29 September 2015

Resep Green Tea Ogura Cake


Resep Green Tea Ogura Cake JTT

Cake ini disebut ogura, mirip seperti kata dalam bahasa Jepang, namun sebenarnya tidak berhubungan sama sekali dengan kata dalam bahasa tersebut, karena ogura dalam bahasa Jepang berarti 'gudang kecil'. Tapi di dalam bahasa China, cake ini dikenal dengan nama xiang Si dan Gao yang berarti 'lovesick'. Berdasarkan beberapa artikel di food blog dan website yang saya baca, kue  ini cukup dikenal di daerah Batu Pahat, Malaysia. Tidak ada story behind the scene yang melatari nama yang unik ini, tidak ada alasan yang spesifik, beberapa baker di Batu Pahat hanya suka memberinya dengan nama demikian. 

Teksturnya super fluffy, ringan, dan tidak greasy, dan kalau dilihat resep serta proses pembuatannya maka cake ini mengingatkan kita pada cake chiffon. Hal yang membedakan hanyalah, chiffon  dipanggang di loyang khusus bongkar pasang dan loyang harus dibalikkan ketika cake telah matang, sedangkan ogura cukup dipanggang di loyang biasa namun dengan teknik pemanggangan yang berbeda. Untuk menghasilkan tekstur yang moist dan super lembut ini maka ogura dipanggang dengan teknik au bain marie.

Resep Green Tea Ogura Cake JTT
Resep Green Tea Ogura Cake JTT


23 September 2015

Resep Dendeng Ragi a la My Mom & Happy Eid Mubarak!


Resep Dendeng Ragi a la My Mom JTT

Dendeng ragi daging sapi, masakan yang telah lama tidak pernah saya cicipi kembali. Dulu makanan ini menjadi favorit kami sekeluarga, biasanya Ibu saya akan membuatnya hanya pada waktu-waktu tertentu. Ketika perekonomian orang tua saya sedikit membaik maka terkadang Ibu akan memasak rendang daging sapi dengan porsi kentang yang lebih banyak dari dagingnya, atau dendeng ragi dengan serundeng yang memenuhi wajan. Kentang dan parutan kelapa dengan porsi ekstra ini bukannya tanpa maksud, dengan anggota keluarga yang banyak maka Ibu harus memutar otak agar lauk yang dimasak bisa cukup dimakan oleh kami semua selama satu hari penuh, atau lebih bagus lagi jika bisa disimpan dan disantap untuk keeseokan harinya, dan keeseokan harinya. ^_^

Namun kini beliau sudah jarang membuat dendeng ragi, bahkan mungkin tidak pernah lagi. Alasannya karena proses memasaknya yang lumayan ribet dimana masakan harus selalu diaduk selama dimasak. Membayangkan Ibu harus berdiri lama didepan kompor, di usia yang sudah semakin tua, hanya demi sewajan dendeng ragi sepertinya bukan kegiatan yang menyenangkan. Alasan lainnya mungkin karena sudah tidak ada lagi kami, anak-anaknya yang akan menghabiskan masakan apapun yang beliau buat. Kami, lima bersaudara, telah menyebar dimana-mana dan tak ada satupun yang menetap di Paron. 

Resep Dendeng Ragi a la My Mom JTT
Resep Dendeng Ragi a la My Mom JTT

21 September 2015

Resep Terung Balado dengan Telur Puyuh



Resep Terong Balado dengan Telur Puyuh JTT

Dua hari libur yang berlalu dengan percuma.Weekend yang benar-benar tidak produktif tanpa ada satupun kegiatan bermanfaat yang saya lakukan. Kecuali kalau mau dianggap bahwa menonton film di atas kasur hingga pukul dua malam setiap harinya sebagai kegiatan yang membanggakan. Tumpukan baju kotor di ember yang sudah seperti gundukan es di Himalaya, dapur yang biasanya selalu kinclong dengan permukaan kompor bebas noda kini penuh dengan tetesan kuah makanan dan cipratan minyak. Perabotan berdebu yang memerlukan semprotan pembersih dan sehelai kain lap. Belum lagi tanaman dalam pot di halaman yang tampak sekarat mendambakan guyuran air bergalon-galon. Begitu banyak pekerjaan rumah tangga yang membuat kepala pening. Sejak Heni pergi maka rumah Pete kembali ke kondisi semula seperti sebelum asisten saya ini datang, kacau balau. ^_^

Resep Terong Balado dengan Telur Puyuh JTT
Resep Terong Balado dengan Telur Puyuh JTT


18 September 2015

Free 5 Buah Buku Ketiga JTT - 90 Masakan Rumahan Untuk Sebulan



Halooow semua!

Sebagai bentuk apresiasi saya atas semua doa, support dan kesetiaan rekan-rekan bersedia meluangkan waktu menjenguk dan mempraktekkan resep-resep di Just Try & Taste, maka saya akan membagikan 5 (lima) buah buku ketiga JTT berjudul 90 Masakan Rumahan Untuk Sebulan secara 'cuma-cuma'.  Eits tunggu dulu, 'cuma-cuma' nya saya berikan tanda kutip karena untuk mendapatkannya maka diperlukan sedikit usaha. Syaratnya sangat mudah! Cukup kirimkan cerita pengalaman rekan-rekan mencoba salah satu resep yang saya hadirkan di JTT beserta foto hasil masakannya maka buku tersebut akan saya kirimkan langsung tanpa dipungut biaya apapun.


Order Buku Ketiga JTT - 90 Masakan Rumahan Untuk Sebulan


Buku ketiga JTT 90 Masakan Rumahan Untuk Sebulan

Dear Rekan-Rekan Pembaca JTT Tersayang,

Berkat dorongan, doa dan support dari rekan-rekan pembaca Just Try & Taste yang setia, maka bulan September 2015 ini Just Try & Taste meluncurkan buku ketiga yaitu 90 Masakan Rumahan Untuk Sebulan. Buku yang rencananya akan diterbitkan sebelum bulan puasa Ramadhan beberapa bulan yang lalu, namun dikarenakan satu dan lain hal akhirnya baru bisa diluncurkan pada bulan ini.

Buku ini berisi 90 resep menu harian untuk sebulan  yang terdiri atas 3 menu dalam satu hari untuk 30 hari yang meng-cover lauk, sayur dan menu pelengkap. Tentu saja menu yang saya susun secara harian di dalam buku bisa saling dipertukarkan satu dengan lainnya, jadi tidak harus terpaku dengan susunan yang saya sajikan. Menu dan resepnya cukup simple dengan bahan-bahan yang terjangkau, dan harapan saya buku ini bisa membantu Ibu-Ibu dan kaum wanita yang sering pusing menyusun menu harian bagi keluarga menjadi lebih tercerahkan.

Buku  90 Masakan Rumahan Untuk Sebulan ini bisa diperoleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung, atau di  toko buku online. Jika rekan-rekan berminat dengan tanda tangan dan special note pengarang maka bisa memesannya langsung ke saya, saat ini saya hanya memiliki 100 buah stock buku saja. Jadi bagi yang berminat bisa segera mengirimkan email pesanan yang berisi: nama lengkap, alamat dan no HP ke endangindriani@justtryandtaste.com atau inbox di Facebook JTT. Harga buku sebesar Rp. 88.000,- belum termasuk ongkos kirim dan buku akan dikirimkan by Tiki JNE. 

Terima kasih atas semua doa, support, motivasi,  komentar dan sharing yang rekan-rekan berikan ke saya dan JTT, semoga Allah SWT membalasnya dengan kesuksesan yang berlipat ganda.

Sukses untuk kita semua! 

Love,
Endang 

Resep Pacri Nanas dan Kedondong & Koreksi Halaman 50 Buku Ketiga JTT



"Masak apa hari ini Ma"? Tanya saya penuh semangat ketika baru saja pulang dari sekolah. Perut ini sudah terasa keroncongan, dan sekolah yang nun jauh dari rumah serta harus ditempuh dengan berjalan kaki memang membuat bocah berusia tujuh tahun, cukup ngos-ngosan. "Pacri nanas dengan ikan selar kuah kuning," jawaban Ibu langsung membuat wajah saya menjadi sumringah, hilang sudah semua penat di kaki. Kedua makanan itu adalah favorit saya dan walau dimasak berkali-kali dan berkali-kali setiap hari, saya tidak akan mengeluarkan kata protes. 

Tas sekolah lantas dilemparkan cepat-cepat ke atas kasur, dan dengan masih mengenakan seragam sekolah saya pun 'nangkring' di kursi makan menghadap segunung nasi berlaukkan pacri nanas dan ikan kuah kuning. Rasanya yang sedap sungguh tak tertahankan, membuat tak satupun kata terlontar dari bibir saya kala menyantapnya. ^_^



16 September 2015

Saya, Kentang, dan Resep Perkedel Kentang a la My Mom


Resep Perkedel Kentang JTT

Saya dan kentang, kami berdua memiliki story panjang, melalui banyak suka dan duka yang sampai sekarang masih sering terbayang. Dulu, sebelum Alm. Bapak dipindahtugaskan dari Tanjung Pinang, Riau ke Maospati, Madiun, kami sempat tinggal di Surabaya selama 1 tahun lamanya.  Ketika itu saya masih duduk di kelas dua Sekolah Dasar dan kota Surabaya dalam bayangan saya merupakan kota yang panas dengan nyamuk yang luar biasa banyaknya. Sayangnya memori saya tentang kota ini sangat minim sekali mengingat waktu yang singkat, sehingga saya lupa nama daerah tempat tinggal kami waktu itu.

Rumah yang dikontrak kedua orang tua saya bersebelahan dengan pabrik pengolahan minyak babi, satu hari dalam seminggu pabrik akan beraktifitas lebih ramai dari biasa. Saat itu lemak babi dimasak dalam wajan rakasasa untuk diolah menjadi minyak, dan baunya pun menyengat memenuhi seantero rumah. Awalnya kami, terutama Ibu, mengalami muntah dan mual yang akut, namun lama-kelamaan menjadi terbiasa. Mungkin itu yang membuat harga kontrakan rumah tersebut menjadi sangat murah dan terjangkau. Tidak banyak orang yang mau mengontrak di rumah seperti ini, kecuali keluarga kami yang memang kemampuan ekonominya lemah. Saat itu Bapak hanyalah tentara berpangkat rendah dengan gaji yang sangat kecil, dan Ibu hanya di rumah mengurus kami semua.

Resep Perkedel Kentang JTT
Resep Perkedel Kentang JTT


15 September 2015

Resep Ayam Masak Merah


Resep Ayam Masak Merah JTT

Beberapa waktu yang lalu saya pernah menampilkan resep nasi tomato di JTT, nasi berempah dengan warna kemerahan karena menggunakan banyak tomat ini merupakan makanan khas dari negeri Malaysia. Untuk resep dan proses pembuatan nasi tomato, bisa anda klik pada link disini. Nah untuk menyantap si nasi tomato paling sedap adalah dengan ayam masak merah seperti postingan saya kali ini. Ayam yang digoreng setengah matang ini dimasak dengan campuran bumbu berwarna kemerahan karena menggunakan banyak cabai merah giling dan tomat, rasanya sedikit asam, gurih dan pedas. 

Sepertinya, nasi tomato berlauk ayam masak merah merupakan hidangan yang bisa menjadi cara untuk memanfaatkan buah tomat yang berlimpah di pasaran. Beberapa waktu belakangan ini, panen raya membuat harga tomat menjadi sangat murah. Bahkan berita yang saya baca di internet cukup membuat prihatin, ketika petani tomat membuang hasil panen mereka di jalan sebagai aksi protes rendahnya nilai jual komoditas ini. Di tengah mahalnya buah-buahan impor yang harganya mencekik leher maka mengkonsumsi buah yang sedang musim sebanyak-bannyaknya, bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian. 

Resep Ayam Masak Merah JTT
Resep Ayam Masak Merah JTT


14 September 2015

Obsesi Roti 41 - Sticky Caramel Rolls Tanpa Diuleni



Mixer heavy duty memang 'jos gandhos', motornya yang powerful dengan baling-baling yang besar membuat berkilo-kilo adonan takluk tanpa syarat dibawah putarannya yang kuat. Dalam tempo lima belas menit saja maka  semangkuk besar adonan berubah menjadi smooth seperti pantat bayi. Karena kemampuannya yang mantap inilah maka setiap kali datang ke rumah adik saya, Wiwin, di Mampang, maka alat tersebut menjadi incaran saya untuk melakukan berbagai eksperimen. Terutama untuk membuat roti. 

Walau peralatan baking-nya cukup lengkap, namun Wiwin sendiri jarang menggunakannya. Padahal dulu, sekitar enam tahun yang lalu, si humble ini cukup rajin membuat aneka kue kering. Ibu dan saya sering kebagian berstoples-toples kue buatannya. Kami berdua sering ber-uh dan ah, takjub dengan renyah dan lezatnya kue buatan Wiwin. Saat itu blog JTT belum tercipta dan membuat kue serta aktifitas baking lainnya merupakan kegiatan asing yang hanya terjadi dalam mimpi saja. ^_^

Sticky Caramel Rolls Tanpa Diuleni JTT
Sticky Caramel Rolls Tanpa Diuleni JTT


10 September 2015

Resep Ebi Furai & Tips Membuatnya Tidak Melengkung


Resep Ebi Furai JTT

"Masih ada udang besar di freezer sisa Lebaran kemarin, enaknya dibikin apa ya"? Tanya adik saya, Wiwin, ketika saya sedang berada di rumahnya beberapa minggu yang lalu dan sibuk mempersiapkan pernik-pernik membuat lasagna di dapur. "Kita rebus dan cocol saus pedas seperti di Bandar Jakarta? Atau kita bikin balado saja"? Lanjutnya bertanya sambil memberikan alternatif ide. "Nggak enak kalau direbus saja. Udang di Bandar Jakarta kan super fresh, masih hidup, bukan udang yang sudah lama membeku di freezer", jawab saya kurang setuju. 

Teringat dengan keluhan adik saya yang sering kebingungan menentukan menu sarapan pagi untuk kedua putranya saat hendak berangkat sekolah, saya lantas mengajukan ide, "Bagaimana jika kita buat ebi furai saja untuk abang dan adik? Bekukan di freezer dan sewaktu-waktu bisa digoreng untuk lauk." Usulan saya disambut Wiwin dengan antusias, dan berkutatlah kami berdua di dapur mengupas udang dan melumurinya dengan breadcrumbs. Membuat ebi furai memang sangat mudah, namun bagian yang membuat musibah adalah menguliti udang, mengeratnya dan melumurinya dengan breadcrumbs satu persatu. Lebih musibah lagi jika udang itu sebanyak dua kilogram, sampai dua jam lamanya saya harus berdiri hingga pekerjaan tersebut selesai. Tobat!

Resep Ebi Furai JTT
Resep Ebi Furai JTT


09 September 2015

Resep Bolu Rampah Khas Makassar


Resep Bolu Rampah Khas Makassar JTT

Resep simple dan cara super mudah bukan berarti menjamin kesuksesan ketika dicoba. Contohnya adalah resep bolu rampah yang dikirimkan oleh seorang pembaca JTT, Ibu Sumarni Sulaeman. Bermula dari keluhan beliau yang berkali-kali gagal membuat bolu rampah dari resep yang biasa digunakan oleh Ibunya, kalimatnya saya cuplik berikut ini, "Mba tolong dong tipsnya kenapa ya setiap saya bikin bolu rampah (khas Makassar), selalu gagal. Awalnya mengembang baik terus langsung kempes tengahnya, kira-kira yang salah apa ya"? Kalimat ini diikuti dengan gambar bolu berwarna coklat gelap yang tempak kempis dan turun di bagian tengahnya. 

Terus terang baru kali ini saya mendengar mengenai bolu rampah khas Makassar, walau sepertinya saya pernah menyantap bolu berempah sejenis yang banyak dijual di toko kue Manado di ITC Mall Ambassador. Penasaran dengan si bolu, saya pun lantas meminta resepnya agar mendapatkan gambaran mengenai bahan-bahannya. Resep keluarga Ibu Sumarni sebagaimana resep tempo dulu lainnya umumnya menggunakan gelas sebagai alat ukur, namun beliau mengatakan gelas bertangkai yang menjadi alat ukur tersebut memiliki volume 200 ml. Bahan-bahan lainnya mudah ditemukan dan semua ada di dapur rumah Pete, jadi ketika pulang kerja pada hari Senin lalu saya langsung mengeksekusinya. Hasilnya bantat dengan sukses! ^_^


08 September 2015

UPDATE PROMO BUKU KETIGA JTT



Halo Rekan-Rekan  Pembaca JTT yang Luar Biasa! 

Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan atas kesediaan rekan-rekan memesan promo buku ke-3 JTT yaitu '90 Masakan Rumahan Untuk Sebulan'. Tanggapan rekan-rekan yang luar biasa sehingga pemesanan buku periode promo ini melebihi estimasi target membuat saya sangat terharu. 

Mohon maaf jika saat melakukan pemesanan menemui banyak kendala seperti SMS/WA yang tidak terjawab atau lama direspon. Namun rekan-rekan tidak perlu khawatir karena sebenarnya semua pemesanan akan masuk ke dalam purchase order dan diproses oleh Penerbit. Semua pesanan akan mulai dikirimkan setelah promo usai pada tanggal 10 September 2015. 

Saat ini pemesanan untuk Paket I dan Paket II DITUTUP, jika ada pemesanan yang masih berlangsung ke Penerbit Kawan Pustaka maka hal tersebut di luar tanggung jawab dan kewenangan saya sebagai penulis. Pertanyaan, komplain mengenai paket yang salah, gift yang tidak diterima atau paket yang belum diterima dalam waktu lama mohon agar biisa langsung diajukan ke pihak Penerbit yang menerima pesanan

Terima kasih dan terima kasih saya ucapkan. Sukses untuk kita semua!

07 September 2015

Resep Kiriman Pembaca JTT - Papeda, The delicious Papua!


resep papeda papua JTT

Hai Mba Endang apa kabar? Maaf  Mba saya baru bales karena banyak acara yang saya lalui meskipun saya sendiri tidak terjun langsung ke acara tersebut, namun terharu bahagia saya rasakan di sela2 menanti resep papeda dari Ibu saya :).  Sejak liat komenku di bales Mba Endang, di saat itu juga saya langsung Whatsapp Ibuku untuk minta resep papeda. "Buk minta resep papeda donk".  "Ibu lagi dinas di Tretes 2 hari, ntar ya kalo udah di rumah aja, tak liat nya catetan biar manteb".


Sepenggal paragraf diatas saya ambil dari email kiriman Mba Anti, salah seorang pembaca JTT yang beberapa waktu lalu menawarkan resep papeda khas keluarganya. Resep ini telah lama menjadi koleksi Ibunda tercinta dan selalu mencetak hits ketika dihadirkan di keluarga. Sudah lama saya memang ingin membuat papeda, tetapi ragu karena belum pernah mencicipi masakan ini secara langsung, dan belum menemukan sebuah resep handal di tangan. Jadi ketika tawaran Mba Anti datang, bagaikan pengembara di padang pasir yang tiba-tiba melihat oase di tengah haus yang menggigit, saya pun langsung mengiyakan tawaran resep gratis tersebut dengan antusias. ^_^

resep papeda papua JTT


04 September 2015

Resep Crispy Calamari & Pengalaman Bersama Go-Jek


Resep Crispy Calamari JTT

"Bayangkan Ndang, dari kantorku ke sekolah si Abang naik Go-Jek hanya lima belas ribu! Biasanya naik taksi kena enam puluh ribu karena macet, padahal jaraknya dekat banget"! Kata-kata adik saya, Wiwin, yang penuh semangat plus aplikasi Go-Jek yang disodorkan didepan hidung saya tak ayal membuat mata saya melotot juga untuk memperhatikannya. Go-Jek, sarana transportasi ojek berbasis aplikasi online ini memang fenomenal dan menjadi alternatif kendaraan umum yang kini diincar oleh masyarakat Ibukota. 

Teman-teman kantor, keluarga dan berita di internet membicarakannya hampir setiap hari, namun saya sendiri belum pernah menggunakan transportasi ini. Padahal Go-Jek selayaknya ojek umumnya memang mantap untuk menembus kemacetan jalanan di Jakarta, plus dengan banyaknya promo yang disebar membuat biayanya menjadi sangat murah dibandingkan dengan ojek umum yang tidak bernaung di perusahaan sejenis seperti ini. Contohnya saja untuk promo bulan ini, Go-Jek dan Grabbike (pesaing Go-Jek) memberikan harga pukul rata jarak jauh-dekat dibawah radius 25 km hanya sepuluh ribu rupiah. Jika saya naik angkutan umum dari kantor ke rumah,  yang harus berganti kendaraan sebanyak tiga kali maka saya harus merogoh kocek sebesar dua belas ribu rupiah. Dengan Go-Jek atau Grabbike, saya bisa tiba lebih cepat dan masih bisa saving dua ribu rupiah. Hmm, otak kikir saya mulai melakukan kalkulasi dan akhirnya saya memutuskan untuk mencobanya. ^_^

Resep Crispy Calamari JTT
Resep Crispy Calamari JTT


03 September 2015

Resep Sup Iga Daun Kedondong & Apalah Arti Sebuah Nama?


Resep Sup Iga Daun Kedondong JTT

Minggu lalu, anggota keluarga besar saya bertambah. Diar, istri adik saya, Tedy, baru saja melahirkan anak keduanya, seorang bayi perempuan mungil bernama Aruna Salma yang berarti karunia yang sehat. Bermata sipit, berkulit putih dengan rambut yang sekelam malam tergelap, tebal dan lebat, Aruna tampak seperti malaikat kecil dalam dekapan selimut lembut yang membungkusnya.  Terus terang, saya dan adik saya, Wiwin, terkagum-kagum juga dengan kreatifitas Tedy memberikan nama. Kedua putri moleknya memiliki nama yang cantik dan mengandung makna yang indah. Kalau sudah seperti ini  saya sering menyesali 'ketidakkreatifitasan' alm. Bapak saya mencari nama untuk anak-anaknya. Dulu ketika saya masih duduk di sekolah dasar, saya seringkali protes berat ke Bapak mengenai nama ini. Saat itu saya duduk di kelas enam SD, dan teman-teman sekelas yang merasa tidak puas dengan nama mereka beramai-ramai menggantinya, agar tampak manis di ijasah pertama kala lulus dari SD kelak. Pada jaman itu tidak semua anak memiliki akte kelahiran, jadi nama asli mereka masih bisa dirubah sesuka hati sebelum ijasah SD dan akte resmi dibuat.

"Aku juga mau diganti namanya Pak, aku nggak suka dengan namaku," protes saya ke Bapak yang hanya tersenyum-senyum saja mendengarnya. "Memangnya apa yang salah dengan nama Endang? Ringkas, mudah diingat dan orang tidak akan salah menyebutnya," jawaban Bapak yang kalem membuat saya bertambah kesal. "Apa bagusnya nama Endang? Semua orang memanggil aku Ndangdut, Gendang, Kendang, Kandang"! Tukas saya meledak-ledak lengkap dengan 2 buah tanduk imaginer yang tiba-tiba tumbuh di pucuk kepala dan cuping hidung yang menyemburkan api bak naga. ^_^ 

Resep Sup Iga Daun Kedondong JTT
Resep Sup Iga Daun Kedondong JTT


02 September 2015

Promo Buku Just Try & Taste - Yuk Buruan di Buru! ^_^



Halo rekan-rekan semua,

Buku ketiga Just Try & Taste dengan judul '90 Masakan Rumahan Untuk Sebulan' sebentar lagi akan diluncurkan. Buku ini berisi 90 resep masakan harian yang akan membantu rekan-rekan untuk menyusun menu selama 1 bulan. Nah bagi rekan-rekan yang berminat untuk memperoleh edisi pre-launchingnya sebelum buku tersebut tersedia di pasaran, maka berikut ini ada promo paket yang hanya berlaku dari tanggal 1 - 10 September 2015. 

Paket 1 berupa buku '90 Masakan Rumahan Untuk Sebulan' dan buku 'Home Cooking' seharga Rp. 125 rb dan paket 2 berupa buku '90 Masakan Rumahan Untuk Sebulan' dan buku 'Masakan Rumahan' seharga Rp. 125 rb. Rekan-rekan yang membeli buku pada edisi promo ini akan mendapatkan hiasan dinding yang cantik seperti gambar diatas. 

Yuk buruan diburu buku ketiga Just Try & Taste! 

Terima kasih dan salam!

Endang

Resep 30 Menit Ayam Saus Jeruk


resep ayam saus jeruk JTT

Membuat masakan simple, mudah, praktis dan memiliki rasa yang unik dan berbeda sebenarnya tidaklah terlalu susah. Tentu saja diperlukan sedikit usaha dan kreatifitas. Seperti ayam saus jeruk yang saya posting kali ini, masakan a la Chinese yang sering ditemukan di restoran cepat saji dan Chinese food ini super mudah dibuat dan memiliki rasa yang lezat. Selain itu rasanya yang tidak terlalu pedas membuatnya dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga termasuk si krucil yang tidak doyan dengan cabai. Cukup skip saja cabai di resep dan sajikan si fillet ayam bersaus dengan nasi putih yang hangat.

Walau ayam saus jeruk atau orange chicken yang disajikan di resto umumnya tidak terlalu spicy, namun saya sendiri lebih suka versi pedasnya. Tak pedas maka, "Tak lajulah awak ini hendak bersantap." Jadi saya lebih suka menambahkan beberapa butir cabai rawit, beberapa sendok teh cabai bubuk dan saus sambal botolan. Seporsi ayam saus jeruk pun menjadi teman santap siang saya ketika weekend kemarin. Hmm yummy!

resep ayam saus jeruk JTT
resep ayam saus jeruk JTT


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...