Pages

02 September 2015

Resep 30 Menit Ayam Saus Jeruk

resep ayam saus jeruk JTT

Membuat masakan simple, mudah, praktis dan memiliki rasa yang unik dan berbeda sebenarnya tidaklah terlalu susah. Tentu saja diperlukan sedikit usaha dan kreatifitas. Seperti ayam saus jeruk yang saya posting kali ini, masakan a la Chinese yang sering ditemukan di restoran cepat saji dan Chinese food ini super mudah dibuat dan memiliki rasa yang lezat. Selain itu rasanya yang tidak terlalu pedas membuatnya dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga termasuk si krucil yang tidak doyan dengan cabai. Cukup skip saja cabai di resep dan sajikan si fillet ayam bersaus dengan nasi putih yang hangat.

Walau ayam saus jeruk atau orange chicken yang disajikan di resto umumnya tidak terlalu spicy, namun saya sendiri lebih suka versi pedasnya. Tak pedas maka, "Tak lajulah awak ini hendak bersantap." Jadi saya lebih suka menambahkan beberapa butir cabai rawit, beberapa sendok teh cabai bubuk dan saus sambal botolan. Seporsi ayam saus jeruk pun menjadi teman santap siang saya ketika weekend kemarin. Hmm yummy!

resep ayam saus jeruk JTT
resep ayam saus jeruk JTT

Ayam saus jeruk atau orange chicken merupakan masakan a la China Amerika yang aslinya berasal dari propinsi Hunan. Variasi masakan ini yang umum ditemukan di restoran fast-food di Amerika Utara biasanya terdiri atas potongan daging ayam yang digoreng dan dilumuri dengan saus pedas dengan rasa jeruk. Saus biasanya memiliki tekstur kental atau seperti karamel dan berfungsi sebagai glaze untuk melumuri potongan daging ayam. Meskipun masakan ini sangat terkenal di US, namun lebih sering ditemukan sebagai variasi masakan ayam bernama General Tso daripada  masakan yang umum ditemukan di dataran China.

Pada kebanyakan negara di belahan bumi bagian barat, nama 'ayam saus jeruk', 'ayam kulit jeruk', 'ayam dengan aroma jeruk' atau ' 'ayam jeruk' biasanya mengacu pada nama masakan ini. Di China sendiri masakan ayam saus jeruk lebih dikenal dengan nama 'ayam masak kulit jeruk kering', mengacu pada kulit jeruk kering yang sering digunakan pada pengobatan tradisional China termasuk juga didalam masakan. Di restoran di luar Asia maka kulit jeruk segar yang lebih sering digunakan dibandingkan kulit jeruk kering, atau tidak menggunakan kulit jeruk sama sekali.

resep ayam saus jeruk JTT

Untuk membuat ayam saus jeruk sangat mudah, dan bumbunya pun sederhana. Jika biasanya kita harus merogoh kocek sedikit dalam demi menikmati masakan ini di restoran Chinese food langganan, maka resep yang saya berikan di bawah mungkin akan membuat kita bisa sedikit berhemat. Karena namanya mengandung embel-embel 'saus jeruk' maka tentulah jeruk menjadi bahan utama selain daging ayam. Jeruk, nanas dan mangga bukan hanya sedap sebagai buah meja namun telah terkenal juga untuk mempersedap aneka masakan. Jika anda memiliki jeruk Sunskist atau jeruk Mandarin di dapur, maka peraslah airnya sejumlah porsi air jeruk di resep plus dengan kulit jeruknya sekalian dimasukkan ke dalam masakan untuk membuat aroma jeruk lebih kuat harumnya.

Tidak memiliki buah jeruk segar seperti saya tapi tetap ingin menyantap seporsi ayam saus jeruk? Ah, saya punya solusi termudah dan tak kalah sedapnya. Gunakan saja sirup orange atau sebotol minuman jeruk Pulpy Orange ukuran 350 ml untuk menggantikannya. Bersama bumbu dan bahan lainnya maka ayam saus jeruk tetap akan terasa spektakuler rasanya, tak kalah dengan masakan chef dari resto terkenal. Tak percaya? Anda harus membuktikannya sendiri. ^_^

resep ayam saus jeruk JTT
resep ayam saus jeruk JTT

Pertama-tama yang anda perlu lakukan adalah me-marinade si ayam. Saya menggunakan fillet ayam bagian dada, namun fillet paha juga sedap dipakai untuk resep ini. Rendam potongan fillet ke dalam bumbu yang terdiri atas bawang putih dan jahe cincang, garam, merica, saus tiram, bubuk cabai, tepung maizena dan setengah botol minuman rasa jeruk Pulpy Orange. Jangan tergoda untuk meminum sisa minuman jeruk, karena kita memerlukannya lagi nanti untuk membuat sausnya! Nah minuman rasa jeruk ini tentunya bisa digantikan dengan jus jeruk asli dari perasan jeruk Sunkist atau jeruk Mandarin, atau sirup rasa orange yang diencerkan dengan air. 

Ayam yang telah dimarinade ini bisa direndam selama semalam di chiller kulkas, atau karena ayam saus jeruk ini dibuat dalam waktu 30 menit saja maka saya hanya merendam fillet ayam selama 15 menit. Fillet kemudian ditiriskan, dibalur dengan beberapa sendok tepung maizenai dan digoreng hingga kuning keemasan. Pada tahap ini, anda bisa menggorengnya hingga kering, namun dada ayam cenderung menjadi alot seperti karet ketika digoreng terlalu lama, karena itu saya menggorengnya hanya hingga permukaannya kuning keemasan saja. Kondisi seperti ini membuat bagian dalam fillet ayam tetap moist dan teksturnya pun tetap empuk.

resep ayam saus jeruk JTT

Sisa bumbu perendam, sisa minuman Pulpy Orange kemudian dituang ke dalam wajan, ditambah dengan bumbu lainnya  dan dimasak hingga kental. Fillet ayam goreng lantas cukup dicemplungkan ke dalam saus dan diaduk hingga rata. Ayam saus jeruk yang sedap ini pun siap disantap, dan percayalah hanya membutuhkan waktu 30 menit saja untuk membuatnya. Tentu saja jika anda benar-benar serius berkutat di dapur untuk mewujudkannya. 

Berbeda dengan ayam kung pao yang menggunakan tambahan bahan yang lain seperti paprika dan kacang mete, maka ayam saus jeruk umumnya tampil polos tanpa bahan tambahan lainnya, kecuali mungkin sedikit irisan daun bawang dan taburan biji wijen putih di permukaannya ketika akan dihidangkan. Rasanya yang segar, sedap, sangat pas untuk menemani sepiring nasi hangat. Jadi yuk dibuat di rumah segera!

Berikut resep dan prosesnya ya. 

resep ayam saus jeruk JTT

30 Menit Ayam Saus Jeruk
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan masakan ayam yang simple lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
30 Menit Ayam Kung Pao
Ayam Kuluyuk a la JTT
Ayam Suwir Saus Teriyaki 

Bahan & bumbu:
- 1,5 cm jahe, cincang halus
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 2 sendok teh cabai bubuk (optional)
- 2 buah cabai rawit merah, rajang halus
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh garam
- 2 sendok teh tepung maizena 
- 1 sendok makan gula palem bubuk/gula Jawa sisir halus
- 1 sendok makan saus tomat
- 1 sendok makan saus sambal botolan (optional)
- 2 sendok makan sirup orange merk apapun (jika warna dan aroma masakan kurang berbau jeruk)
- 1 botol minuman Pulpy Orange  ukuran 350 ml atau gantikan dengan jus dari perasan jeruk asli (Sunkist atau Mandarin) sebanyak 350 ml
- 300 gram fillet dada atau paha ayam, potong tipis
- 3 sendok makan tepung maizena

Pelengkap:
- 1 batang daun bawang rajang halus (saya tidak pakai)
- biji wijen putih secukupnya untuk taburan

Cara membuat:

resep ayam saus jeruk JTT

Siapkan mangkuk, masukkan 1/2 porsi jahe, 1/2 porsi bawang putih, cabai bubuk, cabai rawit, merica, garam, dan tepung maizena,  aduk rata. Tambahkan 1/2 botol minuman Pulpy Orange. Aduk rata. Masukkan potongan ayam. 

Aduk hingga rata, tutup wadah dan simpan di chiller selama minimal 20 menit atau maksimal selama semalam. Keluarkan dari kulkas, tiriskan ayam sampai benar-benar tiris.  Sisihkan bumbu perendamnya. 

resep ayam saus jeruk JTT

Taburi permukaan ayam dengan 3 sendok makan tepung maizena. Balurkan ayam dengan tepung hingga rata.  Siapkan wajan, panaskan minyak agak banyak. Goreng ayam hingga coklt kuning keemasan. Angkat dan sisihkan. Tuangkan minyak bekas menggoreng ayam ke wadah lain. 

resep ayam saus jeruk JTT

Dengan menggunakan wajan yang sama tuangkan sisa bumbu perendam ayam ke wajan. Tambahkan sisa cincangan jahe dan bawang putih, gula palem, saus tomat, saus sambal dan sirup orange (jika pakai) dan sisa Pulpy Orange. Aduk rata.

Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan kental. Masukkan ayam goreng, aduk hingga rata dan ayam terlumuri dengan bumbu. Cicipi rasanya, tambahkan garam dan gula untuk menyesuikan rasa. Angkat, hidangkan dipiring saji, taburi dengan rajangan daun bawang dan biji wijen. Super yummy!

Source:
Wikipedia - Orange Chicken

34 komentar:

  1. Menarik banget resepnya mba Endang, blm pernah nyoba masak ayam dipadukan jus jeruk. kapan-kapan mau nyoba.. thank you for sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaa ayo dicoba Mb Sashy, karena enak rasanya dan seger hehehe. Thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  2. Akhirnya JTT diupdate~~~
    Mbak Endang kemana aja? Lagi sibuk sama cookbooknya kah? Selamat ya mbak ngeluarin cookbook lagi ehehe
    Mbak, klo ayam diganti ikan, sama jeruknya diganti sama jeruk lokal gimana mba?
    Terus harus difilletkah?
    Makasih, sukses dan sehat selalu utk mb endang sekeluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha, bukan, bukan sibuk cookbook, tetapi memang lagi sibuk melakukan sesuatu minggu lalu. Tapi dah selesai, jadi berharap bisa update JTT rutin lagi.

      bisa pakai ikan, dan memang yang terbaik di fillet ya, karena dibalur tepung dan digoreng. Pakai jeruk lokal gak papa, kalau warna dan aroma jeruknya kurang nendang tambahin sirup jeruk saja. Mantap kok. hehhehe

      Hapus
    2. Mbak mau lapor boleh yaa hhe
      Aku udah nyoba resep ini, enak :)
      Tapi aku melakukan kesalahan hhi
      Aku kan pakai jeruk lokal, karena ga punya alat peras jeruk alhasil saya peras manual dengan tangan. Mungkin karena saking semangatnya bagian kulit luar yg warnanya ijo juga ikut keperas ngeluarin minyak atsiri(?).
      Jadinya agak pait >,<
      Mungkin lain kali nyoba pake minute maid aja hehehee
      Btw makasih resepnya mbak

      Hapus
    3. Hai Mba Aqon, memang kalau pakai jeruk lokal suka pahit ya, paling aman pakai sirup jeruk atau jus jeruk botolan hehehe. Thanks sharingnya yaa

      Hapus
  3. Fiuh..Akhirnya update juga..
    Wah bisa pakai pulpy? Praktis bgt ya.. nanti weekend cari filletnya dulu deh di spm.. penasaran sm rasa ayam jeruk..
    Weekend kmarin beli fillet dada tp malah dibuat chicken katsu bwad sarapan hari senin pagi.. special sekali ya pagi2 udah makan katsu wkwkwkwk
    Kt misua gak perlu makan di solaria lagi, omaigat.. mknan yg biasa dia pesan klo k solaria ya katsu itu mba.. sengaja aq bikinin dr resep jtt krn mumpung lg punya tepung panir yg orange.. dsni agak susah nemuin panir orange ^^
    Btw, emailku balas ya mba.. gak pede nyoba resep klo bukan dr jtt :(
    Thanks

    Bella

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhha, kemarin banyak urusan keluarga, adik ipar melahirkan, jadi sibuk kunjungan keluarga dan minggu ini juga mau ada acara aqiqahan Mba Bella. Yuhuyyy makan sate kambing daaah hehhehe.

      Wakakak, makanya jangan jago2 masaknya, ntar gak pernah beli di resto lagi, semua orang rumah minta makan di rumah saja wakakkaka.

      sukses selalu Mba Bella, thanks sharingnya yaaa

      Hapus
    2. Hai mba.. udah nyobain nih resepnya.. maknyus ya.. gak nyangka seenak ini.. kirain rasanya bakal aneh krn pk pulpy, tp malah gak brasa klo dah pk pulpy..
      Misua smpe plg cepet krn pngen nyobain ayam saus jeruknya.. hehe.. gak nyesel dia dah plg cepet, rasanya mantabb! Serasa makan diresto ^^
      Thanks ya mba..

      Bella

      Hapus
    3. halo mba Bella, thanks sharingnya yaa, senang sekali resepnya disuka. Memang gak akan terasa pulpy nya hehehe, saya justru suka tambah sirup jeruk botolan 2 sendok makan hahhaha, biar lebih nendang aroma jeruknya.

      Hapus
  4. mantap, bisa belajar masak jika istri sibuk bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wowww! Mantap! Bapak dan ayah yang hebat nih Mas Dharono hahahha

      Hapus
  5. Mba, saos pedas yg di US itu bisa pake kaya glaze gitu ga? Campur sambal ato bubuk cabe gitu? Makasih ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saos pedasnya seperti apa ya? Apakah mirip dengan saus thai yang asam manis? saya rasa bisa ya mba, kalau mau pedas tinggal tambah saus sambal botolan, cincangan cabai kering atau cabai bubuk

      Hapus
  6. Mba Endang, klo sblm atau sesudah marinade di lakukan proses ungkep, apakah bisa? jadi walopun digoreng sebentar udah empuk... mksh sharingnya mbaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Edna, kalau pakai fillet sebenarnya memasaknya gak lama kok, bahkan saya hanya menggorengnya sebentar saja asal permukaannya agak kering, karena filet dada cenderung keras kalau lama digoreng. Tapi kalau pakai potongan ayam, mungkin perlu diungkep ya.

      Hapus
  7. Mbaa sudah coba resep ini, sukaaa banget, karena dasarnya aku suka makanan yang agak asem2 dan berbau jeruk gitu hehe
    Oh ya mba, itu di cara membuatnya gak ketulis saus tiramnya dimasukin pas apa mba. Pas masak sausnya baru keinget pake saus tiram tapi tak cari2 kok gak ada dimana, jadi kumasukkan saja pas masak sausnya mba haha.
    Keep posting ya mbaa, selalu nunggu resep2 baru dari Mba Endang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Putri, thanks ya sharingnya, saya juga suka makanan asam manis hehehe. Saus tiram dimasukkan bersama bumbu yg ditumis ya. Thanks koreksinya. salam

      Hapus
  8. Hari libur ini aku coba resep ayam saus jeruk ini, nyontek habis dari buku 90 masakan rumah yang udah nyampe kemarin...
    Voilaaaa...gak nyangka rasanya enaak, segerrr banget. Seketika ludesss direbutin seluruh anggota rumah.
    Jempollll resepnya Mbak Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Kartika, yep resep ayam saus jeruk disini agak beda dengan buku hanya di jus jeruk yang dipakai, disini saya pakai praktis saja wkakakkak. Thanks sharingnya yaa

      Hapus
  9. Mba endang,,aq coba bikin ini tadi pagi Dan sukseeeeeesss Hahahaha suamiku sukaaa..makasih ya mba endang (regi-babel)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nenenk, thanks sharingnya ya! Senang resep JTT disuka, sukses yaaa.

      Hapus
  10. Halo mba endang, dirumah saya ada pengidap diabetes, rasanya saya akan skip bbrp bumbu disesuaikan dgn dietnya, boleh ga ya tepung maizena nya ga dipake? Atau diganti tepung gandum?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan disesuaikan saja mba, yep tepung maizena bs diskip atau diganti dengan gandum ya.

      Hapus
  11. Mba endang... tadi sore saya eksekusi resep ini. Karena kebetulan ada sisa jeruk habis hari raya dan punya ayam fillet. Masaknya sih ga 30 menit soalnya nyambi ngempu si kecil. Hehehe. Tp ga masalah dgn waktunya. Yg paling penting setelah saya coba enakkkk bangetttt. Suami suka. Berhasil eksekusinya.....wlo difotonya ga kaya tampilan foto di web. Tp rasanya enak banget. Jd mirip kaya asem manis. btw, sy ga masukin saus tiram lupa euy,, cm baca step aja. Hihihi. Trus ga punya biji wijen, jd hanya pake daun bawang. Tp ini udah enak banget. Apalagi kalo sama dgn aslinya

    Saking enaknya sampe sy share di fb saya vidya paramita. Berikut link resep JTT nya...

    Makasi resepnya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Vidya, thanks sharingnya ya, senang resepya disuka, wah saya jdi ngiler2 bacanya wkakaka. sukses yaa

      Hapus
  12. Mba Endang, resep nya enak semua. ada beberapa yang sudah saya coba mulai yang pakai SC, kuah kaldu. dan masih pengen coba lainnya. btw itu pakai wok pan bahan apa Mbak?=)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya mba, senang resepnya disuka, wok bahan besi biasa kok mba,

      Hapus
  13. Hallo mba Endang...
    Mau tanya kalo pakai wijen, harus disangrai atau oven dulu ga?
    Atau dari beli bisa langsung dipakai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya disngrai atau oven supaya matang mba, tapi kalau langsung juga gak papa

      Hapus
  14. Mbak endang.., resep ini kalo misal mau masak untuk dmakan nanti/besoknya (tidak langsung disaajikan) gitu gimana y mbk biar bs disimpan stgh proses dlu? Apa dmasak ampe selesai trus ntar klo mau makan baru di angetin lagi gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya fresh mb krn gorengan, kalau ayamnya mau direndem bumbu semalam di chiller sih oke ya, besok baru goreng. tp kalau sudah matang dan dihangatkan kurang oke

      Hapus
  15. ayamnya enak mba, sy udah nyobain... walaupun jahenya kebanyakan sih. hehe. makasi resepnya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Hulya sharingnya, senang resepnya disuka.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^