26 Juni 2018

Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab


Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab

Kantor saya dalam beberapa hari belakangan ini dipenuhi dengan polemik sehubungan dengan libur nasional Pilkada serentak yang jatuh besok, tanggal 27 Juni 2018. Beberapa mengatakan libur, mengacu pada surat keputusan Presiden yang katanya akan segera ditandatangani. Beberapa mengatakan tidak libur, mengacu pada BI dan Bursa Efek Indonesia yang memang keberatan dengan keputusan libur  tambahan 1 hari di bulan Juni, mengingat bulan ini sudah banyak sekali hari libur sehubungan Lebaran. Well, perusahaan tempat saya bekerja bergerak dibidang Pasar Modal yaitu perdagangan saham dan surat utang, maka keputusan BI dan Bursa Efek-lah yang menjadi acuan. Jika kedua institusi ini mengatakan tidak libur maka kami tetap harus masuk kantor seperti biasa, sementara karyawan kantor lain berleha-leha dirumah.

Surat keputusan Presiden yang mengatakan tanggal 27 sebagai hari Libur Nasional beredar cepat di grup WhatsApp, dan kami semua happy membacanya. Siapa yang akan menolak tambahan hari libur bukan? Walau surat edaran resmi dari BEI mengenai libur ini belum diedarkan ke Perusahaan Sekuritas, kami sudah optimis akan diliburkan juga. Beberapa rekan saling meledek, "Akan liburan kemana kita hari Rabu?" Dan yang lain berteriak, "Ke Babelan!" Babelan adalah satu daerah di Bekasi, dan salah satu rekan kantor memang berdomisili disana, atau "Ke lantai 4 food court Mall Ambassador!" 😃

Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab
Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab

Sore harinya, Bu Jane, salah satu Direktur, memupuskan harapan dan polemik tersebut. Surat edaran resmi Bursa mengatakan bahwa tanggal 27 Juni sebagai Hari Bursa, artinya kegiatan trading akan berjalan seperti hari biasa. Kami semua langsung menjerit kecewa dan menumpahkan kekesalan, beberapa mengatakan, "Kita tunggu revisinya sampai last minute." Saya sendiri tidak terlalu optimis akan ada revisi. Jadi besok, ketika hampir semua karyawan berlibur, maka karyawan Bank dan Perusahaan Sekuritas akan masuk bekerja seperti biasa. Boss saya langsung menulis pesan di WA, "Kerja! Kerja! Kerja!" Yah at least, besok Jakarta tidak akan semacet hari biasanya. Selalu ada hal positif disetiap peristiwa pahit sekalipun. 😅

Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab
Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab

Kembali ke resep kali ini. Shish kebab adalah makanan khas Persia, Turki, dan Armenia, berupa potongan daging yang ditusuk dengan bambu dan dipanggang dibara hingga matang. Sebenarnya mirip dengan sate di Indonesia, hanya saja shish kebab biasanya memiliki potongan daging yang agak besar. Umumnya daging kambing menjadi bahan utama, tapi unggas seperti ayam, atau daging sapi juga bisa diolah menjadi makanan ini. Di Iran sendiri, jika menggunakan daging ayam maka namanya berubah menjadi 'joojeh kebab'. Saya pernah posting resep joojeh kebab, silahkan klik pada link disini untuk resepnya ya. 

Walau originalnya kebab adalah kuliner yang berasal dari Timur Tengah, dalam perkembangannya menyebar ke berbagai daerah dan negara, salah satunya di kawasan Asia Tenggara yang menjelma menjadi sate. Bumbunya pun kemudian mengalami modifikasi disesuaikan dengan taste dan lidah lokal sehingga tercipta aneka ragam saus dan bumbu rendaman untuk makanan ini. Joojeh kebab, atau kebab ayam a la Iran (Persia), umumnya tidak terlalu berat akan rempah, namun menggunakan satu rempah unik bernama saffron. Benang sari bunga crocus ini harganya cukup mahal dan hanya digunakan sejumput kecil saja didalam masakan untuk memberikan rasa umami yang berbeda. 

Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab

Nah untuk resep kali ini saya merendam potongan daging ayam dalam bumbu teriyaki a la Jepang yang terasa manis asin. Jika selama ini anda mengira membuat bumbu teriyaki lumayan ribet dan memilih memakai produk instannya dalam kemasan botol, maka resep saus teriyaki di bawah super mudah dibuat dan layak dicoba dirumah. Kuncinya hanya pada penggunaan kecap asin (soy sauce) yang berkualitas baik. Saya biasa menggunakan premium soy sauce dari Lee Kum Kee, rasanya tidak terlalu asin dan selalu berhasil menyedapkan aneka masakan yang dibuat darinya. 

Potongan ayam cukup direndam dalam saus marinadenya dan didiamkan di chiller kulkas, minimal 2 jam, semalaman lebih bagus. Cara ini membuat daging ayam terasa sangat moist dan juicy, padahal saya menggunakan potongan dada ayam yang terkenal kesat, kering dan kenyal seperti karet. Tentu saja fillet paha akan memberikan tekstur yang lebih berlemak, tapi percayalah kebab dada ayam kali ini benar-benar moist.

Berikut ini resep dan prosesnya ya.

Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab

Chicken Teriyaki Shish Kebab
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep sejenis lainnya? Silahkan klik pada link dibawah ini:
- 400 gram dada ayam, potong ukuran 2 x 3 cm
- 1 buah bawang bombay, potong menjadi 8 bagian
- 1 buah tomat merah, potong menjadi 8 bagian
- 1/2 buah paprika hijau, potong ukuran 2 x 2 cm
- batang bambu, rendam air, secukupnya

Bahan B:
- 1 sendok teh jahe parut
- 3 siung bawang putih, dihaluskan
- 2 - 3 sendok makan madu
- 2 sendok teh minyak wijen
- 3 - 4 sendok makan soy sauce, gunakan yang premium
- 2 sendok teh cabai bubuk (optional)
- 1/2 sendok makan wijen putih
- 3 sendok makan FiberCreme (optional)
- 100 ml air

Bahan C:
- 1/2 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan 3 sendok makan air
- 50 ml air

Cara membuat:

Resep Chicken Teriyaki Shish Kebab

Masukkan potongan ayam ke dalam mangkuk, tuangkan bahan B, aduk rata. Tutup mangkuk dengan plastic wrap dan simpan di kulkas minimal 2 jam atau semalaman.

Keluarkan dari kulkas, tusukkan potongan ayam di batang bambu, jadi sekitar 4 buah kebab. Sisihkan air rendamannya untuk saus. 

Tusukkan juga bawang bombay, paprika dan tomat di tusukan lainnya.

Siapkan panggangan di kompor, panggang ayam hingga matang dan permukaannya kecoklatan sambil sesekali dioles dengan sausnya. Panggang juga bawang, paprika, dan tomat hingga kecoklatan permukaanya. Angkat dan tata di piring saji.

Tuangkan sisa saus rendaman ayam ke panci kecil, tambahkan larutan maizena dan 50 ml air dan masak hingga mendidih dan kental. Cicipi rasanya, angkat dan siramkan ke kebab. Super yummy!

Sumber:
Wikipedia - Kebab
Wikipedia - Shish Kebab



8 komentar:

  1. Mbak Endang aku ga tahan untuk ga komen...karena Dikau telah menyebut tempat tinggalku, Babelan. hahaha...karena Babelan begitu juahnya ya mba sampe jadi destinasi liburan.
    btw makasih banyak untuk resep resepnya ya mba..maaf sudah begitu banyak resep yang telah ku coba tp belum pernah mengucapkan terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakaak saya dah pernah ke Babelan Mba Retno, waktu teman yang tinggal disana married. waduuh perasaan perjalanan luar biasa panjang dan gak sampai2 hahhahah. memang jauh banget yaa.

      Hapus
  2. Simple banget ya, Mbak. Jadi pengin nyobain. Biasanya aku udah kebayang yang ribet-ribet soal makanan bakar-bakaran kayak gini. Ee,lha kok ternyata bumbunya nggak neko-neko juga.

    BalasHapus
  3. Sama nih mbak nasibnya, malah sibuk dan ga bisa libur pas tgl 27 juni... Huaooo :P

    Mbak, kalau senisal sy mau ganti pakai daging sapi atau kambing, kr2 ada komposisi bumbu yg perlu diubah nggak?
    Dan si FiberCreme itu bisa ga kl sy ganti pk susu? Kl bisa, kr2 takarannya berapa ya?

    Makasi sebelumnya, mbak Endang... :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Risa, bisa ganti sapi atau kambing, tidak ada yang perlu dirubah takarannya. FiberCreme diskip saja ya mba, atau ganti susu bubuk juga bs ya.

      salam

      Hapus
  4. Salam, saya pengikuti resep mb endang di ig ataupun di blog, sering recook beberapa resep mbak tapi belum ucap terima kasih. Terima kasih mbak, resepnya mudah diikuti dan hasilnya hauce.

    Saya pingin buat masakan jepang jadi browsing yg gampang dibuat, saya baca baca kok jadi bingung antara chicken yakiniku sama teriyaki? Bedanya apa ya mbak? Habis klo liat foto nampak sama.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, sebenarnya keduanya hampir sama, yang membedakannya hanya tekniknya saja. Untuk rasa yakiniku lebih dominan gurih sedang teriiyaki lebih manis.

      Teriyaki biasanya hasil akhir mengkilap karena saus teriyaki yang berubah menjadi karamel kala dipanggang.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...