Pages

15 Juni 2016

Resep Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap

Resep Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap JTT

Susahnya menjadi pencinta gorengan adalah saya selalu tidak bisa mengerem keinginan untuk mengudap camilan yang digoreng entah itu bakwan, tahu, atau tempe goreng. Minimal seminggu sekali makanan yang digoreng tersebut masuk ke dalam perut saya. Hobi ini ditunjang dengan kegemaran teman-teman kantor yang sering membeli gorengan di belakang gedung dan disantap beramai-ramai. Walau berulangkali kami saling menakuti diri dengan kata-kata, "Gue pernah lihat abangnya masukin plastik bungkus minyak ke dalam penggorengan," tetap saja tidak menyurutkan kegemaran saya mengudap makanan berminyak yang crispy ini. 

Sudah menjadi rumor santer diantara kami bahwa abang penjual gorengan sering memasukkan plastik pembungkus ke dalam minyak panas. Konon katanya plastik meleleh inilah yang membuat tekstur gorengan yang dijual menjadi super crispy dan bertahan kerenyahannya cukup lama dibandingkan jika kita membuatnya sendiri di rumah. Memang terdengar menyeramkan, membayangkan plastik berbahaya masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan aneka macam penyakit berbahaya seperti kanker seharusnya cukup membuat kami stop berhenti membeli gorengan.  Tapi setan bernama gorengan ini memang luar biasa hebat godaannya, seminggu insyaf, dan minggu berikutnya kami sudah berpesta gorengan lagi di kantor. Kali ini sambil berdoa semoga minyak gorengan tidak bercampur lelehan plastik. Tobat!

Resep Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap JTT
Resep Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap JTT

Jika anda pernah menyaksikan acara Reportase Investigasi di Trans TV maka ada salah satu liputannya yang mengulas tentang hal ini. Saya sendiri tidak penah melihat tayangannya secara langsung, mengingat telivisi adalah benda langka di rumah Pete, namun beberapa teman yang menyaksikannya pernah menceritakan kisah ini. Tentu saja tidak semua penjual gorengan melakukan tindakan mengerikan seperti yang saya tuliskan diatas. Masih banyak penjual yang menggoreng makanannya dengan menggunakan minyak yang aman. Namun sebagai konsumen tidak ada salahnya kita berhati-hati dan selektif ketika membeli gorengan. Ah kalimat himbauan  ini sebenarnya juga saya tujukan untuk diri sendiri. ^_^

Sekarang kita menuju ke topik yang sedang saya posting ini, nah ide resep ini datang ketika saya melongok aneka gorengan di Carefour ITC Ambassador beberapa bulan yang lalu. Tempe mendoan yang baru saja keluar dari sebuah penggorengan besar tampak menggugah selera. Ukurannya imut, sangat jauh berbeda dengan tempe mendoan umumnya yang selebar lapangan bola. Selain itu potongan tempenya digoreng agak sedikit kering, tidak setengah matang sebagaimana mendoan umumnya. Seporsi tempe berisi sekitar lima belas potong kemudian masuk ke dalam tumpukan belanja. Sambal kecapnya cukup membuat saya penasaran, apalagi diracik saat itu juga sehingga saya bisa melihat bahan-bahan yang digunakan. Okeh mungkin tidak semua bahan, namun setidaknya 50% bahan berhasil saya kenali dan ingat. 

Resep Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap JTT

Sambal kecap pendamping si tempe mendoan ini saya akui memang sedap, bahkan menurut saya sambal inilah yang membuat tempe mendoan di Carefour menjadi favorit. Tapi jika anda bertanya apakah di semua gerai Carefour menjual tempe dan sambal yang sama, saya sendiri kurang tahu. Karena terkadang tempe mendoan ini pun jarang saya temukan di Carefour ITC Ambassador. ^_^

Walau ide dasarnya memang tempe mendoan, tapi mendoan bukanlah makanan gorengan favorit saya karena lembek, lembab, basah dan sama sekali tidak kriuk. Gorengan bagi saya haruslah renyah, ramai kala dikunyah sehingga mantap dikudap. Bukankah sensasi itu yang dicari jika kita ingin menyantap makanan yang digoreng? Jadi saya putuskan untuk menggoreng tempe ini hingga kering. Supaya lebih nendang rasanya maka rajangan halus daun rempah seperti daun bawang, daun kemangi, daun jeruk dan daun mint (kebetulan saat itu seikat daun mint tergeletak di dalam kulkas) saya tambahkan ke dalam adonan. Adonannya sendiri menurut saya sangat pas untuk menghasilkan balutan tepung yang crispy kala dikunyah. Jika anda ingin mencobanya, saya sarankan ikuti resep dibawah dengan seksama, jangan lakukan modifikasi dan saya tunggu komentar anda sesudah mencicipinya. 

Resep Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap JTT
Resep Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap JTT

Kolaborasi tempe gurih, dengan balutan tepung yang renyah dan sedapnya dedaunan rempah nan harum ini akan semakin mantap surantap kala si tempe aromatik dicocol ke dalam sambal kecapnya yang nendang. Walau saya menulis satu resep makanan di bawah bisa untuk memuaskan tiga orang dewasa namun terus terang kala menyantapnya sendiri saya merasa kurang. Hendak membuatnya lagi, sayangnya persediaan tempe di kulkas telah habis tak bersisa. Ah sebelum saya lupa, apakah anda tahu bahwa tempe juga bisa dibekukan di freezer? Nah bagi anda penggila tempe (seperti saya!) namun sering terkendala dengan waktu simpannya yang pendek maka tidak ada salahnya untuk memasukkan tempe ke dalam plastik atau wadah tertutup rapat dan bekukan di freezer. Tempe beku ini aman hingga satu bulan lamanya. Mengingat betapa jarangnya saya berkunjung ke pasar maka menyimpan tempe di freezer dalam jumlah banyak merupakan cara mudah untuk memiliki persediaan tempe setiap waktu. 

Berikut resep dan proses pembuatan tempe goreng aromatik dengan sambal kecapnya yang nendang ya. 

Resep Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap JTT

Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 porsi 

Tertarik dengan resep tempe lainnya? Silahkan klik link di bawah ini: 
Tumis Cumi Asin dan Tempe  
Sambal Tempe
Perkedel Tempe

Bahan: 
- 1 papan tempe ukuran 10 x 15 cm, potong selebar 4 cm dan iris setipis mungkin 
- 2 ikat kecil daun kemangi (sekitar 5 batang), ambil daunnya saja dan rajang halus 
- 3 lembar daun jeruk purut, rajang halus 
- 1 genggam daun mint, rajang halus (optional)
- 1 batang daun bawang rajang halus 

Bahan dan bumbu adonan tepung: 
- 3 sendok makan tepung maizena 
- 1 ½ sendok makan tepung terigu protein sedang/serba guna 
- 1 sendok makan tepung beras 
- 1 sendok teh baking powder 
- 1 sendok teh ketumbar bubuk 
- 3 siung bawang putih, dihaluskan 
- ½ sendok teh merica putih bubuk 
- 1 ½ sendok teh garam 
- 50 -70 ml air 

Bahan sambal kecap, aduk menjadi satu: 
- 1 batang daun bawang, cincang halus 
- 2 siung bawang putih, dihaluskan 
- 5 buah cabai rawit hijau, cincang halus 
- 6 sendok makan kecap manis 
- 1 sendok makan air jeruk nipis, atau 1 sendok teh cuka masak 
- 1/8  sendok teh garam

Cara membuat:

Resep Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap JTT

Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan adonan tepung kecuali air, aduk dengan spatula hingga rata. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercapai kekentalan yang diinginkan. Adonan harus cukup kental sehingga bisa melumuri tepung dengan baik, namun harus cukup encer agar balutan tepung garing dan renyah ketika digoreng.

Resep Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap JTT

Masukkan semua irisan daun, aduk hingga rata. Cicipi rasanya. Tambahkan garam jika kurang asin. Siapkan wajan, beri minyak agak banyak dan panaskan. Celupkan irisan tempe, lumuri baik dengan adonan. Goreng di minyak panas hingga kering kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 

Resep Tempe Goreng Aromatik dan Sambal Kecap JTT

Letakkan gorengan di rak kawat hingga dingin sempurna agar tetap bertahan kerenyahannya. Jangan meletakkannya di piring atau wadah beralas kertas tissue atau wadah tanpa aerasi yang baik saat tempe goreng masih panas karena uap akan membuat tempe menjadi melempem.  Tentu saja waktu menyantap terbaik adalah saat tempe goreng baru beberapa menit keluar dari penggorengan.

Sajikan segera dengan cocolan saus sambalnya. Super yummy!

TESTIMONI PEMBACA

Kartika Dewanty Sitepu:
Renyah, garing dan kriuk
Aromatik daun bawang, daun kemangi, daun jeruknya bikin sedaaappp. Gak ada yang bisa menolak tempe goreng hasil intip2 dariJusttryandtaste Blogspot ini

Tinggal pilih mau dicocolin sambal kecap atau sambal botolan^_^




51 komentar:

  1. sipp mb, jd tahu trik menyimpan tempe

    BalasHapus
  2. pagi2 puasa begini buka jtt bikin nahan air liur aja, mb endang. Jadi tahu tips penyimpanan tempenya mb. Anak kedua sy kebetulan hobi betul dgn tempe goreng tepung, akan sy coba resep ini. Terima kasih mb endang sdh berbagi tips dan resep2 enak..😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Witri, thanks sharingnya yaa, moga resepnya disuka. Yep masih pagi lihat makanan, huaa berat hehhehe

      Hapus
  3. Wah kayaknya enak nih mba utk buka puasa nanti, kebetulan di freezer masih ada tempe. Yup tempe memang bisa disimpan di freezer mba, terlebih lagi di jepun sini sangat susah nemu tempe apalagi yang segar, jadi kita nyetok di freezer biar klo pas kangen bisa lgsg dimasak ^_^

    BalasHapus
  4. mantapppp saya suka saya suka.makasih mbak endang resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempe difreezer? Baru tahu mbak Endang... he he selalu dapat ilmu baru, dan tempe rempah... ini jg baru, kudu coba nih... makasih banget mbak.

      Hapus
    2. sama2 mba Nina dan Ibuke Naura, moga suka resepnya yaa

      Hapus
  5. Kalau disimpan di dalam kulkas (bkn di freezer nya) biasanya bulu2nya tambah gondrong. Mau coba simpan di freezer. Makasih tipsnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, dan tidak bs terlalu lama juga mba Ika, karena bauya jadi semangit ya. Klu di freezer bs 1 bulan

      Hapus
  6. Mks mba Endang resepnya, dari awal puasa saya sdh nyari2 resep ini tp ga ada yg pas...

    BalasHapus
  7. mbak endang ,saya sangat suka sekali dengan blog mbak :) sangat mengipirasi saya ^^ semangat bekarya terus mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Sally sharingnya, senang resep JTT disuka, sukses yaa

      Hapus
  8. mbak endang...ternyata salah saya ngeklik link jtt pagi2. udah bikin laper padahal bedug masih lama hehe. makasih mbak saya selalu suka postingan mbak endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha, iya jangan klik web masakan pagi2, bisa ngiler ampe sore. Thanks sharingnya yaa

      Hapus
  9. Hhuuaa sama dong mbak, saya juga penggila tempe (dan tahu) mbak endang ����. Resep nya ini wajib saya coba nih ����. selama ini resep-resep yg mbak share banyak yg enyaakk dan jadi favorit ����Terima kasih juga untuk tips cara menyimpan tempe nya mbak ������. Menurut mbak, kalau adonan ini cocok juga gak ya untuk menggoreng tahu ? Makasih (lagi) untuk jawabannya mbak endang ��������

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba maula, sama2 hehhe, tempe dan tahu. Setiap buka saya bahkan makan tempe goreng 1 papan, tobaaaat! cocok juga kok untuk mennggoreng tahu. saya kepengen pakai buat goreng tahu pong, supaya jadi tahu crispy.

      Hapus
  10. Haloooo mba salam kenal ya..sy slh satu fans berat mba Endang..lht foto mba Endang cantik dan langsing kok..oiy balik ke resep,daun bawang diadonan tempe bs sy gnti dng bwg bombay ga?unt adonan tepungnya kriuk mana dengan bakwan jagung yg mba posting dl?skdar info sy prnh buat gorengan dng berbagai macam merek terigu..trnyata hasil gorengan terbaik,kriuk dan gak lembek wlo gorengan udh dingin diluar trz gak nyerep minyak bnyak..ya pke terigu mrek Gatot kaca mba..
    Makasih ya mba unt tips dan triknya,berkat blog mba skrg sy sdh bs cooking dan baking..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Nur, salam kenal juga ya. Bawang bombay yang dirajang tipis bisa ya mba, menurut saya lebih kriuk ini karena adonannya encer ya. Wah saya baru tahu merk terigu gatot kaca, kepengen coba juga. thanks yaa

      Hapus
  11. wajib dicoba, kebetulan ada tempe nangkring di kulkas blm tau mau dibikin apa. cocok buat buka puasa nanti sore hehehe... blog JTT mah mau dibuka pagi,siang,sore tetep we bikin ngilerrr. Ya ngga Mba End? ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Mba Andiyani, moga suka yaaa. Wah kalau buka blog makanan pas siang2 begini penuh penderitaan rasanya wakakkaka

      Hapus
  12. Mba endang,, kalau daun mint nya pakai daun mint kering bagaimana? Bisa ga mba? Hehe keliatannya enak banget nih mba endang.. Makasih banyak yaa resepnya.. Akan di coba sore ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga mba, tapi skip saja gak papa kok tetap enak ya, mint kering takutnya lebih keras aromanya, kalau mau pakai gunaka sedikit saja.

      Hapus
  13. ajiiiib... kebeneran masih punya sepotong tempe di kulkas. bikin aaaah... suwun ya mba

    BalasHapus
  14. Wow udah tak coba mba tempe goreng yg sangat enak laziz deh... kbetulan ada kemangi n daun jeruk di belakang rmh lgsg eksekusi ternyata aromanya n rasanya juara kmrn minus daun mint gak punya hehehe... n tempe cpt bgt bablas trimakasih mba endang --anni smg--

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya mba Anni, senang resepnya disuka yaa, tetap enak kok minus daun mint ^_^

      Hapus
  15. Mba Endang kmrn sy udh coba, enak...renyah, airnya sy mskin smw pas, tp pas mskin garam sy ragu apa ngga kebanyakan, sy kurangin jadi 1 sdt pakai sendok ukur mba, pas...mks mba resepnya, ditunggu ya resep-resep lainnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Mama Farhan sharingnya, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  16. Asli mbak Endang... enak...

    BalasHapus
  17. Mbak endang aku silent reader. Hehe. Karena mbak E posting resep gorengan tempe ini. Boleh kah sekalian request resep gorengan ala wonosobo? Sudah cari2 di google tapi ga ada yg nulis resepnya dengan yakin. Hehe. Makasiih mbak E. Sukses dan sehat selalu ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, salam kenal ya. Kayanya gorengan wonosobo maksudnya itu tempe kemul ya? menurut saya mirip mendoan mba, cuman gak terlalu basah seperti mendoan ya

      Hapus
  18. mbak kalau maizena di skip apa gk bisa kriuk?

    BalasHapus
  19. Mba endang makasih ya resepnya enak banget barusan aku eksekusi buat buka puasa. Garing bangetttt... aku jg suka resepnya gampil. Biasanya pake kemiri dll yg super ribet, juga takarannya yg pake gram2an (males nimbang dan ga bisa ngira2 hihi). Tapi ini gampang banget dan cepet. Cuma td aku masak lebih coklat hasilnya karna pas lg nggoreng anakku yg bayi nangis jd ditinggal sbntr taunya agak coklat hihihi... sukses ya mba ditungvu resep gampil lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Niken, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Sukses yaaa

      Hapus
  20. Wah,,saya sudah cobain resepnya mba endang, Alhamdulillah ludes dalam sekejap

    BalasHapus
  21. halo mbak... cuman mau nambahin.. dulu saya suka diajarin alm bapak saya kalo bikin sambel kecap andalannya.. bapak saya suka masak, dari bikin sop buntut sampe bikin rujak cingur yg kalo sembari ngulek sambil ngasih saya tips2 bikin bumbu rujak yg mantep...
    Cabe rawit iris, bawang putih iris tipis dan bawang merah diiris2 semua mentah.. disiram minyak goreng super hot.. ga banyak tapi.. aduk2.. baru ditambahin kecap manis, irisan tomat dan sedikit kucuran jeruk nipis atau jeruk limau... dimakan pake tempe goreng garing, bisa habis berpotong-potong...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa, mantap banget mba Maria tips sambal kecapnya, asli membuat saya ngiler. Beruntungnya memiliki Bapak yang jago masak yaa hehhehe. Thanks yaaa

      Hapus
  22. Mb Endang,udh sy coba tempe aromatiknya,enaaakk...tp suami sy senyum2,dia bilang tempenya koq asin ya?Hahaha...jd sy buat 2x adonan tepung utk garam yg tertera diresep.Maturnuwun utk semua resepnya yg sedaaappp.

    BalasHapus
  23. Hai mbak Endang
    Aku udah beberapa kali recook tempe aromatik ini (dan selalu skip daun mint-nya hehehe)
    Ini enak banget mbak tapi aku kurangi takaran garamnya jadi 1 sdt aja.
    Hari ini aku bikin lagi jadi gatel pengen tulis komentar di blog mbak endang.
    Semangat terus ya mbak. Have a nicebday dan semoga timbangan selalu ke kanan. Amin (wkwkwk nyari temen timbangan)

    Ina-jkt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ina, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, memang gorengan susah banget distop yaaa hehehhe, sukses selalu!

      Hapus
  24. Halo mbak Endang, resep2nya mantab2 banget. Mbak kasih tips dong gimana caranya ngiris tempenya biar bisa tipis? Beginner kyk sy susah banget ngirisnya. Makasih ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, coba masukkan ke chiller kulkas sebentar agar tempe padat dan mudah diiris ya

      Hapus
  25. Mba aku udh bikin resep ini td sore.. laras mba, laku keras.. hehehee sambel kecapnya aja ampe licin.. tempenya enak garing seger.. bawang putih yg di sambel kecap ngga aku alusin tp di cincang, enak digigit nambahin pedes" gmn gt cocok buat yg doyan bawang putih kyk aku.. tambahin trs resep" gampang kyk gn ya mba.. -agnes-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Agnes, thanks sahringnya ya, seneng resepnya disuka. sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^