19 November 2015

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam


Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Pada postingan kemarin saya telah berbagi ke anda cara membuat English muffin, anda bisa melihat resep dan prosesnya dengan mengklik link disini. Roti bulat yang dipanggang di pan ini sesuai dengan namanya berasal dari Inggris dan ditemukan pertama kali oleh Samuel Bath Thomas pada tahun 1894. Bentuknya menyerupai roti untuk burger atau hamburger bun, namun perbedaaannya adalah English muffin lebih padat dibandingkan roti burger yang cenderung lembut dan berongga selayaknya roti umumnya. Walau English muffin bisa dipanggang juga di oven seperti roti burger namun biasanya makanan ini dimasak menggunakan pan atau griddle (pemanggang besi) di atas kompor. 

Umumnya English muffin disajikan dengan olesan mentega atau selai, setelah roti dibelah maka permukaan belahan ini dipanggang sebentar hingga sedikit kecoklatan, roti kemudian disantap bersama mentega atau selai. Namun cara lain untuk menikmati roti padat ini adalah dengan mengubahnya menjadi sandwich. Untuk itu biasanya ditambahkan ham, bacon, telur goreng (baik mata sapi atau scramble) dan keju. Nah restaurant McDonald menyajikan satu makanan bernama Egg McMuffin, terbuat dari English muffin yang mengapit telur mata sapi, selapis smoked beef dan keju. Walau harganya sebenarnya tidak terlalu mahal, namun membuatnya sendiri sangat mudah dan anda bisa menyantapnya bersama seluruh anggota keluarga. Berbeda dengan McMuffin a la McDonald yang menggunakan smoked beef atau beef burger maka saya menggantinya dengan homemade burger ayam dan rasanya tak kalah mantap! ^_^

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT
Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT
Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

English muffin adalah makanan yang umum ditemukan di Inggris, Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Di US, roti ini biasa disebut dengan English muffin untuk membedakannya dengan muffin a la Amerika yang memiliki tekstur remah seperti cake.  Makanan ini paling umum disajikan dengan cara dipanggang (toasted) dan kemudian diolesi dengan mentega dan/atau selai. English muffin juga sering digunakan untuk membuat sandwich yang disajikan saat makan pagi (breakfast sandwich) biasanya bersama daging (bacon, ham atau sosis), telur (goreng, scrambled, rebus atau kukus), dan keju. English muffin merupakan bahan utama penting untuk hidangan tradisional bernama Eggs Benedict. Variasi roti ini bermacam-macam, mulai dari jenis tepung gandum utuh, kayu manis dengan kismis, cranberry, dan kayu manis dengan apel. 

Untuk membuat muffin a la Inggris ini sangat mudah, anda bisa menggunakan tepung terigu biasa atau tepung gandum utuh seperti yang saya gunakan. Adonan yang terbentuk tidaklah terlalu susah diuleni dan jika terlalu lembek maka tambahkan sedikit demi sedikit tepung agar tidak lengket di tangan. Anda bisa menggunakan oven untuk memanggangnya tetapi umumnya English muffin dipanggang di griddle (besi pemanggang yang diletakkan di atas kompor), atau pan. Saat weekend kemarin saya menggunakan LOCK&LOCK Hard&Light, pan dengan banyak kelebihan yang antara lain memiliki lapisan Hard-Anodizing; Memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan produk wajan LOCK&LOCK lainnya; Tahan terhadap goresan dan telah melalui scratch test, lebih dari 13,000 kali menggunakan steel cleaning pad (spons alumunium); Anti lengket dan mudah dibersihkan. 

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT
Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Teknologi Hard Anodized adalah teknologi yang digunakan oleh LOCK&LOCK dalam membuat produk Cookware-nya Hard&Light. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coating-nya, karena telah dilapisi dengan teknologi Hard-Anodized ini. Teknologi ini menjadikan kegiatan memasak lebih lebih aman dan makanan lebih sehat. 

Ketika saya menampilkan produk review LOCK&LOCK Hard&Light pada postingan resep English muffin kemarin, beberapa pembaca memberikan komentar mengenai 'JTT yang ternyata tidak bebas pesan sponsor'. Perlu saya jelaskan, yep, JTT memang tidak bebas sponsor. Artinya saya terbuka untuk mencoba dan mengulas satu produk selama brand yang menaunginya terpercaya dan produk tersebut memang memiliki kualitas. Mengingat memberikan review berarti juga memberikan saran dan masukan kepada pembaca JTT, maka kualitas produk menjadi hal yang utama bagi saya. Namun agar tidak memberikan pesan yang misleading atau terselubung maka di dalam artikel review tersebut tetap akan saya jelaskan bahwa produk merupakan titipan sponsor. ^_^

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT
Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Kembali ke Egg McMuffin, jika anda telah memiliki English muffin-nya maka bahan penyusun lainnya relatif mudah. Smoked beef atau beef burger, telur mata sapi atau telur goreng biasa, dan selembar keju cheddar. Jika ingin lebih bergizi maka tambahkan rajangan tomat atau daun lettuce/selada sebagai pengisinya, walau Egg McMuffin a la McDonald tidak menggunakan sayuran sama sekali. 

Kendala utama saat membuat telur mata sapi yang bulat adalah ketika telur dipecahkan di pan maka putih telur akan melebar dan berleleran kemana-mana, membuat telur goreng yang dihasilkan tidak cantik sama sekali. Nah untuk membuatnya bulat maka anda memerlukan pan dengan ukuran kecil yang pas untuk menggoreng satu telur, atau cetakan telur yang khusus dipakai untuk tujuan ini. Saya sendiri menggunakan tutup stoples Mason (Mason jar) yang memang memiliki bentuk unik pada tutupnya. Bagian lempengannya terpisah dengan ringnya, artinya bagian ring yang berlubang ini bisa dipakai sebagai cetakan telur. Jika anda memiliki stoples Mason di rumah maka anda bisa mencoba ide ini. Mason jar sendiri saat ini bisa dengan mudah di temukan di supermarket besar dengan berbagai ukuran tabung dan umumnya memiliki mulut stoples dengan diameter ukuran yang sama. Jadi jika anda mempunyai beberapa stoples maka ring penutupnya bisa anda gunakan sekaligus untuk memenuhi pan saat menggoreng telur. 

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT
Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Agar telur goreng tidak melekat di cetakannya maka olesi bagian dalam dan juga sedikit luar cetakan dengan margarine. Panaskan pan dan oleskan sedikit minyak untuk memastikan telur tidak melekat, dan karena saya menggunakan LOCK&LOCK Hard&Light yang anti lengket walau tanpa minyak, maka saya skip penggunaan minyak di pan. Pastikan pan benar-benar panas, dan letakkan cetakan ketika telur siap dipecahkan diatas pan (agar margarine di cetakan tidak meleleh). Pan yang benar-benar panas akan membuat putih telur langsung mengeras bagian tepiannya dan tidak berleleran kemana-mana, karena walau menggunakan cetakan sekalipun jika pan kurang panas maka putih telur masih tetap memiliki kesempatan untuk menyelinap dari bawah cetakan seperti sebutir telur yang saya goreng pada gambar di atas. Biarkan telur benar-benar mengeras hingga mencapai bagian atasnya, baru lepaskan cetakan dengan hati-hati. Wah panas dong! Yep, karena itu lakukan dengan hati-hati atau matikan dulu kompor selama beberapa waktu hingga cetakan sedikit mendingin baru lepaskan benda itu dari telur. 

Tidak memiliki cetakan telur khusus dan tidak ada Mason jar bukan berarti telur mata sapi sebulat bulan purnama tidak bisa diciptakan. Kita bisa juga membuat cetakan sendiri dari kertas karton yang dipotong memanjang dan dibungkus dengan alumunium foil. Prosesnya mirip ketika kita akan membuat cetakan Nastar a la Taiwan yang resepnya pernah saya posting pada link disini. Bedanya, cetakan untuk telur ini jauh lebih simple karena hanya berbentuk lingkaran saja dengan diameter sekitar 8 cm. Jangan lupa olesi bagian dalam dan luar cetakan dengan margarine dan pastikan pan benar-benar panas saat akan digunakan ya. 

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT
Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Smoked beef tentu saja pilihan yang mudah, kita tinggal menuju ke supermarket terdekat dan membeli aneka smoked beef dalam berbagai merk yang di letakkan di lemari pendingin disana. Namun saya suka homemade, dan begitu juga dengan para Ibu di luar sana yang semakin hari semakin concerned untuk memberikan makanan terbaik bagi buah hati mereka. Nah burger ayam yang saya sajikan kali ini sangat mudah dibuat dan rasanya sedap, kelebihan lainnya adalah makanan ini bisa disantap dengan apapun, tidak harus dipermak menjadi Egg McMuffin seperti postingan kali ini. Burger ini bisa disantap bersama potongan roti tawar biasa selayaknya sandwich, dengan nasi hangat, dengan kentang goreng/rebus, atau dengan roti burger yang harganya lumayan miring di supermarket. Saya jamin si kecil pasti akan suka. 

Untuk membuat burgernya saya menggunakan fillet dada ayam, walau fillet paha juga bisa digunakan. Bosan dengan ayam?  Ganti saja dengan fillet  ikan berdaging putih seperti kakap, tuna, dori, gurame, tengiri, atau udang dan daging sapi cincang juga sedap. Proses fillet di food processor (saya menggunakan chopper andalan), hingga smooth bersama aneka bumbu, baru kemudian ditambahkan bread crumbs (tepung roti) dan dibentuk seperti patties (bulat pipih). Burger perlu digulingkan ke tepung roti sebelum digoreng dalam minyak hingga permukaannya garing dan crispy.  Ingin burger yang lebih menyehatkan? Tambahkan cincangan halus wortel, kacang polong kaleng yang ditumbuk kasar, cincangan brokolli rebus, atau sayuran kesukaan anda lainnya. Pastikan jangan terlalu banyak menambahkan porsi sayuran agar burger tidak terlalu lembek. 

Berikut ini resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam ya. 

Note: LOCK&LOCK Hard&Light bisa dibeli di counter LOCK&LOCK, supermarket besar, atau online di website LOCK&LOCK Indonesia  di http://www.locknlockmall.co.id/ atau klik link disini untuk menuju langsung ke produknya. Untuk ukuran lengkapnya, bisa didapat di Flagship Store LOCK&LOCK Indonesia di Kuningan City, Lippo Mall Puri @St. Moritz, AEON Mall, Kota Kasblanka dan Central Park.

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Resep Egg McMuffin dengan Chicken Burger
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 7 buah Egg McMuffin

Tertarik dengan resep sejenis lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Burger Hitam (Kuro Burger) 
Beef Cheese Burger 
Homemade Hot Dog 

Bahan:
- 7 buah homemade English Muffin, resep dan proses pembuatannya bisa diklik pada link disini
- 2 buah tomat, iris melintang tipis (optional)
- 7 butir telur
- 7 lembar keju cheddar lembaran

Bahan burger ayam:
- 300 gram fillet dada ayam tanpa kulit (bisa menggunakan bagian paha), potong menjadi ukuran 3 x 3 cm
- 1/2 buah bawang bombay, rajang kasar
- 2 siung bawang putih, rajang kasar
- 1 sendok makan susu bubuk full cream
- 1 sendok makan mayonnaise
- 1 sendok teh bubuk cabai (optional)
- 1 sendok makan minyak wijen
- 1 sendok makan kecap ikan
- 1 sendok makan saus tiram 
- 4 sendok makan bread crumbs
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2  sendok teh garam       
- 1 sendok teh gula pasir
- beberapa sendok bread crumbs untuk melumuri burger
- minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Siapkan English muffin, anda bisa membeli ready made atau untuk homemade-nya silahkan klik resep dan proses pembuatannya pada link disini. 

Membuat burger ayam 

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Siapkan chopper atau food processor, masukkan potongan fillet dada ayam, bawang bombay, dan bawang putih. Pastikan fillet ayam yang anda gunakan tidak basah oleh air, jika baru saja dicuci maka tiriskan ayam dan keringkan permukaannya dengan tissue atau kain bersih. Terlalu basah akan membuat adonan burger menjadi lembek.

Proses hingga smooth. Keluarkan gilingan daging ayam dari chopper, tuangkan ke mangkuk. Tambahkan susu bubuk, mayonnaise, cabai bubuk, minyak wijen, kecap ikan, saus tiram, bread crumbs, merica, garam dan gula pasir. Aduk hingga rata. Jika adonan lembek, tambahkan sedikit bread crumbs. 

Untuk mencicipinya, maka ambil secuil adonan, goreng hingga matang. Seusaikan rasa asinnya.  

Ambil sekitar 1 1/2 - 2 sendok makan adonan burger, bulatkan dengan telapak tangan, kemudian tekan hingga pipih dan lebar. Tepuk-tepuk permukaannya agar padat dan tidak retak-retak atau pecah. Letakkan burger di loyang, dan lakukan hingga semua adonan habis. 

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Siapkan beberapa sendok makan bread crumbs di piring, gulirkan burger di bread crumbs hingga semua permukaannya tertutup rata. Tekan-tekan permukaan burger agar bread crumbs menempel dengan baik. 

Siapkan pan datar anti lengket, saya menggunakan LOCK&LOCK Hard&Light yang walau bisa menggoreng tanpa minyak namun kali ini karena saya perlu membuat permukaan burger garing dan crispy maka saya memerlukan minyak saat menggoreng. 

Goreng burger hingga matang dan coklat keemasan di kedua sisinya. Angkat dan tiriskan di rak kawat. Sisihkan. 

Menggoreng telur mata sapi  

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Siapkan pan datar anti lengket, jika anda ragu telur akan melekat di pan maka oleskan sedikit minyak di permukaannya. Dengan LOCK&LOCK Hard&Light maka saya tidak menggunakan minyak di pan. Olesi bagian dalam cetakan telur dengan margarine, oleskan juga sedikit di bagian luar pada area bawahnya (agar tidak lengket di luar ketika telur mengalir keluar cetakan seperti gambar di atas). 

Panaskan pan hingga benar-benar panas, letakkan cetakan, kemudian pecahkan telur di dalam cetakan dan jatuhkan isi telur dengan hati-hati agar tidak berleleran keluar cetakan. Jika pan benar-benar panas maka putih telur akan langsung mengeras dan tidak memiliki kesempatan untuk mengalir. 

Goreng telur dengan api kecil hingga terlihat hampir 80% bagian telur mengeras dan matang, lepaskan cetakan dari telur, kemudian balikkan telur untuk mematangkan sisi lainnya. Atau jika anda suka dengan telur setengah matang dimana kuningnya meleleh-leleh dan bisa dihirup, maka telur tidak perlu dibalik.

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Goreng semua telur, sisihkan. 

Belah dua English muffin, olesi permukaan potongannya dengan mentega/margarine. Kemudian panggang roti dengan sisi potongan menghadap ke bawah hingga permukaannya kecoklatan. Angkat.

Menata Egg McMuffin

Resep Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam JTT

Siapkan potongan bagian bawah roti, tata selembar keju, sebuah burger ayam, sebuah telur goreng mata sapi dan irisan tomat (jika pakai). Tangkupkan potongan roti bagian atas. Lakukan pada semua bagian roti dan isinya hingga habis. 

Egg McMuffin dengan Homemade Burger Ayam siap disantap. Super yummy!

Sources:
Wikipedia - English muffin
Wikipedia - McMuffin



24 komentar:

  1. Burgernya imut-imut ^^
    Btw pan lock & lock itu bisa dibeli di mana ya mba?

    Rinty

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Rinty, thanks ya. bs dibeli di mall dan counter lock & lock ya mba,udah ada kok

      Hapus
  2. Baca ini jd lapar mba. Simpel resepnya ya.
    Kapan2 ak coba ah. Thx sharingny mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya mba Raisa, silahkan dicoba, moga suka yaa ^_^

      Hapus
  3. Mbak endang untuk daging burgernya apa bisa didimpan di frezer? Caranya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mba maya, bisa dalam kondisi adonan dibekukan atau sudah dibentuk dan di panir kemudian di bekukan. Kalau mau dimasak tinggal ditaruh di suhu ruang hingga cair

      Hapus
    2. Terimakasih mbak endang, kira2 di frezer tahan berapa lama ya?

      Hapus
  4. Mbak endang ..berarti kalau misal untuk rotinya tepungnya diganti terigu semua tidak masalah ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep bisa ya mba, untuk takran airnya mungkin gak sebanyak resep diatas, karena tepung terigu biasa tidak terlalu membutuhkan banyak air seperti gandum ya

      Hapus
  5. Salam kenal Mbak Endang, saya Sari. Salah satu fans beratnya Mbak Endang...
    Saking sering nya mampir di blog ini, saya hampir" merasa seperti stalker nya Mbak Endang...
    Hahaha...

    Saya mw tanya nih Mbak, di beberapa resep roti Mbak Endang, ada yg membiarkan ragi 'hidup' dulu di air susu hangat, baru kemudian dicampur di bahan kering (tepung terigu). Dan menurut saya hasilnya jauh lebih mengembang drpd kalo kita campur ragi lgsg ke bahan kering.
    Atau jangan" ini hanya perasaan aku aja yah Mbak?

    Mw ucapin terima kasih banyak juga buat Mbak Endang, karena sudah 11 resep yg aku eksekusi dan ga ada yg gagal...
    Berasa jadi pinter masak stlh ketemu blog ajaib ini...

    Muchas gracias Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sari, salam kenal ya, thanks sharingnya, senang sekali resepnya disuka.

      Untuk ragi, sebenarnya tergantung banyak hal untuk membuatnya mengembang sukses, bisa dibuat biang dulu (tujuanya untuk membuat rasa roti lebih sedap) atau langsung dipakai saja. Hmm, pengalmn saya keduanya sama saja ya wakkakak.

      Sukses selalu ya!

      Hapus
  6. makasih resepnya yah mbak endang,aku pengen nyobain deh buat si genduk yang doyan burger.dan kecenya bisa di stock yah.

    eniwei maju terus pantang mundur mbak,Gak masalah banget JTT ada sponsor .Sesekali review panci atau alat masak malah menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, sip moga sukses ketika dicoba dan si kecil suka yaa.

      Hahahha, iyaaa, pesan sponsornya soalnya bs dapet pan gratis. thanks ya mba ^_^

      Hapus
  7. Mbak supaya kejunya terlihat meleleh, coba pada saat daging burger dibalik (untuk mematangkan sisi lainnya) saat itu taruh keju slice di atas daging yg dipanggang spt yg saya lihat di video internet/tv yg menampilkan aktivitas panggang daging burger di restoran mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, wah thanks tipsnya ya, next time saya coba ya.

      Hapus
  8. Bu Endang..saya baru coba resep Roti Manis tanpa Oven dan YEY! Berhasil! Terimakasih banyak Ibu..sudah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka ^_^

      Hapus
  9. Mbak itu burger nya nggak deep fried kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ya, pan fried dengan sedikit minyak saja atau grill di panggangan.

      Hapus
  10. Hi Mba Endang,
    Saya suka banget dengan blog Mba, baru pertama kali saya nemu blog yg rasanya passionate sekali seperti blog Mbak dan saya terbantu banyak karena blog ini.
    Itu mau nnya Mbak, di adonan ham nya ditambahkan bread crumbs itu buat apa ya mbak? Soalnya saya baru pertama kali liat patty dikasi bread crumbs, jadi penasaran.
    Thanks ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba sudah menyukai JTT. breadcrumbs untuk menyerap cairan dr dalam patty sehingga lebih padat dan tdk hancur ketika dipanggang

      Hapus
  11. Mbak, kalo ayamnya diganti sapi, takarannya sama atau beda ya ?
    Thanks before mbak :)

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...