16 Juli 2011

Resep Muffin Ketan Hitam JTT


Resep Muffin Ketan Hitam JTT

Bagi pemula seperti saya, muffin merupakan jenis kue yang paling saya suka untuk dibuat, karena mudah dan anti gagal. Ketika saya telah tahu bagaimana membuatnya dengan benar - klik disini untuk tips membuat muffin -  dan dari beberapa kali eksperimen menghasilkan kue yang memuaskan dari sisi bentuk dan rasa maka seakan seseorang yang baru belajar berenang sehingga rasanya ingin terus dan terus mengayuhkan kaki dan tangannya kalau perlu hingga seluruh kulit tubuh berkeriput karena berjam-jam terendam air. Begitupun saya. Membuat muffin seakan menjadi satu hobi tersendiri sehingga aneka jenis modifikasi kue inipun saya coba untuk praktekkan, kalau perlu membuat modifikasi sendiri dari resep dasar muffin yang paling saya suka dan menciptakan ratusan (okeh, mungkin itu terlalu berlebihan), mungkin puluhan resep muffin dengan cita rasa lezat dan tentu saja, kudu mudah dibuat. Pilihan saya jatuh pada resep muffin di web AllRecipes.com - Bacon Cheese Muffin  dan hampir semua resep muffin yang saya buat bersumber dari resep tersebut. Hasilnya sangat memuaskan, bagi saya tentunya ^_^.
 
Resep Muffin Ketan Hitam JTT
Resep Muffin Ketan Hitam JTT

Resep muffin andalan saya ini belum pernah mengecewakan dan walaupun saya rubah dari resep dasarnya tetap memberikan rasa kue yang yummy. Kali ini saya menggunakan ketan hitam sebagai pengganti tepung terigu dan hasilnya cantik. Muffin ini juga bisa anda kukus lho, penasaran dengan hasilnya jika dikukus? Coba klik di resep saya sebelumnya di Muffin Kukus Ketan Hitam dan Keju, versi yang dikukus menurut saya lebih lembut dan sedap. Nah, anda pun tentu saja bisa berkreasi juga sama halnya dengan saya, menambahkan ini atau mengurangi itu pada bahan, selama masih dalam rambu-rambu dan batasan hasilnya saya yakin akan tetap oke. 
Berikut resepnya ya.

Resep Muffin Ketan Hitam JTT

Muffin Ketan Hitam
Resep diadaptasikan dari Just Try & Taste - Muffin Keju Lemon yang diadaptasikan dari AllRecipes.com - Bacon Cheese Muffin 

Untuk 10 buah muffin diameter +  7,5 cm

Bahan:
- 150 gram gula pasir
- 2 butir telur ayam ukuran besar, suhu ruang
- 235 ml susu cair (susu bubuk cairkan dengan air biasa)
- 100 ml minyak goreng (bisa menggunakan margarine cair)
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 250 gram tepung ketan hitam
- 2 sendok teh baking powder, pastikan fresh (saya menggunakan double acting baking powder merk Hercules)
- 1/4 sendok teh garam 
- 120 gram keju cheddar parut 

Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 175'C. Letakkan rak pemanggang di tengah. 

Siapkan cetakan muffin atau cupcake diameter + 7,5 cm, olesi mentega dan taburi tepung terigu. Saya menggunakan cetakan silicon (anti lengket) jadi saya tidak mengolesi loyang dengan mentega dan tepung.

Ayak tepung ketan hitam, baking powder dan garam menjadi satu dalam mangkuk sedang. Sisihkan.

Resep Muffin Ketan Hitam JTT

Siapkan mangkuk besar, masukkan telur, gula pasir, garam dan minyak. Aduk menggunakan spatula hingga rata. Masukkan tepung ketan hitam dan susu cair secara bergantian, dalam 3 tahapan. Aduk perlahan hingga rata dalam setiap tahapannya, masukkan keju parut. Aduk rata. 

Resep Muffin Ketan Hitam JTT
Resep Muffin Ketan Hitam JTT

Tuangkan adonan ke dalam cetakan, masukkan cetakan berisi adonan  ke dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya. Panggang selama 25 - 30 menit. Hingga permukaan kue terlihat kecoklatan dan mengeras. Test dengan lidi atau tusuk gigi ya, jika masih ada adonan menempel, panggang kembali hingga matang.

Resep Muffin Ketan Hitam JTT

Keluarkan dari oven, biarkan sebentar di cetakan. Dengan menggunakan pisau pallet atau pisau apapun, sisiri bagian tepi muffin yang melekat di loyang hingga terlepas dan mudah dipisahkan dari cetakan, dinginkan muffin di rak kawat. Muffin pun siap untuk anda nikmati dengan segelas teh hangat. Sedap! 

Sources:
Just Try & Taste - Muffin Keju Lemon 
AllRecipes.com - Bacon Cheese Muffin 



6 komentar:

  1. Hi , saya saudah coba untuk buat muffinnya tapi kok gak mengembang seperti di foto ya , apa ada yang salah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, ada banyak faktor muffin gak kembang, antara lain:
      - BP yang digunakan, sebaiknya pakai yang double acting bukan single acting. Adonan muffin hanya diaduk2 saja dan bukan dikocok hingga kembang sehingga memerlukan bahan pengembang yang ekstra
      - terlalu banyak mengaduk, membuat adonan bantat
      - ikuti instruksi dan takaran dengan seksama
      Tips membuat muffin silahkan buka link ini ya: http://www.justtryandtaste.com/2010/12/tips-membuat-muffin.html

      Hapus
  2. Hai mba endang...kalau cetakannya menggunakan cup seperti cupcake bisa kah? Dan untuk menuangkan ke cetakannya ukuran penuh atau setengah cup ya mba? Khawatir kue nya mbleber (aku bingung bahasa indonesianya). Trims a lot ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dea, bisa pakai cetakan apa saja ya, dan yep bs juga pakai cetakan cup cake ya. Tuang setengah cup lebihin dikit ya, itu ukuran 3/4 ya ya namanya wakakka

      Hapus
  3. Mbak Endang, muffin Aq bisa mengembangkan dan enak. Aq gak pake panggangan, tapi Aq kukus muffin nya. Tp keanehan terjadi, muffin aq gak bisa seperti punya Mbak Endang. Aq pake 2 jenis cetakan, cetakan kue talam tapi mungil dan cetakan bolu kukus yang lebih pendek. Tapi hasil nya yang pake cetakan kue talam mungil, muffin nya malah menjulur tinggi, 2x lipat dari cetakan. Sedangkan yang pake cetakan bolu kukus, malah ketawa dengan cantik nya. Tapi waktu buat bolu kukus mekar, malah gak mekar/ketawa, mingkem kem. Kenapa ya mbak dengan muffin Aq?? Ato karena Aq kocok telur nya sampe kental dan berjejak lalu Aq campur dengan cairan lain?? Ngefek banget gak c mbak? Tolong pencerahannya ya mbak. Makasi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mb, hehehe, kalau tanya kenapa saya juga bingung ya, secara saya sendiri kalau bikin bolu kukus jarang mekar juga jadi kalau pakai resep muffin bs mekar bagus dong ya hehhehe. bisa dicoba buat bolu kukus ^_^

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...