14 Januari 2011

Resep Tart Apel


Resep Tart Apel JTT

Tart apel ini mirip-mirip dengan pie ya, bedanya kulitnya tidak remah atau flaky (berlapis-lapis) seperti umumnya pie apel dari Inggris atau Amerika. Tetapi kulitnya (crust)memang agak kaku namun tetap renyah. Kalau biasanya dalam pembuatan kulit pie, setelah tepung dan mentega tercampur menjadi butiran kecil dan air es dimasukkan maka kita mencampurkannya dengan ujung-ujung jari agar menjadi adonan yang smooth dengan sesedikit mungkin menyentuh adonan dengan tangan secara langsung. Maksudnya agar mentega tetap berbutir-butir sehingga kulit menjadi berlapis ketika dipanggang, mirip-mirip dengan pastry.

Resep Tart Apel JTT

Untuk tart apple ini justru kebalikannya, saat air telah dimasukkan ke adonan maka kita harus menguleninya dengan telapak tangan hingga menjadi adonan yang smooth. Ini yang menyebabkan kulit tart yang terbentuk tidak flaky tetapi masih tetap renyah.  Kalau dilihat dan dirasa memang mirip-mirip dengan kulit nastar hanya lebih firm tidak serapuh nastar.

Resepnya saya ambil dari blognya Lily's Wai Sek Hong, blog yang oke sekali dengan resep-resep kue yang menarik.  Hanya untuk isinya saya melakukan modifikasi, saya tidak menggunakan apple sauce untuk melapisi permukaan adonan tart tetapi menggunakan selai nanas, soalnya selai itu yang banyak di rumah :). Jika anda tertarik untuk mengikuti resep aslinya, anda bisa klik di link yang saya sertakan di bawah.

Tart apel ini lezat, dengan kombinasi yang pas antara kulit tart yang renyah dengan apel yang sedikit asam. Jika sulit menemukan apel granny smith, anda bisa menggunakan apel jenis lain yang keras dan agak asam seperti apel malang.

Jika anda tertarik resep dan cara membuatnya, berikut ini saya lampirkan.

Resep Tart Apel JTT

Tart Apel
Resep diadaptasikan dari:
Lily's Wai Sek Hong: French Apple Tart
Betty Crocker: Apple Pie 

Untuk 6 potong, loyang diameter 20 cm

Bahan kulit tart :
- 165 gram tepung terigu serba guna
- 92 gram mentega dingin, masukkan kulkas terlebih dahulu
- 2 sendok makan margarine dingin, masukkan kulkas
- 1/4 sendok teh  garam
- 25 ml - 50 ml air es

Bahan isi:
- 2 buah apel Granny Smith atau apel malang, sedang, berat kira-kira 350 - 400 gr
- 1 1/2 sendok makan tepung terigu
- 5 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kayu manis bubuk
- 1/2 sendok pala bubuk
- 4 sendok makan selai apel, jika tidak ada bisa diganti selai buah lainnya seperti marmalade atau nanas

Tambahan:
2 sendok makan selai untuk olesan permukaan tart (optional)
1 sendok makan mentega, potong kecil-kecil untuk taburan

Cara membuat:
Untuk adonan kulit

Ayak tepung terigu dan garam, masukkan ke dalam mangkuk (gunakan mangkuk yang agak besar agar leluasa). Potong-potong  mentega dan margarin dingin, masukkan ke dalam tepung terigu. Nah, tahap selanjutnya anda bisa menggunakan 2 pisau untuk mencacah-cacah terigu dan mentega hingga menjadi berbutir-butir sebesar kacang tanah. Atau menggunakan pisau pastry, aduk mantega dan tepung hingga menjadi butiran kecil.


Resep Tart Apel JTT
Resep Tart Apel JTT

Tambahkan 25 ml air es ke dalam adonan, dengan menggunakan jari tangan aduk hingga  rata dan menjadi adonan yang lembut. Uleni adonan dengan permukaan telapak tangan kita. Anda bisa menguleninya di dalam mangkuk atau memindahkannya ke talenan atau meja. Tambahkan air es sedikit demi sedikit jika kurang. Adonan yang terbentuk moist dan tidak lengket. Bentuk bulat adonan, bungkus dengan plastik wrap dan masukkan ke kulkas selama 30 menit.

Resep Tart Apel JTT

Untuk membuat isi tart:
Kupas apel, belah dua, buang biji tengahnya dengan menggunakan sendok untuk membuat cocktail buah. Iris tipis apel, masukkan ke mangkuk. 

Resep Tart Apel JTT
Resep Tart Apel JTT

Tambahkan tepung terigu, gula, kayu manis dan bubuk pala. Aduk rata.

Resep Tart Apel JTT

Sekarang kita akan membuat tartnya:
Panaskan oven, set disuhu 170'C. Siapkan loyang bongkar pasang khusus untuk pie. Olesi mentega dan taburi dengan tepung.

Keluarkan adonan tart dari kulkas, gilas tipis adonan, kemudian masukkan adonan yang telah digilas ke dalam loyang. Tekan-tekan hingga adonan menempel pada loyang, potong sisa adonan yang berlebihan. Kita akan menggunakan sisa adonan untuk topping tart.

Resep Tart Apel JTT

Tusuk adonan di loyang menggunakan garpu, olesi permukaan adonan dengan selai hingga tertutup rata. Kemudian tata apel memenuhi permukaan adonan. Masukkan juga sekalian juice yang keluar dari apel. Berikan potongan mentega ke atas apel. 

Resep Tart Apel JTT
Resep Tart Apel JTT
Resep Tart Apel JTT

Gilas tipis sisa adonan tart, kemudian potong-potong memanjang seperti pita, tata pita adonan bersilang-silang menutupi permukaan apel. Jika masih ada  sisa adonan anda bisa menciptakan kreasi  bentuk lainnya untuk mempermanis tart apel anda.

Resep Tart Apel JTT
Resep Tart Apel JTT

Larutkan 2 sendok makan selai dengan air 2 sendok makan air, sapukan selai di atas permukaan tart menggunakan kuas kue hingga rata.

Panggang tart selama 50 - 60 menit. Jika tart terlihat sudah berwarna kecoklatan, tutup permukaannya dengan alumunium foil atau kertas timah agar tidak gosong dan lanjutnya memanggang hingga matang.  Keluarkan dari oven, dinginkan hingga benar-benar dingin baru dipotong-potong dan dikeluarkan dari loyang. 

Sources:
Lily's Wai Sek Hong: French Apple Tart
Betty Crocker: Apple Pie




10 komentar:

  1. hai mba endang, suka bgd sama blog nya, sangat menginspirasi hehehe.
    mba mau nannya.mba tw maquis kan?itu pinggirannya tart ya?bisa ga sih pake resep tart mba yg hongkong egg tart?
    dibalas ya mba komenku penasaran bgd soale hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, maquis nama bakery ya? kalau bentuknya tart berisi krim/coklat maka bisa pakai resep adonan hongkong egg tart. Kalau marquise, sejenis dessert yang terbuat dari chocolate mousse yang kental, bisa dipakai buat filling tart.

      Hapus
  2. ini kalo uda agak lama ud ga gitu renyah ya?bisa dimasuk kulkas aja x ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa masuk kulkas Mba, memang kalau udah lama melempem ya

      Hapus
  3. Salam kenal mbak, saya ika..Resspnya bagus2 mbak saya suka bikin...dan berhasil ty yaaa..semangat mbak sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga ya Mba, thanks sharingnya, senang sekali JTT disuka. sukses selalu juga ya ^_^

      Hapus
  4. mba oven saya hanya 190 pans tertinggi..apakah bisa membuat nya? jika bisa berapa lama waktu yg diperlukan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, sudah saya update resepnya ya, pakai suhu 170'C saja. 200'C terlalu panas. thanks yaa

      Hapus
  5. Halo mbaa, saya tdk ada loyang pie, kalau pakai pyrex saja kira2 bs tdk ya? Thanks :)

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...