09 Januari 2011

Resep Basic Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!


Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!

Sarapan apa yang lezat dan cepat membuatnya serta dijamin buah hati dan keluarga anda pasti senang menyantapnya? Well, anda mungkin bisa menyebutkan puluhan jenis makanan tetapi saya akan memilih pancake. Pancake yang lembut dan mengembang dengan pas serta baru saja keluar dari pan. So delicious!  Pancake ini adalah makanan favorit keponakan saya, Rafif, selain pizza keju tentunya. Krucil satu itu bisa menghabiskan setumpuk pancake yang terhidang di depannya dengan cepat hingga membuat amaze orang dewasa yang melihatnya. Tapi memang tidak bisa disalahkan, pancake hangat nan empuk yang di siram dengan madu memang tidak ada duanya. 

Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!

Resto Pancious menurut saya menyediakan pancake yang yummy, biasanya saya suka pesan cheese pancake-nya. Pancake dengan saus keju yang nendang banget. Yah, kalau sekali-sekali makan disana sih tidak apa-apa, hanya saja jika bisa membuatnya sendiri di rumah sebenarnya bahan-bahan yang diperlukan tidak mahal dan waktu pembuatannya pun sangat singkat. Setumpuk pancake ready hanya dalam 15 menit. Tidak percaya? Monggo di coba saja. 

Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!

Untuk pancake kali ini saya hanya membuat basic pancake saja, saya pernah membuat saus kejunya seperti ala Pancious dan rasanya lumayan yummy juga. Next time jika sempat saya posting resepnya. Untuk menikmatinya anda bisa mengoleskan mentega atau selai (blueberry dan strawberry menjadi pilihan saya), atau kucurkan saja madu di atasnya. Semua sedap. Untuk membuat agar bentuk pancake membulat cantik dan bukannya amburadul ke segala arah saya menggunakan cetakan pancake berbentuk lingkaran dilengkapi dengan tangkainya. Saya membelinya di Carefour seharga 35 ribu rupiah. Hasilnya, very nice.

Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!
Cetakan Pancake

Tips dari saya dan beberapa sumber untuk membuat pancake yang fluffy:
  1. Pisahkan bahan kering dan bahan basah, kemudian dalam mangkuk terpisah campur bahan-bahan kering (terigu, baking powder, garam dan gula), aduk rata untuk menghilangkan gumpalan tepung. Kocok telur dengan menggunakan kawat pengocok atau garpu kemudian tuangkan mentega cair dan susu ke dalam telur, aduk rata. Baru bahan kering  dimasukkan ke dalam kocokan telur dan susu.
  2. Aduk bahan kering dan bahan basah perlahan saja hanya agar tercampur dan basah, jangan terlalu banyak mengaduk. Adukan yang berlebihan akan membuat pancake keras karena ketika terigu menyentuh cairan maka akan segera membentuk gluten. Adukan anda yang berlebihan dan lama akan membuat gluten semakin mengeras.
  3. Adonan yang terbentuk kental, pekat dan jika masih ada gumpalan kecil biarkan saja, adonan pancake memang seharusnya begitu.
  4. Pastikan baking powder yang anda gunakan masih fresh, ini penting untuk membuat pancake anda mengembang sempurna. Jika sudah lewat masa pakainya, buang saja. Karya anda akan rusak hanya karena baking powder yang tidak bekerja maksimal.
  5. Gunakan pan datar bukan wajan cekung, kita akan membuat pancake bukan serabi :). Oleskan sedikit margarine ke pan anti lengket anda, tunggu pan panasnya stabil baru tuangkan adonan pancake di atasnya. Biasanya gorengan pertama hasilnya tidak maksimal karena panas yang belum stabil, tetapi untuk selanjutnya pancake akan sempurna.
  6. Jika telah terbentuk gelembung-gelembung kecil di permukaan pancake, balikkan pancake. Kita akan memasak sisi sebelahnya, dan yang paling penting jangan ditekan. Menekannya tidak akan membuat pancake anda cepat matang. Jadi biarkan pancake matang sendiri supaya menghasilkan pancake yang fluffy, lembut dan sempurna.
  7. Pancake paling lezat ketika baru matang dari penggorengan, saat masih hangat dan sedikit crispy pada permukaannya. Jadi langsung sikat saja pancake saat baru selesai dibuat. 
  8. Untuk menikmatinya anda bisa menambahkan aneka topping diatasnya seperti mentega, madu, selai, ice cream atau saus keju. Yummy!
Yuk kita buat.

Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!

Delicious Pancake
Resep diadaptasikan dari:
The Pancake Recipe, Basic Pancake Recipe
All Recipe.com, Fluffy Pancakes

Untuk 5 buah pancake diameter 10 cm

Bahan:
- 110 gram tepung terigu serba guna (Mis. Segitiga Biru)
- 1 1/4 sendok teh baking powder  (gunakan yang double acting, pastikan masih fresh, cek masa pakainya)
- 1 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 1 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
- 135 ml susu cair ( atau bisa diganti dengan 3 sendok makan susu bubuk full cream + 130 ml air aduk rata)
- 2 sendok makan mentega atau + 30 gram, cairkan. Jika menggunakan margarine, skip penggunaan garam di resep.
- 2 sendok teh white vinegar, bisa dibeli di supermarket. Bisa diganti dengan air jeruk nipis

Cara membuat:
Dalam mangkuk kecil campurkan susu cair dan white vinegar (atau air jeruk nipis/lemon), aduk rata dan diamkan selama 5 menit agar susu menjadi asam. Fungsinya sebagai pengganti buttermilk, untuk membuat tekstur pancake menjadi lembut dan empuk.

Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!

Dalam mangkuk terpisah aduk bahan kering: tepung terigu, garam, baking powder dan gula hingga rata dan gumpalan di tepung menghilang.

Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!

Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan mentega cair (pastikan mentega telah dingin ketika dicampur telur), telur kocok dan susu. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. 

Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!
Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!

Tambahkan tepung terigu ke dalam kocokan telur dan susu, aduk ringan dan sebentar saja dengan spatula hingga semua bahan basah dan tercampur.  Jangan mengaduk berlebihan.

Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!
Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!

Siapkan pan datar anti lengket, oleskan sedikit mentega. Jika anda menggunakan cetakan pancake seperti saya maka oleskan juga mentega pada bagian dalam cetakan. 

Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!

Tuangkan satu sendok sayur adonan ke atasnya. Tunggu hingga keluar gelembung-gelembung kecil di permukaan adonan, anda boleh mengintipnya untuk melihat apakah dasarnya telah kecoklatan.

Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!

Balik adonan untuk memasak sisi sebelahnya,  jangan di tekan, biarkan pancake matang. Jika telah kecoklatan, angkat. Lakukan hingga semua adonan habis.

Resep Pancakes - Simple Pancake, Lembut dan Sedap!

Pancake siap disajikan dengan madu dan topping lainnya.

Selamat sarapan!

Sources:
The Pancake Recipe, Basic Pancake Recipe
All Recipe.com, Fluffy Pancakes
All Recipes.com,  Perfect Pancakes



221 komentar:

  1. Dear JTT,
    Susu yg dicampur white vinegar itu fungsinya utk apa ya?
    thanks sebelumnya

    BalasHapus
  2. Hai, salam kenal ya. Sebenarnya susu + white vinegar adalah bahan pengganti untuk buttermilk. Buttermilk adalah product susu/dairy yang mengalami proses fermentasi sehingga rasanya asam dan lebih kental dari susu cair biasa, mirip seperti sour cream/yoghurt. Karena di sini sulit mencari buttermilk maka saya gunakan bahan penggantinya yaitu susu cair+white vinegar atau susu cair + air jeruk nipis juga bisa digunakan. White vinegar dan air jeruk nipis merubah susu menjadi lebih kental mirip buttermilk. Fungsinya membuat adonan menjadi lebih lembut. Semoga informasi ini cukup membantu ya :)

    BalasHapus
  3. Hai mbak...saya kiki di medan. Minggu semalam saya nyobain kue ini, susu saya pakai susu bubuk coklat tanpa white vinegar. berhubung gak punya cetakan pancake, maka adonan saya tuangkan jadi 1 di pan datar anti lengket. hasilnya...kue berwarna coklat + gosong di bagian bawah. tapi...abis jg dimakan orang serumah, kata mereka..ueennnaakk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba Kiki, sebenarnya tidak pakai cetakan pancake gak papa. Tuangkan saja adonan sebanyak 1 sendok sayur ke pan teflon anti lengket, dadar seperti biasa. hasilnya akan sama dengan tanpa cetakan kok dan lebih cepat matang sehingga nggak gosong di bagian bawahnya. Vinegar bisa diganti dengan air jeruk nipis. Selamat mencoba ya. Sukses selalu!

      Hapus
  4. Salam kenal mbak, saya maya d bandung. Resep pancakenya juara deh \(^o^)/ jd empuk n yummy bgt. Ternyata adonan pancake tuh kental y jadinya, awalnya takut gk mateng soalnya tebel gt. Tp pas d icip trnyata enakkk bgt, mungkin efek buttermilknya y. Saya bwatnya pk jeruk nipis + susu cair.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Maya, thanks ya. Yep, saya akui pancake ini emang enak banget heheheh. Kita kok sama ya, setelah saya mencoba resep ini saya baru nyadar adonan pancake yang benar itu kental banget hehehheh.

      Hapus
  5. Salam kenal mbak endang, makasih banyak udah dishare resepnya ya... minggu kemarin udah aku coba tapi koq pas bahan keringnya dicampur dengan susu+telur+mentega, pas diaduk kesekian kalinya hasilnya jd padat dan liat seperti adonan donat ya mbak? :'( hikkkksss.... sampai dua kali aku ulang disaat yg berdekatan siy, tapi hasilnya tetap sama... (langsung patah hati niy, akhirnya adonan bantatnya aku jadiin donat goreng cokelat aja) kira2 kesalahannya dimana ya mbak? (maklum newbie) udah aku ikuti langkah2nya dan seingatku ngaduknya jg gak terlalu lama... mohon masukannya ya mbak.... maturnuwun.... Esty

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Esty, untuk pembuatan pancake, kunci utama adalah baking powdernya ya, gunakan yang double acting. Adonan yang terbentuk memang kental ya tapi tidak liat seperti adonan roti/donat, kalau terlalu kental, cairkan dengan tambahan susu, sehingga adonan agak sedikit cair dan mudah untuk di sendokkan. Jangan ragu untuk menambahkan susu kalau terlalu pekat, karena kadang takaran cairan yang dipakai bisa beda2 tergantung kelembaban tepung, besar kecilnya telur yang dipakai. Ayo coba lagi, mudah kok. ^_^

      Hapus
  6. Mba klo sy mau buat toppingnya pke coklat leleh gt bahan2nya apa aja ya? Sy pgn buat kya yg d pancious oreo choco cheese klo gak salah namanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mungkin untuk sausnya bisa dicoba resep ini: 100 gram coklat blok + 250 ml krim kental. Masak dengan cara di tim (double boiler) hingga mencair sambil diaduk.

      Hapus
    2. Apakah krim kental dijual siap saji apa masih harus bikin krim kental sendiri ya

      Hapus
    3. hai Mba Anis, krimkental beli jadi ya mba, merk seperti elle n vire ada yang kemasan kecil sekitar 200 ml.

      Hapus
  7. Mbak End,sukses berat nih pancake nya...super-duper yummy..menuai banyak pujian plus request untuk bikin lagi & lagi...xixixi..mo nanya nih..apa adonan ini bisa diinapkan semalam di kulkas? atau harus dadakan (bikin adonan, langsung dimasak) ? maklum, kalo untuk sarapan kan pasti hectic banget tuh....Thanks ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah senang mendengar keluarga suka ya. Yep, adonan bisa disimpan dikulkas semalam dalam wadah rapat ya, besok baru di panggang. Thanks sharingnya ya ^_^

      Hapus
  8. Laziiiiiiizzz bin lezaaatt plus uuuennnnnnnaaaakkk...empuuuuuuuukkk bgt..
    Hmp tiap hri sy bikin ini mbak bt suami dan anak utk sarapan.slain cpt bgt bikinx,rasax endang bambang gulindang hehehehe..
    toping sy ksh coklat ato blueberry..kdg madu klo stok lg hbs hehehe

    Maturnuwun resepx mbaaaakk..ciamiiik poool hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shinta, saammaa, kalau bikin pancake saya juga cuman pakai resep ini hehehhe. thnaks ya!

      Hapus
  9. mbak mw tnya white vinegar tu sama gak sih dg cuka yg botol putih itu yg biasa nya ada di supermarket2?sya pemula bgt hehehe.... oya klo BP nya pake yg single acting gmn?dsni susah nyari yg double acting :( thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, sebenarnya sih hampir sama, bahan dasarnya adalah acetic acid yang dicampur dengan air, yang membedakan adalah prosentase acetic acid yang digunakan. Kalau menggunakan cuka putih biasa (lokal) biasanya kandungan acetic acid nya lebih tinggi sehingga terlalu asam dan aromanya juga lebih keras. Kalau white vinegar rasanya tidak seasam cuka biasa dan aromanya juga tidak terlalu keras. Takarannya mungkin dikurangi saja kalau pakai cuka lokal ya.

      BP single acting pengalaman saya selalu gagal wakakka, makanya selalu pakai yang double, hanya saja banyak juga yang berhasil Mba pakai ini Mba. Mungkin cek masa kedaluarsanya ya, kalau masih fresh hasilnya lebih baik.

      Hapus
    2. oooo gt thanks bgt ya info nya ^_~ ini mw sya coba buat moga berhasil hehehehee.....

      Hapus
    3. mbak minta resep saus kejunya jg donk hehehee..

      Hapus
    4. Iya, belum sempet bikin lagi wakakka, saya udah lama janji2 saus kejunya ya. sekarang saya lupa resepnya dulu trial pakai apa saja wakakkak. Ntar di kuplek2 dulu ya...

      Hapus
    5. oke mbak, di tunggu ya hahahahaa..... oya mbak saus keju nya itu kental/ encer sich? klo adonannya ni di diamkan di ruangan tahan smpi brp jm ya mbak? kira2 6jam an gt gmn?adonannya bs rusak gak ya?heheheehe

      Hapus
    6. Saus kejunya kental banget, hampir mirip seperti cream cheese ya. Bikinnya hampir sama seperti membuat bechamel sauce/saus putih untuk lasagna atau sphagetti atau schotel, hanya saja kejunya dibanyakin. Aduh saya belum sempat bikin buat pancake, ntar kalau saya coba pasti saya posting. Adonan pancake kalau pakai BP double acting bisa disimpan dalam kulkas, semalam. Kalau di suhu ruang, karena mengandung susu saya tidak sarankan lama2 diluar, paling maksimal 2 jam ya

      Hapus
  10. mbak aku uda bikin ni td pke BP koepoe2 tuh dan hasilnyaaaa berhasilllll hehehhee....enak bgt pancake nya, thanks bgt uda berbagi resepnya ya mbak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaapp, saya belum pernah berhasil pakai BP single, hiiksss

      Hapus
    2. Salam kenal mbak, saya barusan bikin kuenya, hasilnya keras, hiikks.
      Mungkin karna saya gak pake jeruk nipis atau vinegar?
      Terus di sini jg gak ada yg jual bp double act, kalo pake ragi fermipan bisa gak ya?
      Dibalas ya mbak
      Linda

      Hapus
    3. Halo Mba Linda, untuk BP, banyak yang pakai single acting dan hasilnya bagus2 saja. Mungkin harus di cek ke fresh-an si BP ya. Cari yang tanggal kedaluarsanya masih lama. Umumnya resep2 pancake yang lembut memang mewajibkan penggunaan buttermilk, produk dari susu ini bersifat asam sehingga ketika bertemu dengan BP akan membuat adona menjadi kembang dan lembut. Karena buttermilk susah dicari disini maka bisa diganti dengan susu+jeruk nipis.

      Kalau pakai ragi, bisa2 saja tapi saya rasa nanti jadinya terang bulan/martabak manis ya, rasa dan teksturnya berbeda dengan pancake biasa.

      Hapus
  11. Hii mba, saya donna dr balikpapan, barusan bikin resep pancake ini buat sarapan n bekal anak sekolah. Hasilnya sangat memuaskan , lembut , pokoknya maknyos deh, toppingnya sy kasih susu kental+mesis+ keju parut , hmmm yummmy. Tks ya mba resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Donna, yeppp ini salah satu resep pancake favorit saya juga, mudah, enakkk hehehhe. thanks sharingnya ya. ^_^

      Hapus
  12. Hai mba, saya Rendy dari Jakarta, saya perempuan lo ya mba, kasih tau dulu takut nanti dipanggil mas :D

    Pertama coba, gak ada mentega jadi pake margarin, gak ada bpda jadi pake baking powder biasa, gak pake buttermilk, pake nya yougurt, daaannn hasilnyaaaa setelah dingin sukses menjadi pancake keras nan bantet heehehee

    Akhirnya hunting deh nyari BPDA, susah bener nyari BPDA, nyari di Supermarket deket rumah gak nemu, akhirnya nemu di toko bahan kue di pasar, itu pun cm 1 toko yang jual, padahal toko bahan kue nya lumayan banyak, sekalian beli Orchid butter juga.

    Setelah semua bahan ada, percobaan ke 2 pun di buat, pake BPDA, Orchid Butter, susu+air jeruk nipis daaannn hasilnya..... Sukses beraaat, pancake tetep lembut walapun udah dingin, rasanya pun maknyuuus, bisa langsung disantap tanpa toping karna gula nya sengaja saya tambahin :D
    Bentuknya juga cantik walaupun tanpa cetakan pancake.

    Tararengkyu ya mba resepnya, kayaknya akan jadi menu favorit buat sarapan ^_^



    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Rendy, thanks sharingnya disini ya. Perjuangannya panjang juga demi pancake yang mantap tapi sangat berharga untuk dicoba, karena dengan BPDA bisa dibuat aneka kue, cake anti gagal wakakak. Nah untuk pancake diatas, saya sudah sering banget bikin dan selalu mantap, pakai bubuk coklat dan choco chips juga enak. sip, sukses selalu ya!^_^

      Hapus
  13. mbak sy udah coba ni pancake....enaakkk bener..lembut...pas dibawa ke kantor..temen2 pada suka n nanya resepnya...langsung aja dech saya saranin...link blog nya mba....jd kerjaan kami waktu nunggu jam pulang kantor ya mampir ke blog mbak...n hobi baru skrg tiap minggu pasti bawa hasil masakan yg nyontek dr resep2 mbak....oiya mbak..saya kemaren sok coba berkreasi (ndak tw ternyata ada resepnya di blog sini) masukin pisang di adonan pancake ini...koq jadi lebih cair ya mba adonannya gak sepadat tanpa pisang....terus temen sy blg dia pake vinegar untuk buat butter milk nya tapi gak berhasil jd buttermilk nanya ke saya...berhubung sya gak pake vinegar jd bingung jwb nya...kira2 kenapa tuh ya mbak??
    buat mbak...sukses selalu ya...^^

    -kiki-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Kiki, thanks sharingnya ya. Untuk pancake pisang,pisang jangan diblender, cukup ditekan2 dengan garpu. Mungkin tepungnya kurang ya saat buat pancake pisang. pastikan resepnya benar saja. Untuk susu+ white vinegar, oke kok walau mungkin kondisinya tidak kental. sukses ya.

      Hapus
  14. Mbak, klo bp single acting bisa diinapkan di kulkas ga semalem? -riana-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Riana, saya tidak sarankan ya. Biasanya besok akan bantat. Single acting tidak boleh lama didiamkan.

      Hapus
  15. mba endang, saya coba bikin kemarin dan berhasillll, tapi bentuk nya tipis dan kurang cantik krn ga pake cetakan, buat sarapan krucils (14 bln dan 4 th) doyan semua, habis, padahal si kakak biasanya agak males klo sarapan n si adik lagi susaaahh makan . saya pakai topping madu ..
    diantara resp pancake yang uda pernah saya coba , ini yang paling ok nih, simple dan anti gagal hehe .thx mba .. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Indi, keponakan saya juga doyan banget sama pancake ini, anget2 disantap pakai selai stroberi. Thanks sharingnya disini ya, senag sekali resepnya disuka terutama oleh krucils hehehhe. Salam,

      Hapus
  16. allu mbak endang :) mau tanya2 lagi niy,kalo tepung yg dipakai di resep pancake ini adalah tepung yg kadar proteinnya rendah bisakah mbak (kunci biru) ? thank for the answer - yana,bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yana, yep bisa pakai tepung protein sedang/serba guna ya, merk diatas bisa Mba pakai kok.

      Hapus
    2. Yuhuuu.. Mba Endang.. Berhasil bikinnya... Horeeee.. Krucil2 suka buat sarapan, dikasih ovomaltine.. Makasih yaa resepnya.. :-)

      Hapus
    3. halo mba joyce, thanks yaa, senang sekali resepnya disuka, yeppp krucil memang biaanya suka pancake wkakka

      Hapus
  17. mbak endang:)..makasi banget ya resepnya....akhirnya bisa bikin pancake yang bener...suda berkali kali bikin dan ternyata jadinya bukan pancake tapi terangbulan...pancakenya enak banget....waktu keluar dari wajan...kalau aku ngga pake cuka mba..pake susu cair fullcream+2sdm air lemon..enak after taste pancakenya ada rasa lemonnya...dalam hati..waa ya ini pancake yang biasa aku makan di luar...ga bakal lagi jajan pancake di luar....memang yang bikin sendiri lebih mantap yaa.:)..--yuki malang--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yuki, thanks sharingnya ya Mba, senang akhirnya menemukan resep pancake sesuai selera yaa heheheh.

      Hapus
  18. Hai Mba Endang, mbak mau tanya resep mapple sirup punya ga ya?
    Hehehe..
    Terima kasih bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Dita, maple sirup terbuat dr sadapan getah pohon maple ya, jadi memang tidak dibuat. kalau mau mirip2 pakai golden sirup bisa dibuat sendiri, resepnya disini: http://www.justtryandtaste.com/2013/03/obsesi-roti-27-cinnamon-scrolls-lets.html

      tapi tentu saja kandungan gizinya beda dengan maple sirup ya.

      Hapus
    2. Okay, terima kasih Mbak Endang resep golden sirupnya.. Wikend ntar coba buat deh.. Hehehe..

      Hapus
  19. Mba, saya udah nyoba resepnya. White vinegar saya ganti dengan cuka apel. Baking powder pake yg merk koepoe2. Alhamdullilah, ngembang, lembut dan membel gitu :) Yuuummm ... Salam kenal, kita udah friend kok di FB JTT -Any-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Any, thanks sharingnya ya, yep pakai cuka apel juga oke kok. wah mantep bisa ngembang pakai single acting BP ya, saya selalu gatot hehehhe.

      Hapus
  20. udah aku cobain mb pancakesnya, sayangnya balum nemu BP double acting, jdnya pake yg single act, Alhamdulillah hasilnya empuuk, aku kasi topping madu sm potongan pisang cavendish, dan suami suka, thanks ya mb endang untuk sharing resep2nya, semoga makin banyak berkah ^_^
    salam,
    ayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ayu, saya selama ini belum pernah sukses pakai single acting, selalu harus pakai double, bersyukurlah mereka yang jago dan sukses hahaha. Thanks sharingnya ya Mba, sukses selalu

      Hapus
  21. Haaii ka endaang aku barusan nyoba ini tapi aku gaaall hiks. rasanya pahit. aku pake air jeruk nipis. ga pake bp dobel akting tp soda kue. dobel akting itu maksutnya apa ya? makasih dan salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, saya rasa kebanyakan soda kuenya yaaa, coba pakai baking powder atau kurangi takaran soda kuenya. Mengenai BP double acting bisa dibaca disini:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/06/mengenal-baking-powder-baking-soda.html

      Hapus
    2. kalo ga pake baking powder double acting gmnaa ?? maksutnya pakai yg biasa.. soalnya disini ngga ada yg juall.. trus sama pakai baking sodakah apa cuma baking powder aja ?? mkasiihhhh

      Hapus
    3. pengalaman sih pakai BP single acting gak selalu gagal, tapi ada pembaca yang coba bisa sukses jadi yaa mungkin tergantung kualitas si BP juga ya.

      untuk resep diatas tidak pakai baking soda ya

      Hapus
  22. mbaaa buttermilknya bisa ganti ama yoghurt gak?

    BalasHapus
  23. Haluu mba...kalo pake rice vinegar bisa ga siy? Kelupaan mulu mau beli white vinegar..

    Oia mba kemarenan saya buat ayam betutu, soto kudus, chicken shrimp roll, apa lagi yah..hmm.. pokoknya banyak deh yang udah di cobain.. enaak...enak...enak.. alhasil berat badan naek 5 kg.. tidaaaaaakkkkk...... wakk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Marico, pakai air jeruk nipis saja mba sebagai pengganti vinegarnya ya, sama saja kok hasilnya. pakai rice vinegar oke juga sih heheh

      wakaka, banyak bener yang sudah dicoba yaa, jangan bilang itu dimakan sendiri, bisa naik lebih dari 5 kg ntarrrr wakkakak. thanks sharingnya yaa

      Hapus
  24. Haii Mba Endang, aku udah 2x nyoba bikin cupcake slalu gagal.. plis donk kasih resep cupcake yg yummiii. Pengen banget kalau udah bisa buat cupcakenya, trus tahap berikutnya belajar hias cupcake. cita-cita pengen banget b'day anak nanti yang buat cupcakenya bundanya.. heheeeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahan dasar adonan cupcake kan mirip2 sama adona cake Mba, jadi kalau bikin cake dah sukses pasti cupcake gak ada masalah, cuman beda alat cetak saja ya. Saya jarang bikin cupcake, tapi saya rasa banyak resep di internet yang bsa diikuti, asal dikuti seksama pasti oke kok hehehhe

      Hapus
  25. Halu mbaa.. aq udh nyona pancake coklatnya mantap.. skrg nyoba yg ini juga juaraaa..kebetulan terigu tinggal dikit jd aq tambahin oat..rasanya enyaak..plus lbh sehat ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah senang sekali resep pancakenya disuka, thanks sharingnya disini ya, sepertinya pakai oat tambah mantap ya.

      Hapus
  26. Salam kenal mbak, setelah bahan dicampur semua, adonan perlu didiamkan 1 jam gak mbak? soalnya saya nonton di youtube adonan didiamkan 1 jam dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resep saya diatas ngga ya Mba, saya pakai double acting baking powder dan hasilnya oke.

      Hapus
  27. Makasi resepny y mba..tp sy pake bp yg single acting n tambah sdikit baking soda.putih dan kuning telur d pisah dl.kocok putih telur hingga kaku n putih kental.lalu masukkan sdikit kocokan putih telur k adonan, aduk dgn spatula perlahan sampai rata.lalu masukkan smwa putih telur k adonan n aduk lg dgn spatula dgn teknik balik itu mba tu ap namanya y...hihi..sampai rata n perlahan saja.g perlu didiemin adonannya..berhasil mengembang gendut mba..walo tanpa cetakan..n g kempes walo sdh dingin..mdh2an bs d cb buat yg g ad bp double acting..:) tq y mba resepny yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, thanks sharingnya ya, kadang pakai single acting juga banyak yang oke kok hasilnya, karena pancake kan makanan simple yang maunya dibuat cepat prosesnya ya. Sip! thanks ya

      Hapus
  28. Halo mbak endang, aku udah buat pancake ini tadi siang, suksesss enaak! Aku pakai toping selai strawberry, pisang, mesis, saus caramel, kismis campur2 hehehe. Udah 2 resep mbak endang yg aku coba sukses, gak sabar mau coba buat yg lain hehe
    Oh iya mbak aku kan bikin buat dua adonan, yg stgah adonan warna coklatnya pas & bagus tapi stgah adonan brikutnya coklatnya jarang2 itu knpa ya? Apa kelamaan ngantri buat dimasak hehe. Tapi tetep enak rasanya :) oh iya trus kalo adonannya disimpan dikulkas, pas dikluarin didiamkan brp lama dulu ya? Atau bisa lgsg dimasak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Shanti, thanks sharingnya, coklatnya mungkin menggumpal ya, mungkin harus diaduk lagi atau faktor antri ya, banyak faktor dan saya tidak punya jawabannya hahhaha.

      kalau pakai baking powder double acting bisa disimpan di kulkas, keluar kulkas langsung dipakai gpp kok Mba.

      Hapus
  29. halo mb ending , saya udah nyobain beberapa resepnya. makasih y. Anak-anak n suami pd suka. Mau saya cobain ntar resep2 yg laennya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ifi, thanks sharingnya ya Mba, senang sekali resepnya disuka.

      Hapus
  30. hi mba Endang.. aku Githa.. i'm one of your biggest blog fans :D
    aku udah nyoba buat banyak resepmu, dan hasilnya alhamdulillah seperti gambarmu mbaa.. dan thanks to you, aku sekarang ga pernah lagi beli tepung instant pancake.. karna resep pancake ini perfect, jauh lebih enak ini dibanding yg biasa instan aku beli.. dan pastinya lebih sehat karna tanpa pengawet.. thanks so much ya mba.. anak2ku penggemar delicious pancake ini :)

    salam cooking
    Githa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Githa, thanks sudah menjadi penggemar jtt, dan senang sekali resep2 nya banyak yang telah dicoba dan sukses ya. pancake ini bisa dimodif ditambah coklat atau pasta pandan atau keju, sedap semua hehehhe. sukses ya!

      Hapus
  31. Halo mbak Endang... salam kenal ya. Aku mau tanya, kalo ga pake baking powder bisa diganti dengan apa ya. Soalnya buat batita nih. Makasih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baking powder itu bahan pengembang ya mba, jadi saya rasa tidak bisa digantikan dengan bahan lain. sebaiknya mba harus cari resep pancake tanpa baking powder, proses pembuatannya saya rasa akan beda ya. baking powder setahu saya aman bahkan untuk balita.

      Hapus
  32. Halo mbak Endang, kapan hari aku nyobain bikin pancake dengan resep ini. Untuk "buttermilk"nya aku pake susu dancow dicairkan air hangat + cuka masak. Penampakannya kaya susu rusak :)) (kayaknya aku paling sukses bikin "buttermilk" pake dancow deh soalnya kalo dari susu UHT cair gitu ga gumpal2, mungkin kadar lemaknya tinngi? atau karena pake air hangat?). tapi yakin aja sama resepnya mba Endang.. dan hasilnyaa kereen banget Mba, ya ampun aku belum pernah bikin pancake semenul-menul ini. Ibuku, adekku bilang enak bangett, bisa dijual. Agak keasinan sih karena aku campur margarin tapi tetep ditambah garam. tapi overall sukses. Paling percaya sama resepnya mba Endang deh, thanks ya Mba! Ica-Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ica, yep susu dancow bubuk full cream memang lebih banyak mengandung lemak ya, karena itu bisa menggumpal. Thanks sharingnya ya, senang sekali resep pancakenya disuka ya! ^_^

      Hapus
  33. Mbak endangku sayang... Aku baru bt pancake ini.. Tapi kok ada rasa pahit ya diujung lidah ktka makan ya mbak? Aku bt sesuai resep kok mbak.. Tambahannya aku kasih vanili bubuk setengah kurang dari ukuran 1/8 sdt mbak.. Soalnya aku takut bau amis telur msh tersisa.. Dan atasnya emng ak taburin keju parut wktu gorengnya mbak.. Kira2 apa yg slh ya mbak? _shenan_

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, banyak faktor bisa karena BP yang digunakan atau vanili bubuk yang digunakan, saya rasa kalau kejunya masih oke gak masalah ya.

      Hapus
  34. hmm.. kayaknya vaniliku deh mbak yang bermasalah..
    makasih ya mbak...

    BalasHapus
  35. mba endang saya barusan bikin pancakenya....saya harus kasih nama pancake ngakak jingkrak jingkrak kayanya..#lebay.com
    tp asli dulu klo bikin pancake selalu bantat..yg ini sungguh mengembang dan lembut, resep lgsg saya amankan di primbon kumpulan resep saya xixixixi..
    dah enak guampang pula buat saya yg pemula,secara mba endang lengkap kasih tau tips2nya..salam dari bandung
    RUBY

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ruby, thanks sharingnya ya, wahh ikutan senang pancake nya sukses dicoba ya. saya juga jingkrak2 kok saat pertama kali berhasil bikin pancake, bedanya saat itu gagal jadi saya jingkrak2 ngamuk2 hehheheh

      Hapus
  36. Mbak endang, kebetulan di dapur stok baking powder habis. Bisa atau tidal baking powder diganti dengan soda kue? Terima kasih sebelumnya. * Fitri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Fitri, saya sendiri belum pernah sukses bikin pancake ini dengan BS saja ya Mba, saya sarankan pakai BP double acting ya.

      Hapus
  37. Hai mbak endang,
    Mau lapor!
    Resep - resep yang diposting di JTT bener-bener berbahaya mbak, soalnya addictive bangetttt. Sekali baca ga mau berhenti, penasaran sama menu yang lain :D

    Ampun dah, jadi ga sabar pengen cobain semuanya.
    Sampai-sampai saya masukin ke monthly menu planner loh mbak, 80% resep JTT. Boleh ya mbak? :D

    Kemarin saya udah nyoba ayam panggang kemiri, nasi lemak, habis ini prepare sapi lada hitam buat sahur, terus barusan aja kelar bikin ini delicious pancake, suami seneng banget mbak istrinya jadi sibuk di dapur dan ga ngajak2 makan di luar lagi wkwkwk.
    Soalnya lagi hamil mbak, dan pengennya jaga makanan, kalau bisa homemade tanpa zat aditif dan vitsin.

    Udah sekian dulu laporan saya, maap kepanjangan, habisnya seneng banget mbak ketemu blog JTT.

    Semoga makin disayang Allah ya mbak karena mbak ikhlas berbagi ilmu :) :)
    Sukses selalu ya mbak...

    —iffah, Surabaya-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Iffah, salam kenal dan thanks sharingnya ya! Wah saya ikutan senang resep JTT membuat Mba makin kreatif berkreasi di dapur dan yeppp setuju, makanan buatan rumah lebih sehat dan bebas pengawet.

      silahkan kalau resep2 di JTT hendak dibuat menu planner, pastinya akan memudahkan mba menyajikan menu untuk keluarga.

      Happy banget bacanya dan sukses selalu untuk Mba dan jleuarga ya! ^_^

      Hapus
  38. Mbak, kalau dari adonan yang sama, bisa dibikin jadi wafel gak yah? Tq mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Asih, saya rasa bisa ya Mba. Walau saya sendiri belum pernah coba ya, tapi sepertinya sih mirip2 ya adonannya

      Hapus
  39. Tante aku lagi coba bikin pancake nih >.< Kalau pake cream tar tar itu hukumnya gimana yaa hehehe. Apa bisa ngembang yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Annisa, cream of tartar sebaiknya tidak digunakan sebagai pengganti baking powder atau baking soda, karena bukan jenis pengembang ya. untuk pancake ini kudu wajib pkai baking powder jenis double acting kalau mau haslnya dijamin sukses ya.

      coba baca ini:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/06/mengenal-baking-powder-baking-soda.html

      Hapus
  40. Hai Mba,

    Lapor Mba, aq udah tried and guess what Mba. Ya amplooooppp rasanya enak bingiiiits, I mean it Mba.
    Cooking and Baking jdi lebih mengasyikkan dgn resep2 JTT yg OuKEh poenya ^_*. God Bless you more and more ya Mba. Many thanks Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yos, thanks laporannya, diterima dengan senang hati hahaha. Ikutan happy pancakenya sukses dicoba dan disuka. Thanks doanya, sukses selalu juga yaaa.

      Hapus
  41. kalau misalkan mentega diganti minyak bisa nggak? makasih sebelumnya. ditunggu jawabannya

    BalasHapus
  42. salam kenal mbak,

    pancake nya jos gandos, mertuaku juga bilang enak banget, sama yang punya hotel nov*tel aja beda jauhh, katanya. hihihiii.. pertama liat resep ini langsung pengin coba dan langsung ludes buat sarapan, anakku aja doyan, dan biasanya dia susah suruh makan model beginian..;)
    mertuaku bilang, gimana ya kalo pake giz, soalnya dia gak terlalu suka pake baking powder..
    Btw semua resepmu maknyoss mbak, aku buat referensi di blog ku yahh. thakss a lot ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yannti, salam kenal dan thanks sharingnya ya., senang sekali resep pancakenya disuka. Saya belum pernah coba pakai ragi seperti giz ya Mb, jadi mungkin adonannya mirip kue cubit ya.

      Hapus
  43. Anakku 16 bulan baru mogok makan trus dicobain bikin pancake ini jadi keisi perutnya mb Endang . Fufufuf maunya cuma makan roti rotian kalo mogok gini, jadi ibunya harus rajin bongkar resep mb Endang punya

    Sangat membantu sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakkaka, emaknya pasti pusing tujuh keliling ya, kalau si krucil mogok makan begini. Tapi untungnya masih doyan roti ya mba,

      Hapus
  44. 2 hari bikin pancake ini bt anak mb kwkwkw.....hari kedua udah dilepeh, disembur...huhuhu tobat tepok jidat dah hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, ayo ganti lagi, mama-nya harus putar otak dan kreatif yaaa

      Hapus
  45. mbak endang.. resep pancakenya cocok banget nih buat anak2ku..simple bikinnya tapi rasanya ga simple..hehehe
    minta ijin share resep di blogku ya mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba rara, thanks ya mba, senang sekali resepnya disuka. silahkan dishare di blognya ya

      Hapus
  46. Mbakkk.. aku gagall hiks... kok jadi liat ya pas dimakan... kenapa ya. Rere jkt

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikuti semua petunjuk dan bahan dengan benar mba, pasti gak gagal, pakai double acting baking powder ya.

      Hapus
  47. Mba endang. Aku lg diet garam. Jadi mw skip penggunaan garamny. Gapapa kan mba? Pengaruh ke pancake apa?.hehehe

    BalasHapus
  48. oke deh hehehe besok dieksekusi bwt diet mayo wkkaka tau diet mayo mba?ikutan mba hayo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, iya silahkan dicoba ya, yep saya tahu diet mayo hanya saja belum berminat wakkakak

      Hapus
  49. tapi ampuh mba wkakka aku ini hari ke 3 dan ud trun 1 stenga kilo hehe tp itupun cheating dkit kmrn beli roti cheese ny tour le jour uda ga kuat tahan laper, pagi ini pun cheat makan soyjoy
    (dalam hati ya nenangin diri aja nginget2 dalam 1 resep cake ato kue kan garam cm 1sdt dan masih dibagi jadi berapa potong cake jadi anggapan garem yg dikonsumsi dikit bgd dong ya, ngeles aja y pdhl mah sama aja wkakka)
    resep pancake ini aku ud perna coba mba dulu2 cm hr ini pas bkin lagi dan versi ga ada garem ya tetep enak tapi kurang gurih ya :x
    jd curhat kepanjangan deh nih aku mba ehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakaka, mantap banget dietnya yaa, saya ini kendalanya kalau diet angin2an gak konsisten jadi kalau berat badan dah turun langsung deh balas dendam hahhaha.

      Hapus
  50. hujan dari jam stengah 4 sore diiringi dgn mati lampu yg cetar membahana dan geluduk2 kencang membuatku laparrr... enakan makan yg anget2 tp simple dibuat, dan pilihan jatuh ke pancake ini.. duluuuu banget, pernah bkin pas beli teflon ada resep pancake, karna bentuknya menggiurkan akhrnya aq coba, dan sukses masuk tong sampah.. wkwkwk gak layak makan.. kyk makan tepung, rasanya nano2, aduh parah bgt deh mba.. smenjak itu jd kapok makan yg namanya pancake.. mski ngiler tp klo inget tragedi mengenaskan dlu lsg padam ngilernya..
    well, itu dlu sblm kenal jtt, skrg pas udah nyoba bkin sendiri pk resep jtt baru tau rasanya pancake tuh enak ya wakakakk
    empuk, harumnya menggoda, bs dikasih topping apa aja sesuai persediaan, yg penting tuh gak berat.. scara lg berusaha diet gituh.. hahaha
    thanksssss ya mbaaa... akhrnya bs makan pancake jg.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Bella, wah hujan2 begini memang sedap banget makan pancake huuuuuu. pakai selai atau madu mantapp banget.

      wah kalau lagi diet memang susah nih secara pancake bikin berat badan naik cepat banget, sama kek ketagihan pasta hahhahah

      Hapus
  51. Td pagi aku buat ini pakai bp single action, trs aku pakein pisang... Hasilnya maknyus, enyak...enyak...enyak lembut banget.. Putriku aja doyan mpe habis 2, toppingnya aku pake selai strawberry.. Krn ga pake cetakan jd hasilnya ga setebal yg difoto tp tetep aku nikmatin bgt... Mantaaaap mba endang
    Biasa weekend pst aku makan dluar tp sejak kenal jtt, weekend mlh merencanakan pengen masak apa yah, hehehhe... Udah pst pengen try & taste menu di jtt.. Soalnyaa menu jtt simpel ga ribet jd pas liat resepnya bukannya malas jd tertantang bt nyobain...:)
    Sukses terus mba endang... Semangat
    _vera_

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Vera, mantappp pakai pisang. Waduuh jadi laper dan kebayang bau pisang yang dipanggang pasti harum banget yaaa. Memang lebih seru weekend trial masak dirumah apalagi kalau ada krucil lucu yang bersedia ngabisin waah semangat dah pasti mamanya hehhehe

      Hapus
  52. Hai mba endang..barusan aq eksekusi resep pancake ini..dan,taraaaaa hasilnya super empuk,super laziis,dan super cepet (bikin dan habisny) hehehe
    Berhubung dirumah lg ga ada stok mentega/margarin jdi aq ganti pke minyak goreng kemasan aja,trus cukany jg aq pke cuka msak biasa aja..thanks bwt resepny y mba,anakku doyan bgt pancake ini..hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. yep bs pakai minyak goreng dan cuka masak biasa yaa.

      Hapus
  53. Halo Mba Endang,
    saya udah coba resep pancake nya dan sukses!! enak banget jadinya empuk dan rasanya pas, lebih enak dari tepung pancake instan...hehe...
    makasih resepnya mba, sukses terus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba tika, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka yaa. sukses selalu

      Hapus
  54. Halo, Mba Endang. Saya udah coba beberapa resep nya Mba Endang (Muffin Ketan Hitam, aneka Pasta, dll) dan selalu berhasil. Karna saya anak kosan, saya pengen deh setiap hari sarapan simple kaya pancake. Tapi kan kalo bikin sesuai resep selalu kebanyakan tuh mba. Pertanyaan saya, apakah adonan pancake nya bisa saya simpen di kulkas untuk dipakai besok harinya ya mba? Kalo bisa, adonan pancake ini tahan berapa lama ya kira-kira di kulkas? Terima Kasih, Mba^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Tanty, saya sendiri belum pernah simpan adonan pancake di kulkas, takutnya baking powdernya berkurang keaktifannya kalau menginap lama disana. Beberapa pembaca ada yang coba simpan, kayanya kalau 1 hari saja oke, lebih dari itu takutnya gak oke lagi ya

      Hapus
  55. hai mbak.. akhirnya nemu resep pancake yg anti gagal... so happy.. biasanya aku ngandalin pancake instant, sekarang mah bye bye pancake instant.... sempet improvisasi dikit, aku pakenya susu cair coklat dan sedikit coklat bubuk.. still ok... sempet pula puputeran carrefour cari2 cetakan pancake, taunya sekarang udah ga ada... ya wis, akhirnya aku pake pan kecil2 yg ada bentuknya dari ace... thanks a lot ya mbak... oh ya, btw, kalo baking powder dikurangi dikit misal jadi 1/2 sdt or max 1 sdt gitu, bakal ngaruh ke textur pancake ga? soalnya agak2 sedikit kuatir, berasa banyak banget gitu pake baking powder 1 1/4 sdt... thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba maria, baking powder bukan bahan kimia berbahaya ya, jadi sebenarnya menggunakannya dalam jumlah banyak tidak masalah. Bahkan baking soda, yang ber pH basa, merupakan salah satu komponen baking powder yang sering dianjurkan untuk diminum gunanya untuk menetralisir pH di tubuh kita yang asam.

      kalau mau dikurangi silahkan ya mba, tetapi mungkin ngembangnya kurang maksimal ya

      Hapus
  56. untuk 135 ml susu cair menjadi buttermilk yg baik, berapa takaran air jeruk nipisnya ya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 sendok teh vinegar/cuka ya mba, sesuai resep diatas sudah saya cantumkan bahan dan porsinya

      Hapus
  57. Mba endang kalau susunya pake susu kotak indomilk yang buat anak2 boleh ga mba ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai susu cair atau susu kotak apapun ya mba.

      Hapus
    2. Sudah di coba suksesssss berattt cuma kurang lobang2 aja di pancake nya mba
      Tapi rasa nya nikmat

      Hapus
    3. sip, thanks ya, kayanya pancake gak terlalu lubang2 kaya serabi ya

      Hapus
  58. Mba endang lapor yaa. Entah kenapa selalu ke enceran bikin adonan ini. Jadi aku tambahin gula dan tepung biar ga encer. Ini ke 3xnya bikin baru berhasil karna pake cetakan jdnya rapih. Yg kemaren2 pake wajan cekung jadinya kayak kue dadar wkakak.
    Teksturnya lembut mba tapi jdinya kayak kue dadar cuman lebih tebal gitu mba. Hehe
    Apa emang teksturnya begitu mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mas, adonan gak encer sama sekali ya, teksturnya pekat dan kental seperti adonan cake yang padat. jadi ketika dipanggang di pan juga mudah. nah saya bingung kenapa keenceran ya hehehhe

      tekstur ketika jadi lembut, beronngga2 ya.

      Hapus
    2. berati aku gagal dong mba buatnya. Kliatannya gampang tapi ko blm bisa2 nih. Hiks
      Dari adonan ga kental trus tekstur ga berongga :(

      Hapus
    3. mungkin semi gagal ya, heheheh, gak gagal total. pakai baking powder double acting ya, supaya mekar dengan baik

      Hapus
  59. salam kenal mba endang, kalo adonan pancake ini bisa di panggang pake cetakan muffin ga? kan lagi musim tuh pancake bites. Mohon pencerahannya ya mba, makasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba winda, salam kenal ya mba, saya rasa bisa ya mba pakai cetakan muffin karena basicnya mirip dengan adonan pancake ya

      Hapus
  60. Halo mba Endang...
    Setelah berhasil membuat roti yang lembut dan pizza yang renyah, melirik resep pancakenya mba Endang.
    Wah baru tau nih, ternyata adonan pancakes itu kental ya, bukannya encer seperti yang selalu saya buat sebelumnya hehehe...
    Saya panggang pakai cetakan martabak unyil baja, hasilnya... Pancake Bites JUARA!!!

    Thanks ya mba buat resep dan pengetahuan tambahannya yang sangat berguna...

    STAY HUNGRY... STAY FOOLISH (steve jobs)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola mas Arief, thanks sharingnya yaa, waah saya ikutan senang resep pancakenya sukses dicoba, memang yang satu ini wajib kudu disimpan resepnya, karena anti gagal dan oke di modif dengan coklat dan pisang juga.

      bagus juga tuh kata2 mutiaranya si steve jobs hahahah

      Hapus
  61. hallo mba Endang, salam kenal ya, semenjak sering baca resep di JTT jadi suka ngebaking nih, makasih ya mba buat resep-resepnya, tadi malam mencoba resep pancake ini, menggunakan susu bubuk dan jeruk nipis untuk buttermilknya dan semua bilang enak, tapi apa emang terasa eneng ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya mba Evi, thanks sharingnya ya mba, semoga resep JTT bs bermanfaat dan sukses dicoba ya.

      untuk rasa eneg, nah saya susah komen karena itu masalah selera ya mba, kalau bagi saya kok nggak ya hehehhe

      Hapus
  62. Mba...pancakenya bagus tp aga asam krn aku pake cuka biasa...hehe g pny white vinegar siii...tp keren2 resepnya thanx ya...

    Renzy

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Renzy, thanks sharingnya ya, yep cuka masak biasa memag lebih asam rasanya. pakai jeruk nipis juga bs ya

      Hapus
  63. Sis, mau tanya.. saya di kulkas ada Cuka Apel,, itu bisa di pake sebagai pengganti White Vinegar gak ..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai air jeruk nipis saja ya mba, cuka apel kadang memberikan aroma yang khas ya di kue.

      Hapus
  64. Mba, saya penasaran dengan resep pancake kejunya, dicari2 kok gak ada ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, memang belum pernah saya posting yaaa

      Hapus
  65. Mbak endang.. aku buat ini ya ampuunnn aseli enak bangeeetttttt! Lebih enak dari cafe yg jual pancake itu.. nagih dan ngenyang! Pagi di panggang sampe sore pun ttp lembuuttt! Percobaan pertama aku tambah bubuk red velvet, jadi deh red velvet pancake hihi. Pagi td buat lg yg original, naahh, yg td pagi itu adonannya aku buat dari malem, pas pagi adonannya jd pekat bgt, jd aku tambah susu cairnya, pancake tetep enak, ttp lembut, cuma jd sedikit lbh lengket gt teksturnya. Mungkin mestinya tambah buttermilk nya ya *soktau* wis yg penting tetep lezat! Makasih resepnya mbak.. tania.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba tania, thanks sharingnya ya mba. senang sekali resep pancakenya disuka.

      yep adonannya fleksible untuk dicampur dengan pasta lainnya, misal coklat, pandan atau red velvet. mantappp

      Hapus
  66. Ooh iya satu lagi, di atas ada yg nanya cuka apel yah.. aku udh coba pake cuka apel ok kok, ga ada bau2 asemnnya gt. Hehe males meres2 jeruk nipis soalnya *emak2males* :D tania

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya mba tania atas infonya, pasti berguna buat pembaca lainnya yaa

      Hapus
  67. Hai mba, salam kenal ya, saia novi... Saia ud 2x coba buat pancakenya pagi dan siang dan hasilnyaaaaa gagallll hahhahaha *Tepok jidat* hahaha... Apa pengaruh baking powder ya, tp saia baca review yg pake baking cap kupu2 smua jadi mesti cari BP double actingnya nie... Sama mau nanya knp ya adonan susu+jeruk nipis pd saat kecampur mentega jdnya berbutir2, pdhl mentegany uda saia dinginin, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba novi, salam kenal juga ya mba

      yep untuk membuat pancake ini mba perlu BP double acting kalau mau yakin sukses ya, terkadang BP single acting juga bs kalau kondisinya bagus dan aktif, cuman pengalaman saya sih gak pernah berhasil pakai single acting hehehhe

      gak masalah mba berbutir2, nanti kalau tercampur dengan tepung dan lainya akan menyatu kok

      Hapus
    2. Hai mba Endang...

      saking lakunya pancake dengan resep dari mba Endang yang saya buat, Istri dan anak saya jadi ketagihan sampai BP double acting Hercules nya sering kehabisan tapi saya coba dengan BP single acting dan saya tambahkan 1/4 sdt, berhasil juga kok mba...

      STAY HUNGRY... STAY FOOLISH (steve jobs)

      Hapus
    3. halo Mas Arief, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep pancakenya disuka. Wah saya malah belum pernah berhasil dengan BP single acting wakakka.

      Sukses selalu yaa

      Hapus
  68. Hi Mba ! Saya Fanny mau coba bikin ini untuk sepupu saya di luar kota kira kira di suhu ruang pancake ini taham berapa lama ya ? Saya takut nanti pas sudah sampe malah basi deh -_-

    Mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba fanny, pancake hanya tahan sekitar 2 hari saja di suhu ruang, lebih dari itu akan basi atau berjamur ya mba.

      Hapus
  69. Mba kalau susu cairnya diganti santan bisa tidak ya? Trims

    BalasHapus
  70. Berhasil dengan wrna coklat muda sempurna.. d tambah dengan fla durian.. yummmyyy... kl bs posting potoh sy posting deh.. nambah produk buat di jual.. tengkiyuhhh somatchh..


    -Chad "PASAR DURIAN"

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mas Chad atas sharingnya ya, senang sekli resepnya disuka, moga jualannya makin laris yaa

      Hapus
  71. Halo mba endang...aku mau share nih. Aku udh 2 kali bikin pancake dgn resep ini. Pertama sukses berat, so pluffy, ga berasa tepung seperti biasanya. Yg kedua resep aku modif dikit, buttermilk nya aku ganti "dadiah". Dadiah itu khas dari padang, susu yg difermentasikan di dalam bambu sehingga mirip yoghurt. Dadiah aku campu susu cair, dan hasilnya tetap enak, gurih, dan pluffy dong... Aku pnya alternatif lain utk butter milk. Aku mau coba bikin cream cheese pake dadiah ini jg, nanti klu sukses aku share yah. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba tila, salam kenal ya dan thanks ya sharingnya. senang sekali pancakenya berakhir mantap, wah sayangnya dadiah gak ada di jakarta ya hehehhe. sukses dengan cream cheesenya yaa

      Hapus
  72. Oh ya lupa, namaku tila mba... Karena aku pencinta susu dan turunannya, jadi pancake dengan "dadiah" ini lbh nendang rasanya bagi aku karena berasa bgt susu nya.

    -Tila-

    BalasHapus
  73. Mba Endang, makasih yaa, aku dah coba bikin, enak banget, pake coklat diatasnya.. Krucil2 pada suka.. Oya, ngomong2 BP double actingnya itu pake yg dikaleng itu ya? Gunanya utk bikin apa aja ya? Makasih Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Joyce, thanks sharingnya yaa, senang sekali resepnya disuka.

      untuk BP double acting bs dibaca artikelnya disini ya mba:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/06/mengenal-baking-powder-baking-soda.html

      Hapus
  74. hai kak endang/?
    aku dari surabaya pengen banget bisa bikin pancake kyk di pancious ternyata nemu resepnya disini dan setelah baca komen nya banyak yg berhasil juga...
    terima kasih banyak kak atas resepnya hehe
    tapi aku mau tanya kak, kalo misalnya gula biasanya di ganti gula pasir ( gula tepung) takarannya berapa ya?? trims ya kak atas infonya♡♡

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Zenya, slam kenal ya dan thanks sharingnya disini. Untuk pancake diatas bs pakai gula bubuk ya, beratnya sama seperti gula pasir ya mba, nggak berbeda ya,

      Hapus
  75. Resep mbak endang memang ok punya.
    Sampai sampai ibu saya kalau mau bikin kue pasti tanya. Di JTT ada resepnya gak? Niru di situ aja...

    Maksih banyak mbak..


    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 Mba Prameswari, thanks sharingnya yaa, senang sekali resep2 JTT disuka. Salam buat Ibunda yaaa ^_^

      Hapus
  76. Hi mba endang. Resep pancake nya oke bingitz. Percobaan pertama lsg buat 3 resep skaligus. Soalnya banyak pasukan :D pancakenya fluffy n soft. Btw kl pakai telur yg habis disimpan d kulkas ngaruh ga ke hasilnya nt? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Sari, thanks shariingnya ya, senang sekali resepnya disuka. Gak papa kok pakai telur dari kulkas, walau sebaiknya telur didiamkan disuhu ruang dulu supaya gak terlalu dingin ya

      Hapus
  77. halooo mbak, aku rista mau tanya dong. tepung nya kalo diganti dgn tepung cakra kembar bisa gak ya mbak? trimakasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Rista, bisa ya mba, silahkan diganti ya

      Hapus
  78. Mb endang... matursuwun resep nya... saya sudah langganan resep ini bolak balik..anak2 suka,,dalam 1 minggu pasti ada menu pancake ini,,kalo gak mereka pasti tanya..kapan menu pancake.. wkwkwk... sampe2 ada temen anakku yg minta resepnya...jadi kalo bawa bekal suka dobel,,buat temennya..tq ya mb.. sukses selalu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thansk ya mba iin sharingnya, senang sekali resepnya disuka ya, sukses selalu yaaa ^_^

      Hapus
  79. Halo mbak, saya sudah coba resepnya, enaakk, cuma kok pas dimakan terasa ada rasa tepungnya. Saya bingung saya salah distep mana, padahal saya sudah ikutin resepnya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba agnes, mungkin kurang matang ketika dipan fried ya. salam

      Hapus
  80. Semalam saya praktek resep ini. Ibu & kakak saya sampe ikut berkecimpung karena enak. Dan Ibu saya request agar ditambah santan, saya bingung takarannya. Ada sarankah dari Mba Endang untuk takaran santannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ida, susu cair di resep bs diganti santan cair, saya tidak menyarankan porsi cairan ditambah krn akan membuat pancake tdk fluffy, tapi kalau mau dicoba silahkan ya.

      Hapus
  81. Mbak Endang resep pancake ini jadi favorit deh. So fluffy n yummy. Pagi ini juga bikin pakai toping keju+susu kental manis, mantap dah. Saya pakai Baking powder biasa mbak tapi takarannya saya tambah.
    Makasih mbak resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Aisyah, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  82. Mbak Endang, sy izin copy resepnya buat jualan di warung saya y. Dari beberapa resep yg saya coba, resep ini paling mantap. O y mba, ada resep untuk waffle g? Bahanya kalau sy baca di buku2 hampir mirip sm pancake. Apakah resep pancake ini bs dibuat waffle (cm ganti cetakan). Kalau pedagang spt saya kan harus efisiensi adonan, kalau bs cukup satu jenis adonan untuk pancake & waffle. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, saya belum punya resep waffle ya, berhub gak punya cetakannya juga wakakka. silahkan dipakai resep pancakenya untuk jualan ya.

      Hapus
    2. Mba Endang, saya Anto, mo lapor nih mba...
      Akhir2 ini pancake yang saya buat kok bantet y?
      Resep dari mba endang saya buat 6 pcs (per sajian 2 pcs). 4 pcs yang pertama OK. Akan tetapi, kenapa 2 pcs yang terakhir hampir selalu bantet y? Namanya jualan mba, kadang kan adonan g langsung habis. Misalnya pagi ada yang pesen 1, sore atau siang baru ada lagi. Sisa adonan kalau saya buat pagi, sampai siang atau sore tidak saya simpan di kulkas. Karena kalau di kulkas pasti bagian atasnya keras & berwarna kuning. Mungkin menteganya beku di atas, sehingga harus diaduk-aduk lagi sampai nyampur lagi & encer. Problem utamanya y itu mba, dua pcs terakhir bantet. Tapi kalau adonan lsg habis, hasilnya OK semua. Tanda-tandanya pancakenya akan bantet & g fluffy: jadi pas saya tuang adonan ke teflon, timbul suara spt bunyi minyak goreng panas ketetesan air mba (bunyinya tapi g sekeras minyak goreng kena air, hehe), diikuti timbul gelembung udara di tepi2 pancake. Gelembungnya ga rata ke tengah. Pas pancakenya dibalik, warna coklat nya ga rata & kesanya pancakenya berminyak & berat. Dan biasanya mba, setelah pancakenya diangkat, di teflon ada bintik2 air bening.
      Kira2 salahnya dimana y mba? Apa karena terlalu banyak diaduk karena adonan lama didiamkan, agar rata kembali?
      O y mba, kalau simpan adonan di kulkas atau di suhu ruang harus tertutup rapat y? selama ini tidak saya tutup, hehe
      Mohon pencerahannya y mba. Maaf saya nanyanya panjang bgt

      Terimakasih

      Hapus
    3. Sy tambahin infonya mba, sp tau bs jd bahan analisis mba endang. Bahan2 kering: gula, baking powder, terigu, sy bungkusin di plastik2 kecil untuk persediaan. Jd kalau ada orang pesan, kita tdk perlu nimbang2 lagi. Kira2 ngaruh g mba campuran bahan tsb yg disimpan sktr 2 minggu?
      Sy tanya temen yg biasa makan pancake yg saya buat. Dia jg bilang kalau pancakenya lbh berminyak (kaya gorengan) & di tengahnya kurang berongga sehingga bantet. O y, di teflon bekas memasak pancake yg sblmnya sy tulis ada titik2 spt air, ternyata kalau di lap pakai tisu berwarna kuning (spt minyak). Kira2 knp sebabnya mba?
      Tks

      Hapus
    4. Sy tambahin infonya mba, sp tau bs jd bahan analisis mba endang. Bahan2 kering: gula, baking powder, terigu, sy bungkusin di plastik2 kecil untuk persediaan. Jd kalau ada orang pesan, kita tdk perlu nimbang2 lagi. Kira2 ngaruh g mba campuran bahan tsb yg disimpan sktr 2 minggu?
      Sy tanya temen yg biasa makan pancake yg saya buat. Dia jg bilang kalau pancakenya lbh berminyak (kaya gorengan) & di tengahnya kurang berongga sehingga bantet. O y, di teflon bekas memasak pancake yg sblmnya sy tulis ada titik2 spt air, ternyata kalau di lap pakai tisu berwarna kuning (spt minyak). Kira2 knp sebabnya mba?
      Tks

      Hapus
  83. Hola mb endang... Lg pgn bgt pancake. Ngublek resep sana sini gk prnh ad yg sreg stelah dcb. Bru nyadar di jtt ad, ya ampun pdhl udh langganan rsep jtt dr kpn hri. Td nyobain. Hsilnya empyyyyuuuukkkkkk bingitssss. Krn gd toping aq tmbh gula aj. Tp kok ad rsa asem2ny gt efek jeruk nipisnya kbnyakan kah mb? Gk aq tkar tp 1 buah kuperes smua.
    Asprih-Jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Asprih, thanks sharingnya ya, senang resep pancakenya disuka. asem pasti karena terllau banyk jeruk nipis Mba, 1 buah kebanyakan yaa hehhehe

      Hapus
  84. Salam kenal
    Mbak.. Aku baru saja coba bikin pancake dg resepmu. Cuma susunya gak kucampur vinegar atau jeniper. Tetep enak. Tak gandengin sama teh anget.. Terimakasih ya resepnya. Berikut tips and triknya.. Sangat membantu pemula seperti saya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba, thanks sharingnya, senang resepnya disuka ya,

      Hapus
  85. Mba Endang... enak banget pancakenya 😄 sekali bikin 3 resep dan habis dalam sekejap dimakan mama, papa n aku. Entah lapar apa doyan hehehhe.
    thank you mba Endang ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Ivana, yep memang pancake ini mantep buanget hehehhe. thanks yaa

      Hapus
  86. halo mba endang, terima kasih resepnya yaah... alhamdulillah berhasil ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba Hulya, senang resepnya disuka yaa

      Hapus
  87. Makasi banyak resepny mbk...akhrny berhasil bkn pancake yg lembut n yummy..sblmny bkn pancake jatuhny jd kue dadar..bknny siang jd +eskrim...hhmm..maknyoss..
    Lain kali mw nyoba bkn terang bln pake resep mbk..smoga berhasil...udah 2x nyoba bkn sll gatot

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Dewi sharingnya, senang resepnya disuka. Sukses yaaa

      Hapus
  88. Mbak mau tanya nih kalau pake baking powder biasa tapi di 2x lipat kan gitu bisa ga ya ? Soalnya salah beli nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Fanny, tidak ya, BP dan BPDA berbeda sifat dan reaksi jadi kalau pakai BP jangan didouble takarannya nanti rasanya jadi aneh. Pakai sesuai resep saja dan kalau BP nya cukup aktif tetap mengembang ya

      Hapus
  89. Mbak... saya mau acara kumpul2 kebagian buat pancake+topping ice cream. Nah pancake nya dibuat 1 hari sebelumnya lalu dimasukin kulkas akan tetep enak gak yaa ? bisa gak cm masukin microwave aja buat ngangetin nya. atau harus di panggang lagi satu persatu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yulia, bisa masuk kulkas semalam, hangatkan di micro saja gak papa Mba.

      Hapus
  90. Di kulkas ga ada vinegar atau jeruk nipis jd susunya aku campur cuka 1 1/2 sdt, dan hasilnya tetep enak banget! Trims banyak resepnya mbaaa, syukakk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip, sama saja kok tetap oke pakai cuka biasa. thanks sharingnya yaa

      Hapus
  91. Hai mba..boleh tau bpda yg biasa mba pakai merk apa yah ?? Thanx

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...