14 Maret 2018

Resep Sate Ayam Saus Selai Kacang


Resep Sate Ayam Saus Selai Kacang

Membuat sate ayam sebenarnya sangat mudah, tapi mengapa setiap kali menginginkan makanan ini, kita (tepatnya saya), lebih memilih untuk membelinya di tukang sate? Mungkin membayangkan proses membuat saus kacang terasa ribet, atau menusukkan potongan daging ke sebatang bambu terasa memerlukan waktu hingga usia terasa uzur. Apapun alasannya, membuat sate sendiri dirumah biasanya menjadi pekerjaan yang dihindari didapur, kecuali kala Hari Lebaran Haji tiba. Padahal membuat sate ayam sangat mudah. Jika alat pemanggang menjadi kendala, saat ini sudah banyak sekali alat pemanggang sate praktis yang bisa ditangkringkan diatas kompor.  Bahkan saya sering membuat sate dengan memanggangnya diatas pan datar anti lengket. Tentu saja permukaan daging tidak akan memberikan efek terbakar seperti halnya arang kayu, tapi hey bukankah daging yang terbakar di arang juga tidak baik buat kesehatan? So, yuk kita buat sendiri sate ayam dengan cara termudah.

Resep Sate Ayam Saus Selai Kacang
Resep Sate Ayam Saus Selai Kacang

Sate ayam yang saya suka adalah sate ayam Barokah di daerah Santa, tepatnya di jalan Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan. Potongan dagingnya gendut-gendut, juicy dan saus kacangnya sangat smooth, kental dan legit. Menurut saya, sate tersebut adalah sate ayam terenak yang selama ini saya pernah cicipi. Bahkan lontongnya pun sedap dengan tekstur yang sangat pulen. Jika makan di sate Barokah, saya pasti memesan dua buah lontong, yang satu buah untuk dimakan bersama sate sedangkan lontong kedua untuk membersihkan sisa-sisa sambal kacang yang melekat dipiring sate. Nah sate ayam lainnya yang saya suka adalah milik Sate Khas Senayan. Tekstur daging ayamnya juicy dan saus kacangnya yang mulus terasa seperti selai kacang. Dulu saya sering bertanya-tanya sendiri, bagaimana caranya membuat saus sate ayam seperti Sate Khas Senayan? Nah setelah mengeksekusinya sendiri ternyata tidaklah terlalu sulit.

Resep Sate Ayam Saus Selai Kacang
Resep Sate Ayam Saus Selai Kacang

Untuk membuat potongan daging ayam tetap juicy setelah dipanggang, rendam potongan daging dengan bumbu marinade-nya. Saya suka bumbu yang terasa sedikit manis, tapi jika anda kurang suka cita rasa manis maka skip saja gula merah diresep dan kurangi takaran kecap manis yang dipakai. Asam jawa membuat daging menjadi lebih empuk dan juicy, atau bisa juga menambahkan sekitar satu sendok makan yogurt di bumbu marinade. Sudah bukan rahasia lagi jika yogurt membuat tekstur serat daging menjadi empuk, tidak heran jika ayam tandoori (tandoori chicken) a la India direndam dalam bumbu yang mengandung yogurt.

Rendam ayam dalam bumbu marinade-nya minimal satu jam lamanya di chiller kulkas, direndam semalaman lebih baik. Tusukkan potongan daging di tusukan sate yang sudah direndam didalam air agar lembab dan tidak mudah terbakar kala sate dipanggang. Tata potongan daging saling merapat satu sama lain shingga tidak ada ruang sela agar daging tetap juicy, serta  mencegah tusukan terbakar dan patah.

Resep Sate Ayam Saus Selai Kacang

Untuk sausnya saya menggunakan selai kacang. Selai kacang botolan ternyata bukan hanya sedap untuk dioleskan ke sepotong roti, tetapi juga mantap untuk digunakan sebagai saus di sate ayam seperti resep berikut ini. Saus menjadi creamy, halus dan legit, mirip seperti saus Sate Khas Senayan. Menggunakan selai kacang juga membuat proses menjadi mudah, tidak ada lagi proses goreng-menggoreng kacang yang menghabiskan waktu. Selai kacang mudah ditemukan disupermarket dengan harga terjangkau dan tahan lama disimpan dikulkas. Tidak ada selai kacang? Tentu saja bisa menggunakan kacang tanah goreng seperti biasa. Gunakan sekitar 50 - 100 gram kacang tanah sebagai penggantinya dan pastikan kacang tanah diblender hingga benar-benar halus agar teksturnya creamy.

Berikut ini resep dan prosesnya ya.

Resep Sate Ayam Saus Selai Kacang

Sate Ayam Saus Selai Kacang
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 10 buah tusuk sate

Tertarik dengan resep sate lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Sate Kambing Favorit Fatih
Sate Padang Favorit Abang
Sate Lilit Batang Serai

Bahan dan bumbu sate:
- 300 gram daging ayam, potong ukuran 2 x 2 cm
- 4 sendok makan kecap manis
- 1 sendok teh jahe parut
- 4 siung bawang putih, haluskan
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan kecap asin
- 1/4 sendok teh garam
- 1 sendok makan ketumbar bubuk
- 2 sendok teh gula palem bubuk atau gula Jawa sisir
- 1 sendok makan air asam Jawa (rendam 1 sendok makan asam Jawa dengan sekitar 5 sendok makan air, remas-remas hingga kental dan ambil airnya)

Bahan saus selai kacang:
- 2 - 3 sendok makan penuh selai kacang
- 4 buah cabai rawit merah
- 2 buah cabai merah keriting
- 2 siung bawang putih
- 2 sendok makan air asam jawa
- ½ sendok teh garam
- ½ sendok teh kaldu bubuk instan
- 1 sendok makan kecap manis
- 300 ml air

Pelengkap lainnya:
Bawang merah goreng untuk taburan
Irisan bawang merah
Irisan cabai rawit

Bahan lainnya:
10 buah tusuk sate, rendam di air minimal 1 jam sebelum digunakan

Cara membuat:
Membuat saus

Resep Sate Ayam Saus Selai Kacang

Masukkan semua bahan saus ke dalam blender, proses hingga halus. Tuangkan ke dalam panci, masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk hingga saus mengental. Cicipi rasanya. Angkat dan sisihkan.

Membuat sate:

Resep Sate Ayam Saus Selai Kacang

Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan dan bumbu sate ke dalam mangkuk.  Aduk hingga rata. Tutup mangkuk, masukkan ke chiller kulkas minimal 1 jam lamanya. Keluarkan daging ayam dari kulkas. Tusukkan masing-masing potongan daging ke tusuk sate yang telah direndam air. Tata agar potongan daging menempel rapat satu dengan lainnya. 

Siapkan alat pemanggang, bisa menggunakan alat pembakar diatas kompor seperti yang saya pergunakan.  Tata sate di permukaan pan, olesi permukaannya dengan minyak goreng dengan menggunakan kuas. 

Panggang sate sambil sesekali diolesi dengan sisa bumbu rendamannya. Panggang hingga matang, kecoklatan. Angkat.  Sajikan sate dengan sausnya dan taburi permukaannya dengan irisan bawang merah, bawang goreng dan cabai rawit. Super yummy!




8 komentar:

  1. bumbu kacang nya wajib di coba nih, mba... walau hrs nunggu hari libur buat eksekusi nya. Penasaran...

    BalasHapus
  2. Bumbu kacang dari selai kacang ini andalan aku juga mbak...oh sekali lagi, aku terus berterima kasih dengna postingan Mbak Endang. Membantu sekali bagi aku saat hidup di perantauan, terutama kala rindu masakan Indonesia. Tuhan memberkati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba sharingnya yaa, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  3. Wah...bisa dcoba ini pki selai kacang..pasti hslnya lbh gurih n creamy..thx say resepnya

    BalasHapus
  4. Hai mbak Endang salam kenal...kalau di oven berapa menit mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba, mungkin sekitar 20 menitan ya, tergantung ovennya juga

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...