26 Juli 2011

Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla


Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla JTT

Niat hati ingin membuat cream puff yang bisa bersaing dengan Choux Cream - penjual kue sus (puff pastry) dengan isi krim yang sangat lezat di Mall Ambasador - kue sus saya berakhir menjadi isi vla vanilla. Well, walaupun menurut saya kue sus yang saya buat tidak kalah sedapnya namun tetap saja ada rasa kesal juga karena goal utama saya tidak terwujud. Sudah cukup lama saya mengincar untuk membuat kus sus berisi krim kocok karena jika berisi vla vanilla sepertinya sudah umum dimana-mana. Namun tadi malam ketika saya membuatnya terjadi accident, krim kental yang saya kocok menggunakan mikser tidak kunjung berubah kaku dan pekat membentuk soft peak

Sesuai instruksi krim harus didinginkan selama 30 menit di kulkas dan itu telah saya lakukan namun ketika dikocok puncak yang terbentuk kurang maksimal. Tidak sabar menunggu, saya masukkan krim ke freezer, saya pikir kalau hanya sebentar dan tidak sampai membeku krim pastinya masih baik-baik saja. Olala, yang terjadi justru kekacauan, krim pecah ketika dikocok, terpisah antara bahan dasarnya dan air. Entah akan saya modifikasi menjadi apa krim yang pecah ini, yang jelas semangkuk krim pecah sekarang tersimpan di kulkas menunggu terpakai atau justru terbuang. Nasib...

Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla JTT
Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla JTT

Okeh, saya hentikan sesi curhat saya, kembali ke choux pastry. Saya pernah posting mengenai adonan dasar choux pastry di Membuat Choux Pastry, adonan dasar ini bisa dipakai untuk membuat eclairs atau cream puffs. Di postingan lainnya yaitu Eclairs dengan Krim Vanilla dan Coklat Topping, saya mengisi eclairs dengan vla vanilla juga hanya saja saat itu terjadi kegagalan, vla kurang smooth karena teknik memasak yang salah. Namun untuk kue sus kali ini vla vanilla yang saya buat lezat, lembut, sempurna. Yep! Saya mengganti resep vla-nya, demikian juga dengan resep choux pastry-nya. Nah, adonan untuk kue sus-nya saya mengambil resep dari Joy of Baking, Cream Puffs. Teknik dan metode membuatnya berbeda dengan choux pastry yang pernah saya posting, namun yang ini hasilnya memuaskan. Puff pastry saya mengembang dengan sempurna, tidak kempes walau telah dingin dan berhasil membentuk rongga yang cukup besar untuk menampung banyak vla. Bahkan setelah diisi vla dan didiamkan semalaman, kulit sus tetap berbentuk bagus, tidak lembab dan  masih lezat di keesokan harinya. Tentu saja, puff pastry terbaik adalah saat baru saja keluar dari dalam oven, saat masih keras dan kokoh.

Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla JTT

Kendala terbesar membuat kue sus memang pada pembuatan kerangka kue (puff pastry)  yang berbentuk seperti shell (kulit kerang) yang mengatup ini. Puff pastry dihasilkan dari proses memanggang choux pastry, adonan dasar berbentuk seperti pasta yang dibuat dengan cara merebus terigu dengan mentega dan air hingga terbentuk bola adonan yang lembut. Adonan kemudian dibiarkan hingga agak menghangat dan telur pun ditambahkan ke dalamnya dan dikocok hingga smooth. Selanjutnya adonan disemprotkan ke loyang, bisa berbentuk bulat (umumnya untuk cream puffs) atau memanjang (untuk eclairs), dan kemudian dipanggang. Pertama-tama kue dipanggang dengan menggunakan suhu tinggi agar adonan mengembang/mekar dengan cepat,  kemudian suhu diturunkan untuk membuat kulit luarnya mengeras sambil mengeringkan bagian dalamnya.

Kata choux sendiri dalam bahasa Perancis berarti cabbage/kubis, mungkin saat belum terisi krim/vla didalamnya puff pastry tampak berbentuk bulat dengan bagian permukaan puffs yang merekah seperti kubis/kol. Puff pastry dianggap berhasil jika mengembang, merekah dengan sempurna, membentuk rongga yang cukup luas di bagian dalam, berwarna keemasan, kering di bagian dalam dan cukup keras ketika dipegang serta tidak mudah lembek dan lembab ketika diisi dengan krim atau vla. Untuk mencapai itu semua tentu saja memerlukan tahapan pembuatan yang harus diperhatikan dan diikuti dengan benar, namun sekali anda tahu kuncinya maka untuk selanjutnya tidak ada hambatan untuk menghasilkan puff pastry yang oke. 

Nah, di bawah ini saya sertakan resep, cara pembuatan beserta gambarnya, semoga cukup membantu bagi anda yang berniat untuk membuat kue sus dalam waktu dekat ini. Hmm, saya jadi teringat dengan teman curhat saya melalui email, Chanti di Aceh, yang mengeluh selalu gagal membuat kue sus. Semoga resep ini bisa membantu ^_^.

Berikut ini resep dan cara pembuatannya ya.

Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla JTT

Kue Sus Isi Vla Vanilla 
Resep choux pastry diadaptasikan dari website Joy of Baking - Cream Puffs
Resep vla vanilla diadaptasikan dari buku Baking with Passion, Bakers & Spice - Chesnut mille feulles

Untuk 10 buah kue sus

Bahan choux pastry:
- 70 gram tepung terigu serba guna (mis. Segitiga Biru, bisa juga menggunakan Kunci Biru)
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 57 gram mentega (jika mentega telah asin tidak perlu menambahkan garam)
- 120 ml air
- 2 butir telur, kocok lepas

Glaze:
- 1 butir telur kocok dengan 1/8 sendok teh garam halus

Topping, jika suka:
- gula bubuk secukupnya untuk taburan

Bahan vla vanilla:
- 4 butir kuning telur
- 50 gram tepung maizena
- 100 gram gula halus (haluskan gula pasir menggunakan blender)
- 500 ml susu cair
- 1 sendok teh vanilla ekstrak
- 50 gram mentega

Jika anda akan menggunakan krim kental sebagai isinya, berikut resepnya:
- 240 ml heavy whipping cream
- 1/2 sendok teh vanilla ekstrak
- 1 sendok makan gula pasir

Cara membuat:
Membuat choux pastry

Panaskan oven, set disuhu 205'C. Letakkan rak pemanggang di tengah. Siapkan loyang pemanggang, alasi dengan kertas roti pada permukaannya. 

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, garam dan gula, aduk rata. Sisihkan.

Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla JTT

Siapkan panci kecil, anti lengket lebih baik, masukkan air dan mentega. Masak menggunakan api sedang hingga mentega meleleh dan mendidih. Aduk-aduk selama memasaknya.  Angkat panci dari api kompor, segera masukkan tepung, aduk cepat menggunakan sendok kayu atau spatula hingga tercampur rata. Letakkan kembali panci di kompor, menggunakan api kecil, masak adonan hingga menjadi gumpalan yang smooth dan pekat serta tidak menempel di panci. Aduk terus selama adonan di masak (1- 2 menit). Angkat. 

Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla JTT

Tuangkan adonan di mangkuk agak lebar, menggunakan mikser tangan, kocok adonan dengan speed rendah untuk mengurangi panas dan menghilangkan uap panas yang terperangkap di dalam adonan, kira-kira 1 - 2 menit. Jika adonan mulai terasa hangat tidak terlalu panas lagi, masukkan kocokan telur, dan lanjutkan mengocok menggunakan mikser dengan speed rendah hingga terbentuk pasta yang kental, pekat dan sangat lengket. Matikan mikser. 

Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla JTT

Siapkan plastik segitiga, letakkan spuit untuk menyemprotkan adonan di ujungnya, gunakan spuit ukuran yang besar. Masukkan adonan ke dalam plastik, ikat rapat. Gunting ujung plastik segitiga sehingga ujung spuit keluar dari plastik. Semprotkan adonan ke atas loyang yang telah dialasi kertas roti/kertas baking. Gerakkan spuit melingkar dan akhiri dengan menyemprotkan adonan diatas lingkaran.  Beri jarak lebar antar adonan, karena ketika dipanggang akan mengembang besar. Adonan kira-kira bisa untuk membuat 10 - 12 puffs. 

Catatan: Jika anda tidak memiliki spuit, cukup masukkan ke plastik, gunting ujungnya dan semprotkan adonan ke atas loyang.  

Olesi permukaan kue dengan glaze (1 butir telur + 1/8 sendok teh garam) menggunakan kuas halus secara hati-hati dan gerakan lembut.

Panggang kue dengan suhu 205'C selama 15 menit, kemudian turunkan suhu menjadi 177'C dan lanjutkan memanggang selama 30 - 40 menit hingga permukaan kue menjadi berwarna coklat keemasan dan ketika di iris bagian dalamnya mengering. Matikan oven, dengan pintu oven dalam kondisi terbuka biarkan kue hingga mengering sempurna, kira-kira 10-15 menit. Saya tidak melakukan bagian yang terakhir ini karena menurut saya kue telah cukup kering dan oven saya panasnya kadang-kadang tidak terkontrol sehingga permukaan kue mulai berwarna kecoklatan. Keluarkan puffs dan dinginkan di rak kawat.

Membuat vla vanilla:

Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla JTT

Dalam mangkuk kecil, masukkan tepung maizena, gula halus, dan kuning telur. Aduk rata menggunakan spatula balon. Sisihkan. 

Masukkan susu ke panci, rebus hingga mendidih menggunakan api kecil. Angkat. 

Ambil kira-kira 200 ml susu panas, tuangkan ke adonan telur dan tepung. Aduk cepat menggunakan spatula balon hingga menjadi adonan yang smooth dan tercampur baik. Masukkan adonan ke sisa susu panas di panci. Masak kembali menggunakan api kecil sambil adonan di aduk-aduk agar tidak gosong hingga menjadi pasta yang kental. Angkat. 

Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla JTT

Masukkan mentega ke dalam adonan panas, aduk hingga mentega meleleh dan tercampur baik dengan adonan. Biarkan uap panasnya menghilang, tutup permukaan panci dengan plastik wrap dan masukkan ke kulkas hingga dingin. 

Mengisi sus: 

Resep Kue Sus Isi Vla Vanilla JTT

Siapkan puffs pastry, belah menjadi dua bagian dengan cara mengguntingnya, jangan sampai putus ya. Sisihkan. 

Siapkan plastik segitiga, beri spuit pada bagian ujungnya, masukkan adonan vla ke dalam plastik, ikat plastik rapat. Gunting ujung plastik dan dorong hingga ujung spuit keluar dari plastik. Semprotkan vla ke kue yang telah digunting, secukupnya. Tutup dengan bagian kulit lainnya. Lakukan hingga semua kue dan vla habis. Tata di piring dan taburi permukaannya dengan gula halus menggunakan ayakan kecil, jika suka. 

Jika menggunakan krim:
Jika anda akan menggunakan krim kental sebagai isinya, berikut cara membuatnya. Masukkan heavy cream di mangkuk cukup lebar, tambahkan gula dan vanila ekstrak, aduk rata. Tutup mangkuk dengan plastic wrap. Masukkan ke kulkas selama + 30 menit atau lebih. 

Kelurkan dari kulkas, menggunakan hand mixer, kocok dengan speed tinggi hingga krim berubah menjadi pekat, kaku dan membentuk puncak yang lembut (soft peaks). Masukkan krim yang telah dikocok ke dalam plastik penyemprot, dan semprotkan krim ke dalam kue.

Kue sus isi vla vanila siap disantap. Yummy!

Sources:
Joy of Baking - Cream Puffs
Buku Baking with Passion, Bakers & Spice - Chesnut mille feulles



164 komentar:

  1. mbak, klo utk manggang kuenya ini pake api atas atau bawah?...atau api atas bawah?...

    BalasHapus
  2. Halo, saya pakai oven listrik api atas bawah. Karena membutuhkan suhu tinggi agar puff bisa langsung mengembang sempurna. Semoga membantu ya. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba endang,,, maaf saya ga bisa komen jd nanya di sini, saya mau nanya mba kmrn coba buat isian vla tapi kenapa ya punya saya hasilnya bergerindil2 gitu ga halus :( ada yang salah kah ato ada tipsnya mba
      terima kasih

      Hapus
    2. hai mba, biasanya karena kurang kuat dan cepat kala mengaduk, solusinya saring saja vla bergerindilnya atau blender, akan menjadi smooth dengan cpat ya

      Hapus
    3. Maaf mba mau tnya utk fla Pie fruity. Fungsi margarin didlm fla itu utk apa ya mba... dan apakah hrus tggu dingun dahulu baru dituang keatas kulit pie...? Apa tdak mengeras klo dingin..? Trims

      Hapus
    4. hai mba asri, setahu saya margarine di fla untuk membuat adonan menjadi licin dan halus ya. ini fla pie fruity yang mana ya Mba? bisa spesifik resep yang mana di JTT?

      Hapus
  3. jd inget waktu mama bikin sus, masukin telornya wktu adonan msh panas, alhasil telornya mateng & susnya bantat hahahaha...
    nice blog sista ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakkak, yep terkadang kalau nggak tahu maunya cepet2 di cemplungin telurnya ya. Thanks atas sharingnya.

      Hapus
  4. Mbak, klo pake oven nangkring bs ga ya? Pengen sih beli oven listrik (tapi ngumpul duit dlu) hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bisa kok pakai oven tangkring, hanya pastikan oven benar-benar panas saat adonan kulit dimasukkan. Idenya adalah suhu oven yang panas membuat uap air dalam adonan mendesak keluar dan membuat adonan mengembang dengan baik dan cepat.

      Hapus
  5. Jadi, kira2 ovennya dipanaskan berapa menit sblm adonannya dipanggang? Lalu lama dipanggangnya berapa lama mbak? Memanggang dan memanaskan menggunakan api besar, kecil ato sedang? Trim's mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya pakai oven listrik Mba, jadi saya panaskan minimal 15 menit sebelum dipakai. Nah lama memanggang tiap oven bisa beda2, jadi mesti uji coba dan mengenali ovennya masing2. Kalau untuk sus, karena butuh suhu panas pakai api agak besar Mba. Sebaiknya beli termometer masak, jadi suhunya bisa ketahuan. Yang penting harus dicoba Mba ovennya, kenali dulu.

      Hapus
  6. Mba endang, adonannya ga usah ditambah baking powder double acting? Bbrpa resep yg sy liat ada yg menggunakan cream of tar-tar. Cream of tar2. Gunanya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu pakai BP lagi jeng, adonan choux pastry untuk kue sus tidak perlu ditambahkan pengembang. Setahu saya cream of tar2 untuk menstabilkan kocokan putih telur agar tetap kaku saat dioven. Coba buka link ini: http://www.justtryandtaste.com/2011/06/bagian-ii-mengenal-baking-powder-baking.html

      saya menjelaskan cukup detail fungsinya.

      Hapus
  7. Mbak, gunanya rhum apa ya? Aq pnah liat resep isi sus (vla) pake rhum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rum itu sejenis minuman beralkhohol yang terbuat dari sari tebu setelah mengalami proses fermentasi dan distilasi. Aromanya khas dan biasanya dipakai dalam dunia masak memasak. Fungsinya untuk menambah aroma seperti halnya vanili, hanya saja terasa lebih kuat. Nah karena mengandung alkohol dan dianggap haram, maka dibuat versi essencenya, jadi aromanya sama seperti rum asli hanya saja tidak mengandung alkohol. Jadi terserah kalau mau ditambahkan rum boleh, nggak juga gak papa.

      Hapus
  8. suka sama blog nya mba endang deh...lengkap step by step nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, terima kasih ya, suka juga kalau blognya bisa banyak membantu hehehe

      Hapus
  9. mbak endang.. blognya bagus banget. yang heavy cream merk apa? trus saya juga mau campur durian di krimnya. gmn baiknya yah?? liya dimks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Liya, makasih ya. Untuk heavy cream isian kue sus saya pakai yang non dairy cream karena kalau dikocok kental tidak mudah meleleh. Merknya bisa macem2 gak pernah terpaku sama 1 merk, elle n vire atau president atau roselle, yang ada di supermarket saja. Kalau mau duriannya halus sebaiknya diblender, tapi kalau mau durian masih berserat2 masukkan saja di krim kocok dan dimikser sebentar.

      Hapus
  10. salam kenal.., aku dah coba mbak. sukses enak...
    hasilnya bisa lihat di sni:
    http://nailandra.blogspot.com/2012/08/sus-with-ice-cream-filling.html
    makasih ya mbak dah berbagi resep..
    oh iya tampaknya kita punya hobi yang sama yaitu uji coba resep, hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal juga ya, sippp thanks sharingnya, senang resepnya sukses dan suka. Yep, hobi kita sepertinya sama hahahha, kutak kutik didapur. Sukses ya ^_^

      Hapus
  11. mba udah dapet resep vla yang kayak sus diambasador blm?kl udah mauuuu donkkk hehehe posting diblog ya mba endang ;)makasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sari, pakai saja resep topping cream cheesenya Red Velvet Cake yang saya pernah posting. Sama rasanya. Bahannya dari Cream Cheese, krim kental dan gula bubuk.

      Hapus
  12. oh gt ya mba....jd pake krimcis toh?soalnya pas makan kyk ga berasa kejunya sihh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai krim kental saja yang dikocok dengan gula bubuk juga bisa Mba, cari krim kental yang non dairy cream jadi gak gampang meleleh.

      Hapus
  13. mba saya pernah bikin tp wkt bikin adonan kulitnya kok tau2 cadi kayak cair gitu wkt habis masukin telurnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama2 dimasukin telur memang agak encer tapi semakin diaduk akan semakin kental. Aduk agak lama sampai pekat kental dan berkilat adonannya.

      Hapus
  14. Kenapa adonan kulitnya setelah jadi enggak bisa kayak yang digambar (kayak mawar) mulus aja..jd kurang cantik.kenapa ya?

    BalasHapus
  15. mbak, blognya bagus sekali, gambar soesnya benar-benar menggoda, welehh welehh. Salam kenal mbak, saya Donita. Mbak saya ingin bertanya, apakah bisa menggunakan tepung beras? Terima kasih sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Donita, salam kenal ya. Hmm, saya belum pernah pakai tepung beras, mungkin harus dimodif dengan campuran tepung lainnya, karena takutnya gak kembang ya.

      Hapus
  16. mba endang tau tips membuat moci gak? atau tingkat kegagalan pembuatan moci?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membuat moci gampang sebenarnya, cuman ketika saya pernah coba lupa olesin loyang pakai minyak, akibatnya moci nempel di wadah wakakka. Ini linknya: http://www.justtryandtaste.com/2011/07/membuat-kue-mochi.html

      Hapus
  17. Halow mbak endang, td saya bkin sus ini cm vlany tdk pake tlr krn stok habis trus saya kasih keju parut n wcc ternyata mantap jg Hέe:p•Hέe:p•Hέe:p.untuk kulitny tetep garing n renyah walau ud lama d suhu ruang, nah menurut mbak endang apa bisa resep kulitny d bikin sus kering yg kecil2 itu jd bisa jd camilan n tahan lama..or mbak endang ad resep sus kering?trimakasih..yani-jember.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloow mba yani, saya rasa bisa dipakai untuk sus kering. semprotkan kecil2 saja. saya belum pernah coba sih, jadi belum ada postingan sus kering wakakkak. mungkin kalau mba yani sukses cobanya bisa dishare kesaya heheeh

      Hapus
  18. Hi, mau tny dong.. knp klo sy buat kulit kue soes nya luarnya bs garing tp dalamnya masih basah tp berongga.. ga bs kering dalamnya.. udah coba brp kali tp ttp bgitu hasilnya.. sy ngoven 200℃ skitar 30menit (nunggu sampe kulit soes jd coklat) apa yg salah yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. adonan harus dimikser supaya uap air di dalam adonan hilang, kalau cuma diaduk pakai tangan gak maksimal hasilnya. Basah karena kandungan air masih tinggi, sehingga walau dioven dengan panas tinggi gak kering.

      Hapus
  19. hai mba salam kenal, saya mau nannya donk tadi saya nyoba bkin kulit puff tapi kenapa ga brongga ya ? :( pas masukin telur emg ga dimixer si..klupaan..pengaruh disitu ya?trims sebelumnya ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, harus dimikser. gak mau mengembang dan mekar karena uap airnya masih banyak di dalam adonan. banyak yang hanya mengocok dengan tangan saja, pengalaman saya selalu gagal dengan cara itu, kalau mikser pasti sukses. selain itu oven suhunya harus tinggi agar mekar, dan membentuk rongga.

      Hapus
    2. makasi byk ud reply ya mba :D oh iy 1 lgi..resep yg aku bkin pake margarine nih bukan mentega..itu ngaruh tidak? trims ya :D

      Hapus
    3. mba aku uda bkin nih syukur deh kali ini enak trus renyah hehe tapi bawahnya ga rata alias agak berlubang2 :( mba suru kan 15menit lalu turunin suhu trus panggang lgi 40 menit nah aku cuma panggang lgi nya 20 menit soalnya uda gosong gitu mba, trus pas panggang awal2 aku pake api atas bawah nah trakir2 cuma api bawah karna kue agak gosong..kira2 salah dimana ya? maap nih byk prtannyaannya :(

      Hapus
    4. Halo Mba, margarine dan mentega nggak ngaruh ya, jadi bisa saling menggantikan.

      kalau kue cepat gosong, turunkan suhunya lagi, kadang beda oven beda panasnya walau diatur dengan suhu sama, jadi kudu pakai feeling juga. suhu tinggi awal untuk memekarkan kue, suhu berikutnya hanya untuk mengeringkan bagian dalam. baking kadang pakai perasaan juga hehehhe

      Hapus
  20. okee heheh thanks bgd masukannya yaa :') mba oot nih, mau nannya, tadi aku liad ad pastry instan yg lgs bisa dipake..itu enak mana ya sama pastry di resep yg mba bkin?mksd ak kalo enakan yg bkin pgn coba bkin tpi kalo emg rasanya sama enak si mw beli aja biar praktis hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, sama enaknya kok dan tentu saja mudah dan praktis ya versi instannya. saya kemarin posting resep pisang molen pakai pastry instan, ini resepnya ya: http://www.justtryandtaste.com/2013/08/pisang-molen-coklat-keju-dengan-puff.html

      Hapus
  21. btw mba mw request :D bkin resep macaroon donk hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaaa, kalau ingat macaroon saya jadi sedih, dah 4 kali bikin habis kacang almond banyak banget, gagal semuaaaaa hikks ^_^

      Hapus
  22. oo mba gmn bkinnya?saya ud coba nih k1 gagal..yg k2 berhasil cuma agak rapuh :D setelah aku liad si gagal gara2 kocok telor kurang stiff sama pas aduknya over ya jadi keenceran,trus putih telur baiknya didiamin di suhu ruang min 24 jam :p trus kalo untuk oven listrik kayak kita baiknya pake api bwh aja mba soalnya dia ga bisa panas2 gtu katanya(ud googling) hehhee smoga mmbantu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah coba segala macam cara wkakak, yep putih telur diinapkan dan didiamkan, sudah pakai cara itu, keknya saya kurang kaku waktu ngocok putih telurnya. udah googling kemana2, nonton video joy of baking, si stephanie jaworski di utube juga udah wakakkak. tetap gagal. nasib. thanks ya! ^_^

      Hapus
  23. oh iya emg sensitif :') kmrn k3 x malah over mix jadinya dry bgd -___- smangat ya mba :D mba jago masak pasti bisa naklukin si macaroon :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks supportnya ya, moga bisa menaklukkan si macaroon hiksss. ^_^

      Hapus
  24. Sedang mencari informasi vla vanilla dan menemukan site Ibu, terimakasih Ibu atas share pengetahuannya, Salam Vanilla Bean:-)

    BalasHapus
  25. Mbak saya ga ketemu heavy cream..yg ada whipping cream dan cooking cream. Apa bisa diganti itu mbak?

    BalasHapus
  26. Nice infonya mbak,Saya sering buat kue sus vlas rasa rhum, saya mau berikan masukan, sebaiknya memakai trigu cakra kembar/high protein supaya lebih kokoh dan mengembang, jadi tidak perlu memakai baking powder lagi, saya biasa memakai trigu ini, selain itu pemakaian air bisa diganti dengan susu cair, fungsinya kue akan lebih gurih, lembut, tidak kering dan kasar/kaku. terima kasih. happy baking :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Harry, wah makasih atas tips nya ya, sangat bermanfaat sekali. Memang kendala kue sus adalah kulit yang mudah melempem dan lembek terutama setelah dikasih isi ya. Dan thanks dengan tips susu cairnya, sangat2 membantu sekali. Sukses untuk Mas Harry! ^_^

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  28. mbak...aku dh bikin kue ini 2x tp kenapa ya adonan choux nya terlallu lembek jd g bisa dibentuk waktu mo dioven...apa karna telornya.....aku pakek telor utuh...bkn kgn nya aja cz diresep jg gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Reina, saya rasa saat memasak adonan kurang lama ya, jadi masih banyak mengandung air. adonan harus diaduk dan dimasak hingga kesat. tidak ada masalah dengan telur, memang memakai telur utuh.

      Hapus
  29. adonanq sudah seperti punya e mbak dh gak lengket ditempatnya.....bru aku ksh telor kocok tp tdk aku mixer aku campur biasa aja ...mgnkin gara2 ini x ya mbak jdi penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooo tidak dimikser, berarti prosesnya sudah berbeda dengan resep yaaa hehhehhe, saya suka bingung kalau ada yang tanya dan bilang sudah mengikuti resep sama persis tetapi setelah ditelusuri ada yang berbeda.

      pengalaman saya bikin, kalau gak pakai mikser memang lembek, setelah dicoba pakai mikser hasilnya bagus. mikser membantu uap air yang terperangkap di adonan meguap dan membuat adonan gak lembek ^_^

      Hapus
  30. hari ini mau nyoba resep mba endang, moga berhasil *nyemangatin diri sendiri hihihi. tar klo dah jadi aku mau pamer (kaya yg berhasil aja) :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ika, sippp silahkan dicoba, moga sukses ya ^_^

      Hapus
  31. TFS ya mbak. Akhirnya coba dan sukses. Resep isinya mirip banget sama cara saya biasa bikin vla untuk pudding ajaran mama saya. Beda takaran saja. Akhirnya saya buat isinya sesuai dengan resep yang biasa saya buat cuma di sesuaikan sedikit takarannya. Saya share juga resepnya di blog saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mio, thanks sharignya ya, senag sekali kue susnya sukses dicoba. Untuk isi tergantung selera masing2, saya yakin resep mama-nya pasti maknyus rasanya ^_^

      Hapus
  32. Mba..mau tanya nih.. kalau vla nya pake susu cair, yang bagus itu susu cair merk apa yaa??
    Terima Kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. susu cair merk apa saja oke kok, tapi pakai yang full cream ya supaya rasanya enak. pakai ultra atau diamond oke2 saja.

      Hapus
  33. Makasih resepnya Mba...sudah sy praktekin dan hasilnya kue susnya enak & vla-nya mantap..thks krn sdh berbagi resep & semoga Mba tambah banyak berkat...:)

    Rgds,
    Irene

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Irene, thanks sharingnya ya, senag sekali resepnya sukses dicoba. Sukses ya

      Hapus
  34. Mba endang, aku abis nyobain bikin resep ini, berhasil lho mba ^^ seneng banget, dari dulu suka makan kue sus, sekarang bisa bikin sendiri.. cuma sayangnya vla vanilla nya ga lembut, ada brinjilannya gitu, padahak uda disaring, mungkin salah waktu masukin telur ya mba? Jadi waktu bikin vla nya setelah tuang beberapa tetes campuran telur ke susu yang mendidih, aku baru inget harus sambil diaduk >< duh, uda ga konsen, anak ku tiba2 rewel, jd buru2 bikinnya :( tp overall kata suami ku enak kue sus nya ^^

    Oiya, Aku mau tanya mba, itu kalo adonan kue sus bisa disimpan di kulkas ga ya mba? Terus besokannya baru dipanggang lagi.. sama kue sus ini biasanya tahan brp hari mba?

    Makasi banyak yah mba endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba nia, untuk vla supaya gak bergerindil campurnya harus sedikit2 sambil diaduk kuat dan cepat, kalau sekaligus banyak dan gak diaduk memang menggumpal.

      bisa dsimpan dikulkas, dalam wadah tertutup sampai 3 hari ya mba. kue sus disuhu ruang gak tahan lama ya, sebentar saja sudah lmebab dan gak enak, dalam kulkas sih lumayan tahan ya bs sampai 3 harian

      Hapus
    2. Mba endang, aku habis bikin kue sus lagi.. aku bikin kue sus nya pakai 2x resep krna adik aku pesen minta dibikinin.. hehehe

      Trus untuk vlanya jd pake cara lama, ajaran dr mama aku.. soalnya aku pakai cara yg dr mba endang ga tau kenapa gagal terus mba, pasti bergerindil, ga lembut kaya bikinannya mba endang :( uda 3x gagal..

      Jadi aku pakai susunya 800ml, gula bubuk 3/4 cup, kuning telornya 4, sama maizenanya 60gr..
      Cara bikinnya aku masak 500ml susu sama gula bubuk+1/8sdt garam+1sdt esens rhum. Sisa susu 300 ml dibagi 2, setengah dicampur sama telor, setengah lagi campur sama maizena. Waktu susu uda rada panas aku masukin campuran telur sambil terus diaduk, ga lama setelah itu masukin campuran maizena.. aduk terus sampe mendidih, setelah kental matiin kompor trus tambahin 1sdm margarine..

      Resep vla ini dr mama aku, dr dulu bikin puding pasti pakai resep ini, simple, anti gagal dan ga bakalan bergerindil, hasilnya smooth bgt mba.. hehehe.. cm untuk vla sus ini aku tambahin kuning telor dan maizenanya banyakan spy lebih kental.. siapa tau mba endang nanti2 mau coba.. hehehe

      Hapus
    3. Hai Mba Nia, sip thanks sharingnya ya Mba. Vla supaya gak bintil2, memasukkan susunya harus bertahap sedikit2 sambil diaduk cepat,dijamin hasilnya halus. Sama seperti membuat adonan custard untuk souffle.

      Hapus
  35. kak, mau nanya, 1 resep sus vla nya bisa untuk 10 saja atau bisa lebih? :)
    thankyou

    BalasHapus
  36. bisa nggak kalo bahannya diganti sama ubi ungu?
    terima kasih,

    BalasHapus
  37. Mba Endang, saya barusan coba dan sukses,,, tapi belum tau gimana rasanya karena lagi puasa. Makasih ya mba sudah berbagi resepnya. Sukses selalu buat mba Endang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya ya, semoga rasanya sedap dan suka dengan hasilnya yaaa hehhehe

      Hapus
  38. Mba endang, adonan kulit sus nya rusak gak kl manggang nya ngantri,, krn loyang yg aku punya kecil mba, kyk nya gk cukup buat 10 kulit sus... Makasih mba Endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, pengalaman saya nggak ya, karena saya buat ini juga antri kok.

      Hapus
  39. Mbak Endang,
    Terima kasih untuk resepnya nih, mau saya coba.
    Mau tanya mbak, misalnya besok paginya saya mau bawa ke kantor untuk cemilan,
    vla nya bisa saya buat & filling ke kue sus nya pas malem gak mbak?

    Kira-kira vla nya tahan berapa lama? apalagi kalau sudah dimasukkan ke dalam kue susnya?

    Terima kasih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Joice, bisa buat fillingnya malam mba, masukkan ke wadah dan lapisi permukaan vla dengan plastik wrap sebelum wadah ditutup ya. Plastik wrap harus menempel ke vla untuk mencegah vla membentuk lapisan keras dipermukaannya.

      vla dalam kulkas tahan 3 hari ya.

      Hapus
  40. Hi mbak... Mau nanya kalo ga punya susu cair, diganti susu dancow bs ga ?
    Takaran air brp ml n susu dancow brp sendok mkn ya? Tq..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, bisa ya, takarannya tolong lihat kemasan susu bubuk bagaimana membuat segelas susu cair ya

      Hapus
  41. Terimakasih mba atas informasi resepnya, mau tanya mba, jika kulit kue sus sendiri apakah tidak apa jika dimasukkan dalam kulkas dahulu sebelum diberikan vla? Kebetulan dengan isteri coba membuat kue sus untuk dijual di pasar kulakan kue,maksudnya agar lebih efesien dalam pengerjaan. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas, yep bisa ya, kulit sus dibuat banyak sekalian dan disimpan di kulkas, kala dibutuhkan tinggal disempprotkan isinya,

      Hapus
    2. Terimakasih mba,sudah dicoba dan tidak ada keluhan dari pelanggan.Mba mau tanya lagi,apakah pengurangan jumlah telur pada resep akan mengurangi kualitas kulit kue sus sehingga tidak mengembang baik?Apa ada tips tertentu?Maklum,kulakan pasar inginnya rasa kue enak,kulit sus besar namun harga ekonomis.Mohon pencerahan.

      Hapus
    3. saya rasa pasti kualitas dr rasa dan tekstur akan berubah ya kalau telur berkurang, saya sendiri belum pernah coba Mas, jadi tidak bisa memberikan saran ya

      Hapus
  42. Hallo mbak Endang,, kue sus ini tahan berapa lama y (sdh dgn isian), dan baiknya di simpan di suhu ruangan tw dlm kulkas ?..
    Makasie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, bisa tahan 2 -3 hari di dalam kulkas ya, kalau di suhu ruang hanya 1 malam saja saya rasa ya

      Hapus
  43. Salam kenal mbak endang, JTT ini sangat menginspirasi saya dalam urusan dapur.. Hhehehe

    Hari ini saya buat eclair, dan dengan suksesnya kempes waktu keluar dr oven, rongga yg sy harapkan terbentuk ternyata penuh sm adonan yg masi basah.. Padahal saya buat 3 resep dengan waktu yg berbeda dan semuanya kempes pes..

    Apa oven ku kurang panas yaa mbk? Apa kurang lama? Saya memanggangnya pake suhu 200'c di 15 menit pertama trs 180'c di 25menit kemudian..

    Mohon pencerahannya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Opieg, thanks ya sudah menyukai JTT. Untuk kasus Mba, kulit eclairs kempes karena masih basah dan lembab di bagian dalam. Bisa banyak faktor ini terjadi:

      1. Saat memasak adonan tidak maksimal jadi adonan masih basah sudah buru2 diangkat dari kompor

      2. Mikser kurang maksimal. Tujuan mikser adalah agar agar uap air yang terkandung didalam adonan berkurang sehingga ketika dipanggang cepat kering.

      3. Panggang kurang maksimal. oven harus sangat panas, dan ketika bagian luar permukaan sudah kering lanjutkan memanggang bisa dengan pintu oven terbuka sampai kulit benar2 kering bagian dalamnya.

      Hapus
    2. Hai mbak, ternyata kurang maksimal panggang nya.. Hari ini aku coba lagi pake api atas bawah dan sukses ngembang dengan cantik hhehehe

      Kmren cuma pake api bawah aja soalnya
      Thx yaa mbak endang

      Hapus
    3. halo mba, wah saya pikir sudah pakai api atas bawah, saya sendiri kalau pakai otrik pasti set api atas bawah mba. dan untuk kue sus perlu suhu tinggi ya.

      Hapus
    4. Oyaa mbak, bs gak yaa pada waktu di oven di isi lebih dari satu rak? Kematangan choux nya bakal rata apa gak yaa? Apa perlu dipindah"? Tapi takitnya kempes klo otriknya di buka tutup..

      Hapus
    5. Hai Mba Opieg, saya belum pernah coba ya, otrik saya pendek jadi pakai 1 rak dah penuh. Mungkin kurang maksimal ya.

      Hapus
  44. mbak, mau tanya itu kulit luarnya kering dan kokoh gitu kan? dalemnya berbentuk sekat2 itu lembab ga mbak? ak bolak balik bikin kulit kue sus ini dalemnya sekat2 gitu tapi aga lembab, kalo ditarik melar gt.. ini gagal apa berhasil sih mbak? hehehehe.. bs minta pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep kulit luarnya kokoh ya, basah dan lembab bagian dalam karena belum matang sempurna ya, penyebabnya bs dibaca pada pertanyaan2 pada komen diatas ya mba.

      Hapus
  45. mbaa mau tanya boleh ya, mentega untuk adonan sus nya mba endang pake apa? kalo blueband bisa ga? trus kalo vla saya msti mnggumpal wktu dingin knapa ya mba? trimakasih mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, saya pakai merk mentega apapun mba, tidak ada merk khusus. Pakai blueband bisa ya Mba,

      yep vla akan menggumpal kala dingin kalau kurang cairan. Kalau mau sedikit encer, tambahkan porsi susu cair di vla atau jangan masak vla sampai terlalu lama

      Hapus
  46. Halo mbak Endang :) Tanya dong, di resep vla vanila kan pake 4 butir kuning telur tuh, nah kalau aku skip 4 butir kuning telurnya gimana ya? Masih bisa jadi vla yang enak? Fungsinya apa sih kuning telurnya?
    Soalnya ini mau buat sus buat orangtua nih, nanti takut kolesterol kalau kebanyakan kuning telur hehee

    Thanks untuk waktunya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya kelupaan tanya... Kalau ngga punya mikser buat melepaskan udara panas dr adonan, apa bisa pakai alat lain gt mba? Kalau dimasukin ke kulkas dulu biar cooling down bisa ngga ya?

      Hapus
    2. hai mba, vla atau adonan custard memang bahan dasarnya adalah kuning telur, susu dan tepung, jadi kalau diskip hasilnya gak akan oke dari sisi rasa. Kuning telur membuat teksturnya smooth, dan rasanya lebih lezat.

      kalau tetep kekeh mau skip tetap bs dicoba, mungkin mba bs pakai tepung custard kalengan yang warnanya kekuningan dan rasanya lebih sedap dibanding tepung biasa.

      tujuan dimikser bukan buat mendinginkan ya mba, tetapi melepaskan uap air yang terperangkap di dalam adonan, sehingga kandungan airnya tidak banyak, ketika dipangang sus mampu mengembang, puffy dan berongga. jadi tidak bs kalau hanya dimasukkan kulkas

      cara lain, mba bs kocok dengan pengocok spiral untuk mengurangi uap airnya. Menurut saya teknik mengocok adonan dengan mikser memberikan hasil kue sus yang lebih sukses.

      Hapus
  47. Berhasil bikin... Hepiiii deh. Vla nya enak, mba. Anakku makanin vla nya, jadi ada sus yang kosong :D. Trims, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba emilia, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resepnya disuka ya

      Hapus
  48. Mbak endang, kalau susu cair aku ganti susu bubuk boleh gak? Di resep kan tulisnya 500ml susu cair. Airnya akan aku bikin sebanyak itu juga.

    Soalnya ada yg baru datang dari indo bawain susu dancow. Menurutku susu bubuk dancow masih lebih wangi ketimbanh susu cair di amerika sini haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Cindy, yep bisa yaaa, saya juga suka pakai susu bubuk dancow dicairkan hehehhe, praktis dan bs stock banyak susu bubuk.

      Hapus
  49. Mba, adonan kulit soesnya sebaiknya disimpan di chiller ato freezer ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. adonan kulit tahan 3 hari di chiller ya mba, tutup permukaannya dengan plastik wrap dimana plastik menyentuh permukaan adonan, tidak ada rongga udara diantaranya supaya tidak terbentuk lapisan tipis di permukaan adonan. Kalau lebih dr 3 hari kudu masuk freezer ya

      Hapus
    2. Jd boleh ya adonannya nginep chiller?
      Trus tar kalau mau dipakai tinggal dilanggang gitu aja kan ya?
      Sama kalau aku simpennya langsung dipapingbag nya , lalu masuk chiller gitu gapapa kan ya?

      Hapus
    3. bisa simpan hanya maksimal 2 hr saja, langsung masuk piping bag gak papa

      Hapus
  50. Mba Endang, mau tanya.. Kan Mba Endang pernah ke Bandung ya? Pernah dong makan kue Sus Merdeka.. Itu isiannya pake whipped cream aja atau whipped cream dicampur sama vla? Kok kayanya berasanya bukan whipped cream aja deh.. Makasih ya Mba untuk resepnya.. Aku mau coba bikin utk botram.. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya pakai vla supaya kuat dan gak mudah meleleh ya mba, karena kalau whipped cream saja mudah lumer. resep krim pastrynya coba googling 'mille crepes JTT' ya, saya pernah post resepnya

      Hapus
  51. Selain Vla untuk bahan isinya apa saja yang populer

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin, krim pastry, ragour, fla vanilla dengan buah cocktail

      Hapus
  52. Alhamdulillaah, sudah bisa bikin kue sus yg enak bgt. Terima kasih banyak ilmu yang disharing. Semoga berkah <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ida, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya! ^_^

      Hapus
  53. Mbaaa... Kalo utk vla coklat komposisinya gemana ya yg enak. Vla vanila kmrn saya bikin kentel banget tp pas udah baca2 tnyt sptnya saya kelamaan masaknya... Tq mbaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba reny, fla ketika panas memang lembek dan akan mengeras ketika dingin, jadi pastikan nggak over cooking ya

      Hapus
  54. mba maaf mau tanya, apa bisa kalo pake oven listrik api bawah dulu, kemudian gantian pake api atas? soalnya listrik di rumah cuman 900 watt jadi gak bisa langsung di setting pake api atas dan bawah. Makasih mba, Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Diana, salam kenal ya. Untuk sus harus pakai suhu tinggi mba, supaya adonan bs langsung naik dan mengembang, kalau hanya 1 api takut saya suhunya gak bs tinggi ya.

      Hapus
  55. Mbak Endang, thank you resepnya ini. Sekali coba lgsg maknyuss jadi dan enak rasanya. Tapiiii... choux aku kok nempel di kertas rotinya ya, jadi pas diangkat itu bawahnya jadi bolong ><. Apa krn masih dalam keadaan panas ya? Krn kan aku lgsg mau belah chouxnya buat keluarin panas eh malah bolong wkwkwk.. gimana cara biar mulus bawahnya ya mbak? Makasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Erly, kayanya kualitas kertas rotinya kurag oke ya, memang ada jenis2 kertas roti yang nempel ketika dipakai memanggang.

      Hapus
  56. mba endang udh lama nie ak liat2 resep mbaa.. mw coba untuk buat kulit sus nya, kalau pakai oven gas kayak mana ya mba? langsung pakai api atas bawah ya ? harus di hidupkan lebih dahulu atau gimana mba? mohon pencerahannya..aku masi newbie nih mba,tertarik sama resep2 mba.. Makasiii.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, intinya suhu tinggi ya, jika temperaturnya bs mencapai 200'C walau pakai api bawah saja gak masalah ya. Suhu tinggi penting untuk membuat adonan langsung naik dan mengembang. Biasanya kalau oven gas saya pakai api bawah saja.

      Hapus
  57. Mba endang saya udah 2x bikin sus ini tp knp yah adonan pastrynya selalu cair jd ga bisa dibentuk, begitu di spuit di loyang bleber, pdhl saya masukin telurnya ke adonan terigu yg udah dingin tapi rasanya enak mba as always resep2 mba endang rasanya dijamin enak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Kania, coba pakai resep custard ini mba:
      http://www.justtryandtaste.com/2015/10/resep-roti-manis-tanpa-oven-JTT.html

      Hapus
  58. Hai mba, mo nanya, kalo kulit susnya mau dibikin warna coklat gmn caranya ya? Makasih jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bs ditambah beberapa tetes pasta coklat di adonanya mba.

      Hapus
  59. Mba endang,, klo mau d simpan lbh baik simpan d suhu ruang atau d kulkas y? Dan bisa awet sampe berapa lama? Makasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mb Rovi, kalau isi sudah masuk ke cangkang kue maka kue akan mudah lembab. Bisa disimpan sampai 3 hari di chiller, kalau bs dipisahkan dulu saja, ketika akan dihidangkan baru isi disemprotkan

      Hapus
  60. Salam kenal mb endang :)
    Suka bngt sama blognya..udah beberapa resep kue yg aq bikin dan berhasil :)
    Mb..mau nanya..aq bikin kue sus ini,vlanya msh sisa..aq taruh dlm kulkas gitu..rencananya bsknya mau bikin kulit susnya lg..tp rencana tinggal rencana krn ada keperluan mendadak..
    Stlh ditaruh di kulkas,vlanya ga lembek lg mb...msh bisa dipake ngga ya mb?apa perlu dipanasin diatas kompor lg?
    Aq coba rasanya ga berubah sih..mohon sarannya ya mb.
    Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba riza, thanks sudah menyukai JTT. Untuk fla bs disimpan dikulkas, caranya taruh selembar plastik (pakai plastic wrap lebih gampang) di permukaan fla (plastiknya menempel di fla),supaya gak ada udara yang bersentuhan dengan fla, udara akan membuat fla kering. Baru tutup permukaan mangkuk dengan penutup.

      Setahu saya fla tidak akan lembek ya.

      Hapus
    2. Mba fla yang akuuat Malay kekentelan. Jadi dispuitt kurang bags bentuknya heuheu. Bagusnya dihangatkan atau gimana yaaaa mba

      Hapus
    3. tambah susu cair dan dipanaskan lagi saja agar agak encer

      Hapus
  61. Hi mba Endang, makasi ya buat resep kue sus nya :) Aku barusan siap buatnya hehehehe mau nanya nih mba, kenapa ya pantat nya bolong bolong? Apa karena kelamaan ya ku panggang nya? Karena oven ku cumen yang 20 L dan pertama tama lihat memang bawahnya sudah kecokelatan, cumen aku turunin suhu buat panggang bagian atas nya ada 40 mins gitu.

    Adonan di bawa keluar sih tidak kempes dan kokoh.

    Makasi ya, mba :) Happy New Year 2017 dan semoga rumah baru mba urusan nya di tahun 2017 kelar dengan aman dan lancar ya :) *ketahuan stalking bagian comment mba*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, wah saya malah bingung kenapa bs bolong, coba pakai double loyang saja, jadi diatas rak diberi 1 lembar loyang tipis buat manggang kue kering, jadi bagian dasar kue tdk mudah gosong dan kue matang sempurna.

      Happy New Year 2017 juga ya! Amin atas doanya. Sukses dan sehat selalu juga yaa! ^_^

      Hapus
  62. Hallo mbk...br berani muncul nih...pdhl aku dh lm jd penggemar rhs mbk endang....slm ini praktek cmn kue,kue dan kue...eh wkt misoa cuti mt sus isi fla (hobi dia bgt).aku lngsng panik.untung blog mbk endang siap sedia.pelajari bntr..tls dkt...mulai deh...dh alhamdulillah berhsl (pk oven tangkring pula).lah wkt bkn vla nya...tobat...hmpr gagal...tp tak utak utik sdr (maaf sok tau).pokoknya thanks a lot mbk 🤗🤗🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Handayani sharingnya ya, senang resep2 JTT disuka. Sukses yaaa

      Hapus
  63. Mbak aku whipping cream tak bekukan di kulkas. Pas mau pakai aku taro kulkas bawah trus pas udah rada cair tuh lapisan airnya kepisah sama lemaknya. Berarti uda gak bisa dipakai ya mba? Atau masih bisa tapi sekedar buat campuran adonan aja ya? Tlg djwb ya mba. Makasih banyak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mb, pengalaman saya tdak pernah terpisah ya, selama ini saya selalu simpan di freezer. Coba diaduk dulu mba, kalau bs tercampur baik mungkin msh bs di whip, tapi kalau tdk ya mash tetap bisa dipakai buat cooking dan baking sebagai campuran.

      Hapus
  64. Hai mbak Endang, makasih resepnya. Kemarin sy sdh bikin hasilnya kue susnya enak dan fla nya lembut, juara deh XD. Oh ya kue sus ini favorit sy dan akhirnya bisa bikin sendiri itu sesuatu banget, senengnya gak bisa diungkapkan kata2 wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Anisa sharingnya, senang resepnya disuka yaa. suskes yaa

      Hapus
  65. Mba endang aku coba resep ini bagus ngembang, eh lama2 mlepes trus dalemnya masih basah. . Kenapa ya mba? 😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak faktor, bisa karena ketika membuat adonannya kurang maksimal dimasak sehingga masih basah, atau ketika dipanggang suhu oven kurang tinggi dan kurang lama sehingga bagian dalam masih basah dan lembab mba

      Hapus
  66. hai mbak endang..mau nanya kalo kertas rotix aku ganti pake kertas cup yg warna coklat (kan agak licin permukaanx) apa kira2 ga lengket pastrynya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, kalau dipakai gak lengket berarti bs ya mba, tapi saya sendiri kurang tahu ya

      Hapus
  67. Mbak..ovenku jadul nih..jd gak ada api atas nya, apa bisa ya? Dulu pernah bikin sus dg resep&tehnik beda itu gagal 😭 jadi trauma mau bikin sus lagi..hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Eva, selama suhu ovennya tinggi tetap bs walau gak pakai api atas. Sus membutuhkan suhu tinggi supaya adonan naik cepat dan meninggalkan ruang kosong didalam. So far saya pakai teknik diatas selalu sukses, pakai teknik yag lain selalu gagal hehheheh

      Hapus
    2. Oh..begitu..baiklah..ak coba dulu deh..mudah2an berhasil..thx ya mbak..
      oya sekalian nanya deh ak dah bikin brownies starbuck 2x😊 enakk..tp kenapa dcc nya selalu ambles ya..gak keliatan kotak2 cantik kyk punya mb.endang gt...mohon pencerahannya..😜

      Hapus
    3. mungkin adonnanya terlalu tebal di loyang, sehingga DCC tenggelam, DCC kurang banyak, dan tabur DCC detik terakhir ketika adonan akan masuk ke oven

      Hapus
  68. Mbak, sy sudah cobak n sukses... Jarang-jarang baking saya berhasil lho. Hehehe. Cumak sesuai request suami, vla vanilla isiannya saya ganti coklat.Diyah, SDA

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingya mba Diyah, senang rsepnya berhasil dicoba

      Hapus
  69. Saya sangat sukkka dengan smua resep dari mba..
    Anti gagal!.. makasih mba :*

    BalasHapus
  70. mbak, mau tanya,, fungsi menggunakan gula halus daripada gula pasir apa ya? apa kalo pake gula pasir hasil vla nya jadi jelek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gula halus mudah larut, membuat vla tidak ngeres. bisa pakai gula pasir, selama dimasak hingga larut, tidak masalah. gula bubuk bs dibuat sendiri dengan memblender gula pasir.

      Hapus
  71. Saya sudah coba juga resep ini...
    terima kasih atas sharenya mbak...

    Sukses selalu...

    Salam,

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...