Pages

13 April 2011

Resep Bayam & Tuna Fritata

Resep Bayam & Tuna Fritata JTT

Fritata adalah makanan yang bahan dasarnya terbuat dari telur, mirip-mirip seperti omelete dan quiche. Bahan makanan lainnya yang umum ditambahkan pada fritata adalah irisan daging, keju, sayur-mayur, atau pasta, plus aneka rempah untuk memperkaya rasanya. Makanan ini berasal dari Italia dan nama fritata diambil dari bahasa Italia, fritto, yang merupakan bentuk lampau dari kata to fry (friggere) artinya digoreng, dan pada awalnya merupakan istilah umum yang digunakan untuk memasak telur dengan menggunakan penggorengan. 

Lantas apa yang membedakan fritata dengan omelete biasa? Menurut Wikipedia ada empat hal:
  • Biasanya bahan-bahan untuk fritata langsung dicampurkan ke dalam kocokan telur saat telur masih mentah, sedangkan omelete umumnya bahan-bahan ditambahkan saat telur dalam kondisi setengah mengeras/matang di penggorengan. Biasanya telur untuk fritata dikocok lama untuk memasukkan sebanyak mungkin udara kedalamnya, tujuannya agar telur mampu menampung lebih banyak isi dan menghasilkan fritata yang lebih mengembang.
  • Fritata dimasak dengan panas yang sangat rendah (api kecil), lebih rendah dibandingkan dengan omelete, tujuannya agar bagian bawah telur mengeras sementara bagian atasnya masih lembek. Nah kalau yang ini saya hindari, saya memasaknya hingga semua telur mengeras.
  • Berbeda dengan omelet dimana telur dilipat untuk menutupi bagian isinya, maka di fritata, telur dibiarkan terbuka sehingga bagian dalamnya terlihat. Karena itulah mengapa saat menggoreng fritata, telur tidak dibalik.
  • Fritata umumnya disajikan dalam bentuk potongan atau slice dalam kondisi panas atau telah dingin, berbeda dengan omelet yang disajikan utuh dalam kondisi masih panas.
Makanan ini mudah dibuat dan isinya juga bisa dimodifikasi dengan bahan-bahan yang ada di kulkas, bumbunya pun sangat simple. Berikut resepnya ya.

Resep Bayam & Tuna Fritata JTT

Fritata Tuna & Bayam
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 2 butir telur ayam
- 1 genggam bayam, kukus setengah matang, rajang kasar
- 2 sendok makan suwiran ikan tuna yang telah dikukus/direbus matang
- 1 sendok makan irisan sosis sapi
- 1 batang daun bawang rajang kasar
- 2 sendok makan keju Kraft mudah meleleh, potong tipis ukuran 1 x 1 cm.
- 1 sendok makan minyak zaitun/minyak sayur untuk menumis bumbu
- 2 sendok makan minyak untuk menggoreng

Bumbu:
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 2 ujung kuku pala bubuk
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh kaldu bubuk 
- 3 butir cabai rawit merah, rajang halus 
- 1 butir bawang putih, cincang halus
- 2 butir bawang merah, cincang halus

Cara membuat:
Panaskan 1 sendok makan minyak di penggorengan datar teflon, tumis bawang merah, bawang putih dan cabai rawit hingga harum. Masukkan tuna dan sosis, aduk-aduk sebentar, angkat tumisan.

Kocok telur di mangkuk menggunakan kocokan telur hingga berbusa, masukkan tumisan tuna, bayam kukus, daun bawang, dan sisa bumbu lainnya. Aduk rata. 

Panaskan 2 sendok makan minyak di wajan bekas menumis tuna, masukkan kocokan telur sambil ditata agar bayam dan tumisan tersebar merata. Tata potongan keju diatasnya.  Tutup penggorengan dan masak menggunakan api yang sangat kecil hingga telur mengeras dan matang. Angkat. 

Resep Bayam & Tuna Fritata JTT
Resep Bayam & Tuna Fritata JTT

Sajikan fritata dengan saus sambal jika suka.

Source:
Wikipedia - Fritata

2 komentar:

  1. Yummy... lebih enak omelet atau fritata menurut Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya lebih suka omelet ya, tapi sebenarnya keduanya serupa ya hehehe

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^