Pages

26 Februari 2021

Resep Sop Iga Janda

Resep Sop Iga Janda JTT

Masih bicara mengenai DIY alias Do It Yourself alias kerjakan sendiri apa mau mu, nah selain berusaha memperbaiki kerusakan rumah sendiri dengan bertukang saat ini saya sedang bersemangat berkebun lagi. Demam tanaman hias akhir-akhir ini memang sedang booming kembali tapi bukan karena alasan tersebut saya menjadi semangat berkebun. Saya suka segala jenis tanaman, tapi tanaman yang bisa dimakan lebih menjadi pilihan. Sebenarnya cukup banyak juga tanaman hias yang dikoleksi mulai dari anggrek, adenium, keladi hias, hingga kaktus berduri yang berdasarkan feng shui sebaiknya tidak ditanam di rumah. Tapi tanaman sayur, buah dan rempah tetap menjadi terget utama untuk dikembangbiakkan.

Tahun lalu saya mencoba menanam aneka jenis sawi-sawian, selada, cabai dan tomat, kurang begitu sukses. Penyebab pertama karena media tanam yang digunakan, saya merasa kompos yang dibeli di tukang tanaman kurang bagus kualitasnya dan sepertinya miskin hara. Penyebab kedua karena kurang sinar matahari, umumnya tanaman sayur membutuhkan sinar matahari full atau at least 6 jam setiap harinya. Karena saya menanam di emperan teras, maka cahaya matahari kurang lama menyinari tanaman, akibatnya sayur mayur yang ditanam tumbuh kurus dan kurang segar. Beberapa pak choi yang saya tanam di pot di bawah sinar matahari full memang tumbuh besar tapi kendalanya adalah hama yang banyak berkeliaran mulai dari tikus, keong tanpa cangkang hingga belalang sehingga wujud tanaman hancur-hancuran. 

Resep Sop Iga Janda JTT

22 Februari 2021

Resep Bistik Ayam dan Bertukang


Resep Bistik Ayam JTT

Kondisi pandemi seperti ini membuat saya menyadari satu hal penting yang seharusnya sejak dulu diasah, yaitu skill DIY urusan pertukangan. Saya akui diri ini sebenarnya cukup mampu melakukan pekerjaan DIY sederhana untuk hal remeh-temeh rumah tangga, misal mengganti kran air yang rusak, mengganti colokan listrik yang konslet, tapi ketika genting rumah bocor, tetesan airnya merembes memasuki plafon, menetes ke bawah dan bahkan akhirnya menjebol plafon dua kamar sekaligus, saya hanya dibuat bengong, bingung hendak melakukan apa. Tukang bangunan adalah skill mahal dan ekslusif, jangan remehkan profesi ini karena terlihat berpanas-panasan, berkotor-kotoran dan kerja otot. Swear, saat ini saya sungguh ingin bisa memiliki basic skill bertukang bangunan! Andai saja saat renovasi rumah Pete sekitar lima tahun yang lalu - dimana tukang segambreng-gambreng banyaknya bekerja setiap hari di rumah, atau ketika Paklik saya yang skill menukangnya jago sering datang memperbaiki kerusakan rumah - saya berikan perhatian ekstra, atau minta diajari lima hingga sepuluh hal memperbaiki kerusakan rumah yang bisa dikerjakan sendiri tanpa memanggil tukang saya lakukan, maka saya bisa survive dijaman pandemi ini dimana memasukkan orang asing ke rumah tidak bisa dilakukan.

Resep Bistik Ayam JTT
Resep Bistik Ayam JTT