Pages

10 Maret 2011

Resep Hati Sapi Masak Gulai Cincang

Resep Hati Sapi Masak Gulai Cincang JTT

Argh, kalau berbicara masakan Padang memang tidak ada habisnya, karena semua jenis masakannya lezat! Keluarga saya merupakan salah satu penggemar berat masakan Padang, mungkin karena Ibu saya yang asli dari Kepulauan Riau memberikan influence sangat besar pada taste kami, anak-anaknya. Masakan harus pedas, kaya rempah dan bumbu, dan masakan Padang sangat pas dengan selera kami. Tapi siapa sih yang tidak doyan dengannya? Saya belum pernah menemukan mereka yang tidak suka dengan masakan Padang. Kalaupun ada yang anti, itu karena sedang berusaha hidup sehat, mengurangi makanan berkolesterol tinggi dan sedang berdiet. Selain alasan-alasan tersebut hampir semua penduduk di Nusantara ini menggemarinya. 

Karena itulah masakan ini menjadi alternatif  pilihan saya ketika harus menjamu tamu di rumah atau ketika ada hari raya besar seperti Lebaran. Sajian dari daerah Sumatera Barat ini tidak pernah mengecewakan dan selalu tandas dengan cepat. 

Resep Hati Sapi Masak Gulai Cincang JTT

Salah satu jenis masakan yang keluarga saya sukai adalah gulai cincang. Dulu ketika kami masih tinggal di Tanjung Pinang, Riau, saat gajian tiba (kami hanya makan gulai cincang saat tanggal muda) maka ayah saya akan pulang sambil membawa sebungkus gulai cincang Padang yang alamak laziznya. Kami, anak-anaknya yang saat itu masih duduk di Sekolah Dasar dan TK akan mengerubuti beliau (tepatnya mengerebuti bungkusan plastik berisi gulai) dan masing-masing sibuk untuk mengambil piring dan nasi segunung. Sampai sekarang saya masih terkenang dengan pengalaman itu, dan sampai sekarang pun gulai cincang masih menjadi favorit kami, hanya saja saat ini saya mulai mengurangi mengkonsumsinya karena lemak dan kolesterol yang tinggi. 

Resep Hati Sapi Masak Gulai Cincang JTT

Nah, jika kemarin saya membuatnya di rumah, itu karena saya telah kehabisan ide untuk mengolah hati sapi yang masih berbongkah-bongkah di  freezer. Setelah rutin memasaknya menjadi sambal goreng hati, sambal goreng hati plus kentang, sambal balado, hati digoreng, semuanya menu yang simple, akhirnya saya naikkan levelnya menjadi gulai cincang. Seperti layaknya masakan Padang lainnya, maka rempah-rempah memegang peranan sangat penting disini. 

Berikut resepnya ya.

Resep Hati Sapi Masak Gulai Cincang JTT

Hati Sapi Masak Gulai Cincang
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Bahan:
- 400 gram hati sapi, potong dadu
- 300 ml santan kental
- 100 ml air

Bumbu dihaluskan:
- 8 butir cabai merah keriting
- 5 butir cabai rawit
- 8 butir bawang merah
- 4 butir bawang putih
- 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja
- 1 ruas kunyit
- 1 1/2 sendok teh ketumbar
- 1/2 sendok teh jinten
- 2 ruas jahe
- 1 ruas lengkuas

Bumbu lainnya:
- 3 lembar daun salam
- 2 butir kapulaga
- 2 buah kembang lawang/pekak 
- 1 batang kayu manis
- 5 lembar daun jeruk
- 4 butir cengkeh
- 2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu instan
- 2 sendok teh gula pasir
- 2 sendok makan minyak untuk menumis 

Cara membuat:
Panaskan minyak di wajan, masukkan bumbu halus dan tumis hingga bumbu harum dan berubah warna tidak pucat. Tambahkan bumbu pelengkap lainnya, aduk hingga daun bumbu layu. Masukkan santan kental, gula, garam dan kaldu instan. Masak hingga santan mendidih dan keluar minyak. 

Resep Hati Sapi Masak Gulai Cincang JTT

Masukkan hati sapi ke dalamnya dan tambahkan air, masak hingga hati sapi matang dan kuah gulai mengental dan berkurang. Cicipi rasanya. Angkat.

Resep Hati Sapi Masak Gulai Cincang JTT

Sajikan gulai dengan nasi putih hangat. Mantap!

4 komentar:

  1. Kalau pakai daging enak nggak ya?

    BalasHapus
  2. Mbaaa ko aku ga item2 kuahnya knp ya?apa krn pake santan instan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalau masaknya lama jadi hitam mba, karena santan yang merubah warnanya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^