Pages

20 September 2011

Resep Linguini dengan Saus Tuna

Resep Linguini  dengan Saus Tuna

Satu lagi modifikasi linguini yang saya hadirkan disini dan semoga tidak membuat anda terbosan-bosan dengan resep pasta yang sering sekali saya tampilkan walaupun saya mengaku bukan penggemar pasta. Seringkali ketika saya memasak satu resep maka adakalanya bahan tersisa dan membuat saya memutar otak untuk memberdayakan si bahan menjadi makanan lainnya yang lezat. Nah ide linguini saus tuna ini berawal dari lasagna tuna yang pernah saya posting sebelumnya, saus tunanya yang berlebih dan penampilannya yang mirip dengan saus spaghetti membuat saya melirik stoples linguini di meja dapur. Segenggam linguini kering di tangan, sepanci air mendidih dan sesendok makan garam dapur, dalam sebentar sepiring linguini rebus yang al dente telah tergolek di piring. Dengan tambahan tiga sendok makan saus lasagna tuna sisa, jadilah linguini saus tuna yang alamak lezatnya.

Resep Linguini  dengan Saus Tuna
Resep Linguini  dengan Saus Tuna

Hidangan ini cepat untuk disajikan dan mudah... Asalkan tentu saja anda memiliki saus tunanya. Jika anda membuat saus pasta berlebih maka masukkan saja saus tersebut ke dalam plastik atau kontainer tertutup rapat lainnya dan bekukan di freezer, dalam kondisi beku saus ini tahan lama dan cukup panaskan ketika akan digunakan. Cara ini menghemat waktu anda dan pasta lezat tersedia dengan mudah setiap saat. Selain linguini anda bisa menggunakan fettuccine, spaghetti, penne dan jenis pasta lainnya. Tambahkan parutan keju cheddar atau taburan keju Parmesan di atasnya untuk menciptakan rasa pasta yang lebih cheesy dan memuaskan. 


Berikut resepnya ya.

Resep Linguini  dengan Saus Tuna

Linguini Saus Tuna
Resep diadaptasikan dari Majalah Femina, Edisi Hidangan Lebaran - Iklan Saus Del Monte - Tuna & Corn Lasagna  

Untuk 2 porsi Linguini

Bahan:
- 200 gram linguini
- Keju cheddar atau Parmesan untuk taburan 

Saus tuna: 
- 1 sendok makan margarine untuk menumis
- 1/4 buah bawang bombay, cincang kasar

- 1 siung bawang putih, cincang halus

- 100 gram tuna chunk kalengan atau tuna segar yang dicincang kasar

- 1 buah cabai hijau besar, iris serong kasar
 
- 1 buah cabai merah besar, iris serong kasar
- 50 gram kacang polong beku siap pakai

- 5 sendok makan saus spaghetti, bisa menggunakan merk Del Monte atau Cirio seperti yang saya pergunakan.

- 1/2 sendok teh gula pasir

- 1/2 sendok teh garam

- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)


Cara membuat:
Membuat saus tuna:

Resep Linguini  dengan Saus Tuna
Resep Linguini  dengan Saus Tuna

Siapkan penggorengan, panaskan margarine, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan kacang polong, cabai, aduk rata. Tambahkan tuna, saus spaghetti, gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk dan masak hingga semua bahan matang. Cicipi rasanya dan angkat. Sisihkan.

Siapkan panci, masukkan air yang agak banyak dan garam hingga air terasa seperti lautan. Kita akan merebus linguini. Jika air telah mendidih masukkan linguini kering, tidak perlu dipatahkan, jika linguini lunak maka seluruh bagian akan tenggelam. Masak linguini hingga al dente (matang dengan pas). 

Tiriskan linguini (sisihkan sedikit air bekas merebus pasta untuk mengencerkan saus saat pasta dihidangkan), pasta tidak perlu disiram dengan air dingin. 

Resep Linguini  dengan Saus Tuna

Siapkan piring saji, letakkan linguini rebus secukupnya. Beri sekitar tiga sendok makan saus tuna dan dua sendok makan air bekas merebus pasta. Aduk pasta dengan garpu agar saus tercampur dengan baik dan terlihat creamy. Taburkan keju cheddar atau parmesan pada permukaannya. 

Pasta siap disajikan. Yummy! 

Source:
Majalah Femina, Edisi Hidangan Lebaran - Iklan Saus Del Monte - Tuna & Corn Lasagna  

6 komentar:

  1. Mba, linguini itu apa? #beginner

    BalasHapus
    Balasan
    1. linguini sejenis pasta seperti spaghetti tetapi bentuknya lebih pipih dan lebar ya. Ada banyak jenis tipe pasta ya, linguini dan spaghetti hanya salah duanya saja.

      Hapus
  2. mba E, linguini kok mirip sama fettucini? beda ga? aku suka pasta saus tuna nih, enakkk bgt. weekend bikin aah thx y mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. linguni mirip dengan fetuccine hanya tidak terlalu lebar mba.

      Hapus
  3. Mbaa..
    Aku ga punya kacang polong, dan mau bikin untuk anakku jadi kalo aku ga pake cabe merah dan hijau itu gpp ya?
    Apa ada bahan lain yg porsinya harus dikurangi?
    Thanks before.. kl aku lg bingung masak aku selalu googling resep pake kata 'jtt' hihi selalu dapet dan selalu cocok ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, skip saja kacang polong dan cabai, bahan lain sama tidak perlu dirubah ya. Thanks ya sudah menyukai JTT, sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^