Pages

06 Mei 2015

Sup Krim Labu Kuning - I love it! I love it!


Jika saja saya tahu dari dulu betapa lezatnya labu kuning yang diproses halus dan diolah menjadi sup seperti ini maka mungkin hari-hari saya akan banyak dihiasi olehnya. Labu kuning cukup melimpah di pasar atau supermarket dan seiris besar labu hanya seharga sepuluh ribu rupiah saja, dengan porsi segitu saya bisa membuat bermangkuk-mangkuk sup krim labu yang super delicious! Labu kuning yang lembut membuat tekstur sup menjadi sangat creamy sehingga krim kental yang digunakan mungkin hanya berfungsi  sebagai hiasan saja. 

Sangat bergizi, rendah akan kalori, proses pembuatan yang mudah dan cepat, mengenyangkan serta enak rasanya. Semua alasan-alasan itulah yang membuat saya merekomendasikan sup ini untuk anda coba di rumah. Percayalah anda tidak akan kecewa dengan hasilnya. ^_^


Labu kuning memang terkenal akan gizinya, terutama kandungan vitamin A-nya yang tinggi. Menurut Cronometer.com, untuk 100 gram labu kuning yang telah dimasak terkandung vitamin A sekitar 4992 IU dan itu telah mencapai 214% dari kebutuhan vitamin A harian yang kita perlukan. Tapi tahukah anda bahwa labu kuning bukan hanya sekedar mengandung vitamin A yang tinggi? Buah sederhana yang mungkin jarang kita konsumsi sehari-hari ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa dan tulisan di bawah ini yang saya ambil dari beberapa sumber mungkin bisa sedikit menambah wawasan anda tentang si labu kuning. 

Membantu menurunkan berat badan. Labu kuning kaya akan serat makanan sehingga dicerna secara perlahan oleh tubuh kita. Mengkonsumsi labu kuning akan membuat kita menjadi kenyang lebih lama karena dalam satu cup nya (245 gram) terkandung sekitar  tujuh gram fiber, dan itu lebih banyak dibandingkan dua iris roti yang terbuat dari gandum utuh dan biji-bijian. Mengenyangkan namun memiliki kalori yang rendah, 90% kandungan di dalam labu kuning adalah air sehingga dalam 100 gram labu kuning kukus hanya mengandung sekitar 20 kcal.


Membantu meningkatkan kemampuan indra penglihatan. Warna labu kuning yang cerah jingga menyala disebabkan karena banyak mengandung beta-carotene. Di dalam tubuh kita, pigmen pemberi warna oranye dan merah ini akan dirubah menjadi vitamin A. Vitamin A seperti kita ketahui, sangat penting bagi kesehatan mata dan membantu retina untuk menyerap dan memproses cahaya yang masuk ke mata. Dalam 100 gram labu kuning mengandung lebih dari 200 persen kebutuhan vitamin A yang diperlukan tubuh sehari-hari, membuat buah labu merupakan pilihan yang sangat bagus untuk kesehatan penglihatan.

Meningkatkan daya tahan tubuh. Jika anda ingin meningkatkan daya tubuh dan menghindari supaya tidak mudah jatuh sakit maka anda mungkin harus memasukkan labu kuning kedalam menu harian. Kandungan vitamin A yang tinggi membantu tubuh untuk melawan infeksi dan virus. Minyak biji labu kuning bahkan mampu membantu tubuh melawan infeksi bakteri dan jamur. Ditambah lagi, buah ini juga mengandung hampir 20%  kebutuhan vitamin C harian sehingga membantu penyembuhan flu lebih cepat. 


Kulit yang lebih sehat dan terlihat muda. Yeay! Siapa yang tak ingin terlihat lebih muda dibandingkan usia sebenarnya bukan? Terutama kaum wanita. Nah menyantap labu kuning secara teratur akan membuat anda terlihat awet muda. Ini dikarenakan kandungan beta-carotene yang tinggi pada labu akan membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari yang memang membuat kulit menjadi cepat berkerut. Selain itu pulp atau serat yang menyelubungi biji labu kuning ternyata bisa menjadi masker alami yang sangat baik karena mampu melembutkan dan mendinginkan kulit. Atau anda juga bisa membuat masker labu kuning dengan mencampurkan 50 gram labu kuning kukus yang sudah dilumatkan, sebutir telur, satu sendok makan madu dan satu sendok makan susu. Oleskan ke permukaan wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit baru kemudian bilas wajah anda dengan air hangat. Kulit akan terasa lembut, halus dan lembab.


Menurunkan resiko penyakit kanker. Beta-carotene memang bagus untuk mata dan kulit, namun tahukah anda manfaat luar biasa lainnya dari pigmen jingga dan merah ini? Membantu memerangi penyakit kanker. Riset menunjukkan bahwa mereka yang banyak memasukkan beta-carotene di dalam makanan yang disantap memiliki resiko yang lebih rendah terkena beberapa tipe kanker, termasuk kanker prostat dan kanker paru-paru. Vitamin A dan C yang terkandung di dalam labu kuning memiliki kemampuan untuk melindungi sel karena keduanya termasuk ke dalam jenis antioksidan. Antioksidan di dalam tubuh berperan sebagai pelindung sel dari serangan kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. 


Membantu mengobati diabetes. Dalam beberapa percobaan ilmiah, labu kuning terbukti mampu mengurangi kadar glukosa dalam darah, meningkatan toleransi glukosa dan meningkatkan hormon insulin yang dihasilkan oleh tubuh. Pengujian lebih lanjut tentu saja diperlukan untuk membuktikan apakah labu kuning benar-benar bermanfaat bagi penderita diabetes, tetapi jika anda memiliki penyakit ini maka menyantap sejumlah labu kuning dalam menu harian tentunya bukanlah hal yang merugikan. 

Manfaat biji labu kuning. Bukan hanya daging buahnya saja yang memberikan manfaat yang menakjubkan, biji labu kuning ternyata juga banyak manfaatnya. Kacang-kacangan dan biji-bijian termasuk biji labu kuning kaya akan bahan kimia nabati, salah satunya adalah phytosterols. Berdasarkan penelitian phytosterols mampu mengurangi kadar LDL atau kolesterol 'jahat' di dalam darah. Selain itu biji labu kuning juga kaya akan kandungan asam amino tryptophan. Asam amino ini penting dalam pembentukan serotonin yang memiliki peran dalam menjaga mood kita. Menyantap segenggam biji labu kuning akan membuat suasana hati anda menjadi cerah.


Wokeh sekarang kita ke proses pembuatan sup krim labu kuning ini. Sebelum anda membuatnya pastikan anda membeli labu kuning dengan warna terjingga dan tercerah yang bisa anda temukan. Semakin jingga maka akan semakin banyak kandungan beta-carotene di dalamnya dan manfaatnya pun akan semakin banyak. Tidak ada yang sulit dalam membuat sup krim ini. Kupas dan kukus labu kuning hingga empuk, kemudian anda perlu membuat sup dasarnya terlebih dahulu. Disini saya menggunakan kentang untuk membuat sup lebih kental dan wortel untuk membuat sup lebih kaya rasa dan nutrisi tentunya. Semua bahan cukup dimasak hingga lunak dan diblender hingga halus. 

Rosemary di kebun JTT

Agar rasanya lebih sedap saya menggunakan kaldu daging sapi dan sedikit rempah bernama rosemary. Rosemary memiliki aroma harum lembut dan kebetulan saya menanamnya sendiri di dalam sebuah pot di halaman rumah. Skip saja rosemary jika sulit ditemukan atau anda bisa menggantikannya dengan cincangan daun seledri. Krim kental yang saya pergunakan di resep sebenarnya hanya untuk memberikan sedikit rasa gurih, dan sebagai garnish di permukaan sup. Skip saja jika anda tidak memilikinya karena saya yakin tanpanya rasa sup ini akan tetap lezat,  atau anda bisa gantikan dengan 100 ml susu cair atau 2 sendok makan susu bubuk. Sup krim labu kuning ini sedap disantap begitu saja disaat hujan deras seperti akhir-akhir ini atau bersama sepotong roti panggang. Super yummy!

Berikut resep dan prosesnya ya.


Sup Labu Kuning - I love it! I love it!
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 porsi

Tertarik dengan resep labu lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Pancake Labu Kuning
Flan Labu Kuning
Donat Panggang Labu Kuning

Bahan:
- 300 gram labu kuning yang telah dikukus hingga lunak
- 1 sendok makan mentega atau minyak untuk menumis
- 1/2 bawang bombay, cincang kasar
- 3 siung bawang putih, cincang kasar 
- 1 batang daun bawang, rajang kasar 
- 500 ml air kaldu sapi/ayam 
- 1 buah kentang ukuran sedang, belah menjadi 8 bagian
- 1/2 batang wortel potong melintang setebal 1/2 cm
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 2 sendok teh garam
- 1 batang rosemary, ambil daunnya saja (optional), ganti dengan 1 batang seledri dicincang jika tidak ada
- 50 ml krim kental atau 100 ml susu cair atau 2 sendok makan susu bubuk

Cara membuat:


Siapkan labu kuning yang telah dikupas dan kukus hingga lunak. Sisihkan.

Siapkan panci, masukkan 1 sendok makan mentega atau minyak, panaskan. Tumis bawang bombay hingga harum dan sedikit transparan. Tambahkan bawang putih dan daun bawang, tumis sebentar hingga layu dan harum.

Tuangkan air kaldu, masak hingga mendidih. Masukkan semua bahan lainnya kecuali krim kental, aduk rata dan masak hingga kentang dan wortel lunak. Angkat.

Biarkan sup hingga setengah hangat, tuangkan ke dalam blender, masukkan labu kuning kukus. Proses hingga halus dan smooth. 


Tuangkan kembali sup ke panci,  masukkan krim kental dan masak dengan api kecil hingga mendidih. Cicipi rasanya, sesuaikan garamnya, angkat.

Tuangkan labu ke mangkuk, hiasi permukaannya dengan sedikit krim kental dan cincangan daun rosemary. Super yummy! 

Sources:
Wikipedia - Pumpkin
Huffington Post - 8 Impressive Health Benefits of Pumpkins
CNN - 6 Surprising Health Benefits of Pumpkins

56 komentar:

  1. Sup sehat dan lezaaat jd pengen bikin mba hihiihi... oiya rosemerry tuh ky seledri bkn mba? cm daun nya kecil2 tp byk yaa itu bkn mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba emma, bukan ya mba, yang mba maksud kayanya peterseli atau parsley ya. rosemary biasanya dipakai untuk rempah2 italia, besok saya foto dan update di artikel ini ya, saya lupa kemarin hehehe

      Hapus
    2. mba kalau pake rosemary bubuk sama saja kah?

      Hapus
  2. Hola Mba Endang,

    Makasi ya buat resepnya.
    Pas banget neh, aku baru dari kampung beli labu krn murah bgt. eh pas smp jkt bingung mau buat apa. Kemaren aku ubek" list resep mba yang pake labu, kepikiran pengen bikin flan tp ga jd krn dolo pernah nyoba 2x ga pernah berhasil buat resep karamel. hiks.. hiks...
    Tapi kali ini semangat neh mau buat sup krim labu.
    Makasi yaaaaa.......

    Rgds,
    Inge *\(^ . ^ )/*

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba inge, sippp, silahkan dicoba resepnya ya mba, moga suka yaaa. labu kuning kukus bs di freezer kok supaya masa pakainya bs lama.

      Hapus
  3. asik banget nih mba resepnya mudah ya. anyway sy baru tau kalau labu kuning banyak kandungan vitamin A. hehehe

    thx resepnya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba Raisa, thanks sharingnya ya, yeppp labu kuning banyak banget manfaatnya, sekarang saya banyak2in makan ini di menu hehehe

      Hapus
  4. anakku suka banget labu kuning mb, krn sejak mulai makan aku kenalin si kuning orens kayak manfaat ini hehee..tapi blm pernah aku bikin sup krim krn biasanya aku kukus saja dia doyan..mbak misal ga pake kaldu gimana mb? mau nyobain resep dr mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba retno, memang sedap ya labu, wah bagus tuh mba, sejak kecil sudah dibiasakan makan labu, Mantap!

      gak papa, skip saja kaldunya ya mba, tetap enak kok

      Hapus
  5. sup labu bisa utk mpasi jg lohh. minus bumbu2. gitu aja uda enak kok. krn labu manisnya pas

    BalasHapus
  6. ini salah satu sup krim yang saya suka bikin.. kadang diganti kabocha.. soalnya si sulung ga doyan makan sayur, kalo diakalin jadi sup krim gini dia mau... tinggal ditaburi tumisan sosis, or daging asap.. atau, taro pastri instan di atas ramekin isi sup krim, jadi deh zuppa soup..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba maria, thanks sharingnya yaa, wah mantap tuh idenya buat zuppa soup, pasti yummy banget yaa.

      thanks dan sukses selalu ya!

      Hapus
  7. pasti aq coba resepnya mba...:))

    erika

    BalasHapus
  8. Mbak En, liat labunya aku jadi inget pumpkin soup yang ada di hay day. Labu kuning ini kabocha kan ya mbak En, atau labu parang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba rena, saya pakai labu parang ya mba, tapi bisa juga pakai kabocha ya.

      Hapus
  9. Mbak Endang, karena saya intolerance sama laktosa susu, ada tidak pengganti krim kental/susu? Atau bisa di-skip? -beti-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mba beti, labu kuning sudah kaya rasa sebenarnya, jadi tanpa krim udah enak kok, skip saja yaa

      Hapus
  10. aku deg2an mau bikinnya mbak, takut blenger dan takut klo rasanya "aneh" soalnya demennya makan sup krim yg di tempat pizza itu loh hehehe
    coba deh, mumpung labu ada nih di rumah
    buat mpasi juga enak kali ya, skip garem :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba neng, enaaaak mba beneran wakkakak. Buat sedikit saja kalau masih ngeri lihatnya. Saya masak 1 panci kecil buat dimakan sendiri, sukaaa banget.

      skip garam saja mba kalau buat baby ya

      Hapus
  11. mbak,Bs gk pke rosmary kering?? trs kalduny hrs pke kaldu buatan sndiri?? atau bs pke kaldu blok/kaldu jamur/mngkn royc0??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, yepp bisa pakai yang kering ya, dan kaldunya bs pakai kaldu apa saja ya, gk harus buatan sendiri hehehhe

      Hapus
  12. Mba,

    Labunya boleh direbu apa mesti dikukus? aku gak punya kukusan :(
    terimakasih.

    Ami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa direbus ya mba ami, yang penting jadi lunak ya.

      Hapus
  13. Halo mba,
    Sup ini enaknya dipaduin sama apa ya untuk lauknya? aku mau bikin untuk anakku nih..

    Thanx mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, biasanya sup ini dimakan begitu saja bersama sepotong roti pangggang ya, tapi kalau mau ada proteinnya bs pakai tumisan jamur, atau sosis yang ditaburkn diatasnya.

      Hapus
  14. Sudah di coba mba... Enaak... Tapi kata suami kok polos banget... Akhirnya dia request celupin cincangan keju kraft... Wkwkwk ga jadi diet itu namanya... Makasi resepnya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkakak, pakai jamur ditumis dengan sedikit garam dan merica, tabur diatasnya atau irisan sosis goreng enak juga mba.

      Hapus
  15. mbak Endang,
    kalo mau ditambahin irisan jamur atau sosis, bisa gak ya dimasukkan berbarengan dengan krim kental. maksudne biar simple ajah gak perlu numis dulu #pemalesan hehe...

    -devi-

    BalasHapus
  16. Hi, Mbak Endang. Sup saya baru aja mateng. It's so delicious. Krucil pada doyan. Highly recommended, deh. (Fifi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Fifi, thanks sharingnya yaa, saya juga sukaaa banget sama sup labu ini, gak perlu ngunyah lagi hahahah

      Hapus
  17. hi mba endang, krim kental itu maksudnya cooking cream ato whippingcream ..? makasih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba juliana, keduanya bs dipkai ya, tentu saja lebih pas yng cooking cream tapi saya sering juga pakai whipping cream karena sering stock itu di kulkas

      Hapus
  18. Mba Endang, aku mau tanya. Di rumah gak ada yang doyang sup krim begini, klo ada sisa dan aku simpen di dalam kulkas di tempat yang tertutup, kira-kira tahan berapa lama mba?
    Makasih ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayu, jangan dicampur krim dulu Mb kalau mau disimpn di chiler. Kalau mau disantap baru ditambahakan krim. Bisa 3 - 4 hri di chiller ya

      Hapus
  19. Mbak ak da bkn sup ini bt sarapan. Asin bgt ternyata pk 2 sdt garam tp enak sih rasa sup nya kl ga keasinan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya ya, mungkin selera asin kita berbeda yaaa ^_^

      Hapus
  20. saya uci dari malang, sup labunya barusan coba mbak ... rasanya maknyuss tenann... ayah saya lagi sakit gigi, maunya mkn yg halus2. d tempat sy lg musim pula labu kuning murahhh bgeet harganya. yng utuh ukuran besar 10 rb per buah. kl sy bl yg udah potongan 3 rb an sy timbang beratnya1 kg lebihh hehe... murah meriah mantepp pula... makasih resepnya yaa.... serasa jadi chef profesional...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Uci, waah senang resepnya disuka. Memang ini nampol bingits! Thanks sharingnya yaa, sukses selalu

      Hapus
  21. Assalamu'alaikum Mbak Endang... Saya bu Tinuk, juga dari Malang seperti mbak Uci. Di Malang memang lagi musim labu kuning dan saya suka sekali makan labu, meskipun hanya dengan dukukus atau dibuat kolak. Kesukaan saya tersebut ternyata baik, karena labu kuning khasiatnya banyak banget, tidak hanya kaya betakaroten namun banyak manfaat lainnya. Terima kasih kiriman resep-resepnya selama ini mbak, sebagian sudah saya coba dan hasilnya memuaskan. Blog masak mbak Endang sudah aku promosikan ke teman-teman. Gpp kan Mbak.. Tksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Bu Tinuk, salam kenal juga ya. Thanks ya sudah menyukai resep JTT dan sharingnya. Monggo Bu, silahkan di share resepnya ke teman2 ya. Sukses dan sehat selalu untuk Ibu dan keluarga yaaa. ^_^

      Hapus
  22. Mba, kalo air kaldu itu saya bikin dari kaldu bubuk, berapa kira-kira perbandingan air:kaldu bubuknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, pakai air tetap sama 500 ml, kaldu bubuknya bs 1 sendok teh ya.

      Hapus
  23. saya berhasil bikin hari iniiii ^.^ tapi krn ga ada rosemary dirumah, adanya yg kering dan agak ga pede jd sy skip pemakaian rosemary. oh ya.. saya jg menambahkan sedikit keju parut biasa sbg taburan. jadinya memberikan sedikit elemen kejutan asin2 lembut di lidah hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba sandra sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  24. mba
    seandainya deket nih yah..aku peluk loh mba endang..heheh
    gegara nemu resep ini, anak ku (15m) yg lagi GTM, berhasil sendawa gede banget
    walopun g pake kaldu, cuma garem aja + ku tambahin ikan kukus yg ikut nyemplung di blender. sendok nya ampe gak boleh jeda mba
    akhirnya ku suruh sedot pake sedotan
    dan...sekejap habis..
    pokonya top deh..

    thanks yah mba..
    -puri-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba Puri sahringnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus

  25. Inspiratif dan Saya suka liat di eropa sana kalau di saat2 halloween mereka biasanya menyantap sup krim labu
    Saya liat nya jadi ngiler
    i like cooking
    May i should try to made it..bon appetit
    Tks for share recipe mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas Angga, thanks sharingnya ya, moga suka setelah dicoba resepnya.GBU!

      Hapus
  26. Akhirnya kesampaian eksekusi resep ini untuk resep MPASI anak bungsu saya. Alhamdulillah dia suka banget. Selain bahan sesuai resep, saya tambahkan jagung manis. Tapi kenapa hasil buatan saya ga se smooth dan secantik buatan mbak Endang ya. Kurang halus gilingannya, saya memakai food processor untuk menghaluskan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloow Bunda Ghania, saya juga maniak banget sama sup ini! duuuh sepanci bs habis buat saya sendiri hehehheh. sayang labu parang lagi mahal akhir2 ini hiiks. Kalau mau halus pakai blender mba, atau pakai food pro tapi disaring lagi ya.

      Hapus
  27. Mbak Endang, kalo susunya diganti greek yoghurt, jadi aneh ga ya rasanya? -Dian

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^