07 Juli 2011

Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng


Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng JTT

Ayam bacem, tempe bacem, dan tahu bacem. Tiga makanan ini selain gudeg tentunya selalu membuat saya teringat dengan Jogya, kota dengan banyak kenangan, suka dan duka selama belajar disana. Ahh, kalau semasa sekolah sepertinya semua hal menyenangkan, jarang dukanya, kecuali ketika saat penelitian kala harus memasukkan satu truk pupuk kandang ke dalam pot-pot tanam. Untungnya saya punya teman-teman kuliah yang luar biasa yang banyak membantu saya saat menyiapkan media tanam untuk penelitian. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya sangat berterima kasih atas bantuan mereka yang tanpa pamrih. Tanpa mereka saya tidak tahu lagi bagaimana harus menyelesaikan penelitian yang berat dan memakan waktu & tenaga tersebut. Pengalaman itu masih sering membuat saya terharu plus bergidik jika mengingatnya. Pupuk kandang satu truk?! 

Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng JTT
Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng JTT

Karena lidah saya ini sepertinya sangat cocok dengan taste masakan Jogya, maka saya nyatakan semua warung makan dan lesehan di Jogya sedap, bahkan hingga mbok-mbok penjual nasi gudeg yang berada di pelosok perkampungan dan di gang-gang sempit di dekat tempat kost saya dulu. Yup, anda benar! Saya memang bukan orang yang tepat jika dimintai rekomendasi restoran mana yang layak dicoba disana. Karena saya hanya punya 2 pendapat: lezat dan lezat sekali. Tapi ada satu warung penjual ayam bacem yang layak anda coba, ayam bacemnya mantap rasanya. Kalau yang ini bukan hanya saya yang merekomendasikan tetapi teman-teman saya semasa kuliah juga menyetujuinya. Warung Mbok Kromo, namanya. Spesialisasinya apalagi jika bukan ayam bacem yang gendut, berwarna coklat gelap dengan bumbu yang meresap hingga ke tulang-tulangnya. Dilengkapi dengan lalapan dan sambal terasi goreng yang rasanya top markotop, meminjam istilah Pak Bondan. Hmm, saya selalu usahakan di awal bulan untuk mampir membeli ayam bacem Mbok Kromo. Yah, namanya juga anak kuliahan, uang saku pas-pasan ^_^

Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng JTT
Daun salam & lengkuas, bumbu khas bacem

Hingga sekarang, saat saya telah berpisah dengan Jogya dan ayam bacem Mbok Kromonya, lebih dari sepuluh tahun yang lalu, saya masing teringat dengan rasanya yang khas dan belum pernah saya temukan di restoran lainnya. Well, kali ini daripada saya bercapek-capek mencari tandingannya - karena itu sepertinya hal yang mustahil - maka saya membuatnya sendiri saja di rumah. Kunci masakan bernama bacem adalah penggunaan gula jawa, daun salam dan lengkuas yang banyak. Lengkuas dan salam memberikan rasa yang sedap dan khas pada bacem. Di resep saya tuliskan menggunakan air kelapa, jika tidak ada bisa menggunakan air biasa saja. Walaupun resepnya hasil uji coba dan modifikasi sendiri, rasanya mantap, tidak kalah lho dengan ayam bacem idaman saya. Jadi, yuk kita langsung ke Mbok Kromo saja eh... ke dapur saja maksud saya. 

Berikut resepnya.

Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng JTT

Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng
Resep hasil modifikasi sendiri & thank's untuk warung ayam bacem Mbok Kromo di Jogya atas inspirasinya. 

Untuk 4 potong ayam bacem

Bahan:
- 1 ekor ayam potong (ayam kampung lebih lezat)
- 1 liter air kelapa (bisa menggunakan air biasa)

Bumbu dihaluskan:
- 1 1/2 sendok makan ketumbar sangrai
- 3/4 sendok teh jinten
- 5 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih

Bumbu lainnya: 
- 70 gram gula merah, sisir
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan garam atau tergantung selera
- 1 sendok makan asam Jawa, lumatkan dengan 100 ml air, saring dan gunakan air asamnya saja
- 2 potong besar lengkuas, pipihkan
- 6 lembar daun salam yang masih segar
- 4 sendok makan kecap manis

Bahan dan bumbu sambal terasi goreng:
- 6 butir cabai merah keriting, haluskan
- 4 butir cabai rawit merah, haluskan
- 1 1/2 sendok teh terasi, dibakar hingga permukaannya sedikit gosong
- 1/4 sendok teh garam
- 1/2 sendok makan gula merah sisir
- 1 sendok makan air asam Jawa
- 50 - 100 ml air
- 1 sendok makan minyak untuk menumis

Pelengkap:
- Nasi hangat
- Lalapan (selada, kol, timun, kemangi)
- Sambal terasi goreng

Cara membuat:

Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng JTT
Ayam yang telah dibersihkan dengan gosokan garam, bersih dan kesat

Pertama-tama adalah kita harus membersihkan ayamnya terlebih dahulu. Nah, karena saya sangat sensitif dengan bau ayam potong maka saya membersihkannya seperti saat akan mengolah ayam untuk nasi ayam hainan, yaitu dengan menggosok sekujur badan dan bagian dalam ayam dengan garam hingga kinclong. Klik disini untuk melihat prosesnya ya. Cara pembersihan model scrubing ini untuk menghilangkan bau ayam potong yang kadang membuat mual.

Setelah ayam bersih, cuci garam yang menempel dan karena saya menggunakan ayam yang tidak terlalu besar maka saya memotongnya menjadi 4 bagian. Ukuran yang besar membuat ayam tidak hancur saat harus direbus lama, dan kebetulan Mbok Kromo juga melakukan hal yang sama ^_^. Tiriskan ayam dengan meletakkannya di mangkuk berlubang, sisihkan.

Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng JTT
Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng JTT
Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng JTT

Siapkan panci, masukkan air kelapa dan semua bumbu (bumbu halus, lengkuas, daun salam, garam, gula dan kecap). Rebus hingga mendidih. Masukkan ayam ke dalam rebusan air, tutup panci dan masak hingga air mengering. Sesekali bolak-balik ayam selama perebusan. Jika air telah habis, angkat ayam. 

Siapkan wajan, beri minyak agak banyak dan goreng ayam hingga permukaannya agak kering. Jangan menggorengnya terlalu lama karena bumbu ayam yang mengandung gula membuatnya mudah gosong. Angkat dan tiriskan. 

Membuat sambal terasi goreng:

Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng JTT

Haluskan cabai merah, cabai rawit dan terasi, sisihkan. Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak, masukkan cabai halus, tumis sebentar. Tambahkan air, masak hingga mendidih. Tambahkan air asam, garam dan gula, aduk rata. Masak hingga sambal mengering. Angkat. 

Resep Ayam Bacem Super Mantap dan Sambal Terasi Goreng JTT

Sajikan ayam dengan nasi hangat, sambal terasi dan lalapan. Yummy!



118 komentar:

  1. Mmmh..looks so yummy Mbak, kebetulan saya doyan bgt tempe bacem, cuma blm pernah bikin. Gak masalah kan kalau ayamnya saya ganti dengan tempe sama tahu? resep ayamnya so pasti kudu coba juga hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Mba diganti tempe dan tahu, tetep yummy!Tempe bacem juga salah satu makanan favorit saya hehehhe

      Hapus
  2. di t4ku bnyk bnyk legen (nira siwalan), sptnya co2k buat pgganti air kelapa.. ;)
    bikin ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, betul sekali, hmm mungkin akan lebih yummy! ^_6

      Hapus
  3. Hmmm....aku udah nyobain resep yg ini mba. Pokoknya pengikut setia resep jtt deh. Hasilnya? Si sulung saya ketagihan minta dibikinin lagi :)
    #lina#

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooow Mba Lina, yep setujuh sama si sulung hahahha, saya juga maniak banget sama ayam bacemmmmm. Kangen Jogya hiiiksss, disana apa2 dibacem dan rasanya muanteppp. Thanks sharingnya ya Mba ^_^

      Hapus
  4. Rasax mirip ayam bakar deh mbk..tp tetep juara uenaaakkke pooolll..
    kdg sy bikin tahu tempe bacem jg pke resep ini mbk.
    pokoke resepx mbk endang sll lezatos hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shinta, waaak, jadi ayam bakar ya hahaha, maksudnya ayam bacem nih hehehe, becanda. Yep, dipakai buat tempe tahu juga oke, atau telur ya. HMmmm

      Hapus
  5. mba endang...
    Tahu tempe bacem-ku dapet jempol dari mama. Banggaaaaa banget mba.
    Matur suwun ya mba sudah ngajarin aku masak lewat blog mba.
    Bacem-ku ditambahin telur rebus. Maknyus mba telurnya... siap buat di bekal sarapan suami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Nia, wahh mantep! makanan favorit sayaaa, suka bikin banyak simpan di kulkas, soalnya awet hehhehe. Thanks Mba Nia sharingnya, senang resepnya bermanfaat. salam ^_^

      Hapus
    2. Salam kenal mba. Sukaa banget sama resep dan pistingan plus plus nya mba endang... maksud plus plus? Maksusnya plus detail serta tips tips nya. Kuota hamoir habis nih mba liat liat postinhan resep mba. Mba mau tanya kalao bacem telur apa mesti di goreng juga? Beda ga sama pindang telur? Makasih mba

      Hapus
    3. salam kenal mba Eva, thanks sharingnya ya senang resep2 JTT disuka. bacem telur tidak perlu digoreng ya, beda dengan pindang telur ya mba. pindang telur tidak terlalu manis

      Hapus
  6. salam kenal mba endang.....resepnya mantaaapppss...sampe2 suami dan anak2 "nuduh" saya beli ayam di warung ayam bakar langganan kami....heheheehe....apalagi sambelnya supeeerrr bgt...selama 12 tahun menikah baru kali ini suami muji sambal buatan saya...tengkyu ya,mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, waaah kok gak percaya Mama-nya bisa masak enak ya hahahah. Thanks sharingnya Mba, senang sekali resep ayam bacemnya disuka ^_^

      Hapus
  7. mba endang, salam kenal mba....
    mba, kalau saya mau memasak untuk 6 ekor ayam, apakah bumbu yang dibuat harus dikalikan 6? terimakasih banyak sebelumnya. ..

    salam,
    ariani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba ariani, pakai sekitar 5 kalinya saja ya Mba, saya rasa dah cukup kok.

      Hapus
  8. Mba klo bikin bacem tahu, tempe dan telur bisa dimasak sekalian gak?

    Salam
    Ari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau telur bisa Mba, kalau tahu dan tempe saya tidak dsarankan dicampur dengan ayam, karena akan terasa amis ya.

      Hapus
  9. mba dirimu kok keren sekali yaaa... semua caranya mudah dan detil sekali.. bahkan saya belum buat aja udah ngiler kebayang pasti enak banget. makasih yaaa contekannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Restu, ayo silahkan dicoba, kalau sudah dicoba lebih mantap lagi rasanya hahahha. Thanks sharingnya ya

      Hapus
  10. Dear Mba Endang, saya baru coba masak sesuai resepnya. Ayam bacem nya mantap buanget. Suami demen makannya. Makasih ya Mba resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, thanks ya, senang resepnya disuka. ^_^

      Hapus
  11. Dear mbak, kemarin pas banget lagi bingung ayam di lemari es mau di apain, akhirnya browsing2 dan ketemu blog JTT. Setelah pilih2 dan mencoba masak resep ini, ternyata rasanya aduh beneran yummy banget!! Suami juga suka. aku jadi kepingin ngikutin resep JTT lainnya. Thank you mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sahringnya ya. Yep ayam yang ini memang sedap banget, apalagi kalau pakai sambelnya juga wakakka. Senang resepnya disuka. ^_^

      Hapus
  12. Bener bgt mbak, ayam bacemnya emang super mantap *jempol
    suamiku sukaaaaa XD
    Mbak, klw resep gudeg gmn ya? Posting jg donk mbak resep gudeg...
    Soalny klw mamaku dan mertuaku bikin kq gk bisa coklat warnany kaya' gudeg yg di jogja.
    Makasih byk ya mbak sdh mw berbagi ilmu... *hug

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rani, thanks shariingnya ya. Yeppp, ayam bacem ini memang mantepp, setuju wakakka

      Hapus
  13. Mbak, saya kalau beli ayam potong mesti minta tanpa kulit. Walopun tanpa kulit tetep hrs dibersiin pake garem gak ya? Thank you resep bersiin ayam. Pengen coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep Mba, diremas2 pakai garam saja, supaya lendir2 ayam hilang dan ayam terasa kesat. Garam jg membuat bau ayam hilang.

      Hapus
  14. Halow mbak, mau tanya nih, bisa ga ya dimasaknya barengan ayam tahi dan Tempe? Atau harus terpisah? Terimakasih.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, sebaiknya dipisah ya, supaya tahu dan tempe bacemya gak terasa amis

      Hapus
  15. "2 potong besar lengkuas, pipihkan" Pipihkan itu apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikeprak ya, dipukul dengan ulekan hingga gepeng

      Hapus
  16. Halo...mbak, kalo bawang merah, bisa tidak di ganti bawang bombay ?
    Karena saya tinggal diluar Indonesia, susah sekali dapatnya. Terimakasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ya Mba, saya juga sering ganti bawang merah dengan bombay, rasanya oke2 saja kok hehehhe

      Hapus
  17. Yaampun mba.. sumpah td deg2an takut gatot pas bikin ini bacem.. gara2nya gak pernah bikin masakan yg ribet2 bumbunya, seumur2 cm tau bumbu beli jadi, skalinya bikin sndiri smpe salah 2x, ditinggal masak sndirian sm mama.. udah seneng dibeliin bumbu dapurnya, pas mo praktek eh si mama pergi ke jkt, mati aku.. nekat bikin sndiri, pas lg rebus, omigot blom masukin air asam jawanya, matiin kompor lsg bikin airnya dlu.. nyalain lg.. trus mikir, koq kyknya ada yg salah ya.. ini lengkuas apa bukan ya koq difoto resepnya gak ada yg panjang bumbunya.. pas browsing, makjang itu serai! Matiin kompor lg, buang serai trus nyari2 diplastik bumbu dapur, nah lho koq ada 3 macem yg mirip lengkuas.. yg mana lengkuas yg mana jahe yg mana kunyit nih.. browsing lg, dicocok2in gambarnya, kyknya ini nih.. *geprek trus cemplungin lalu nyalain kompor*. Tp knp hati gak tenang ya.. jgn2 salah lg.. akhrnya nelp mama, nanya yg mana lengkuas.. kt mama warnanya agak kemerahan, belah aja ujungnya liat yg kemerahan.. mampusss salah lagi, ternyata masukin kunyit! Tepok jidat dah.. panik sendirian sambil telp mama. Akhirnya sepakat, masukin lengkuasnya dan tambahin kecap biar gak kuning..
    Finally, slese rebus hati dag dig dug, rasanya aneh gak ya.. slesai digoreng.. Alhamdulillah jadi bacemnya wkwkwkkw
    Mamaku ngakak di telp, katanya udah gede gak tau bumbu dapur.. tp aku bersyukur, berkat praktek resep mba endang jadi tau bumbu dapur.. skrg bs lebih pede praktek resep2 jtt yg bumbunya ribet :D
    Haduh jd curcol panjang nih.. Makasih ya mba endang resepnya manteub!

    Bella - Cileungsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Bella, thanks curcolnya yaa, heheheh saya ngakak membacanya. Memang belajar memasak itu kegiatan seru yang kalau diingat2 kembali suka geli sendiri.

      senang sekali akhirnya si bacem berakhir sukses dan tentunya bisa dimakan yaaa, hehheheh. Tapi belajar kalau pakai kejadian seru begini pasti akan teringat selamanya dan next time membuat bacem lagi menjadi super mudahhh.

      Sukses ya dan moga tetap semangat mencoba resep2 lainnya hehheh

      Hapus
  18. Mbak, kl ayamnya dipotongnya lebih kecil bisa g? misalkan dipotong 6 atau 8?
    Makasih...

    Riana - Jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Riana, bisa ya Mba, ukuran potongan ayam sesuai selera saja ya.

      Hapus
  19. Apa jadinya dunia tanpa internet? Apa jadinya internet tanpa orang2 seperti mba endang yg mau bersusah payah, berbaik hati dan rela berbagi ilmu juga menyisihkan waktu untuk berbagi resep enak...? Sometimes i do wonder. Many thanks..may God bless u always dear..

    Mindy -

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mindy, thanks sharingnya ya, wah kata2nya membuat saya termotivasi untuk makin maksimal sharing resep wakkaka. God bless u too ya!

      Hapus
  20. Salm kenal mbk Endang, kemarin Idul Adha nyoba resep sate goreng emang benar2 enak hehehe... Mbk pertayaan mbk Rani (9 Januari 2014) kok belum dijawab tentang pembuatan gudeg???
    Ana

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ana, thanks ya, untuk gudeg saya sendiri belum pernah coba buat hehhe. supaya warnanya coklat gelap pakai rebusan air daun jati, nah di jakarta susah cari daun jatinya hehehe

      Hapus
  21. mbak tidak usah pakai daun jati tidak masalah tapi harus dimasak dalam jangka waktu yang lama mbak tetap bisa coklat gelap kok mbk hehehehhe.........
    aifa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba aifa, thanks infonya ya, kalau ada waktu akan saya coba hehhehe

      Hapus
  22. Sore Mba Endang,
    Saya udah buat ayam ini dan tempenya. Enakkkkkk.....
    Tapi pas saya mau buat sambel terasinya kok ga ada keterangan kapan terasinya dimasukin. Jadi saya udah smp tahap airnya udah mendidih. akhirnya saya cemplungin aja pas udah agak menyusut airnya.
    Hasilnya enak dan pedes krn aku tambahin cabenya wkwkwkwkwkwk.
    Kata papa dan mamaku, tumben bisa bikin sambel terasi enak bgt gtu. xixixxixi....
    Tapi sebnernya terasi dimasukin pas kapan ya mba?

    -inge (^.*)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Inge, wakakka maaf ya terasinya lupa ditulis, saya sudah betulkan di resep. Terasi umumnya dihaluskan bersama cabai dan bumbu lainnya ya.

      thanks sharingnya disini ya, sukses selalu!

      Hapus
  23. Halo mba Endang, saya udah coba bikin ayam bacemnya. Baru selesai direbus aja udah enak banget mba rasanya, apalagi setelah digoreng, jadi tambah enak mba.

    Saya sering sekali mencoba resep2 dari mba endang, & hasilnya selalu memuaskan. Terima kasih ya mba, berkat mba Endang sekarang jadi bisa masak, ya walaupun kalo masak harus buka contekan dari mba endangdulu. Hehehe ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thanks sharingnya yaaa, yep ayam bacem bs juga langsung disantap setelah rebus, gak harus melewati goreng ya. Senang sekali resepnya disuka, awalnya nyontek dulu yaa, lama2 sambil merem juga bisa bikin ayam bacem, wakaka lebay yaaa

      Hapus
  24. mbak endang..websitenya bener2 ladang pahala deh :))) makasih bgt resep2nya ya mbak, detil banget dan banyak tips and tricknya jd pede nyobanya hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ratri, sama2 ya Mba, senang sekali resepnya disuka. Sukses selalu yaaa

      Hapus
  25. Dear mb.Endang...bener bener ya..aku tiap hari di kantor mantengin terus blok mbae neh...hehehe, senyum senyum sendiri baca komentar yang kadang ada lucunya...hehehe, oiya mb.Endang, bacem ayam jika dicampur dengan telur, apakah telur setelah direbus, dikupas dahulu atau tidak ya kulitnya? tq ya mb atas jawabannya....Thera

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Thera, thanks yaaa sudah bersedia mantengin JTT setiap hari hehhehe. untuk bacem bs pakai telur rebus yang sudah dikupas ya mba.

      Hapus
  26. Iseng googling eh ketemu JTT, kebetulan banget saya suka sama yang namanya bacem dan juga ayam bacem. :)
    Tapi krn alasan kesehatan terpaksa ayam dibuang kulitnya, nah biar tetep gurih ayam saya istirahatkan (marinate) semalem dengan ini : 2 ketumbar, 1 jinten, 1/4 kayumanis, 1/4 kapulaga, 1 cangkir yoghurt plain. Orang bilang bubuk marinate diatas allspice. gitu mba ..... baradja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Baradja, thanks sharingnya ya.

      Wah kayanya ayamnya pasti lebih sedap kalau pakai bumbu marinate semaleman ya, hmmm cuman kayanya kalau yogurt jarang dipakai buat marinate bacem ya, mungkin bisa dicoba juga hehhehe.

      thanks ya

      Hapus
  27. Assalamualaikum mba Endang.
    Saya sudah coba, sekali masak langsung cemplungin ayam dan tempe, LUDES g bersisa,,, Setelah itu bikin lagi sekali cemplung tempe dan tahu berbarengan dan semuanya enaaaaaaaaaaaak banget, sukaaa. Makasih ya mba untuk resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba, thanks sharingnya yaa, ikutan senang resep bacemnya disuka. Tempe tahu bacem memang gak ada matinya, wakkakak

      Hapus
  28. Mba, kalo bikin bacemnya tahu tempe, tahu tempenya d goreng dulu tak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ya mba, tempe tahu mentah dipotong2 langsung masukkan saja ke air rebusan

      Hapus
  29. Udah bikin ayam bacem dengan resep mbk endang punya ini sebanyak 2 kali hahaha....sueeeeeeerrrr enaakk banget mbk. Tapi aku tambahin tahu sama tempe juga, g kalah enk juga. aku bikinnya di rice cooker mbk haha, gas di tengah jalan habis huuufftt. Dan FYI mbk tulang ayamnya nyeesss kl di mkn alias lunak banggeeett udh kayak masak di panpres aja wkwkw, super meresep dan endes lah pokoknya. Thx mbk resep bacemnya...baru pertama kali nyoba soalnya dan cucok. Lop yu mbk endang. (Nisya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nisya, thanks sharingnya ya, senang sekali resep ayam bacemnya disuka. yep memag bs sekalian ditambah tahu/tempe/telur rebus ya, jadi kumplit heheh. Mantap dah.

      thanks yaa, sukses selalu!

      Hapus
  30. Yang ini dieksekusi Minggu. . .
    Enak mba, cuma sambalnya kurang pedas.. hehehe
    Oh yaa mba, kalau giling sambal di chopper, apa perlu pakai air???
    Makasih yaa mba resepnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Risa, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. Sambalnya disesuaikan saja ya pedasnya hehheheh

      Hapus
  31. Kak, 2 potong besar lengkuas artinya ,
    2 potong utuh segede kurang lebih telapak tangan begitu ?
    Thanks bfore Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Meidy, pakai saja 2 buah lengkuas masing2 sepanjang 4 cm ya

      Hapus
  32. Enak banget, thank u suda berbagi resep yang sangat detail...
    Dan pastinya T.O.P rasa'ne..
    God bless u and ur family Kak Endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya Non Meidy, senang sekali resepnya disuka, GBU untuk Non Meidy dan keluarga yaaa

      Hapus
  33. Halo Mbak Endang, saya suka resep ini. Kangen yogya jadi terobati. Ayam goreng mbok kromo ini yg di belakang hotel ambarukmo kah mbak? Saya dulu juga suka banget makan disitu, ehh tp yg disitu namanya Pak Kromo dink..sama ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya ya mba Monik,

      tapi ini lokasinya di condong catur dekat kampus stiper kalau gak salah ya. Yep ada juga yang Pak Kromo ya di belakang ambarukmo,

      Hapus
  34. Wah makasih ya mbak jadi pengen masak terus......

    BalasHapus
  35. Mbaaakk.. saya salah satu fans nya mbak endang. Beneran bikin semangat belajar kalo abis baca baca postingan mbak. Cerita seru sama cara mbak menjelaskan saya sukaaa sekali. Jadi banyak tahu.. dan baru tau cara bersihin ayam biar baunya ilang ternyata dilulur scrub dulu pake garam yaa.. hee (ayamnya aja luluran dulu biar kece). Banyak ilmu dan manfaat yg bs saya kantongi tiap masuk sini.. makasih banyak. Moga makin sukses ya mbaak..terus share ilmunya yaa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal ya Mba Hanina, thanks sharingnya yaa senang sekali resep dan artikel JTT disuka. Sukses dan sehat selalu yaaa.

      Hapus
  36. Mbak Endang, ayam bacem ini apakah bisa dibuat dalam jumlah banyak sekaligus dan disimpan di freezer untuk sewaktu-waktu digoreng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep,, bisa banget mba Winda, saya juga suka stock banyak sekaligus untuk 1 bulan wakkakak. Pemalas banget yaa

      Hapus
  37. Halo Mbak Endang, aku praktek resep ini buat pas arisan dengan teman-teman SD. Ayamnya setelah dimasak dibakar rasanya enak mbak. Pas masak sempet ragu karena wangi jinten jadi mirip gulai. Berkat tips mbak endang cara bersihin ayam dengan garam, aku jadi ga geli lagi mba sama ayam mentah. hehehe. Next mau coba dengan ayam kampung, karena bikin kali ini pakai ayam negeri ibuku ga bisa makan, tapi beliau bilang ini ayam kayanya enak nih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Dewi, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka dan sukses dicoba. yep dengan ayam kampung pasti lebih sedap rasanya ya. ^_^

      Hapus
  38. Hai mbk endang..
    Saya penggemar resepnya mbk endang nih..
    Dah banyak yang dicontek, baru nongol sekarang hehe...
    Resepnya mangtabs semuaaa...
    Mbk mau nanya, kalo ayam bacemnya tidak digoreng tapi dipanggang diatas feflon bisa gak ya mbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba tuty, thanks ya sudah menyukai JTT.

      silahkan dicontek resepnya ya mba, dan yep ayam bacem bs dipanggang dioven/teflon atau dibakar di bara ya

      Hapus
  39. Halo mbak Endang, sdh banyak resep dr mbak endang yg sy coba termasuk ayam bacem ini, dan hasilnya mantab,,suami jarang makan di luar skrg,,terima kasih ya mbak, smg dicatat sbg amal jariyah&dibalas pahala berlipat ganda, aamiin..oh ya mbak,sy br mau blajar bikin sambal nih,biasanya hanya mengandalkan sambal botolan..di tempat sy agak sulit mendapatkan cabe keriting, ap bs dganti dg cabe merah besar yg dbuang bijinya?kalo bisa, utk resep smbal diatas pake brp cabe merah besarnya?trmksh sblumnya ya mb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba adianti, thanks sharingnya ya. senang sekali resep JTT disuka.

      Untuk sambal bs pakai cabai besar, pakai 3 atau 4 buah cabai oke kok mba,

      Hapus
  40. Mba endang pke ayam yg brp ons ya?aku pke yg 7ons kok ayamny hancur ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai ukran umum mba, 800 gram ayam s/d 1 kilo. Ayam hancur karena terlalu lama direbus, kalau ayam sudah empuk tapi air rebusan masih banyak, jangan lanjut direbus mba, angkat saja ayamnya,

      Hapus
  41. Aq ucapkan terima kasih sama mbak endang, berkat resep2 maknyus mbak endang, istri sekarang pandai masak dan suka masak. Mksh mbak endang, sukses selalu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mas Muhlisin, thanks sharingnya ya, senang sekali resep2 JTT disuka. Sukses selalu dan salam untuk Ibu Muhlisin yaa ^_^

      Hapus
  42. Hi mbak Endang, mau nanya, kalo saya goreng pake airfryer bisa ya? Jadi agak kayak dipanggang gt. Makasi mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sya belum pernah pakai air fryer mba, tapi saya rsa bs ya

      Hapus
  43. Mba endang..aku udah bikin ini. Ayam bacemnya enaaaaak bgt. Cuma penasaran sambelnya mmg ga pake bawang ya mba? Waktu bikin bbrp hari lalu aku komen disini tp ga muncul mba. Jd aku tambahin aja bawang merah 3 dan bw putih 1 hahaaa.. enaaak tp gak pedaaas huhu. Tips biar pedas gmn mba sayang? Makasih byk ya mba berjasa bgt bikin aku bisa masak enak buat suami. Makasiiiuh bgt mba. Semoga mba endang sehat selalu bahagia lahir batin dan harapan2nya diijabah Allah. Aamiin
    -Salam sayang, Famel

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba famel, thanks sharingnya ya.yep tidak pakai bawang ya mba, sejak dulu belajar bikin sambal terasi dari ibu gak pernah pakai bawang hehhehe, rasanya langu kalau pakai bawang putih.

      Hapus
  44. Thanks mbak resepnya, rasanya pas dan mantap, cuman punya saya saat direbus udah 1,5 jam airnya masi banyak ga bisa kayak punya mba endang (apa karena saya pakai panci cast iron, lumayan berat jadi penguapannya lambat ya mbak?), trs mungkin karena saya rebus terlalu lama (1,5jam karena saya tunggu kok airnya ga berkurang kurang) jadi ayam saya jadi agak sepo dan keras, gimana ya mbak Endang supaya ayamnya bisa moist gitu, trima kasih atas saranya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, ayam bacem bsicnya direbus sampai air habis dan ayam empuk, ini kalau pakai panci biasa, kalau pakai panci berbeda mungkin takaran air kudu mba kurangi supaya ayam benar2 bs direbus sampai air habis dan bumbu menempel.

      Hapus
  45. Selama ini jd sileny reader tp hobi banget nyontek resep2 mba endang,dr cookies,kari ayam (saya ganti daging),es buah,ayam hainam,brownies,dan besok aku mau eksekusi tahu tempe bacem (berhubung misua alergi ayam) huhuhu
    Blog mba endanh sangat2 brmanfaat bgt buat aku yg masi kurang paham sama step2 masakan.. hohoho.. updte truss yaa mbaaa... lovee lovee dehhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks ya sharingnya. Senang sekali resep JTT disuka, sukses selalu ya!

      Hapus
  46. Terimakasih banget mbak endang saya sbgai ibu rumah tangga yg baru sangat terbantu sama resepnya mbak endang, menginspirasi sekali bnyak tips2nya pula,,paling suka kalo suami makannya nambah2..hehe bagi resep yang lainnya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya mba Arum, senang sekali resep JTT disuka yaa, sukses selalu!

      Hapus
  47. Hallo Mbak Endang mau tanya, kalau ayam bacem dan tahu tempe bacem disimpan di kulkas dan dipacking pake zipperbag kira2 tahan berapa hari ya?makasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di chiller hanya 3 hari saja ya mba, kalau di freezer bs 1 bulan ya

      Hapus
  48. Mba Endang, air kelapa yang digunakan itu air kelapa apa ya? Air kelapa santan atau air kelapa muda?
    Terima kasih
    -Mellyana-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Melly, air kelapa tua atau muda bs ya mba, tetap enak kok

      Hapus
  49. Hai mb Endang.. resep ayam bacem ini sering saya eksekusi, menjadi nostalgia juga ketika saya dan suami masih kuliah di Yogya dan makan ayam bacem Kromo di concat Maguwo. Terimakasih ya mb...dulu sewaktu saya tinggal di Sampit saya ngidam ayam Kromo dan tidak pernah kesampaian.. Ketika hamil anak ketiga, ehemmm saya sudah tidak bingung lagi ketika ingin makan ayam bacem ala Kromo Family karena sdh ketemu JTT. Terimakasih mb...luar biasa jasa baikmu bagi ibu ibu seperti saya. Tuhan memberkatimu selalu mb....

    Eli Wiwid

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Eli, thanks sharingnya ya, senang resep bacemnya disuka.Wah ayam kromo di maguwo itu juga fav saya, mantap yaa hehehehe

      Hapus
  50. Saya baru buat resep ini tadi malam. Karena tidak punya air kelapa saya gunakan minuman segar air kelapa merk hydrocxxx. Karena rasa minumannya sudah manis, porsi gula saya kurangi dan porsi garam saya tambahkan. Duh enak banget. Manis legit. Walaupun penampakan ayam kurang cantik karena rada hancur tapi soal rasa beuh... mantap. Apalagi dicocol sambel. Nambah terus tuh nasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah,yep, kadang saya pakai juga minuman air kelapa itu untuk masakan yang membutuhka air kelapa, sama enaknya. Behhh jadi pengen ayam bacem dengan sambal terasi goreng.

      thanks sharingnya Bunda Ghania, sukses yaaa

      Hapus
  51. Halo mbak Endang, apa kabar? ��. Ini resep favorit saya mbak.. Seneng banget. Makasih yaaa... Oiya, kalo saya mau buat 20 pcs paha ayam maryland kira2 resep nya dikali berapa ya mbak? Matur nuwun ������

    Dila

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Dila, kabar saya baik mba, thanks ya.

      untuk 20 pc paha mungkin bumbu kali 1 1/2 saja ya. sukses yaa

      Hapus
  52. Halo mba endang. Salam kenal saya fela. Mau ngucapin makasih banget ke mba endang super duper keren kece banget. Saya ga pernah yang namanya masuk dapur. Begitu nikah langsung diboyong suami pindah ke jogja dan pisah sama ibu saya. Jadi ga sempet yang namanya belajar masak, step stepnya seperti apa, takarannya seberapa.
    Awal nikah masakan ga karu-karuan rasanya. Acak kadut lah pokoknya. Karena belum nemu situs ini. Tapi begitu ketemu resepnya mba endang ya ampun mbaaa. Yang tadinya rasanya acak kadut ga karuan jadi top markotop de best pokoknya. Suami pun suka banget. Aku udah nyoba ayam woku, tongseng kambingnya, soto lamongannya, tom yamnya, dll. Banyak pokoknya resep yang aku contek. Hehehehe...
    Nah.. Barusan aku coba resep ayam bacem ini mba. Mau nanya kok rasanya kurang meresap ke daging ayamnya ya mba? Padahal apinya sudah kecil. Apa karena masih kurang lama mba atau karena aku ga pake air kelapa mba (kebetulan memang tadi ga nemu air kelapa)? Trus warnaku ga secoklat gelap kayak yang di fotonya mba endang. Feelingku si kayaknya kurang gula. Bener ga mba??
    Maaf ya mba malah jadi curcol ke mba endang dan jadi panjang commentnya. Selanjutnya aku pengen nyobain resep ayam tulang lunaknya mba. Doain yaaa mbaa semoga suksess

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga Mba Fela, thanks ya sudah menyukai JTT. Air kelapa sangat penting di masakan bacem mba, sangat berpengaruh di rasa. Merebus bacem harus lama supaya bs meresap sampai ke dalam ya.

      Hapus
  53. Hii mb endang. Utk pemakaian gula merahnya pakai yg coklat pekat atau biasa? Sy hny pny coklat pekat yg rasanya bnr2 manis dan malah jd gelap ayamnya kalau dpakai trll byk. Istilahnya gula batok klo di palembang. Thanks mb endang for sharing..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pkai gula merah apapun oke ya, gula batok malah bagus mba. Saya pakai gula merah biasa warna kecoklatan

      Hapus
  54. Halo Mbak Endang,,,baru comment nih,,,selama ini jadi silent reader terus,,,,hehe..
    makasih banget mbak buat semua resep yang ada di JTT ini,,,apalagi resep ayam bacemnya yang super mantep banget,,,sampe2 saya coba buat lauk acara pengajian di rumah dan hasilnya bikin semangat buat nyoba resep lainnya.... -Shinta_

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Shinta, thanks sharingnya ya mba, senang resep JTT disuka ya. sukses selalu!

      Hapus
  55. Assalamualaikum mba Endang,sy suci di Purwokerto.sy tau blog ini Dr Kaka sy Lilis di Bekasi,makasih bgt udh diksh tau blog ini sangat bermanfaat.sy prnh jualan ayam bacem resep mba Endang ini di halal festival food lho,makasih banyak ya mba Endang ilmu gratisannya.semoga Allah membalas yg lebih lebih buat mba.udh setahun sy nyoba resep2 mba,dan akhirnya sy komen jg.karna rasa penasaran sy haha.mba pake ayam yg 1ekor brp kilo ya?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. 1 ekor ayam sedang mba, kurang tahu berapa kilo itu ya hehehhe

      Hapus
  56. Assalamu'alykum mb endang, terima kasih banyak sharing resepnya mb, setelah banyak kali mencoba resep online, baru kali ini rasanya nendang banget, jadi seneng dan pengen mencoba resep lainnya dari JTT :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walikumsalam Mba Hepy, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  57. Hi Mba Endang, terimakasih share nya ya.
    Baru mau nyoba nih ayam bacemnta hari ini. Kalau pake panci presto semua bumbu + air kelapa langsung cemplungin ke pancinya ya mba? Tanpa tambahan air mineral lagi?
    (Alia)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mb Alia, kalau pakai presto pastikan semua bahan terendam air, kalau kurang tmbah air biasa saja.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...