10 Agustus 2015

Resep Kwetiaw Sapi Lada Hitam


resep kwetiaw sapi lada hitam JTT

Sejak saya posting tentang dilema hendak membeli apartemen beberapa waktu yang lalu, maka banyak teman-teman pembaca yang memberikan  komentar baik di blog, Facebook maupun email. Isinya beragam mulai dari dukungan, sharing pengalaman pribadi, info, dan kata-kata motivasi yang membuat saya tersenyum sekaligus terharu kala membacanya. Reaksi pertama adalah betapa bersyukurnya saya memiliki pembaca yang begitu baik hati, walau tidak pernah bertemu dan hanya dihubungkan dengan sebuah blog melalui kolom komentar namun seakan-akan kita telah memiliki ikatan persahabatan yang kuat yang  telah terjalin  bertahun-tahun lamanya. 

Reaksi kedua adalah saya menjadi lebih tenang dan lebih adem menjalani hari-hari kedepan dengan pilihan yang sudah didepan mata. Keputusan telah dibuat, saya akan memilih apartemen dua kamar yang walau kecil namun tidak perlu dibeli dengan hutang. Tanpa beban hutang tentu saja hidup akan menjadi lebih nyaman, tenang dan mungkin saya bisa fokus menabung untuk keperluan yang lebih besar lainnya di masa yang akan datang. Saya tahu, mungkin nanti di awal memerlukan waktu untuk penyesuaian,  namun salah seorang pembaca mengatakan space rumah yang tiny sebenarnya memiliki banyak keunggulan. Selain mudah dibersihkan, irit cairan pembersih, juga membuat kita tidak boros membeli perabot yang tidak perlu. Mau diletakkan dimana? Thanks kepada teman-teman pembaca yang telah meluangkan waktu memberikan dorongan semangatnya. Sukses untuk anda semua! ^_^

resep kwetiaw sapi lada hitam JTT
resep kwetiaw sapi lada hitam JTT

Sekarang menuju ke masakan kwetiaw sapi lada hitam yang saya posting kali ini. Resepnya terinspirasi dari masakan serupa yang saya santap di kopitiam QQ saat berbuka puasa bersama teman saya, Sintya beberapa waktu yang lalu. Terus terang menu ini pertama kali saya pesan disana, sebelumnya saya lebih menyukai makanan ringan seperti pisang goreng dengan selai sarikaya, roti panggang atau tahu isi pedas bersama secangkir teh tarik atau jus kedondong yang segar. Namun keputusan saya tidak salah, kwetiaw-nya memiliki rasa yang mantap. Kopitiam QQ merupakan kafe yang nyaman, cozy dengan  harga makanan yang cukup ringan di kantong sehingga kita bisa mengobrol sepuas-puasnya disana dengan tenang tanpa takut dompet menjadi jebol. 

Kwetiaw sapi lada hitamnya sendiri hadir dalam hot plate tebal berwarna hitam berisikan kwetiaw dengan potongan yang lebar, jauh lebih lebar dari yang umum kita temukan di pasaran. Teksturnya kenyal namun lembut dan disiram dengan kuah kental berwarna kecoklatan yang sangat lezat. Potongan dagingnya terasa empuk dengan porsi yang royal, seakan-akan harga daging sapi yang membumbung tinggi tidak menjadi bebannya sama sekali. 

resep kwetiaw sapi lada hitam JTT
resep kwetiaw sapi lada hitam JTT

Walau lezat dan saya sangat menyukainya, namun tetap saja membuatnya sendiri di rumah lebih murah meriah dan jauh memuaskan. Apalagi masakan sapi lada hitam bukanlah menu yang susah untuk diwujudkan di rumah. Asalkan daging sapi yang digunakan jenis has dalam atau tenderloin maka menumisnya sebentar telah mampu membuatnya empuk dengan cepat. 

Saya tahu resep ini mungkin kurang bersahabat dengan situasi saat ini dimana para pedagang daging sapi di pasar sedang melakukan demo mogok selama beberapa hari karena harga daging yang kian naik. Berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya dimana daging sapi naik menjelang Lebaran dan normal kembali ketika momen itu usai, maka yang terjadi saat ini harga daging justru semakin meroket bahkan hingga mencapai 140 ribu rupiah per kilogramnya. Teman saya, Ani, bahkan pada hari Minggu kemarin sempat memasang status kesal di Facebook gara-gara harga daging sapi ini. Tapi wajar saja jika dia 'sewot',  salah satu menu yang diminta putranya saat ultahnya di hari Minggu kemarin adalah sate daging sapi dan tak ada satupun pedagang daging yang terlihat batang hidungnya di pasar hari itu. Akhirnya sebagian sate sapi pun berubah menjadi ayam pop. ^_^

resep kwetiaw sapi lada hitam JTT
resep kwetiaw sapi lada hitam JTT

Tidak ada daging sapi tentu saja bukan berarti resep ini tidak bisa dicoba di rumah, karena anda bisa menggantinya dengan ayam. Saya yakin dengan ayam masakan ini tetap terasa lezat. Gunakan fillet ayam atau daging ayam tanpa tulang, iris tipis potongan daging dan rendam dengan bumbu marinade-nya.  Hmm, jadi teringat dengan chicken blakupeppa-nya Hoka Hoka Bento yang maknyus. Sepertinya next time ingin saya mengeksekusinya juga ^_^

Untuk membuat sapi lada hitam, maka iris daging sapi setipis mungkin. Cara termudah adalah dengan memasukkan daging ke dalam freezer hingga setengah beku, kala teksturnya sedikit mengeras maka sebilah pisau tajam dengan mudah mengirisnya hingga tipis. Daging kemudian perlu direndam dengan bumbu marinade-nya selama 30 menit atau hingga 1 jam. Tujuannya selain membuat bumbu lebih meresap juga membuat daging mudah empuk kala dimasak. Baru kemudian daging ditumis hingga empuk dan siap ditambahkan ke tumisan sayuran lainnya. 

resep kwetiaw sapi lada hitam JTT
resep kwetiaw sapi lada hitam JTT

Jenis sayuran yang umum digunakan untuk masakan ini biasanya adalah paprika, dan bawang bombay. Walau tentu saja sayuran lain seperti baby buncis, dan irisan wortel sedap juga menjadi variasi lainnya. Tumis sayuran setengah matang saja, agar teksturnya tetap crunchy dan campurkan ke dalam tumisan daging sapi yang telah dimasak sebelumnya. Umumnya masakan sapi lada hitam tidak berenang di dalam kuah, jika berkuahpun maka teskturnya 'nyemek-nyemek' alias kental. Namun karena kita hendak menambahkan kwetiaw ke dalam tumisan daging maka kita perlu menambahkan cukup banyak air ke dalam masakan, kuah yang cukup merendam kwetiaw akan membuat rasanya menjadi lebih sedap. 

Untuk kwetiaw-nya, saya menggunakan jenis kwetiaw kering yang banyak dijual di supermarket. Tentu saja kita juga bisa menggunakan kwetiaw segar yang banyak dijual di pasar. Jika menggunakan kwetiaw kering maka mie beras ini perlu direbus hingga benar- benar lunak sehingga teksturnya menjadi lembut. Kurang direbus membuat mie menjadi terasa sangat kenyal dan bumbu kurang mampu meresap ke helai mie. 

resep kwetiaw sapi lada hitam JTT

Jika anda tertarik untuk membuatnya maka saran saya rebus kwetiaw secukupnya saja, sesuai porsi yang anda inginkan. Sisa tumisan sapi lada hitam bisa disimpan di dalam wadah tertutup rapat di chiller kulkas hingga 3 hari lamanya. Masakan ini selain sedap menemani kwetiaw, mantao juga digunakan sebagai teman makan nasi atau isian roti kukus seperti di postingan saya sebelumnya di Roti Kukus Isi, anda bisa melihat resepnya  disini.

Berikut resep dan prosesnya ya. 

resep kwetiaw sapi lada hitam JTT

Resep Kwetiaw Sapi Lada Hitam
Resel hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 - 3 porsi

Tertarik dengan resep kwetiaw lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Kwetiaw Kuah Ikan
Homemade Mie Beras dan Ayam Kuah Jahe
Kwetiaw Rebus Bakso Ikan  

Bahan sapi lada hitam:
- 250 gram daging sapi has dalam, iris setipis mungkin atau jenis daging sapi lainnya atau fillet daging ayam
- 1/2 buah paprika merah, potong kotak 2 x 2 cm
- 1/2 buah paprika hijau, potong kotak 2 x 2 cm
- 1 batang daun bawang potong sepanjang 2 cm

Bumbu perendam daging (marinade):
- 1 cm jahe, parut atau cincang halus
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 3 sendok makan kecap asin (soy sauce)
- 1 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar

Bumbu kuah:
- 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
- 1 ruas jari jahe, iris tipis korek api 
- 1 buah bawang bombay ukuran sedang, belah menjadi 4 atau 8 bagian dan lepaskan antar lapisannya  
- 1 sendok makan saus tiram 
- 1 sendok teh gula palem bubuk atau gula pasir
- 3 sendok makan kecap manis   
- 400 ml air kaldu atau air biasa 
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica hitam tumbuk
- 1/2 sendok makan tepung maizena yang dilarutkan dengan 50 ml air untuk pengental

Bahan lainnya:
- Sekitar 300 gram kwetiaw kering

Cara membuat:

resep kwetiaw sapi lada hitam JTT

Siapkan daging, saya menggunakan has dalam (tenderloin), iris setipis mungkin. Cuci bersih, tiriskan dan masukkan ke dalam mangkuk. Tuangkan bumbu marinade ke dalam mangkuk berisi daging, aduk rata. Tutup mangkuk dan simpan di dalam chiller kulkas selama 1 jam.

Siapkan wajan, tuangkan daging yang telah direndam bumbu. Masak daging hingga empuk dan matang. 

resep kwetiaw sapi lada hitam JTT

Jika irisan daging sulit menjadi empuk, tambahkan air dan rebus daging hingga matang. Angkat dan sisihkan.

Siapkan wajan, beri 2 sendok makan minyak. Panaskan hingga benar-benar panas, tumis jahe dan bawang bombay hingga bawang terlihat sedikit transparan dan layu. Masukkan paprika, dan daun bawang, aduk rata dan tumis selama 1 menit saja. 

Tambahkan saus tiram, gula palem dan kecap manis, aduk dan tumis dalam beberapa detik saja agar saus tiram harum dan gula menjadi karamel.  

resep kwetiaw sapi lada hitam JTT

Tuangkan tumisan daging (beserta kuah dagingnya) ke dalam tumisan sayuran, aduk rata. Tambahkan air kaldu, aduk dan masak hingga mendidih. Tambahkan garam, merica dan larutan tepung maizena, aduk dan masak hingga mengental. Cicipi rasanya, matikan api kompor.  Sisihkan.

Siapkan panci, beri air panas agak banyak. Masak hingga mendidih. Masukkan kwetiaw kering.

resep kwetiaw sapi lada hitam JTT

Rebus mie hingga empuk dan lunak, angkat dan tiriskan.

Jika anda menggunakan kwetiaw basah maka siram kwetiaw dengan air panas saja dan mie siap digunakan. 

Siapkan mangkuk, tata kwetiaw di dasar mangkuk secukupnya. Siram dengan tumisan dan kuah sapi lada hitam. Aduk rata dan santap selagi panas. Super yummy!



28 komentar:

  1. Resep mbak Endang dijamin endos gandos alias enaaakkk bangeeeet... jd referensi sy kalo mo masak... makasih ya mbak Endang... apalagi didahului cerita, tips2 makin seru deh.... makasih mbak Endang, sukses terus ya, dan apartemen meski kecil smg jd home sweet home, baiti jannati....amiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya Mba Elnina, senang sekali resepnya disuka! Thanks supportnya juga yaaa. Sukses juga untuk mb dan keluarga ya

      Hapus
  2. Resep favorit keluarga kecil saya....
    Patut dicoba.. Mksh resepnya mba...
    Yummy...

    BalasHapus
  3. tks resepnya mbak, anak saya suka banget kweetiaw sapi lada hitam... hmmm...slurp :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Lydia, senang sekali resepnya disuka, moga sukses ketika dicoba yaa

      Hapus
  4. Patut dicoba nih, masakan berlada hitam salah satu mood boosterku mbak. Waktu masih menyusui ini juga jadi booster asi ku hehehe
    Sippp..sippp
    thank youuu mb endang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks MBa Kartika sharingnya, moga sukses dan suka ketika sudah dicoba yaaa, sukses ^_^

      Hapus
  5. Huaahh...sukses, bikin ngeceees !! Krn saia pecinta kwetiaw. Utk kwetiaw keringny, mbak En pk merk apa ? Sorry, nanyain merk terus drpd kuciwa ma hasilny. Thanks, mbak en. Oya, selamat yaaa...akhirny mantep dgn pilihanny dan scepatny bs dandanin apartemen biar cantik & be a cozy home.
    - Na, Dps -

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Na, thanks yaa. Wah saya lupa merknya tapi murah meriah kok harganya hehehhe,bagi saya kwetiaw sama saja rasanya wakkakak.

      Hapus
  6. wah,,ni mie kesukaan saya mbak..sya sudah beberapa x mask mie ni..tp rasnya kurang nendang...syg mo coba resep mbak endang...makasi y mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Sahar, senang sekali resepnya disuka, moga sukses ketika dicoba yaa

      Hapus
  7. Kwetiaw & sapi lada hitam... suka banget, apalagi digabung..wuih tambah sedeeeep dan maknyus ya mba Endang. Tengkyu resepnya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Ertianna, senang sekali resepnya disuka, moga sukses ketika dicoba yaa.

      Hapus
  8. Terimakasih Mbak Endang recipenya, sudah saya coba, istri saya suka bangettt.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mas sharingnya, senang sekali resepnya disuka ^_^

      Hapus
  9. Mbk Endang..sukses dg app barunya..jika hati kita lapang,hunian mini jg trasa lapang (dan sebaliknya).Smg barokah,baiti jannati.Terimakasih dg uraian resep kt sapi ld htmnya.'duh telaten n gemati bingits.Foto's jg mumtaaz keren,elegan nyaman ngliatnya.Sekali sthn km pulkamp,suami suka mskn Ind..n hobby nikmati sapi ld htm di FC PIM dn tmpt lain.Dgn uraian step by step ini, ter inspirasi ingin manjakan lidahnya.Terimakasih Mbk.(Omi van Obien,NL).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin Mba Omi, thanks atas motivasinya yaaa. Terima kasih sudah menyukai resepnya, moga sukses ketika dicoba dan keluarga suka yaaa. Sukses dan sehat selalu!

      Hapus
  10. Saya Suka banget sama kwetiau mba, bosen beli di abang2 terus klo ga di goreng ya di rebus. Pengen coba resep mba yg ini tp versi ayaam ja u/ percobaan (padahal maunya irit) hehehe. Saya mau tanya klo ga ada soy sauce bisa di skip apa di ganti mba? Trus saya adanya lada hitam bubuk, takarannya brp ya mba klo pake bubuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, skip saja soy saucenya, tidak apa2. Lada hitam bubuk sebenarnya akan membuat tampilannya kurang oke, tapi kalau mau pakai sekitar 1 sdt mungkin ya

      Hapus
  11. Dah dicoba mba endang..pake lamb, trs pake egg noodles biasa, soalnya gada stock kwetiauw..paprika dganti chilli biasa aja, hasilnya enak bgt. Dtambah aroma lamb yg khas..makin nikmat. Anakku lahap bgt makannya..pdhl br 2 taun umurnya, dkasih black pepper taunya doyan jg..

    thanks buat resepnya ya mba..smua resep2 mba endang dah banyak bgt bantu saya yg krg pandai memasak tdnya..heheheh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Vicka, thanks ya sharingnya, senang sekali resepnya dsuka, wah babynya doyan pedes tuh wakakk, mantap. sukses yaaa

      Hapus
  12. Asli enak banget mbak..udah coba tapi nggak pake kwetiaw.. Pake nasi panas, paprika diganti sama pokcoy.. Mantab banget.. Recomended buat yg amatiran kaya saya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thnaks Mas Ferri sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  13. Mbak Endang, kalau tepung maizenanya diskip gak papakan?
    Soalnya saya kurang suka masakan yang kental.

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...