08 Januari 2011

Resep Mini Tartlet Nan Renyah


Resep Mini Tartlet Nan Renyah

Mini tartlet ini unik, renyah dan lezat. Saya tertarik untuk mencoba membuatnya setelah melihatnya di salah satu food blog. Ada tantangan tersendiri membuat kue yang prosesnya tidak terlalu simple asal jadinya sesuai dengan yang dibayangkan bahkan mungkin lebih. Awalnya karena bosan membuat kue kering yang itu-itu saja serta kebetulan saya sedang belajar untuk membuat kulit pie (pie crust) yang benar-benar flaky (renyah) membuat saya nekat mencoba mini tartlet ini. Hasilnya? Untuk rasanya, saya akui oke sesuai dengan yang saya inginkan,  hanya untuk tampilannya sepertinya saya harus banyak belajar. Penampilan mini tartlet yang saya buat kurang rapi dan manis untuk dilihat.

Isi tartlet-nya saya menggunakan selai coklat yang lama tersimpan di kulkas dan selai kacang. Saya mencoba mengisinya dengan selai nanas dan blueberry hanya hasilnya tidak oke. Selai mencair dan meleleh keluar kue, benar-benar disaster. Alternatif lainnya, mungkin bisa juga diisi dengan cincangan buah kering, nah yang ini belum sempat saya coba. Saran saya gunakan selai yang benar-benar kental.

Resep Mini Tartlet Nan Renyah
Resep Mini Tartlet Nan Renyah
Pastry Knife

Tips membuatnya saya lampirkan di bawah ini:
  1. Untuk membuat adonan kulitnya, gunakan mentega yang benar-benar dingin sehingga keras dan tidak mudah meleleh ketika kita olah. Mentega yang keras akan membentuk butiran-butiran berselimut tepung yang akan membuat kulit kue menjadi berlapis-lapis dan renyah. Masukkan ke dalam kulkas agar mentega menjadi dingin dan keras.
  2. Jika tidak memiliki pastry knife atau pisau pastry untuk mencampur tepung dan mentega maka gunakan saja 2 buah pisau atau spatula untuk mencacah mentega dan tepung, hingga mentega berbentuk butiran sebesar kacang tanah. Cara ini memang memerlukan waktu agak lama tetapi hasilnya oke juga. Untuk pastry knife ini memang tidak mudah menemuinya di toko peralatan baking, sebagai bahan referensi untuk anda, saya membelinya di sebuah toko peralatan memasak di Mall Ambasador lantai 4, dekat lift. Namanya toko Ratu, harganya murah kok hanya 25 ribu rupiah saja. 
  3. Saat menguleni adonan, jangan terlalu kuat dan lama. Tujuan kita menguleninya hanya agar bahan tercampur rata saja dan menjadi satu kesatuan. Jadi gunakan ujung-ujung jari dengan gerakan lembut untuk membuat adonan menjadi satu gumpalan besar
  4. Adonan kulitnya ini bisa anda gunakan untuk membuat pie apple atau mini pie dengan isi buah-buah segar. 
  5. Bentuk mini tartlet yang bisa anda ciptakan bervariasi tergantung selera, yang paling mudah adalah segi empat seperti yang saya buat diatas. Bisa juga dibentuk setengah lingkaran dan lingkaran penuh. 
Berikut resep dan cara membuatnya.

Resep Mini Tartlet Nan Renyah

Mini Tartlet Nan Renyah
Resep diadaptasikan dari:
Smitten Kitchen - All Butter, Really Flaky Dough
Chez Pim,  How To Make Your Own Homemade "Pop Tarts"

Untuk 30 buah mini tartlet

Bahan:
- 275 gram tepung terigu serba guna
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 225 gram mentega, kondisi sangat dingin, masukkan ke dalam kulkas sebelum digunakan.
- 75 ml air es

Olesan & taburan (optional)

- 1 butir kuning telur untuk olesan
- gula pasir untuk taburan


Cara membuat:
Potong-potong mentega menjadi seukuran dadu, sisihkan.

Resep Mini Tartlet Nan Renyah

Mencampur tepung & mentega:
Dalam mangkuk besar, aduk tepung terigu, gula dan garam hingga rata. Taburkan potongan mentega beku merata ke permukaan tepung, dengan menggunakan pisau pastry campur tepung dan mentega hingga mentega menjadi butiran-butiran sebesar kacang tanah, jika telah terbentuk butiran kecil dan seluruh tepung tercampur mentega, hentikan mengaduk.  Proses ini tidak akan memakan waktu yang lama. Jadi jangan aduk hingga mentega hancur karena akan membuat adonan kulit menjadi tidak flaky.

Resep Mini Tartlet Nan Renyah
 
Menyatukan adonan: 
Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan menggumpal dan mudah untuk dijadikan menjadi satu. Jangan tambahkan air secara sekaligus. Dengan menggunakan ujung-ujung jari uleni adonan hingga air terserap merata dan adonan menjadi basah tetapi tidak lengket. Adonan yang terbentuk kalis dan mudah dibentuk. 
Bagi adonan menjadi 2, bungkus masing-masing adonan menggunakan plastik wrap, masukkan ke dalam kulkas minimal 1 jam. 

Panaskan oven, set di suhu 200'C, siapkan loyang yang dialasi dengan kertas minyak

Resep Mini Tartlet Nan Renyah

Membentuk tartlet:
Keluarkan 1/2 adonan dari dalam kulkas, biarkan setengahnya lagi tetap berada di dalam kulkas. Potong-potong adonan menjadi bentuk kubus. 


Resep Mini Tartlet Nan Renyah

Siapkan papan penggilas, taburi tepung. Gilas adonan menjadi tipis, potong kotak memanjang. Rapikan pinggirnya dengan menggunakan spatula atau pisau. Beri 1 sendok selai coklat atau selai kacang pada salah satu ujungnya, ratakan. Tekuk adonan, kemudian tekan-tekan bagian pinggir sambungan dengan menggunakan garpu hingga tertutup rapat. Buat dua buah irisan kecil di atas permukaan tartlet, kemudian tata tartlet diatas loyang. Lakukan hingga semua bahan habis. 

Olesi permukaan tartlet dengan kuning telur kocok dengan menggunakan kuas. Taburi dengan sejumput gula pasir pada permukaannya.

Resep Mini Tartlet Nan Renyah

Panggang ke dalam oven selama 20-25 menit atau hingga permukaan tartlet berwarna coklat keemasan. Dinginkan di rak kawat dan simpan dalam wadah rapat. Enjoy!

Sources:
Smitten Kitchen - All Butter, Really Flaky Dough
Chez Pim,  How To Make Your Own Homemade "Pop Tarts"



18 komentar:

  1. Mbak, diatasnya dioles telur ya, kok mengkilat cantik, saya buat ga secantik itu, atasnya coklat tp bawahnya gosong, klo bawahnya ga gosong tp atasnya pucat, rasanya mm lumayan krenyes renyah:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, wah thanks atas koreksinya ya. Maaf saya lupa memasukkan unsur olesan telur dan taburan gula di atas tartlet. Yuppp benar, supaya mengkilap permukaannya diolesi dengan kocokan kuning telur dan ditaburi dengan gula pasir sedikit. ^_^

      Hapus
  2. siang mbak endang...untuk odanan nya bisa gak disimpan dlm kulkas ?klo bisa smpe brp lama...cz klo buat agak bnyak kn enak jd tr klo mau bikin tinggal ambil aja didlm kulkas mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ratu, bisa disimppan di dalam kulkas Mba, bungkus saja dalam plastik rapat jangan terkena udara kulkas sama sekali. Kalau di chiller mungkin hanya 3 hari ya, kalau di freezer bisa sampai 1 bulan.

      Hapus
  3. cuma mau laporan aja mbak...setelah nyobain bikin ini 2x akhirnya berhasil juga...yang pertama kulitnya jadi keras, karena saya ga sabaran, jadi pas ga nyatu2 adonannya saya tambahin air, pas kelembekan tambahin tepung...kulinya kalo digigit jadi klotak2 bunyinya...wkwkw
    setelah dibaca pelan2 dan diikuti petunjuknya pelan2 akhirnya berhasil!!fiiuuh...enyak banget...meskipun pas nggilas agak belepetan..

    oia,saya udah nyobain banyak bgt resep dri sini..bronis kukus, muffin ketan item, keju lemon, bronis klasik, pie mini, donat ungu..dan lain2...alhamdulillah banyak yg suksess...
    intinya saya keranjungan bikin kue gara2 baca blog ini..mbak endang harus tanggung jawab ya kalo penghuni rumah saya bengkak semua karena kebanyakan disodorin kue...wkwkw

    terus masak ya mbak.. =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, keluarga saya sudah bengkak dan teriak2 kalau saya sodori kue. Kalau ketemu mereka bawaan saya mencoba resep sedangkan mereka sedang diet semua heehhe.

      Memang seru banget membuat pie, pertama2 saya belajar membuat pie (otodidak), beberapa kali hasilnya keras gak bisa renyah dan flaky. Tapi penasaran banget, masa sih gak bisa? Sekarang pie renyah gampang banget hahaha.

      Thanks ya Mba Dia atas sharingnya. ^_^

      Hapus
  4. Mbak kue nya ini bisa tahan lama kayak kue kering nggak kl disimpan d toples? Makasiy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, asalkan dipanggang hingga kering bisa sampai 1 minggu di suhu ruang dalam toples rapat.

      Hapus
  5. Saya punya banyak tepung tulisannya plain flour. Apa bs dipakai untuk mini pie ini mbak? Sama gak dengan tepung serba guna? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, plain flour itu tepung serba guna ya Mba, jadi bisa dipakai untuk membuat mini pies ini.

      Hapus
  6. mba, kalo isiannya diganti DCC enak ga ya mba? :)

    BalasHapus
  7. Mbak, itu dibentuknya ukuran brp centi y ?? Mw bikin takutnya kegedean.. Hehe..
    -khanty-

    BalasHapus
  8. Mbak, tanya dong.. Berhubung persediaan tepung serba guna di rumah habis, sementara tepung protein tiggi dan rendahnya masih buanyak, bisa ngga sih kalau mencampur tepung protein tinggi dgn rendah supaya bisa dapetin tepung protein rendah? Kalau bisa, berapa perbandingannya? Apa kekurangannya ya? Hehee.. Matur nuwun mbakk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk cake/cookies/pie pakai tepung terigu sedang atau rendah oke ya, kalau roti pakai yang terigu serba guna dan tinggi. Semakin rendah protein terigu hasilnya semakin renyah dan remah, semakin tinggi akan kenyal dan elastis, mau mix juga bs mba, 1:1

      Hapus
  9. Aaaah senangnya sukses buat ini waktu hari Sabtu. . .
    Saya kan pakai margarine mba, lupa malah masukin garam, kulitnya jadi asin. Untung aja isinya cokelat jadi asin manis, coba kalau keju atau kacang, bisa-bisa dibilang pengen kawin lagi wkwkwkwk

    Langsung ludes mba kuenya, makasih yaa mba udah share . .:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Risa, wah yang ini sukses yaa? setelah pie sebelumnya rada2 gagal wakakkak. Senang sekali membacanya, sukses yaaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...