Pages

11 Desember 2020

Resep Spaghetti Smoked Beef

Resep Spaghetti Smoked Beef JTT

Saya selalu ingin menyetok banyak pasta kering di pantry, apalagi jika ada sale murah di online shop. Pasta tidak pernah ada matinya, diolah apapun mantap, bahkan untuk masakan ala Indonesia seperti mi goreng Jawa atau mi gomak ala Medan. Sayangnya, pasta kering di dapur saya tak pernah bertahan lama, apalagi kalau bukan diserang kutu. Walau kemasannya tersegel rapat, entah bagaimana caranya kutu-kutu ini bisa masuk dan menghancurkan isinya. Jika sudah ada satu bungkus pasta terserang maka sudah bisa dipastikan semua bungkusan yang ada terdapat kutu didalamnya. Entah sudah berapa banyak pasta yang saya buang gara-gara ini. 

Cara termanjur menyimpannya adalah dalam kontainer plastik kedap udara, hanya tentu saja membutuhkan wadah besar jika hendak menyetok banyak. Cara lain yang juga manjur adalah dengan menyimpannya di kulkas entah freezer atau chiller, tapi cara ini memakan tempat juga. Mungkin jika punya chest freezer akan leluasa menceburkan bahan makanan kering seperti ini agar tahan lama.  Tapi saya lagi menahan nafsu tidak membeli freezer jenis ini, takut penyakit menimbun bahan makanan ini semakin parah. 

Resep Spaghetti Smoked Beef JTT
Resep Spaghetti Smoked Beef JTT

Satu olahan pasta yang menurut saya tidak ada matinya adalah dengan smoked beef, mau diolah dengan bumbu apapun, mantap rasanya. Menu populer duo kedua bahan ini mungkin fettuccine alfredo dengan smoked beef, saya pernah post resepnya di sini. Tapi dengan bumbu sederhana bawang putih cincang, merica, dan Italian mixed herbs pun sedap seperti resep kali ini. Jika waktu kepepet, malas mengolah bahan terlalu njlimet, maka resep ini layak dicoba. Tak ada smoked beef maka suwiran dada ayam rebus/panggang, daging ayam cincang, daging sapi cincang dan tuna kalengan pun mantap menjadi penggantinya. Pastanya bisa pakai jenis apapun, tidak harus spaghetti ya.

Berikut resep dan prosesnya.

Resep Spaghetti Smoked Beef JTT

Spaghetti dengan Smoked Beef
Resep modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik resep dengan smoked beef lainnya? Silahkan cek link resep dibawah ini:

Bahan:
- 300 gram spaghetti kering
- 8 lembar smoked beef, iris memanjang setebal 1 cm

Bumbu:
- 5 sendok makan  minyak zaitun / minyak goreng biasa
- 5 siung bawang putih cincang halus
- 2 sendok teh merica hitam tumbuk kasar
- 1/2 sendok makan Italian seasonings/mixed herbs
- 2 sendok teh  garam
- 1/2 sendok teh kaldu jamur
- 4 sendok makan  keju Parmesan parut / keju cheddar
- 2 tangkai daun peterseli/parsley cincang halus (optional)

Cara membuat:

Resep Spaghetti Smoked Beef JTT

Siapkan panci, isi dengan 1 liter air dan 1/2 sendok makan garam. Rebus hingga mendidih. Masukkan spaghetti kering, rebus hingga lunak al dente. Sisihkan air rebusannya sebanyak 1 gelas, tiriskan spaghetti. Sisihkan.

Resep Spaghetti Smoked Beef JTT

Siapkan wajan/pan, panaskan minyak. Tumis bawang putih hingga harum dan matang (jaga jangan sampai kecoklatan warnanya). Masukkan smoked beef, aduk dan tumis dengan api kecil selama 2 menit. Masukkan spaghetti, merica, Italian seasonings, garam dan kaldu jamur, aduk rata. Tambahkan sedikit air rebusan pasta agar bumbu melekat dengan baik dan spaghetti lembab dan tidak lengket.

Tambahkan keju parmessan parut, aduk rata. Cicipi rasanya, sesuaikan asinnya. Angkat sajikan dengan taburan keju parmesan diatasnya.

1 komentar:

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^