31 Maret 2011

Resep Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu


Resep Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu JTT

Modifikasi pancake lainnya yang pas buat mengganjal perut saat di pagi hari. Walaupun teksturnya tidak selembut dan se-fluffy pancake yang pernah saya buat sebelumnya, pancake labu kuning ini masih cukup oke kok untuk dihidangkan sebagai salah satu alternatif menu sarapan. Untuk resep pancake lain dan tips membuatnya, anda bisa klik di Delicious Pancake yang pernah saya posting sebelumnya. 

Resep Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu JTT

Pancake labu kuning ini saya buat sekaligus sebagai uji coba wajan besi (cast iron) yang baru saya beli. Cukup sulit mencari cast iron di Jakarta, dan yang saya dapatkan di Ace Hardware dekat rumah yang sedang gebyar diskon hingga 50% ini pun tidak mirip-mirip wajan besi yang banyak diperjual belikan di Amazon dot com. Lebih cocok jika disebut pan untuk pizza, karena tanpa gagang dengan penahan panas dari kayu sebagai alasnya. Tetapi saya sudah cukup satisfied menemukannya, setelah berjuang mencarinya kesana kemari di Jakarta. 

Cast iron ini rencananya akan lebih sering saya pergunakan untuk membuat kue atau makanan yang sedikit memerlukan minyak saat memasaknya, seperti pancake, omelete, kulit lumpia/risoles. Ini salah satu cara saya untuk mengurangi pemakaian peralatan masak berlapis teflon yang kabarnya tidak bagus untuk kesehatan.

Berikut resepnya jika anda berminat.

Resep Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu JTT

Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu
Resep dimodifikasikan dari Epicurious - Sweet Potato Pancakes with Honey Cinnamon Butter

Untuk 5 buah pancake

Bahan untuk krim madu:
- 50 gram mentega, suhu ruang
- 2 sendok makan madu (resep asli: 1 1/2 sendok teh)
- seujung kuku kayu manis

Bahan Pancake:
- 2 butir telur ayam 
- 200 ml susu cair + 1 sendok teh white vinegar atau air jeruk nipis, diamkan + 1 jam (resep asli menggunakan buttermilk)
- 2 1/2 sendok makan minyak sayur/mentega cair
- 150 gram tepung terigu, ayak
- 1 1/2 sendok teh baking powder, pastikan fresh (cek tanggal kedaluarsa)
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir (resep asli tidak menggunakan gula)
- 200 gram labu kuning, kukus dan haluskan (resep asli menggunakan ubi jalar) 

Cara membuat:
Krim Madu

Kocok mentega, kayu manis dan madu menggunakan mixer hingga berwarna putih, masukkan krim ke dalam kulkas hingga siap digunakan. 

Resep Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu JTT
Resep Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu JTT
 
Pancake
Dalam mangkuk sedang ayak bahan kering menjadi satu (tepung terigu, baking powder dan garam), tambahkan gula pasir, aduk rata. Sisihkan. 

Dalam mangkuk terpisah, kocok lepas telur menggunakan baloon whisk, tambahkan susu cair dan minyak sayur. Aduk rata. Masukkan tepung terigu ke dalam kocokan telur dan susu. Aduk seperlunya saja hanya agar tercampur tambahkan labu kuning ke dalamnya, aduk hingga tercampur. Jangan berlebihan dalam mengaduk. Adonan yang terbentuk agak kental.

Resep Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu JTT
Resep Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu JTT

Siapkan wajan datar anda, olesi dengan mentega. Tuangkan satu sendok sayur adonan, tunggu hingga adonan pancake mengeluarkan gelembung-gelembung kecil pada permukaannya. Intip sedikit pada bagian bawahnya, jika telah berwarna kecoklatan dan mulai mengeras, balik dan masak sisi sebelahnya. Jangan menekan pancake, biarkan kue matang sendiri. Jika telah matang angkat pancake. Lakukan hingga semua adonan habis.

Resep Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu JTT
Resep Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu JTT

Sajikan pancake dengan krim madu dan sirup, jika ada. Enjoy!

Resep Pancake Labu Kuning dengan Krim Madu JTT

Source:




14 komentar:

  1. Salam kenal mbak endang. Saya wilda dari medan. Sebelumnya saya izin copas ya mbak. Thanks alot lho atas resep dan tips membuat pancakenya. Saya tertarik karena pancakenya menggunakan labu kuning, karena kita tahu labu kuning baik untuk kesehatan. Hasilnya maknyus banget dan lembut. Dulu pernah bikin pancake yang original, tapi keras. Untuk topping saya gak pake krim madu, tapi pake yang ada didapur aja, yaitu susu kental, keju & meisis (kesukaan anakku). Alhasil anakku nambah berkali2 dan minta dibikinin lagi untuk bekal sekolahnya besok :D
    Once again thanks so much :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Wilda, silahkan dicopy resepnya ya, moga suka dan bermanfaat buat lainnya juga. Kalau mau bikin pancake original, coba resep pancake saya lainnya, rasanya lembut dan empuk juga kok. Thanks atas sharingnya ya. Sukses! ^_^

      Hapus
  2. Salam kenal mba Endang, ijin copas resepnya ya buat dipraktekin :)
    Resep dri olahan labu kuning yg gampang menurut saya ini. Yang namanya labu kuning saya itu paling ga doyan banget, eh tapi ya Alhamdulillah dapat rejeki dari panen di samping rumah 2 biji labu kuning yg besar2 jdi bingung juga mau diapain (padahal tetangga dah rata kebagian tuh). hehe jadi curhat niy :) doain berhasil ya mba eksekusi pancake ini, oiya mba mau nanaya juga untuk krim madunya itu pake mentega biasa atau mentega putih ya?
    trus bagusnya pke yg merek apa ya, thx y mba
    Salam kenal ya -- DIAN --

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dian, saya seumur2 kok gak pernah yaaaa dapat limpahan panen tetangga, hiiiks. wong tetangganya nanemnya beton gak nanem buah2han dan sayur wkakak. mantep banget tuh labu kuning makanan favorit bisa diolah jadi macem2.

      krim madu pakai mentega biasa Mba, dikocok sampai putih. saya mentega pakai apapun seadanya saja. kalau pakai wysman berat ya tapi enak rasanya

      Hapus
  3. hai mba Endang,,,salam kenal,mba mau nanya beli cetakan pancake nya dimn,,,hhehe,tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Rahma, salam kenal, saya beli di toko TBK titan ya.

      Hapus
  4. Mba Endang, kalo pake cetakan kue lumpur bisa nggak ya? Takutnya terlalu tebel nanti jadi nggak mateng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya bisa ya, jangan isi terlalu penuh dan pakai api kecil saja ya.

      Hapus
  5. salam kenal mba Endang, resep2nya JTT memang oke bgt saya dah coba macam2 kue kukusnya, trus nugget ayam semuanya anti gagal hehehe :))
    trus pengen nyoba yg ini nih.... trus sy jg kemarin coba peanut butter cookies tapi berhubung dirumah adanya cuman oven listrik yg bikin tagihan melonjak :( jadinya sy coba pake happycall double pan itu loh mb... hehe... katanya bisa buat cookies, en hasilnya sgt memuaskan ^^ btw mba... boleh nanya itu kayu manisnya bubuk atau kayu manis utuh ya? tq b4 ya mba...

    salam
    Cicilia

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba cicilia, pakai kayu manis bubuk ya mba.

      sayangnya saya belum pernah membuat kue menggukan double pan, tapi moga sukses dengan kuenya yaa

      Hapus
  6. Mba endang ..dah lama ni ngikutin blog ini tapi br bookmark sana sini aja belum sempet nyobainn
    Na berhubung dapet labu kuning dh dari jaman mudik lebaran kemarin bingung mau diapain akhirnya ini tadi eksekusi deh pancake ni plus dikasi meises sm keju atasnya
    Alhamdulillah anak anak doyan ..

    Trimakasih mba , salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ria, salam kenal juga ya. Thanks sharingnya yaa, senang sekali resep JTT disuka. Sukses selalu yaaa

      Hapus
  7. Satu adonan ini jadi 9 pancake yang gemuk berisi. Anak pertama saya yang biasanya ogah sama labu parang, ga ngeh kalau pancake nya dari bahan tersebut. Toppingnya sesuai selera anak hanya memakai olesan mentega dan meises. Karena enak sekejap saja si pancake sudah ludes dikonsumsi anak pertama, anak bungsu yang batita dan suami. Walhasil bundanya kebagian 1 pancake saja buatan pertama yang rada gosong. Ga apa asal keluarga happy, bunda sih ikhlas. Sun sayang buat mbak Endang. Makasih banyak sharing resepnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooow Bunda Ghania, selalu happy dan tersenyum lebar setiap kali saya membaca komennya. Thanks sharingnya yaaa, memang melihat keluarga makan lahap rasa happynya itu tak terkira, gak masalah kita gak kebagian yaaa. Sukses selalu ya mb! dan thanks sharingnya yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...