22 Juli 2011

Sup Pedas Sawi Putih dengan Daging Sapi


Sup Pedas Sawi Putih dengan Daging Sapi JTT

Pedas, segar, gurih. Tiga hal yang saya suka dari semangkuk hidangan berkuah nan panas yang disebut sup. Jika sedang kumat malas memasak maka hidangan seperti inilah yang menjadi alternatif saya. Tidak ada yang lebih praktis dari ini, bayangkan saja, lauk dan sayur dalam satu belanga? Saya bahkan telah mengembangkan keahlian menciptakan masakan setipe dengan aneka lauk dan sayur yang bisa dikombinasikan dan dimodifikasi. Mulai dari ikan, seafood, ayam, tahu-tempe dan kali ini daging. Rasanya lezat lho. Bumbunya mirip-mirip dengan sayur asam Jawa, berbeda dengan sayur asam Jakarta yang bumbunya dihaluskan sehingga kuahnya berwarna merah membara, maka sayur asam khas Jawa bumbunya cukup diiris saja sehingga tercipta rasa yang lebih ringan.

Sup Pedas Sawi Putih dengan Daging Sapi JTT
Sup Pedas Sawi Putih dengan Daging Sapi JTT

Agar cepat matang maka iris daging setipis mungkin sehingga tidak memakan waktu lama untuk membuatnya empuk. Sayuran dan aneka bumbu cukup dipotong dan diiris dengan ukuran sesuai selera, rebus dalam panci. Jangan merebus sayur terlalu lama, paling lezat saat setengah matang sehingga masih crispy dan crunchy ketika dikunyah. Sebaiknya kuah tidak perlu banyak-banyak, seperlunya saja agar tidak terbuang sehingga vitamin-vitamin yang larut di air rebusan bisa ikut termakan. Hidangan ini sedap dimakan selagi panas dengan nasi atau disantap begitu saja. Yummy! 

Berikut resepnya ya.

Sup Pedas Sawi Putih dengan Daging Sapi JTT


Sup Asam Pedas Sawi Putih dengan Daging Sapi
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 3 porsi 

Bahan:
- 150 gram daging sapi, iris tipis-tipis
- 6 lembar sawi putih, potong masing-masing sepanjang 3 cm
- 1 liter air 
- 2 batang daun bawang, rajang kasar
- 1 butir tomat merah belah 6

Bumbu:
- 5 butir bawang merah, iris tipis
- 3 butir bawang putih, cincang halus
- 100 ml air asam Jawa dari 1 bongkah asam
- 3 butir cabai merah keriting belah dua memanjang
- 4 butir cabai rawit hijau, belah dua
- 2 batang serai, pipihkan
- 3 lembar daun salam
- 2 ruas lengkuas, pipihkan
- 1/2 sendok makan garam
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan kecap asin
- 1/2 sendok makan kecap manis

Cara membuat:

Sup Pedas Sawi Putih dengan Daging Sapi JTT
Sup Pedas Sawi Putih dengan Daging Sapi JTT

Siapkan panci, masukkan air dan rebus hingga mendidih. Masukkan irisan daging sapi, rebus hingga empuk, buang kotoran yang mengapung di permukaan kuah dengan sendok sayur hingga kuah bersih.

Masukkan salam, serai, lengkuas, cabai dan bawang. Masak hingga bumbu mengeluarkan bau yang harum, tambahkan garam, gula, kecap dan air asam. Masak hingga mendidih. 

Sup Pedas Sawi Putih dengan Daging Sapi JTT

Masukkan sayur sawi putih, aduk-aduk dan masak hingga sayur layu dan matang. Jangan berlebihan merebus agar sayur masih terasa crispy.

Sup Pedas Sawi Putih dengan Daging Sapi JTT

Tambahkan tomat dan daun bawang, aduk sebentar.  Angkat, cicipi rasanya dan hidangkan panas-panas. Enjoy!




11 komentar:

  1. mbak... makasi ya resepnya, kemarin nyoban resep ini ...buat newbe dalam dunia permasakan seperti saya, web ini sangat membantu ... mbak boleh ijin copy resepnya aku taruh di blog aku gak mb... dengan kusertai link ini ...

    kemarin sawinya ragu udah mateng apa blm jadi kelamaan masaknya hasilnya malah layu... jd tampilannya gak secantik ini ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halu Mba, silahkan dicopy resepnya dan di share di blog, senang kalau resepnya berguna buat lainnya. Newbie gak masalah Mba, asalkan mau ditekuni dan dipraktekkan pasti lama2 oke kok hehheheh.

      sawi putih jangan dimasak terlalu lama, lebih baik setengah matang saja, saya sering makan mentah untuk salad loh hehhehhe

      Hapus
  2. Aju matsida! Langsung saya coba ya. Tapi kalau ditambah sama wortel bisa gak ya? Nanti kesannya rasa sup buntut asam pedas, cocok tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke2 saja kok kalau pakai wortel hehheh tergantung selera saja ^_^

      Hapus
  3. Hai mbak Endang, kalo asamnya diganti belimbing wuluh/belimbing sayur bisa nggak ya? Di belakang rumah ibu saya ada pohon belimbing wuluh, jadi kalo bikin sayur asem ato asem-asem tinggal memetik buahnya. Hihihi... (baca: males beli asam jawa :P )

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba yuyun, yeppp bisa banget ya mba, rasanya sedap kalau pakai belimbig sayur, jadi monggo diganti yaa

      Hapus
  4. Mba kl daging sapinya diganti ayam bisa g mba?

    BalasHapus
  5. Mbak, makasih resepnya.
    Aku coba dan suamiku suka banget. Rasa baru yang belum pernah dicoba, katanya. Kayaknya aku bakal pake semua resep2 dari mbak nih... Suka banget, takarannya juga pas...

    BalasHapus
  6. Mba.. 1 bongkah asam itu sebungkus yg ukuran brpa ya kira2.. saya hampir tiap hari pakai resep mba endang, tp sk bingung utk takaran asamnya.. klo blh saran untuk takaran asam lbh mudah pakai ukuran sendok mba.. 100 ml air asam dr 2 sendok makan gt misalnya mba.. btw terimakasih mba resep2nya banyak nyelametin saya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai saja sekitar 2 - 3 sdm air asam jawa mba, atau tergantung tingkat asam yang diinginkan saja. ini resep tahun 2011 mba, setelah itu lebih banyak penyesuaian resepnya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...