05 Mei 2015

Enchiladas Isi Ayam & Happy Enchiladas Day!



Siapa yang tahu jika tanggal 5 Mei merupakan Hari Enchiladas? Saya jelas tidak, namun seorang pembaca JTT secara menakjubkan menyebutkan itu di postingan homemade tortilla yang saya tampilkan beberapa waktu yang lalu. Isinya kurang lebih seperti ini, "Tanggal 5 Mei ini "national enchilada day" loh mbak En. So, diposting pas tanggal 5 aja (modus biar dapet resep enchilada) :p." 

Ketika saya menghadirkan resep homemade tortilla beberapa waktu yang lalu, saya memang sempat mengatakan bahwa tortilla tersebut akan dipergunakan untuk membuat enchiladas. Masakan Meksiko ini akan menjadi salah satu resep yang hadir di buku ketiga saya. Homemade tortilla-nya sendiri telah saya posting di JTT pada minggu lalu, sedangkan resep enchiladas rencananya akan saya hadirkan setelah buku diterbitkan. Namun 5 Mei yang baru saja saya ketahui merupakan Hari Enchiladas tampaknya merupakan momen yang tepat untuk berbagi resep mudahnya. Jadi anda tak perlu untuk menunggu resep tersebut nongol di buku karena sekarang akan saya berikan ke anda lengkap dengan step by step-nya secara gratis ^_^


Resep enchiladas yang saya masukkan ke dalam salah satu resep di buku bukannya tanpa maksud. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan variasi makanan, pengetahuan akan masakan dari negara lain dan tentunya jika anda membuatnya sendiri maka biayanya akan jauh lebih murah dibandingkan anda harus menyantapnya di restoran. Selain itu resep enchiladas tersebut juga akan memperkaya daftar resep masakan Meksiko di JTT, ketika suatu saat saya hadirkan disini. 

Jika anda memiliki sebuah food blog dan berharap bahwa blog tersebut akan berkembang bukan saja dari sisi pengunjung yang semakin banyak, tetapi juga dari resep yang semakin variatif maka satu konsekuensi yang harus diterima adalah anda harus rajin posting dengan artikel yang bervariasi. Memang terdengar berat dan terkadang sulit untuk diwujudkan. Food blogger juga manusia yang dalam kesehariannya mungkin menyantap menu sehari-hari dimana resepnya mungkin sudah ribuan kali di-posting oleh website atau blog lainnya. Inilah yang terkadang membuat saya berpikir dua kali ketika hendak memasukkan resep masakan yang sama  di next posting-an. Belum lagi jika sedang dalam program penurunan berat badan, atau terserang encok, asam urat, darah tinggi sehingga mengurangi konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Maka memiliki food blog memang bisa menjadi dilema dan buah simalakama.


Tapi sayangnya pembaca tidak akan mau mengerti situasi yang sedang dialami tersebut. Karena pembaca memerlukan informasi, pengetahuan dan wawasan baru, dan selama itu tidak diperoleh di satu blog atau website maka mereka akan pergi. Pembaca tidak akan peduli, apakah si pemilik blog atau website saat itu sedang mengalami darah tinggi atau asam urat, karena itu bukan urusan mereka. Urusan mereka hanyalah selama blog tersebut memberikan info yang diperlukan sesuai kondisi saat itu maka mereka akan kembali dan kembali lagi. Jika blog atau website tersebut tidak bisa memberikannya maka masih ada ribuan lainnya yang bisa dikunjungi. Terdengar kejam tetapi memang seperti itulah yang terjadi. Ketika anda serius untuk terjun menjadi food blogger terutama food blog yang berhubungan dengan resep dan tutorial memasak maka makin bervariasi resep yang dihadirkan akan membuat traffic blog pun semakin meningkat. 

Dalam kasus saya, seringkali hal ini bertolak belakang dengan kondisi pribadi yang terjadi saat itu. Karena itu memilih resep yang hendak dieksekusi memang membutuhkan pemikiran yang panjang. Semua sisi harus dipertimbangkan. Selain makanan yang dimasak itu memang saya inginkan, juga sebaiknya mampu membangkitkan minat pembaca untuk membaca artikel dan mencoba resepnya. Menjadi food blogger memang tidak mudah. ^_^


Wokeh, saya akhiri curhat saya tentang food blog kembali ke resep enchiladas yang kini saya hadirkan. Enchilada merupakan makanan yang berasal dari Meksiko yang terbuat dari tortilla (biasanya tortilla jagung) yang digulung untuk membungkus isinya dan ditutup dengan saus cabai pada permukaannya. Enchiladas bisa diisi dengan aneka variasi bahan makanan termasuk daging ayam, sapi, atau seafood, keju, kentang, sayuran, dan aneka kombinasi bahan-bahan tersebut. Biasanya makanan ini kemudian ditutup atau dihias permukaannya dengan keju, krim asam, lettuce, zaitun, potongan bawang bombay, cabai, salsa dan daun ketumbar segar. 

Dalam bentuk aslinya sebagai makanan Meksiko yang dijajakan di tepian jalan, maka enchiladas hanya berupa tortilla jagung yang dicelupkan ke saus cabai dan dimakan begitu saja tanpa isi sama sekali. Namun seiring dengan perkembangan jaman maka kemudian lahirlah aneka variasi enchiladas yang umumnya dibedakan dari saus, isi dan dari bentuknya. Seperti misalnya enchiladas con chile rojo yaitu tradisional enchilada dengan saus merah yang terbuat dari cabai merah kering yang direndam hingga lunak dan dihaluskan serta ditambahkan bahan-bahan perasa lainnya. Atau enchiladas poblanos yang terbuat dari tortilla yang empuk diisi dengan ayam, cabai poblano, dan ditutup dengan keju. Serta masih banyak varian enchiladas lainnya yang bisa anda baca di Wikipedia pada link yang saya sertakan di bawah. 


Untuk membuat enchiladas maka anda memerlukan tortilla sebagai kulit untuk menggulung isinya. Anda bisa menggunakan kulit tortilla yang tersedia di supermarket atau membuatnya sendiri seperti yang saya lakukan. Homemade kulit tortilla ini berbeda dengan yang sebelumnya saya buat, biasanya buatan sendiri selalu berakhir keras, kaku dan pecah kala digunakan untuk menggulung. Namun dengan resep yang satu ini tortilla berakhir lembut, empuk dan sangat luwes untuk menggulung isi enchiladas. Untuk isinya saya menggunakan ayam rebus yang disuwir. Anda bisa menggunakan dada atau paha ayam tanpa kulit, dan sisihkan air rebusan ayam untuk memasak saus enchiladas yang creamy. 


Sebenarnya tidak ada yang sulit dalam membuat makanan ini, bagian yang agak tricky mungkin adalah saat proses pembuatan sausnya. Untuk menghindari saus menggumpal karena porsi tepung terigu yang dimasukkan maka aduk adonan terigu dan bumbu kuat-kuat dengan spatula. Mengaduknya cepat dan kuat akan membuat tepung terdistribusi dengan baik dan mencegahnya membentuk butiran-butiran kecil yang menggangggu. Selain itu masukkan air kaldu ayam sedikit demi sedikit sambil saus terus diaduk dengan kuat. Memasukkan cairan terlalu banyak akan membuat adonan saus bergerindil. Selebihnya tidak ada yang sulit dalam membuat enchiladas. 

Kalau diperhatikan maka makanan ini mungkin tampak seperti lasagna, bedanya adalah lasagna menggunakan rempah-rempah a la Italia dan lembaran pasta serta ditata berlapis. Sedangkan enchildas sebagaimana makanan khas Meksiko lainnya biasanya selalu memasukkan jintan (cumin) dan cabai untuk memberikan rasa unik yang khas dan sedikit pedas pada masakan.  Secara overall makanan ini sedap dan mungkin bisa menjadi selingan yang menyenangkan untuk keluarga. Happy Enchiladas Day!

Berikut resep dan prosesnya ya.


Enchiladas Isi Ayam
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 loyang enchiladas ukuran 20 x 20 cm

Tertarik dengan resep masakan Meksiko lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Homemade Tortilla
Chicken Fajitas
Homemade Tomato Salsa  

Bahan enchiladas:
- 250 gram fillet dada atau paha ayam
- 50 gram keju cheddar parut atau keju mudah meleleh

Bahan saus:
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 4 buah cabai merah kering, rendam air hangat hingga lunak dan haluskan
- 1 sendok teh cabai bubuk
- 1/2 sendok teh bubuk jintan
- 3 sendok makan saus tomat
- 2 sendok makan saus sambal
- 25 gram tepung terigu serba guna
- 400 ml kaldu ayam
- 50 gram keju cheddar parut atau keju mudah meleleh
- ½ sendok teh gula pasir
- ½ sendok teh merica bubuk
- ½ sendok teh garam

Cara membuat:
Siapkan ayam, saya menggunakan fillet dada. Rebus bersama 400 ml air hingga matang, angkat ayam dari kaldu rebusannya. Suwir-suwir ayam rebus hingga menjadi berukuran kecil. Sisihkan air rebusan ayam, kita akan menggunakannya untuk saus.

Membuat saus enchiladas


Siapkan panci anti lengket, panaskan 2 sendok makan minyak untuk menumis. Masukkan bawang putih cincang, tumis hingga harum. Masukkan cabai halus, cabai bubuk, jintan, saus tomat dan saus sambal. Aduk dan tumis hingga harum dan berubah warnanya menjadi lebih tua. 

Masukkan tepung terigu, aduk cepat dan kuat dengan spatula hingga tepung menggumpal, kira-kira selama 2 menit. Gunakan api kecil saja agar tepung tidak gosong.

Masukkan sedikit kaldu ayam, sekitar 50 ml saja, aduk cepat dan kuat dengan spatula hingga adonan tepung menjadi basah dan tidak terlalu menggumpal. Masukkan kaldu ayam, sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk dengan cepat dan kuat. Hingga adonan tidak menggumpal, terlihat halus dan kental.


Note: tahapan mencampur tepung dengan kaldu merupakan bagian yang paling krusial. Agar tepung tidak bergerindil, maka masukkan kaldu bertahap, sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk dengan cepat dan kuat. Jangan menuangkan kaldu terlalu banyak dalam satu kesempatan, berikan kesempatan kaldu dan tepung tercampur baik dengan baik baru kemudian tambahkan kaldu kembali.  


Masak saus hingga mendidih dan kental. Tambahkan ½ bagian keju parut, gula, merica dan garam.  Aduk hingga keju meleleh dan tercampur dengan baik. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Matikan kompor. Sisihkan. 

Siapkan mangkuk, masukkan suwiran daging ayam. Tambahkan sekitar 5 sendok makan saus, aduk rata sehingga ayam terlumuri saus dengan baik. Bagi ayam menjadi 6 bagian yang sama banyaknya. Sisihkan. 

Membuat enchiladas:
Panaskan oven, set disuhu 170’C, api atas dan bawah. Letakkan rak pemanggang di tengah oven.

Siapkan loyang kaca/keramik tahan panas ukuran 20 x 20 cm. Masukkan ¼ saus enchiladas di dasar loyang, ratakan. 


Untuk loyang ukuran 20 x 20 cm membutuhkan sekitar 6 buah tortilla. Simpan sisa tortilla dalam wadah rapat di freezer, anda bisa menggunakannya untuk membuat pizza yang simple.

Ambil 1 lembar kulit tortilla, letakkan 1 bagian suwiran ayam di permukaannya. Gulung rapat hingga ayam tertutup. Tata tortilla berisi ayam di permukaan loyang.  Lakukan hingga semua kulit tortila dan ayam habis.

Tuangkan sisa saus ke permukaan gulungan tortila di loyang. Taburi dengan sisa keju parut. Panggang selama 20 menit atau hingga saus tampak mendidih dan keju terlihat meleleh.


Keluarkan dari loyang dan sajikan panas-panas.Yummy!

Note: Enchiladas tersisa bisa anda bekukan di freezer. Tutup rapat loyang dengan alumunium foil dan masukkan ke freezer. Ketika akan disantap cairkan di suhu ruang, panaskan di microwave atau panggang sebentar di oven. 

Source:
Wikipedia - Enchiladas



20 komentar:

  1. Thanks buat resep nya mba Endang..
    pas lagi kehabisan ide mau eksperimen apa di dapur.. liat resep ini lsg pengen segara dicoba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba vika, sama2 ya mba, thanks sharingnya yaa, moga suka dengan resepnya.

      Hapus
  2. Enaaaaaaak, thanks for sharing resepnyaa...
    Happy enchiladas day....

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba meidy, moga suka resepnya yaaa hehehe. Happy enchiladas day juga ya

      Hapus
  3. Setuju dengan Mba Endang, saya merasa si enchiladas ini mirip lasagna, mungkin ini lasagna versi Meksiko ya wakakakak (ketawa ala Mba Endang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkaakakka, iya, cuman rasanya sedkit beda, mungkin karena rempah2 yang digunakan beda yaa hehehhe

      Hapus
  4. yeaayy.. akhirnya diposting juga resep enchilada nya, makasi ya mbak En..
    siap untuk dieksekusi nih... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba rena, moga suka dengan resepnya ya, thanks yaaa

      Hapus
  5. Mbak En, enaaaakkkkkk...
    Tortillanya aku bikin sendiri juga pake resep Mbak En, sausnya mantapppp...
    Makasih yaa Mbak Endang *kecup

    BalasHapus
    Balasan
    1. hola mba ayu, wah thanks sharingnya yaa, senang sekali resepnya disuka. Thanks yaa

      Hapus
  6. mba mau tanya, kalau cabai kering di ganti cabai merah biasa boleh ga ya? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba raisa, bisa ya mba, tetap okeh2 saja kok hehehhe

      Hapus
  7. Mba endang...saya sk blog mba.byk resep yg saya coba..cm blm nyoba kue lapis prunenya..wkwkwk..serem liat jumlah telornya .tp menantang. Oya mba enak kali ya isian torlila pake sayur ma ubi cilembu? Mba kl blh bykin lg resep makan mengunakan sayur..hahaha. n menu diet yg enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba kinan, thanks ya sudah menyukai resep JTT. Menurut saya enak2 saja tuh tortilla diisi sama ubi cilembu ditumis pakai sayur bayam, kasih taburan keju parut dikit hehehhe.

      Hapus
  8. Salam Mba Endang, saya mau tanya cara menghangatkan tortilla yang disimpan di freezer bagaimana? Terima kasih
    Salam, Jessica

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba Jessica, bungkus tortila dengan kain bersih yang dilembabkan sedikit, micro sebentar saja, 1 menit, kalau masih keras tambahkan 1 menit lagi ya.

      Hapus
  9. okee mba Endang, terima kasih sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba jessica, hmm, kalau micro nya punya daya watt tinggi kayanya beberapa detik saja cukup ya mba, micro saya kebetulan wattnya rendah jadi agak lama

      Hapus
  10. Waah enak ni mba endang, in sha Allah bsk eksekusi aq tag d ig ya mbaa,maturnuwun mba buat resep" nya yang selalu endang...😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Ninu sharingnya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...