyantap pizza a la marinara, terutama jika menggunakan cumi-cumi juga di topping-nya. Tumis sebentar udang dengan kunyit bubuk dan beberapa sendok saus pizza yang telah matang. Hasilnya udang terasa 'laziz' dan bebas bau. Jika anda menggunakan jamur merang, champignon atau jamur kancing maka masukkan jamur ke dalam tumisan protein yang anda gunakan.

Punya paprika dan bawang bombay? Nah dengan kedua bahan tersebut saya pastikan topping pizza anda akan lebih meriah dibandingkan dengan yang saya buat kali ini. Jadi saya kembalikan ke kreatifitas dan selera anda masing-masing ya. 


Wokeh, sekarang kita masuk dalam taraf memanggangnya. Karena pizza ini sangat simple dan terbuat dari roti tipis yang telah matang maka anda tak perlu lama-lama memanggangnya dengan oven. Jika anda memiliki microwave di dapur maka letakkan pizza yang siap dengan aneka topping di atas sebuah piring, set microwave dalam posisi grill dan panaskan selama 3 menit atau hingga keju meleleh dan sayuran sedikit layu. Atau masukkan pizza ke dalam oven bersuhu 200'C dan panggang selama 3 menit. Proses pemanggangan hanya untuk memastikan keju meleleh, pizza menjadi panas dan sayuran sedikit layu. Waktu yang sangat singkat inilah yang membuat saya menamakan pizza ini dengan sebutan pizza express dan percayalah rasanya sunggguh, sungguh nendang! 

Dengan resep dan proses yang saya sertakan di bawah maka kapanpun anda menginginkan pizza maka dalam sekejap makanan tersebut bisa tersedia, bahkan lebih cepat dari delivery order sekalipun. So, tunggu apalagi? Yuuk langsung meluncur ke dapur! ^_^ 


Express Pizza dengan Roti Pita
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 buah pizza dengan diameter sekitar 20 cm 

Tertarik dengan resep pizza lainnya? Silahkan klik di link di bawah ini:
Pizza Bagi si Pemalas - Lazy Pizza!
Pizza Telur, Daging Asap, Tomat Cherry & Keju
Pizza Goreng Isi Tumis Daging Cincang
  
Bahan:
- 2 lembar roti pita, anda bisa menggunakan jenis roti tipis lainnya diameter sekitar 20 cm *)

Bahan saus
- 2 buah tomat merah, cincang kasar
- 1 buah cabai merah besar, buang bijinya dan rajang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 3 sendok teh tomato puree
- 1 sendok makan minyak
- 1/2 sendok teh oregano bubuk atau mixed herbs atau Italian seasonings **)
- 1/4 sendok teh garam
- 200 ml air

Bahan dan bumbu tumisan udang untuk topping:
- 150 gram udang jerbung, kupas kulitnya
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
-  1/4 sendok teh kunyit bubuk
- 2 sendok makan saus pizza

Aneka topping (optional):
- 1 kotak keju mudah meleleh, parut kasar
- 1 buah tomat iris tipis menjadi sekitar 10 bagian
- 1 buah cabai merah besar, iris serong tipis
- 1 buah cabai hijau besar, iris serong tipis
- 5 - 10 buah zaitun hitam (optional)

*) Untuk pizza, anda bisa menggunakan jenis roti pita yang tipis. Atau lembaran tortila, atau roti naan a la India. Untuk resep membuat roti pita atau tortila anda bisa klik postingan saya sebelumnya disini dan disini.

**) Oregano adalah sejenis daun rempah yang biasanya digunakan untuk masakan Italia. Anda bisa menggunakan mixed herbs atau Italian seasonings sebagai penggantinya yang merupakan campuran daun rempah kering seperti oregano, basil, thyme, rosemary. Semua rempah ini bisa anda dapatkan di supermarket besar di bagian bumbu botolan kering. 

Cara membuat:
Membuat saus


Siapkan panci kecil masukkan semua bahan saus, masak hingga mendidih dan saus menjadi mengental. Jika saus masih encer masak kembali dengan api sedang hingga kental. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Angkat dan sisihkan.


Siapkan pan atau wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis udang dan kunyit bubuk hingga udang berubah warna dan matang, masukkan 2 sendok makan saus pizza. Aduk rata dan masak hingga saus mengering, angkat dan sisihkan.

Menata pizza: 


Siapkan roti pita atau jenis roti tipis lainnya yang akan anda pergunakan. Jika roti baru saja keluar freezer maka diamkan sebentar disuhu ruang hingga lemas. Oleskan permukaan roti dengan saus pizza, taburi dengan keju parut sebanyak yang anda suka. 

Tata irisan topping diatasnya, kemudian tata tumisan udang. Taburi kembali dengan keju.  


Set microwave anda di posisi untuk grilling, panaskan pizza selama + 3 menit atau hingga keju meleleh, irisan sayuran layu dan saus sedikit mengering. Jika anda menggunakan oven maka set oven disuhu 200'C dan panggang selama 2-4 menit hingga keju meleleh


Angkat dan siap disajikan langsung kala pizza masih panas. Super express and yummy!

Sources:
Wikipedia - Flatbread
Wikipedia - Naan
Wikipedia - Tortilla

20 komentar:

  1. Hai mba Endang...

    hmmm benar-benar super express dan kelihatannya benar-benar enak..
    wah mantap nih mba..bisa dicoba nih resepnya...
    jadi ngiler lihat pizza buatan mba Endang...thanks resepnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Monic, thanks ya mba, Yep, monggo dicoba Mba, sedap dan cepat. Bikin roti tipisnya banyak2 simpan di freezer, sewaktu2 pengen makan pizza langsung dah bisa dibuat wakakka

      Hapus
  2. Mbak Endang ikutan acara Master Chef aja, pasti nanti jadi juaranya dehh

    BalasHapus
  3. mbak Endang,
    salam kenal.. aku baru ketemu blogmu ini saat lagi cari resep-resep untuk suamiku. dan resep-resep darimu amat sangat membantu. dan kali ini, resep ini ngasih ide mau diapain leftover yg ada di kulkas ditambah msh ada stok tortilla dan puree tomat dikulkas. suka sekali mbak dengan konsep food blogmu. i owe you big time!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Talitha, thanks sharingnya ya Mba. Yep, saya sangat suka sekali memanfaatkan bahan sisa untuk dirubah menjadi ratusan resep menarik wakakka, jadi gak terbuang sia2 yaaa

      Hapus
  4. Mbak Endang, Salam kenal! Selama ini silent rider yang merasa terbantu dengan resep-resep yang ada. Belon banyak yang saya coba, disesuaikan dengan alat dan bahan yang ada hehe. Yang ini sangat menarik untuk dicoba nih,karena ada pita bread (agak sedikit tebal disini) Mau tanya, tomato puree itu bisa dibuat sendiri ga? Bole minta resepnya? Makasih ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, salam kenal juga ya. Untuk tomato puree kalau gak ada ganti saja dengan saus tomat ya. Saya belum pernah membuat tomato puree sendiri tapi menurut saya tanpa tomato puree saus pizza ini tetap enak kok ^_^

      Hapus
  5. Mba endang....firda lg nih di surabaya...
    Kalo rotinya pake roti mariyam/roti canai bisa gak ya...aq lg banyak stok roti itu di frzr buat idul adha sih yg pas di santap sama gulai kacang hijau...... Masih lama sih sebenernya,wakakkak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Firda, sebenarnya pakai jenis roti tipis apa aja oke ya mba. jadi saya rasa bisa dicoba hehehhe

      Hapus
  6. boleh juga nih, resepnya, tapi agak kurang suka pedas haha

    BalasHapus
  7. mb Endang, kalau pakai puff pastry yg siap pakai, kira2 waktu memanggangnya berap alama ya?
    *jurus memanfaatkan yg ada di kulkas*
    :)
    Dian-Solo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dian, kira2 20 - 30 menit kali ya, sampai puff mengembang dan kecoklatan. Mungkin harus pakai aji mengira2 wakakka, soalnya kan puff pastry belum matang ya, beda sama roti pita yang saya pakai

      Hapus
  8. mbak endang...pucuk di cinta ulampun tiba..hohoho...kebetulan punya 2 bungkus syrian bread "roti pita" di freezer yg lebarnya seukuran piring haha...bingung mau di apain, ternyata mbak endang punya resep ini...senengnya..sekalian mbak punya resep abon cabe ga?seperti abon cabe merk b*n c*b* itu..kalo punya boleh minta resepnya mbak...trimakasih..yani-bogor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yani, yeppp sama tuh keknya sama yang saya pakai, siap dipermak jadi pizza Mba. Praktis dan sedap banget, gak kalah sama pizza pakai roti kok, kebetulan saya sih suka pizza yang tipis ya wkakakak.

      resep abon cabe saya belum ada hahhaha

      Hapus
  9. Mba, aku penggemarmu loh dari Jogja. Mau nanya, kalo pake pizza bread instan yg beku itu, waktu pemanggangan berapa lama ya? Trus apa perlu digilas dulu? Soalnya walopun size-nya large, diameternya kecil. Makasih ya mbak cantik :)

    Cheers,
    Tita

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba tita, pizza beku setahu saya sudah setengah matang dan jangan digilas lagi ya, langsung kasih topping saja dan panggang sampai roti sedikit kecoklatan dan topping matang. Menurut saya waktunya gak lama sekitar 15 - 20 menit atau tergantung panas oven dan kondisi roti, jangan terlalu lama dipanggang atau roti menjadi keras dan kering.

      Hapus
  10. Hai
    ada resep lain yang pakai roti pita juga?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^