Pages

29 Agustus 2017

5 Cara Lezat Menikmati Granola Ft. Mola Granola

5 Cara Lezat Menikmati Granola

Mola Granola
Delicious, Natural, 
High Protein, High Fiber,
Gluten Free & Omega 3
Crispy, Crunchy, Nutty

Beberapa waktu yang lalu, seorang pembaca JTT bertanya ke saya, "Mbak, bagaimana caranya sih agar bisa menikmati granola? Saya tidak terlalu suka granola, dan kebetulan punya sebungkus besar dikulkas." Hm, saya pribadi suka granola. Jika dinilai dari angka 1 (benci) sampai 10 (maniak), maka mungkin saya di level 9. Untuk urusan granola, saya tidak pernah kesulitan mengudapnya, dimakan langsung tanpa campuran apapun, karena granola yang terasa manis, gurih, crispy ini sedap sebagai camilan. Granola umumnya terbuat dari campuran oatmeal; kacang-kacangan seperti almond, mete, kacang tanah, hazelnut, walnut; biji-bijian seperti wijen, biji bunga matahari, biji labu kuning; irisan kelapa kering; rice crispy; buah-buahan kering seperti kismis, prune, cranberry, kurma, dan aprikot, yang diberi pemanis seperti corn syrup (sirup jagung) dan madu, kemudian dipanggang hingga crunchy, garing dan semua bahan matang. 


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Karena kandungan serat dan gizinya yang tinggi, maka granola menjadi makanan sehat yang cukup populer dan aneka produk granola pun bertebaran. Kita bisa membuatnya sendiri dirumah, saya bahkan pernah memposting artikelnya disini. Tapi membuat granola sendiri di rumah memerlukan banyak bahan yang perlu dipersiapkan, serta kesabaran tingkat dewa karena ketika granola dipanggang maka butiran oat dan bahan lain harus berkali-kali diaduk agar kering merata. Suhu oven tidak boleh terlalu tinggi atau granola akan terpanggang gosong. Waktu yang lama dan proses yang ribet ini menjadi kendala kala hendak memasukkan granola ke dalam list makanan sehat yang akan dikudap. Tapi eits... Jangan putus asa dulu, karena ada satu produk granola yang sudah beredar luas dipasaran namanya Mola Granola. Healthy snacks ini memiliki tekstur crunchy, gurih, tidak terlalu manis dan pas banget menjadi kudapan sehat. Sebagaimana slogannya, 'Delicious. Natural. High Protein. High Fiber. Gluten Free. Crispy. Crunchy. Nutty." 😁 


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Mola Granola terbuat dari oat utuh (rolled oat), kacang mete, almond, biji bunga matahari, corn crispy dan corn syrup. Untuk satu satu porsi seberat 25 gram, Mola Granola mengandung 120 kalori, dan serat makanan sebanyak 4 gram atau 18 % dari berat penyajian. Kandungan nutrisi ini tercantum dibagian belakang bungkus kemasan Mola Granola, sehingga bagi anda yang memang sangat concerned dengan kalori yang diasup tidak perlu deg-degan kala menikmatinya. Saat ini, Mola Granola memiliki 3 varian rasa yaitu coklat, matcha (green tea) dan original. Semuanya sedap ketika saya cicipi satu persatu. Teksturnya renyah, gurih karena kandungan kacang-kacangan dan biji bunga matahari didalamnya, serta rasa manis yang tidak terlalu kuat sehingga pas bagi mereka yang memang tidak terlalu suka gula didalam camilan. 

Bagi anda yang penasaran dengan rasanya dan ingin memasukkan Mola Granola kedalam daftar makanan sehat sehari-hari maka produk ini bisa dipesan langsung melalui Instagram yaitu @molagranola.sby atau melalui no WA: 0811-3066625.  Hendak mencari inspirasi lezat untuk menikmati granola? Maka bisa pelototi wall IG @molagranola.sby karena disana banyak sekali inspirasi resep dan cara unik untuk menyantap granola yang mungkin selama ini belum kita ketahui. 

Nah, walau disantap begitu saja sudah sangat sedap, namun sebenarnya ada puluhan cara unik menyantap granola. Berikut ini saya hadirkan 5 cara lezat meyantap granola yang mudah dipraktekkan dirumah, dan bisa menjadi variasi sedap memanfaatkan butiran granola yang renyah. Setelah melihat kreasi dengan granola ini, saya yakin tidak ada kata enggan untuk menikmatinya. Thanks untuk Mola Granola atas kiriman granolanya yang sedap, membuat saya bisa berkreasi dengan aneka resep bersamanya. 

Berikut resep dan prosesnya ya. 😁

1. Granola dengan Buah Segar dan Susu


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Ini cara simple yang siapapun pasti bisa membuatnya dirumah. Cukup mempermak aneka buah segar yang sering terbengkalai di kulkas karena malas mengupas dan memotongnya. Tata potongan buah didalam mangkuk, siram dengan susu cair. Bisa menggunakan susu apapun bahkan susu kedelai dan susu almond pun sedap. Nah butiran granola ditaburkan dipermukaannya dan santap saat itu juga ketika granola masih terasa garing dan renyah. Jika ingin rasa lebih manis dan aroma berbeda, kucurkan madu dan taburkan kayu manis bubuk diatasnya. Menu ini mantap disantap di waktu kapanpun, namun umumnya granola, buah dan susu paling sedap dikudap kala sarapan pagi. 


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Untuk 1 porsi

Bahan:
- 1 buah pisang, potong melintang tipis
- 5 buah strawberry, potong sesuai selera
- 1/4 buah mangga arummanis, potong kubus
- 1 mangkuk kecil melon, potong dadu
- granola sesuai selera (saya pakai Mola Granola Matcha)
- 250 ml susu cair
- madu, kayu manis bubuk (optional)

Cara membuat:


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Siapkan mangkuk saji, masukkan semua potongan buah. Siram dengan susu cair dan taburkan granola dipermukaannya.  Taburi dengan kayu manis bubuk atau kucuri madu seusai selera. Yummy!

2. Strawberry Yogurt Parfait dengan Granola


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Panas di Jakarta luar biasa menyengat beberapa minggu ini, sedapnya memang menikmati dessert dingin, rendah kalori, minim lemak namun memiliki cita rasa lezat. Nah strawberry yogurt parfait ini sangat tepat untuk dijadikan pelepas dahaga, sehat dan mengenyangkan. Parfait (/pɑːrˈfeɪ/; [paʁfɛ] merupakan jenis dessert yang berasal dari Perancis. Kata parfait berarti 'sempurna'. Umumnya parfait terbuat dari kuning telur, krim kental, dan sirup yang direbus hingga menjadi custard yang pekat. Versi Amerika-nya, parfait disajikan digelas khusus yang tinggi dan melebar dipermukaannya, bersama granola, aneka buah, kacang-kacangan, yogurt, sirup, dan ditutup dengan whipped cream.


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Nah versi yang kali ini saya hadirkan lebih simple dan tentu saja lebih sehat. Custardnya saya ganti dengan yogurt dan strawberry segar yang direbus bersama sedikit gula hingga hancur dan lumat. Yogurt (saya menggunakan jenis plain, bisa menggunakan rasa lainnya), kemudian ditata berlapis secara bergantian dengan selai strawberry, aneka buah dan diakhiri dengan taburan granola dipermukaannya. Simpan yogurt parfait di chiller kulkas, dan sajikan ketika benar-benar dingin. Tekstur yogurt yang lembut dipermanis dengan selai strawberry dan buah, serta renyahnya granola. Super yummy!

Untuk 2 porsi

Bahan:
- 250 gram strawberry segar
- 3 sendok makan gula pasir
- 8 sendok makan yogurt plain, bisa menggunakan varian rasa lainnya
- 5 buah strawberry, potong sesuai selera
- 1 mangkuk kecil melon dipotong dadu
- 1 mangkuk kecil mangga arumanis, potong dadu
- 5 buah anggur, buang bijinya dan belah menjadi 4 bagian
- granola secukupnya untuk taburan (saya menggunaakan Mola Granola Matcha dan Coklat)

Cara membuat:


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Siapkan panci, masukkan strawberry dan gula pasir. Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk hingga gula lumer dan strawberry empuk. Hancurkan strawberry dengan punggung sendok dan masak hingga kental. Angkat dan biarkan hingga benar-benar dingin. 

Siapkan 2 buah gelas saji, masukkan 2 sendok makan yogurt ke masing-masing gelas. Tuangkan sekitar 2 sendok makan strawberry rebus ke permukaan yogurt, tata potongan buah diatasnya. Ulangi kembali dengan menuangkan 2 sendok makan yogurt diatas potongan buah, dan strawberry rebus, akhiri dengan potongan buah. Masukkan ke kulkas hingga parfait benar-benar dingin. Taburi granola dipermukaan parfait ketika akan disantap. Super yummy!

3. Green Banana Smoothie dengan Granola


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Green smoothie sangat menyehatkan, tetapi seringkali kita enggan membuatnya karena rasa 'langu' khas dedaunan yang membuat bulu kuduk bergidik. Nah cara termudah untuk menghindari bau aneh di green smoothie adalah memilih jenis sayuran yang digunakan dan menggunakan perasan air jeruk keprok (jeruk Mandarin). Sayuran seperti sawi, selada, pakchoy, ketimun memberikan aroma yang mild, sementara brokoli sebaiknya direbus setengah matang sehingga perut tidak kembung kala menikmati green smoothie dengan sayuran tersebut. Aroma dan rasa jeruk yang segar membuat green smoothie terasa manis, segar dan menumpas bau dedaunan mentah yang khas. Nah untuk rasa manisnya tidak perlu menambahkan gula atau madu, tetapi cukup masukkan 1 buah pisang kedalam blender dan proses semua bahan hingga halus. Pisang selain menambah rasa manis juga membuat green smoothie lebih kental dan sedap. 


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Untuk 2 porsi

Bahan:
- 1 buah pisang sunpride, potong menjadi beberapa bagian
- 4 kuntum brokoli, yang direbus setengah matang
- 1 batang sawi/caisim/pak choy, ambil daunnya saja dan potong sepanjang 3 cm
- 300 ml jus jeruk keprok/jeruk Medan/jeruk Mandarin
- 200 ml air dingin
- granola secukupnya untuk taburan (saya pakai Mola Granola Matcha)

Cara membuat:


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Siapkan gelas blender, masukkan semua bahan smoothie, kecuali granola. Proses hingga halus. Jika terlalu kental tambahkan porsi air dingin. Tuangkan smoothie ke gelas-gelas saji. Taburi permukaannya dengan granola. Santap saat itu juga. So yummy!

4. Overnight Oat dengan Granola


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Overnight oat, alias oatmeal yang direndam susu cair dingin dan diinapkan di kulkas selama semalam hingga lunak sangat ngetrend beberapa waktu belakangan ini. Yang membuatnya populer adalah karena tekstur oatmeal yang direndam susu dingin berbeda kekentalannya dibandingkan dengan oatmeal yang direbus diatas kompor hingga lunak. Overnight oat memiliki butiran oat yang masih utuh namun terasa lembut dan tidak menggumpal seperti lem. Testurnya membuat si bukan pencinta oat pun menjadi menyukainya. Cara ini juga untuk menyiasati si sibuk yang tidak sempat mempersiapkan sarapan pagi kala harus terburu-buru pergi ke kantor. Sesuai namanya overnight oat maka menu ini disiapkan dimalam hari, sebaiknya dimasukkan kedalam wadah yang memiliki tutup, dan keesokan paginya oat siap disantap. Asyiknya lagi, kita bisa membuat beberapa wadah sekaligus sebagai stok,  dan disantap untuk beberapa hari. Hemat waktu, tenaga dan pikiran pun menjadi tenang karena bagi saya makan pagi adalah kegiatan yang sangat penting. 😉


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Ada banyak cara untuk menikmati si overnight oat, karena oatmeal adalah jenis makanan yang super fleksible untuk dikolaborasikan dengan bahan makanan lainnya, namun cara termudah adalah dengan mencampurkannya bersama buah-buahan segar. Pisang, mangga, nanas, melon, strawberry, dan anggur adalah jenis buah umum yang mudah ditemukan di pasaran dan sedap menjadi pendamping. Untuk rasa lainnya maka bubuk coklat, choco chips, kayu manis bubuk juga bisa ditambahkan. Masih kurang manis? Kucuri saja madu ketika overnight oat akan disantap. 

Walau oat dan buah-buahan sudah kaya akan serat, namun saya menambahkan 1 sendok makan chia seed di setiap gelasnya. Setelah didiamkan semalam maka biji-biji chia akan mengembang, mekar dan memiliki tekstur lembut yang pas bersanding dengan oat. Chia seed kaya akan kandungan asam lemak omega-3, thiamine, niacin riboflavin dan folat. Agar rasa overnight oat tidak monoton maka saya menaburkan granola dipermukaannya ketika overnight oat akan disantap. Crunchy-nya granola membuat menyantap overnight oat menjadi kegiatan yang jauh dari kata membosankan. ^_^


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Untuk 3 porsi

Bahan:
- 6 sendok makan quick cooking oat (oat siap masak)
- 3 sendok makan chia seed (optional)
- 1 buah pisang, iris melintang tipis
- aneka potongan buah-buah lainnya (anggur, mangga, melon, strawberry)
- 600 ml susu cair
- madu, kayu manis, coklat bubuk, choco chips (optional)
- granola secukupnya (saya menggunakan Mola Granola Coklat, dan Original)

Cara membuat:


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Siapkan gelas saji, saya menggunakan stoples kecil yang memiliki tutup, bisa menggunakan gelas biasa dan tutup overnight oat dengan plastic wrap ketika disimpan di kulkas. Masukkan oatmeal, chia seed, aduk rata. Tambahkan coklat bubuk pada tahap ini jika membuat versi coklat. Masukkan irisan pisang dan buah-buahan lainnya. Tuangkan susu cair hingga gelas penuh. 

Tutup gelas dan simpan di kulkas selama semalam. Keesokan harinya ketika akan disantap, aduk oat hingga semua bahan tercampur baik. Taburi permukaannya dengan kayu manis bubuk (jika suka), madu, choco chips (optional), dan granola. Siap disantap. Super duper yummy!

5.  Salad Buah Granola dengan Dressing Jeruk Mandarin


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Salad buah dengan taburan granola? Well, mengapa tidak. Rasa buah yang segar ternyata sangat sedap jika dikunyah bersama butiran granola yang renyah. Nah untuk dressingnya, saya menggunakan dressing simple dan tidak berat yang terbuat dari air jeruk Medan, air jeruk lemon, bersama sedikit minyak zaitun, cabai bubuk dan garam. Semua bahan dressing cukup dimasukkan kedalam wadah botol kecil, dan kocok hingga tercampur baik, dan siap dipergunakan. Saus bisa dibuat banyak sekaligus dan simpan di chiller selama 5 hari. 


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Untuk buahnya, bisa menggunakan buah jenis apapun, bahkan sayuran seperti daun selada, brokoli rebus, wortel, ketimun pun mantap. Salad ini super duper mudah dibuat, sehat, sedap dan mengenyangkan. 

Untuk 2 porsi

Bahan salad:
- 10 butir anggur, belah dua dan buang bijinya
- 1/4 buah melon, potong kotak
- 1 buah jeruk mandarin, kupas dan bersihkan masing-masing juringnya
- 6 buah strawberry, belah dua
- granola untuk taburan (saya menggunakan Mola Granola rasa Original)


5 Cara Lezat Menikmati Granola

Bahan Orange Dressing:
- 200 ml jus jeruk Mandarin/jeruk keprok/jeruk Medan
- 1/2  buah jeruk lemon, peras airnya 
- 1/2 sendok teh cabai bubuk
- 2 sendok makan minyak zaitun
- 1/8 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica hitam tumbuk kasar

Cara membuat:
Siapkan botol/stoples kecil bertutup atau gelas blender dry mill. Masukkan semua bahan dressing, kocok kuat-kuat hingga tercampur rata. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asam dan asin sesuai selera. Sisihkan. 

Siapkan mangkuk saji, tata potongan buah ke dalam mangkuk. Siram dengan dressingnya ketika akan disajikan. Taburi granola di permukaan salad. So yummy!

21 komentar:

  1. wowwww yummyyy..

    teringin nak try.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicoba kak Julie. Blognya bagus banget, masakannya bikin ngiler. ^_^

      Hapus
  2. Mmmmmm... Yummy...
    Jadi penasaran sama granola. Kapan-kapan beli ah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak buat camilan Mba Ima, siang2 ngantuk di kantor habis 1 pack sendiri wakakkaka

      Hapus
  3. Oh iya, ada yang ketinggalan.
    Dulu, dulu...., kalau mba Endang masih ingat, saya selalu mengeluh bila mengunjungi JTT dan post terbarunya belum ada yang komentar. Waktu itu saya selalu bilang gagal komentar karena kolom komentarnya tidak muncul. Ternyata oh ternyata, kesalahan ada pada mata saya, mba. Kolom komentarnya muncul di bawah Pedoman Berkomentar dan saya tidak pernah mengeceknya sampai ke bawah waktu itu. Jadi malu sendiri mengingatnya, heheheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kadang kolom komentarnya memang suka gak muncul, terutama kalau koneksi lagi bad. Kadang bahkan mau balas komentar juga susah karena ketika diklik balas kolomnya gak keluar wakakkak. Maklum blog gretongan hiks

      Hapus
  4. Im so enjoying this. Thanks mba End, such a good job. Makan biji2 an spt ini pstnya bgs bgt. Moga aja hrg granola nya ga mahal ya, hee.. btw mba end, request dung masak yg light
    n simple cooking lg, seperti kue lapis misalnya, trs satu lagi, homemade coklat dung, kl bs yg asli dari kita ngolah biji kakao nya, sgt appreciate kl mba mau repot-repot.. hehehe. Btw im a woman ya, pake akun tmn. Dan needless to say, saya sukaaa skali sm situs ini, sukses slalu mba. Iren from medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Iren, thanks yaa. Mola granola keknya 20 rb per pack, lagi ada promo di Shoppe online shop, free ongkir sampai sept.

      Kue lapis tradisional ya? saya suka gagal bikin kue2 tradisional wkaakakk, makanya saya jarang posting kue2 tradisional.

      Kalau homemade coklat keknya susah hiks, belum sampai taraf itu Mba.

      Hapus
  5. Masya Alloh...kereeen bgt mbak Endang postingannya....fotonya jg berhasil bikin ngiler...ngalahin David lebofidz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba, waaak masih jauh kualitas fotonya sama David Lebofidz mba.

      Hapus
  6. Wah segarnya...
    Selain melototin hidangannya, sya jg melototin gelas-grlas lucunya mbak endang. Hehehe...
    Granola enak jd dijafikan campuran patbingsoo. Klo boleh, request resep patbingsoo dong mbak. Sekalian ama resep pukis yg empuk & wangi yg biasax dijual di mall2. Saya kalau bikin suka mengeras setelah pukisx dingin. Agak kesulitan jg nyari resep yg pas. Selalu berakhir beda dgn yg dijual di mall2 gtu. Hehehee...
    Sukses trus ya mbak endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Isna, thanks ya. Gelas2 biasa Mba, sebagian saya pakai toples mini buat bumbu, hiks.

      Patbongso kayanya es serut, kasih potongan buah, pakai ketan hitam dan taruh es krim diatasnya kan ya? Kalau mau yummy kasih custard encer sebagai kuahnya. Kapan2 kalau ada waktu saya buat hehhehe

      Hapus
    2. Bukan ketan hitam mbk tp pasta kacang merah. Sbnarnya ada bbrp resep patbingsoo di internet. Tp rasax krg afdhol klo g nyoba resep versi mbk endang. Nah, aq nungguin resep pasta kacang merah sama tteok (cake rice) untuk patbingsoo dr mbk endang aja ya 😉

      Hapus
  7. Ahh..keren banget postingan kali ini, langsung dapet ide menu buat di atas merbabu minggu depan, simple tapi ngenyangin. Mba end, rekomend dong..masakan apa yg bisa dibikin di atas gunung. Soalnya saya tiap bulan pasti naik gunung. Pengen kliatan pinter masak di depan temen2�� (dewi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Dewi, digunung biasanya indomie wakakkakak. Soalnya kan ringan dibawa dan mengenyangkan. Berhub gak pernah naik gunung saya no have idea, tapi kalau saya akan melakukan aktifitas itu keknya saya bakalan kaya piknik bawa rendang, abon dan ikan balado hahhahah

      Hapus
  8. Yaa ampun hari ini mata dimanjakan oleh warna warni cantik nih mba endang.....wow bikin semangat & pasti rasanya enak pake banget yaaa...Love u mbaku,semoga selalu sehat ya biar terus post resep2 yg ciamiiik:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Heti, senang postingannnya disuka. Sehat dan sukses selalu juga yaaa

      Hapus
  9. namanya sering dengar, cuman untuk bentuk utuhnya baru juga saya lihat disini, bentuknya seperti nasi aking,..hehehehe...soal rasa gimana gitu...pengin coba juga akhirnya, mungkin di toko mini swalayan seperti alfa mart ada jual barangkali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Zulham, haaa yep bentuknya kek nasi aking dengan rasa manis hehehe. Kayanya mini swalayan belum ada ya.

      Hapus
  10. Kalau setelah kita buka dari kemasannya jika ga habis sebaiknya ditaoh di kulkas atau di ruangan biasa mengingat saya mengalami setelah di buka ga habis di makan sisanya jadi basah kaya lembab padahal kemasan saya tutup rapet

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, memang segala macam jenis makanan yang bersalut gula atau keripik enaknya masuk kulkas

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^