30 Oktober 2015

Cerita Ke-4 Pemenang 'Giveaway' Buku Ketiga JTT - Beetroot Cake & Hobi Baru Saya by Itsna Arifah Rahmawati


cerita pemenang giveaway buku ketiga JTT
Photo courtesy of Itsna Arifah R.

Salah satu hobi baru saya sejak beberapa bulan ini (atau tahun ya?) adalah membuka dan membaca blognya mbak Endang. Selain dapat menumbuhkan gairah dan semangat untuk memasak (walaupun ujung-ujungnya nggak jadi masak karena malas datang melanda lagi, hehehe), baca blognya mbak Endang itu bisa nambah pengetahuan seputar masak-memasak dan baking. Banyak sekali tips-tips dan pengetahuan baru yang saya dapat setelahnya. Ditambah lagi dengan komentar-komentar dari para pembaca yang lain yang sudah mencoba resepnya dan tak ragu untuk berbagi tips anti gagal. 

Selain itu mata dan pikiran saya juga menjadi lebih fresh kala membuka blog ini. Kenapa? Karena mbak Endang bukan saja menampilkan resep yang mantap dan step-by-step yang bisa memudahkan kita untuk mengikuti, tapi juga tak jarang diikuti dengan cerita-cerita lucu dan menarik dan pastinya disertai dengan foto-foto yang tidak kalah menarik yang selalu menggoda iman saya untuk akhirnya mencoba resep itu. Refreshing abis deh pokoknya untuk mata dan pikiran saya. Jadi, walaupun terkadang setelah membaca blog ini berjam-jam tapi ujung-ujungnya nggak jadi masak karena malas melanda lagi, setidaknya saya tidak rugi banyak. Setidaknya mata dan otak saya sudah mendapatkan manfaat dari hobi baru saya ini. Hehehe. Ngeles.  


29 Oktober 2015

Mengenal Cincau Hijau, Khasiatnya dan Seputar Info Tentangnya


Cincau Hijau, Khasiatnya dan Seputar Info Tentangnya JTT

Anda masih ingat dengan Heni, asisten rumah tangga saya yang pernah bekerja selama beberapa bulan lamanya di rumah Pete, untuk kemudian saya transfer ke rumah adik saya, Wiwin di Mampang? Nah beberapa waktu yang lalu ketika sedang pergi ke acara kawinan di kampungnya maka mantan asisten saya ini mengalami kecelakaan, terjatuh dari sepeda motor. Akibatnya cukup parah, kini Heni tidak bisa kembali bekerja di rumah Wiwin karena harus beristirahat total selama dua hingga tiga bulan lamanya. Kejadian ini sebenarnya sangat disesalkan dan cukup membuat kami panik alang kepalang. Heni sudah menjadi bagian dalam keluarga, dan kehadirannya sangat dinantikan. Jadi ketika sebuah SMS berisi permintaan maaf (karena tidak bisa kembali tepat waktunya) tiba, Wiwin pun dibuat pusing tujuh keliling.

Masalah utama sebenarnya adalah kedua putra adik saya, Rafif dan Fatih yang masih kecil dan tidak bisa ditinggal sendiri di dalam rumah ketika salah satu dari mereka pulang sekolah. Ini adalah masalah klasik para orang tua yang keduanya bekerja di kantor seharian. Untungnya anak-anak memiliki schedule sekolah dan aneka les yang padat, sehingga waktu mereka pun tidak terlalu banyak dihabiskan di rumah. Jadi dengan sedikit perjuangan dan kreatifitas, adik saya mampu survived tanpa asisten selama satu bulan lamanya.

Cincau Hijau, Khasiatnya dan Seputar Info Tentangnya JTT
Cincau Hijau, Khasiatnya dan Seputar Info Tentangnya JTT


28 Oktober 2015

Resep Gurame Siram Tauco & Sekilas Sharing Tentang Food Photography


Resep Gurame Siram Tauco Dengan Cabai Merah Kering JTT

Seorang pembaca JTT pernah bertanya ke saya melalui email, "Mba Endang, saat ini saya sedang mendalami food photography. Apakah bisa dishare mengenai teknik food photography yang dilakukan, misalnya berapa ISO, shutter speed, aperture dan teknik pencahayaannya"? Memang selama ini saya tidak pernah menampilkan satu artikel pun mengenai food photography di JTT, bukan karena enggan berbagi untuk ilmu yang satu ini, melainkan karena sangat menyadari kemampuan fotografi yang pas-pasan. Walau beberapa buku mengenai teknik memotret makanan pernah saya lahap dan setiap kali mengambil gambar selalu berusaha mengingat tips dan trick yang diberikan tetap saja ujung-ujungnya hanya jepret-jepret tak keruan yang saya lakukan. Apalagi tergesa-gesa dalam melakukan segala sesuatu sepertinya sudah menjadi 'motto' saya dan tergesa-gesa dalam memotret makanan termasuk di dalamnya. Jadi ketika hidangan telah matang, 'boro-boro' teringat dengan segala tips maka yang saya lakukan adalah cepat-cepat mendudukkan piring di meja dan mengambil gambar sebanyak-banyaknya. Modal utama saya selain kamera (tentunya), adalah cahaya matahari yang maksimal. ^_^

Resep Gurame Siram Tauco Dengan Cabai Merah Kering JTT
Resep Gurame Siram Tauco Dengan Cabai Merah Kering JTT


27 Oktober 2015

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard


Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT

Sebagai food blogger yang dituntut untuk selalu rutin memposting artikel entah itu berupa resep, tips atau info yang berhubungan dengan memasak dan kuliner maka terkadang saya harus memutar otak ekstra keras. Resep unik dan baru selalu membuat pembaca berminat untuk meliriknya, membuat saya terpacu untuk selalu menampilkannya, disisi lain saya tetap juga berusaha jangan sampai karena tuntutan hobi 'ngeblog' tersebut membuat kantong menjadi jebol. Terus terang blogging bagi saya (saat ini) hanya sebatas mengisi waktu, sharing resep yang diharapkan bisa berguna untuk pembaca, menyalurkan hobi (memasak, menulis dan food fotografi), selain tentu saja menjaring teman yang memiliki minat yang sama sebanyak mungkin. 

So far, blog Just Try & Taste cukup mampu memuaskan saya secara batin, walau secara material belum menghasilkan pundi-pundi yang berarti. Jadi jika anda melihat banner advertisement yang kini menghiasi wall JTT, percayalah saya sama sekali belum merasakan nikmat rupiahnya. Apalagi sejak Adsense saya di banned oleh Google beberapa tahun yang lalu,  dengan alasan saya melakukan invalid click (yang sumpah mati tidak pernah saya lakukan), maka harapan saya sebagai publisher Adsense pun kandas. Tetapi hey, bukankah kepuasan batin tidak boleh diukur dengan uang dan materi?  ^_^

Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT
Resep Dadar Gulung Pandan & Vanilla Isi Cream Custard JTT


26 Oktober 2015

Resep Crepe Suzette & Kisah Kecopetan di Angkutan Umum


Resep Crepe Suzette JTT

Kecopetan di dalam angkutan umum mungkin pengalaman yang sudah banyak terjadi bagi pengguna sarana transportasi ini, termasuk saya yang sehari-hari berangkat dan pulang kantor dengannya. Telah dua kali saya mengalami kecopetan, yang pertama terjadi bertahun-tahun nan lampau kala masih awal bekerja di Jakarta. Metromini 610 jurusan Blok M - Pondok Labu ini merupakan angkutan umum andalan yang saya gunakan untuk berangkat ke terminal Blok M. 


Kejadiannya klasik, ketika turun dari bus dalam kondisi terburu-buru dan sempoyongan karena bus yang melaju kencang dan mengerem mendadak maka tas kerja di bahu terlupa tidak didekap di depan dada. Seorang pencopet dengan pakaian rapi dan tas ransel hitam ternyata telah menempel di belakang saya yang berdiri di pintu bus, menyobek retsleting tas dan mengambil dompet yang mendekam disana. Ketika turun dari bus saya sedikit terheran ketika lelaki tersebut meloncat terburu-buru dan berlari kencang di kegelapan malam. Saya baru tersadar lima menit kemudian ketika melihat tas yang terbuka lebar.  

Resep Crepe Suzette JTT
Resep Crepe Suzette JTT



23 Oktober 2015

Cerita Ketiga Pemenang 'Giveaway' Buku Ketiga JTT - Nugget Stik Udang by Kartika Dewanty Sitepu


Cerita Pemenang Buku Ketiga JTT
Photo courtesy of Kartika Dewanty Sitepu

NUGGET STIK UDANG Diadaptasi dan asli nyontek resep : UDANG KAKI NAGA (JUST TRY & TASTE) 

Jadi ceritanya begini, sebagai seorang ibu yang ingin memberikan yang terbaik buat anak-anaknya, aku pun tak melewatkan hal-hal baik buat ketiga buah hati. Apalagi untuk Si Kakak yang keduanya masih sekolah dan harus pergi pagi setelah sarapan dan pulang sebelum makan siang. Rentang waktu antara pagi dan siang itu cuma bekal atau bontot istilahnya di sini yang bisa kusiapkan untuk mereka pergi ke sekolah. Sesekali jika ada uang seribu dua ribu kadang kuberikan juga sebagai uang jajan di kantin sekolah, tapi itu jarang sekali. Hanya bekal walau selapis roti tawar bertabur meises atau kue buatanku itu pun tak lebih dari empat potong. Yang penting Si Kakak punya bekal untuk disantap di sekolahnya. 


22 Oktober 2015

Resep Simple Pho Ayam nan Segar


Resep Simple Pho Ayam nan Segar JTT

Membuat masakan bernama pho menurut saya hampir mirip seperti kala Hermione membuat ramuan polyjuice di kisah Harry Potter. Jika anda pembaca sejati novel legendaris karya JK. Rowling tersebut,  maka anda tentu tahu betapa tidak mudah untuk membuat sebelanga kecil ramuan yang mampu membuat orang yang meminumnya beralih wujud menjadi sosok lainnya. Membutuhkan banyak bahan, waktu yang lama dan kesabaran tingkat dewa. Nah kuah pho yang sama legendarisnya dengan novel tersebut juga memerlukan banyak ragam rempah, dan harus direbus perlahan selama berjam-jam lamanya. Perebusan ini akan membuat semua sari pati bahan dan bumbu di dalamnya menyelinap keluar, membuat rasa kuah menjadi super lezat.  Kekuatan utama pada hidangan dari Vietnam ini memang terletak pada kuahnya yang bening dan 'ngaldu banget' karena bahan pengisi pho yang lain sebenarnya relatif sederhana. 

Membayangkan harus menghabiskan banyak bahan bakar demi semangkuk pho memang cukup membuat nafsu untuk memasak makanan ini sedikit luntur. Namun membayangkan harus berjalan keluar rumah pada siang yang super terik ke restoran pho andalan lebih tidak menarik. Teringat dengan sebuah artikel pho ayam yang pernah saya baca di sebuah website luar membuat satu ide terlintas. Sepertinya pho ayam pun akan tak kalah sedapnya untuk dicoba.

Resep Simple Pho Ayam nan Segar JTT


20 Oktober 2015

Obsesi Roti 42 - Resep Roti Manis Tanpa Oven Isi Krim Custard & FAQ Seputar Proses Pembuatan Roti


Resep Roti Manis Tanpa Oven Isi Krim Custard JTT

Entah sudah berapa puluh kali saya sebutkan di JTT bahwa membuat roti sendiri di rumah bukanlah pekerjaan yang sulit. Bahkan untuk para beginner yang baru pertama kali mencoba mencampur tepung, ragi dan air dalam sebuah resep adonan roti. Selama ragi yang anda gunakan masih aktif, selama adonan mengandung cukup air, maka apakah adonan akan diuleni secara manual, diuleni dengan mixer heavy duty atau tanpa ulenan sama sekali, roti akan tetap mengembang dengan baik ketika dipanggang atau dikukus.  

Ragi roti (Saccharomyces cerevisiae) adalah mikroorganisme amazing yang sebenarnya bekerja untuk anda mengubah tepung dan air menjadi adonan dengan tekstur yang lembut dan struktur berongga. Mereka makan, berkembang biak dan bekerja mati-matian dalam periode fermentasi yang singkat, melakukan fermentasi gula yang terdapat di dalam adonan. Hasil sampingnya adalah gas karbondiosida dan ethanol (sejenis alkohol). Gas karbondiosida inilah yang kemudian akan menyusup di dalam adonan, membuatnya mengembang, dan berongga. Semakin adonan mengandung cukup air dan semakin maksimal diuleni (lebih banyak gluten terbentuk), maka akan membuatnya semakin elastis dan  rongga berisi gas  akan mudah terbentuk. Ketika adonan roti dipanggang, maka pada suhu tertentu para pejuang ragi ini akan mati. Namun mereka tidak mati sia-sia karena hasil kerja mereka berupa rongga-rongga di adonan akan tetap tercetak disana. Rongga inilah yang membuat roti menjadi lembut, empuk dan sedap disantap. ^_^

 Resep Roti Manis Tanpa Oven Isi Krim Custard JTT
Resep Roti Manis Tanpa Oven Isi Krim Custard JTT


19 Oktober 2015

Resep Dolmeh - Daun Anggur Gulung Isi Daging & Nasi


Resep Dolmeh - Daun Anggur Gulung Isi Daging & Nasi JTT

Pertama kali saya mencicipi makanan bernama dolmeh adalah saat bersantap siang di sebuah restoran Persia bernama Sadaf,  di Cologne, Jerman setahun yang lalu. Sadaf merupakan salah satu restoran makanan Persia terbaik di Cologne, dan termasuk restoran Persia yang direkomendasikan oleh Trip Advisor. Jadi saya cukup beruntung ketika teman Iran saya bernama, Sudabeh, biasa dipanggil Sudi, mentraktir kami disana. 

Bayangan saya waktu itu dolmeh (walau cukup terkenal namanya), bukanlah makanan dengan cita rasa yang mengesankan. Meskipun berulangkali Sudi menekankan bahwa rasa dolmeh seharusnya tidak seperti ini dan bahwa dolmeh buatan Ibunya berpuluh-puluh kali lebih lezat, tidak mampu membuat saya seratus persen langsung percaya. Bagaimana mungkin kudapan berupa nasi dan daging cincang yang dibungkus daun anggur ini bisa lebih lezat kalau yang satu ini saja kacau sekali rasanya? Tidak asin, tidak gurih, tidak asam, tidak manis, tidak jelas. Untungnya makanan pesanan kami yang lain yaitu kebab koobideh (kebab dari daging cincang) bersama polo (nasi a la Persia) bertabur saffron di atasnya terasa luar biasa laziz, sehingga saya tidak terlalu menghiraukan rasa dolmeh yang kurang mengesankan. ^_^

Resep Dolmeh - Daun Anggur Gulung Isi Daging & Nasi JTT
Resep Dolmeh - Daun Anggur Gulung Isi Daging & Nasi JTT


16 Oktober 2015

Cerita Ke-2 Pemenang 'Giveaway' Buku Ketiga JTT - Ayam Kodok by Sitiborna Veranice


pemenang giveaway buku ketiga JTT
Photo courtesy of Sitiborna Sirait

Pertama kali berkenalan dengan blog Mba Endang saat teman di FB memposting hasil masakan Pizza dengan double pan-nya. Karena penasaran saya minta resep dan  seumur-umur itu adalah pertama kali saya minta resep sama orang dan seumur-umur  double pan saya setelah 2 tahun beli akhirnya keluar juga dari kotak kardusnya, hehehe.. Dan  di kasih lah saya link blog Mba Endang. Saya baca, saya baca dan saya baca selama  berhari-hari setiap ada waktu untuk on line, sampai saya puas dan penasaran untuk mencoba  resep pizza. Setelah saya merasa sukses dengan pizza ala double pan saya, rasa penasaran  untuk resep-resep yang lain pun sampai kepikiran dan itu membuat saya sampai ketagihan  pergi ke TBK dan pasar tradisional sekedar berburu bahan-bahan kue dan bumbu-bumbu.         


15 Oktober 2015

Resep Cake Chiffon Coklat dengan Krim Mocha & FAQ Seputar Loyang Chiffon


Resep Cake Chiffon Coklat dengan Krim Mocca JTT

Tidak ada acara spesial, tidak ada ultah yang akan dirayakan, bukan menjadi alasan untuk tidak membuat cake dengan olesan krim seperti postingan yang kali ini saya tampilkan. Terus terang, sejujurnya, sebenarnya, saya paling malas menghias cake. Alasan pertama karena 'ribet'. Membayangkan harus mempersiapkan frosting atau ganache, dan menghabiskan waktu lebih lama di dapur membuat kegiatan baking menjadi kurang fun. Alasan kedua karena skill mendekor cake yang pas-pasan, alih-alih tampil cantik yang justru lebih sering terjadi adalah cake menjadi acak-adul tak keruan. Dan alasan terakhir adalah karena saya lebih suka rasa cake yang polos tanpa berton-ton krim di permukaannya. Nah alasan terakhir ini jujur dari lubuk hati yang paling dalam, dan bukan karena ingin menutupi alasan kedua. ^_^

Saat weekend kemarin, ketika mengeksekusi chiffon coklat ini sebenarnya saya bermaksud hendak mengeliminir krim mocha yang digunakan. Walau saya memiliki whipping cream di freezer, namun makhluk tersebut hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja. Misalnya ketika stok susu cair sedang habis maka cukup mengencerkan krim kental dengan air sebagai penggantinya. Atau ketika ada satu resep yang menuntut untuk menggunakan krim kental maka sewaktu-waktu saya bisa langsung mengesekusinya. Walau harga krim kental non dairy tidak lah mahal namun pergi membelinya di toko bahan kue adalah pekerjaan yang saya hindari.

Resep Cake Chiffon Coklat dengan Krim Mocca JTT
Resep Cake Chiffon Coklat dengan Krim Mocca JTT


13 Oktober 2015

Resep Cake Lapis Talas Kukus dengan Vla Talas


Resep Cake Lapis Talas Kukus dengan Vla Talas JTT

Sudah lebih dari enam bulan ini tetangga dibagian belakang rumah melakukan pembangunan besar-besaran. Sebuah bangunan tiga lantai yang sepertinya hendak digunakan sebagai kos-kosan terlihat menjulang tinggi melebihi bangunan di sekitarnya. Sebagaimana rumah-rumah di Jakarta umumnya dimana tembok antar rumah saling menempel, maka dinding belakang bangunan tersebut juga menempel tepat di tembok dapur rumah Pete. Bisa dibayangkan betapa berisiknya suara-suara yang ditimbulkan terlebih ketika mereka sedang merubuhkan bangunan lama atau mengebor dinding. Di siang hari saya bisa memakluminya, ketika dulu rumah Pete direnovasi maka tetangga di sekitar rumah pasti juga merasakan penderitaan yang sama, terkena polusi suara dan udara. Jadi saya berusaha untuk tidak mengacuhkannya ketika suara 'dug-dug' yang kencang menggedor dinding dapur hingga membuat rak dan perabotan bergetar. 


Resep Cake Lapis Talas Kukus dengan Vla Talas JTT
Resep Cake Lapis Talas Kukus dengan Vla Talas JTT


09 Oktober 2015

Cerita Pertama Pemenang 'Giveaway' Buku Ketiga JTT - Simple Sponge Cake by Katja Airen


Simple Basic Sponge Cake JTT
Photo courtesy of Katja Airen

Halo mba Endang! Salam kenal, nama saya Katja. Sudah 3 bulan belakangan ini saya setia ngubek-ngubek blog JTT. Awalnya tidak sengaja menemukan blog JTT, setiap mencari resep makanan APAPUN selalu blog JTT yang muncul paling atas. Maka sudah tak terhitung berapa kali saya terdampar ke blog JTT karena diarahkan oleh google. Penjelasan cara cooking/baking di JTT detail banget, sehingga mempermudah bagi para amatiran atau yang baru belajar masak seperti saya. Walhasil saya bookmark blog JTT, and the rest is history. 

21 September yang lalu adalah hari ulang tahun saya. Sebenarnya tidak ada tradisi merayakan ulang tahun di keluarga saya. Tapi entah kerasukan jin dari mana, tahun ini kok saya kepingin sekali punya kue ulang tahun untuk yang pertama kalinya, sungguh tak tahu malu sama umur yang sudah tuwir tekiwir-kiwir. Yep, saya menantang diri sendiri untuk membuat kue ulang tahun. Padahal membedakan baking soda dan baking powder aja susah, cara pakai oven aja tak paham sama sekali, absurd to the max! Kalau dipikir-pikir mendingan beli jadi di bakery saja kan, sudah pasti kue ulang tahun nya enak dan cantik seperti Dian Sastro. Tapi saya mah gitu orang nya, suka bikin ribet diri sendiri, seolah-olah masalah hidup dan berat badan yang tak kunjung turun tuh kurang bikin ribet. Maka sudah mantap tekad saya, my first ever birthday cake made for myself, bismillah...


08 Oktober 2015

Resep Tongseng Kambing Favorit Abang


Resep Tongseng Kambing JTT

"Aduh baunya harum banget! Tante Endang masak apa sih? Nasi kebuli ya"? Pertanyaan penuh rasa ingin tahu ini dilontarkan oleh keponakan saya, Rafif, yang biasa kami panggil 'Abang' di keluarga. Putra pertama adik saya, Wiwin, ini sebenarnya termasuk picky eater namun jika sudah menyukai satu jenis makanan maka nafsu makannya susah untuk di rem dan nasi kebuli merupakan makanan favoritnya. Pada waktu-waktu tertentu, jika ada acara spesial di rumah atau ketika Ibu saya sedang datang ke Jakarta maka adik saya biasanya akan membeli nasi kebuli di sebuah restoran khusus makanan ini di Mampang. Bisa dipastikan Abang akan menyantap satu porsi besarnya sendiri. Nah harum si nasi kebuli yang kaya rempah ini mirip dengan kuah tongseng yang sedang saya masak saat itu. 

"Bukan nasi kebuli Bang, tapi tongseng daging kambing. Abang suka nggak"? Jawab Wiwin sembari mengajukan pertanyaan susulan. Berbeda dengan adiknya, Fatih, yang penggemar masakan tradisional maka selera Abang lebih western, jadi kami kurang yakin apakah dia akan menyukai si tongseng. "Abang belum pernah makan tongseng, tapi baunya harum seperti nasi kebuli, jadi pasti enak. Kapan matangnya Bu? Abang sudah lapar," saat itu jam memang sudah menunjukkan pukul dua belas siang dan sejak pagi perut bocah usia tiga belas tahun ini hanya diganjal dengan setangkup roti bakar dan segelas jus jeruk. "Bentar lagi ya, dagingnya belum empuk." Dan sejak kunjungan pertamanya itu, Abang telah berkali-kali kembali ke dapur untuk melongok sepanci tongseng yang sedang direbus di kompor, dan berulangkali bocah itu keluar dari dapur dengan tampang kecewa. Daging kambing yang sedang direbus tak kunjung empuk. ^_^

Resep Tongseng Kambing JTT
Resep Tongseng Kambing JTT


07 Oktober 2015

Resep Sambal Goreng Krecek dengan Kacang Merah dan Tahu


Luar biasa juga ternyata tanggapan yang diberikan atas sayembara 'giveaway' buku ketiga JTT yang pemenangnya saya umumkan kemarin. Lebih dari 200 email berisi cerita yang masuk dan rata-rata menulis lebih dari tiga paragraf serta lebih dari 250 kata bahkan mungkin lebih dari 1000 kata. Saya cukup 'ngos-ngosan' membacanya satu persatu. Terus terang ketika saya membuat pengumuman tersebut dan memberikan persyaratan minimal tiga paragraf dan 250 kata, yang terpikirkan dalam benak saya adalah tidak semua orang suka menulis, dan tidak semua orang akan bersuka-cita bercerita panjang kali lebar. Namun ternyata perkiraan tersebut salah besar, terbukti dengan panjangnya rata-rata cerita yang dikirimkan. Untungnya semua cerita tersebut menarik, mengalir, sehingga pekerjaan menyeleksi karangan a la Ibu Guru ini bisa saya lalui dengan happy. Semoga ini juga yang anda rasakan ketika harus membaca setiap artikel JTT yang sepanjang sungai Ciliwung. ^_^

Jeleknya, saya ini termasuk yang suka mengerjakan pekerjaan di last minute. Ketika waktu masih panjang maka saya sering berleha-leha dan menyepelekannya, namun ketika hari H telah didepan mata maka dengan tergopoh-gopoh dan sedikit jumpalitan berusaha mengerahkan segala upaya untuk membuatnya done. Ujung-ujungnya selama dua hari saya pun duduk diam tak berkutik,  setia pada kursi untuk menyeleksinya satu persatu. Sifat jelek ini tentunya tak patut untuk ditiru karena terbukti bahkan si sakti Bandung Bondowoso pun tak bisa kelar membuat seribu candi dalam satu malam. ^_^ 

Resep sambal goreng krecek JTT
Resep sambal goreng krecek JTT


06 Oktober 2015

15 Pemenang 'Giveaway' Buku Ketiga JTT



Saya memulai membuat blog Just Try & Taste sekitar lima tahun yang lalu. Passion saya di cooking dan dorongan iseng dari adik saya, Tedy, membuat saya memberanikan diri berbagi sedikit ilmu cooking yang cethek ini ke mereka yang sama pemulanya seperti saya di dunia masak-memasak. Rasa tidak percaya diri dan pikiran negatif yang menghantui apakah blog ini bisa diterima dan akan berguna buat pembaca sempat membayangi, tapi sifat nekat saya terkadang menang. Walau mood sering timbul tenggelam, dan rasa malas memasak dan menulis berulangkali menghinggapi, hingga kini saya tetap berusaha untuk tetap konsisten menghadirkan resep-resep baru di blog. Syukur alhamdulilah dari sekian ribu komentar yang masuk hanya tanggapan positif yang saya dapatkan, satu-dua komentar negatif tidak saya hiraukan karena kaki kita tidak akan stop melangkah hanya karena satu duri kecil menancap di kelingking bukan?


01 Oktober 2015

Resep Tumis Cumi-Cumi Asin Cabai Hijau


Resep Tumis Cumi-Cumi Asin Cabai Hijau JTT

Seekor saudara tiri Mickey Mouse terperangkap di dalam rumah saya! Tikus berukuran kecil dengan ekor panjang ini cukup membuat saya berjingkrak-jingkrak ketakutan bercampur rasa jijik. Sepertinya makhluk pengerat ini masuk ke dalam rumah ketika pintu depan terbuka dan sekarang ini bersembunyi di area belakang rumah. Tikus adalah hama yang paling membuat saya stress karena gerakannya yang sangat cepat, cerdas dan suka bersembunyi, sehingga susah diusir keluar. Ketika digertak, hewan ini bukannya akan lari tunggang-langgang namun justru ngumpet dan diam ditempatnya hingga berjam-jam lamanya tanpa mengeluarkan suara, membuat kita cukup kesulitan untuk mendeteksi keberadaannya. 

Dulu ketika Heni masih bekerja di rumah Pete, maka urusan tikus masuk ke dalam rumah seperti ini tidak terlalu memusingkan saya. Heni dengan telaten dan tanpa kenal lelah akan terus memburu binatang ini hingga keluar melalui pintu depan. Namun kini, menghadapinya seorang diri, saya benar-benar dibuat pusing tujuh keliling

Resep Tumis Cumi-Cumi Asin Cabai Hijau JTT
Resep Tumis Cumi-Cumi Asin Cabai Hijau JTT

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...