08 Juli 2011

Review Restoran: Makan Siang Mantap di Soto Ria


Review Restoran: Makan Siang Mantap di Soto Ria JTT

Ahh, hari Jumat memang paling nikmat. Jam makan siang kantor saya yang hingga pukul 2 siang membuat leluasa untuk mencari tempat makan yang jaraknya sedikit lebih jauh dari kantor. Tentu saja tidak setiap hari Jumat saya mencari makan di luar kantor, karena saya lebih sering membawa bekal sendiri dari rumah. Namun jika harus makan keluar, saya berusaha mencari tempat makan yang banyak direkomendasikan dan mantap. Nah, Kedai Ria ini direkomendasikan oleh Head Department saya, Ibu Jane, sepertinya beliau memang cukup tahu tempat jajanan favorit dengan rasa yang laziz. Soal letak tidak menjadi masalah, lokasinya yang masuk ke dalam gang pun tidak mengurungkan semangat kami untuk menjangkaunya. 

Review Restoran: Makan Siang Mantap di Soto Ria JTT
Review Restoran: Makan Siang Mantap di Soto Ria JTT

Lokasi Kedai Ria terletak di sebuah gang kecil bersebelahan dengan Apartemen Sudirman Park/London School, Jakarta Pusat. Gang tersebut terletak pada sebuah jalan yang cukup lebar untuk dilalui oleh dua buah mobil. Pada bagian samping mulut gang terdapat sebuah lapangan parkir cukup luas terbentang. Warungnya sendiri tidak terlalu luas, meja-meja berjajar di dalam dan di luar warung, hingga ke jalan kecil di gang di muka warung. Pengunjungnya? Membludak tak terkira hingga tak tertampung oleh jajaran meja dan kursi terutama menjelang dan saat makan siang. Kedai yang buka sejak pagi hingga pukul 2 siang ini memang laris manis tanjung kimpul, saran saya jika anda hendak berkunjung kesana sebaiknya sebelum jam makan siang tiba dan hindari hari Jumat. Di hari biasa, anda mungkin tidak terlalu lama menunggu antrian, namun di hari Jumat, saya harus menunggu satu jam lamanya sebelum mendapatkan tempat duduk. 

Review Restoran: Makan Siang Mantap di Soto Ria JTT
Lumpia isi kentang, telur, daging asap dan mayonnaise yang lezat

Apa saja yang disajikan di Kedai Ria? Well, menu utama yang diandalkan oleh warung ini dan banyak diserbu pengunjung adalah soto-nya. Soto daging, soto campur (babat) dan soto ayam yang diguyur dengan kuah santan, mirip-mirip dengan soto Betawi hanya saja tidak berlemak dan terasa lebih ringan. Kalau ditilik sepertinya kuah sotonya bukan terbuat dari santan, karena taste santan yang khas tidak berasa, menurut saya dan beberapa teman, kuahnya terbuat dari susu. Rasanya? Mantap! Saya pun memesan soto daging dan  langsung saya nyatakan dua jempol untuk soto dagingnya. 

Kuah sotonya diberikan melimpah dan tidak terlalu kental yang menurut saya justru tepat, karena kuah yang kental akan membuat soto menjadi terasa eneg. Bumbunya medhok dan sangat pas di lidah. Gurih sekali. Daging sapinya digoreng agak kering, kemudian dipotong-potong dengan ukuran yang cukup besar dan diberikan dengan takaran yang melimpah. Selain daging, irisan kentang, tomat, remahan emping juga dimasukkan ke dalam mangkuk, membuat soto menjadi lebih segar dan mantap. Ketika soto terhidang di meja, sayapun menambahkan kucuran jeruk limau dan siraman sambal rawit yang pedas. Sepiring nasipun langsung amblas beserta kuah tetes terakhir. Untuk semangkuk soto daging yang lezat dan sepiring nasi hangat, anda cukup merogoh kocek sebesar dua puluh enam ribu rupiah. Not bad!

Review Restoran: Makan Siang Mantap di Soto Ria JTT
Review Restoran: Makan Siang Mantap di Soto Ria JTT
Gado-gado yang medhok

Selain soto, warung ini juga menyediakan nasi uduk + ayam goreng, gado-gado dan asinan, untuk snack-nya ada lumpia isi yang lezat. Mari kita bahas satu persatu, karena kebetulan saya bersama beberapa teman membeli makanan yang berbeda, membuat saya bisa merasakan semuanya. Kekuatan Kedai Ria adalah bumbunya yang sangat tasty, tidak ada kata plain bagi warung ini. Bumbu, garam dan gula, diberikan dalam takaran yang pas dan terasa kuat di lidah, membuat kita merasa puas saat meyantapnya. Seperti halnya bumbu asinan dan gado-gadonya, kental dan terasa nendang. 

Potongan aneka sayuran, tahu dan kentang ini diguyur dengan saus kacang yang royal yang berasa asin, asam, manis yang kuat. Nasi uduknya pun terasa kuat rempah dan santannya, sedap beradu dengan ayam goreng garing yang empuk dan lezat. Satu lagi makanan yang menurut saya kudu anda coba di Kedai Ria adalah lumpia-nya. Lumpia ini berisi telur rebus, daging asap, dan kentang rebus yang dibumbui dengan saus mayonnaise dan digoreng kering pada permukaannya. Ukurannya cukup jumbo. Lumpia ini menjadi inspirasi saya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah, karena lezat dan unik. 

Ahh, seakan tidak ada habisnya mengulas makanan di warung ini, dan saat saya menulis artikel inipun lidah saya serasa masih merasakan kuah soto yang tasty dan air liur pun menetes. Hmm, saya pasti akan berkunjung kembali kesana, kali ini sepertinya saya akan hadir lebih dini agar tidak menunggu terlalu lama. Anda tertarik mencobanya? Saya jamin anda akan ketagihan seperti saya ^_^. 

Selamat jajan!


Kedai Ria
Jl. Karet Pasar Baru Timur IV/27 - Karet Kubur
Samping Apartemen Sudirman Park/London School 
Jakarta Pusat
Telp. 0816-1960071 & 021-93262271




6 komentar:

  1. hi mbak, salam kenal... hanya komen sedikit.. sepertinya bukan lumpia, tapi risoles kalo dilihat dari fotonya... (yang isi telur, mayo, daging asap).

    BalasHapus
  2. Mba, risolesnya kok tidak ada di daftar menu nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ada, risoles disajikan dipiring2 dimeja ya

      Hapus
    2. Gratis donk Mba? *maaf kalo salah

      Hapus
    3. nggak gratis wakakak, harganya sekitar 4000 an kalau gak salah ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...