31 May 2013

Fantastic Ice Cream: Homemade ice cream yang super duper mudah!


Jika anda mengikuti resep demi resep yang pernah saya posting sebelumnya, atau anda iseng-iseng mencari resep es krim yang mudah dan lezat di JTT - mudah disini berarti tidak menggunakan ice cream maker untuk membuat tekstur es krim se-yummy Haagen Dazs atau Baskin Robbins - maka anda tentu ingat dengan satu resep es krim yang pernah saya tampilkan sebelumnya yaitu es krim mangga. Nah jika anda belum pernah membacanya, maka dengan senang hati saya bersedia berbagi link-nya. Silahkan klik di link di sini ya. Di artikel tersebut saya menjelaskan step by step proses pembuatan es krim dengan rasa mangga tanpa menggunakan alat pembuat es (ice cream maker) sama sekali, yang anda perlukan hanyalah mengocok krim kental hingga mengembang, mencampurnya dengan puree mangga dan susu kental manis, bekukan di freezer. Simsalabim! Es krim lezat dengan mudah hadir di rumah anda. 


Tapi ternyata ceritanya tidak berhenti sampai disitu, karena kemudian banyak yang protes ke saya, mulai dari krim kental yang tak kunjung mengembang saat dikocok, krim yang pecah karena over mixing, hingga krim yang sulit di cari di supermarket apalagi bagi mereka yang tinggal jauh dari kota dan yang terakhir adalah krim yang mengandung kalori tinggi. Semua benar, semua tidak bisa disalahkan dan semua mengandung unsur krim. So, bagaimana jika kali ini saya tawarkan ke anda membuat es krim lezat, kali ini tanpa ice cream maker, tanpa krim kental, tanpa repot dan jauh lebih, lebih sehat? Anda berminat? Yuk lanjut! ^_^


Peanut Butter Banana Ice Cream

Jika saja saya tahu resep es krim ini sejak dahulu kala maka besar kemungkinan saya tidak pernah membeli es krim lagi selama-lamanya. Lebay.com memang, tetapi resep kali ini memang ajaib dan sangat mudah. Bahan utama yang anda butuhkan hanyalah pisang. Ehem, tidak salah dengar kan ya? Pisang? Yep! Buah yang murah meriah harganya di pasar ini (akan lebih murah jika anda membelinya di pasar tradisional) ternyata ketika di bekukan dan dihaluskan dengan blender atau food processor maka akan berubah menjadi adonan yang pekat dan kental, mirip seperti tekstur es krim. Bekukan di freezer maka si bubur pisang akan berubah menjadi es krim pisang yang super laziz hanya dari satu bahan saja, pisang. 

Bagaimana jika ditambahkan bahan perasa lainnya seperti coklat, stroberi, kiwi, selai kacang, atau kayu manis? Bekukan di freezer selama semalam maka anda telah berhasil menciptakan es krim lezat sebagaimana yang dijual di luar dengan aneka rasa yang disesuaikan dengan selera anda atau krucil-krucil di rumah. Teksturnya padat, lembut, lumer di mulut dan walau rasa pisangnya masih ada itupun  'hampir' tak terasa. Saya sampai berjingkrak sendiri ketika pagi ini saya iseng menyuapkan sesendok es krim pisang dengan peanut butter yang saya buat semalam. Fantastis!

Double Chocolate & Peanut Butter

Pisang apapun sebenarnya bisa anda gunakan, hanya saran saya pilihlah pisang dengan tekstur lembut dan rasanya benar-benar manis agar es krim anda maksimal rasanya dan tidak ada rasa jejak asam di sana. Jenis pisang Ambon, Raja, Cavendish, Barangan bisa anda pergunakan. Pilih pisang yang matangnya maksimal namun tidak terlalu lembek. Kupas pisang dan potong-potong melintang hingga berbentuk seperti koin, masukkan potongan pisang ke wadah dan bekukan di freezer hingga keras. Sebenarnya waktu 2 atau 3 jam sudah cukup untuk membuatnya beku, namun saya membiarkannya selama semalam. Irisan pisang beku ini lantas saya masukkan ke dalam blender, anda bisa menggunakan food processor untuk menghaluskannya. Jika anda menggunakan blender, pastikan blender anda mampu bergerak untuk mencacah pisang, karena kita tidak menggunakan air sama sekali untuk memperlancar proses. Jika pisau blender sulit berputar, tekan pulse beberapa kali, dan aduk-aduk pisang dengan spatula untuk memudahkan mesin bekerja. Haluskan pisang hingga benar-benar smooth baru anda tambahkan semua bahan lainnya.


Banana Strawberry Ice Cream

Di bawah ini saya sertakan beberapa resep yang bisa anda buat untuk menghasilkan es krim aneka rasa. Jika anda menggunakan buah-buahan seperti stroberi, kiwi, mangga, atau nangka maka pastikan semua potongan buah ini dalam kondisi beku  kemudian proses bersama pisang hingga halus. Bahan perasa lainnya yang bisa anda gunakan adalah coklat bubuk, kayu manis, dan vanila. Jika anda menggunakan choco chips atau cincangan coklat blok maka masukkan ketika semua bahan telah dihaluskan dan aduk rata dengan spatula agar potongan coklat masih berbentuk utuh. Oke, oke, saya tahu, sepertinya anda sudah tidak sabar untuk melihat resep dan proses pembuatannya kan sebagaimana saya yang sudah tidak sabar menantikan tibanya weekend ini untuk membuat segentong es krim bagi krucil-krucil kecil keponakan saya yang maniak berat dengan makanan dingin dan yummy ini. 

Berikut resep dan prosesnya ya! ^_^  


Fantastic Homemade Ice Cream
Resep diadaptasikan dari theKitchn - Magic One Ingredient Ice Cream 5 Ways: Peanut Butter, Nutella, and More

Peanut Butter Banana Ice Cream 

Bahan:
- 4 buah pisang (berat sekitar 300 gram). Kupas dan iris seperti koin. Pilih yang matang tetapi tidak terlalu lembek (saya pakai pisang Ambon), bekukan hingga keras
- 5 sendok makan selai kacang (peanut butter), resep homemade-nya klik disini.
- 2 sendok makan madu (bisa diganti dengan sirup vanila)
- 1 sendok teh vanila ekstrak (optional)

Strawberry Banana Ice Cream

Bahan:
- 4 buah pisang, kupas dan iris seperti koin, bekukan hingga keras
- 200 gram strawberry, buang tangkainya dan belah menjadi dua bagian, bekukan hingga keras
- 3 sendok makan susu bubuk (bisa diganti dengan susu kental manis atau krim kental)
- 2 sendok makan madu (bisa diganti dengan sirup vanila)
- 1 sendok teh vanila ekstrak (optional)

Double Chocolate Banana Ice Cream

Bahan: 
- 4 buah pisang, kupas dan iris seperti koin, bekukan hingga keras
- 3 sendok makan coklat bubuk
- 3 sendok makan susu bubuk  (bisa diganti dengan susu kental manis atau krim kental)
- 2 sendok makan choco chips (optional)
- 1/2 sendok teh vanila ekstrak (optional)
- 2 sendok makan madu (bisa diganti dengan sirup vanila)

Cara membuat:

Proses Dasar



Siapkan pisang, pilih yang matang maksimal tetapi tidak lembek. Usahakan gunakan pisang yang benar-benar manis rasanya. Kupas kulitnya dan potong-potong melintang seperti koin. Masukkan pisang dalam wadah (tupperware atau kantung plastik), bekukan pisang di dalam freezer hingga benar-benar beku. 

Membuat Peanut Butter Banana Ice Cream
 

Siapkan food processor atau blender dengan mesin motor yang kuat. Masukkan pisang beku, tekan pulse beberapa kali hingga pisang tercacah, kemudian proses pisang hingga halus. Tambahkan selai kacang, madu dan vanila ekstrak. Proses hingga benar-benar halus.

Note: Jika mesin sulit berputar, hentikan dulu dan aduk-aduk adonan dengan spatula baru kemudian proses dilanjutkan.

Masukkan es krim ke dalam wadah rapat, simpan di freezer hingga beku. Saya menyimpannya selama semalam untuk menghasilkan es krim yang benar-benar keras.

Membuat Strawberry Banana Ice Cream



Siapkan food processor atau blender dengan mesin motor yang kuat. Masukkan pisang beku, tekan pulse beberapa kali hingga pisang tercacah, kemudian proses pisang hingga halus. Tambahkan potongan stroberi beku, susu bubuk, madu dan vanila ekstrak. Proses hingga benar-benar halus. 


Note: Jika mesin sulit berputar, hentikan dulu dan aduk-aduk adonan dengan spatula baru kemudian proses dilanjutkan.  

Masukkan es krim ke dalam wadah rapat, simpan di freezer hingga beku. Saya menyimpannya selama semalam untuk menghasilkan es krim yang benar-benar keras.

Membuat Double Chocolate Banana Ice Cream



Siapkan food processor atau blender dengan mesin motor yang kuat. Masukkan pisang beku, tekan pulse beberapa kali hingga pisang tercacah, kemudian proses pisang hingga halus. Tambahkan susu bubuk, madu dan vanila ekstrak. Proses hingga benar-benar halus. 

Note: Jika mesin sulit berputar, hentikan dulu dan aduk-aduk adonan dengan spatula baru kemudian proses dilanjutkan. 

Masukkan choco chips, aduk-aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Tuangkan es krim ke dalam wadah rapat, simpan di freezer hingga beku. Saya menyimpannya selama semalam untuk menghasilkan es krim yang benar-benar keras.

Siap disantap! Yummy!!! ^_^

Source:
Web theKitchn - Magic One Ingredient Ice Cream 5 Ways: Peanut Butter, Nutella, and More 

152 comments:

  1. waaah..makasiih resepnya ya mb endang... fantastis pas banget namanya..sangat simple murah mudah ga pake bahan yg ribet bener2 jempoool nih resepnya...jd pengen nyobaaa nih...^_^

    *jadi inget waktu dikampungnya suami, ada yg bikin es krim kampung jadi pisang ambon dipotong 2, ditusuk pake bambu kecil buat stiknya, trs dicelupin coklat leleh terus di frezer itu aku cobain pas digigit jg rasanya kok mirip es krim beneran ya hehe..namanya es krim kampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Fitri, yep gampang banget Mba, saya juga sampai takjub wakakkak. Thanks sharingnya ya! Moga suka ^_^

      Delete
  2. i love you mbak Endang....*pelukpeluk*

    ReplyDelete
  3. waaahhhh....asik nih gak pake krim-kriman... secara dikotaku gak ada yg jual krim, fresh cream dkk... :D

    *meluncur cari pisang \^o^/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Fitria, yep yang ini cuman perlu pisang dan dimana2 ada buah pisang. Monggo dicoba ^_^

      Delete
  4. Pangeran seneng bgt duren, mdh2n suka dengan varian duren dibikin es krim ya.. tengkiu mba endang.. i lop yu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bisa dicoba itu Mba, duren kan aromanya keras ya jadi saya rasa aroma dan rasa pisang akan hilang tak terdeteksi hehehe

      Delete
  5. aku lg cr2 resep eskrim..eh..nemu di sini... muachkasih mbak endang... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mba Mimie, sip, silahkan dicoba, moga suka ya.

      Delete
  6. akhirnya yg ku tunggu muncul jg resep ice cream nya.. Muantafff.. Thx yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba Jeng, buat krucil di rumah, sehat dan mudah wakakak

      Delete
  7. salam mbak ending...

    wah kayaknya mudah sekali yaa...musti segera dicoba nih..
    mbak, nanti es krimnya kayak yg smoothie gitu ya? kalo pengen yang susunya kerasa banget, apa susu bubuknya ditambah?

    makasih mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Mba Noor, kalau dalam kondisi setelah diblender memang mirip smoothie ya, tapi kalau dibekukan akan keras seperti es krim. Susu bubuk bisa diganti SKM untuk rasa lebih nendang, takaran diseusaikan saja ya Mba.

      Kalau menurut saya kok enakan dimakan langsung habis di blender ya, saat kondisi masih lembek, lebih freshh

      Delete
  8. wawwwww....
    sesuai sama namanya "Fantastic Ice Cream"
    makasih mb Endang sudah maU berbaGi.... :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Meity, silahkan dicoba moga suka ya.

      Delete
  9. Mbak
    sirup vanila itu seperti apa?kl ga ada apa bisa skm yg ditambah dgn ukuran yg sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sirup Marjan kayanya ada yang rasa vanila, warnanya kuning keemasan dan aroma vanila, bisa ganti SKM saja, untuk takaran disesuaikan saja Mba, kalau mau manis dan milky tentunta lebih banyak takarannya

      Delete
  10. salam kenal mbak endang!
    terus nulis resep ya.. suka deh sama resep2nya :)

    littlecupcak.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai MBa Anita, thanks ya. Sukses selalu ya! ^_^

      Delete
  11. Hai mba endang,lam kenal ya...aku lagi experimen resep mba nih,cake yg di kukus..tapi masih dalam dandang kukusan nih,masalah nya timbangan ku rusak,jadi cuma ngira" aja..moga hasil nya tetep uenak..makasih ya mba resep nya..moga sukses terusss mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, gimana hasilnya? Sukses kah? Resep cake kukus yang mana ya Mba? Pensaran hehehhe

      Delete
  12. pisangnya ga boleh yang terlalu lembek ya mba? berarti hrs beli pisang nih, yg di rumah cuma ada pisang kematangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisang matang yang jelas Mba, tapi jangan terlalu matang sampai lonyot ya.

      Delete
  13. Kmrn pas d kamar mandi sy ada niatan kirim email mbak endang request ice cream homemade... Eeeehhh email sy yg bunyi duluan kan JTT posting ice cream.. Mbak endang mmg luaaaaarrr biasanya :–)
    Matur suwun mbaaakk.. Kiss2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Shinta, menurut saya pakai buah2an lebih yummy dibandingkan hanya coklat dan peanut butter, lebih seger

      Delete
  14. thank u resep mudh dan sehatnyaa mba..
    tp aq punya nya byk coklat blok sisa bkin kue, bisa ga mba kalo coklt bbuk ny diskip n ganti yg blok? n gmn caranya? makaciii... :D

    salam masak sllu ^_^9
    Arlynn_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Arlynn, saya belum pernah coba pakai coklat blok, mungkin bisa pakai coklat blok dilelehkan dan diaduk bersama adonan pisang. Atau dicincang dan digunakan sebgaai pengganti choco chips, atau kolabirasi keduanya

      Delete
  15. Mbak ud be2rp resep dr blok ini yg tak coba:ketoprak, homemade nugget ayam n wortel, homemade selai kacang, banana bread, ikan lempah kuning, dll (maaf kl namany ad yg salah) n hasilny nyamnyam..enak..rencana hour ni m nyoba resep ini doakan diriku berhasil ya..soalny blenderku blender lama hik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba,thanks sharingnya ya. Saya rasa bisa kok, walau pakai blender lama ^_^

      Delete
  16. Mbaaak, tengkiuu buat resep sehatnya (again)..tanya donk blendernya merk apa Mba?

    Sari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Sari, yang ini saya pakai Mitzui Mba, merk Korea hehehe

      Delete
  17. Mbak kalau yg pake Nutela gimana?
    Tq,Reinnitha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti pakai selai kacang ya, cuman selai kacang diganti sama Nutella

      Delete
  18. mbk endang@jika bkn eskrim apa bhan lain susu kental, selai kcang, coklat apa hrus dibekukan dulu kaya pisangnya. Terimakash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu Mba, hanya pisang dan buah2an saja ya.

      Delete
  19. Mbak, teksturnya gmn? Apakah sperti ice cream atau lebih lembek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tekstur seperti ice cream tetapi tidak terlalu meleleh seperti ice cream karena bahan dasar pisang ya, kalau ice cream kan bahan dasarnya susu jadi kalau meleleh ya menjadi cair. menurut saya yang stroberi yang enak, yang lainya masih terasa pisang

      Delete
    2. hai mbak saya udah cobain resep mbak ini tapi setelah jadi keras lagi kaya batu dari freezer.. dan setelah saya lelehkan sebentar di chiller jadinya berpasir texturnya
      apa memang saya salah komposisi takaranya ya mbak...he he maklum lagi belajar...
      srie..

      Delete
    3. mbak texturnya kok keras kaya batu lagi ya abis dari freezer setelah didiamkan sebentar di chiller barulah bisa di keruk tapi seperti berpasir teksturnya apa memang begitu?
      srie..

      Delete
    4. Hai Mba, untuk yang rasa coklat dan peanut butter memang keras kalau beku ya, sebaiknya ditaruh bentar di chiller agar sedikit lembek. kalau untuk yang stroberi nggak terlalu keras. Kalau teksturnya berpasir nggak Mba, teksturnya padat ya tapi nggak berpasir. Pastikan bahannya dihaluskan hingga benar2 halus ya.

      Delete
  20. Mb Endang, makasih resep homemade icecream....saya langsung beli pisang n bikin...banana peaunut butter honey ice cream hmm......yummm!!
    Juga saya bikin banana strawberry honey icecream.....tapi agak kecut alias asam walaupun lezat, ini krn strawberry nya asam banget, gimana ya mengatasi strawberry yg asam? Apa baiknya dimasak dlm air gula dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Mba Etty, sip, thanks sharingnya ya heheheh. Untuk stroberi memang kudu tambah gula cair mba atau sirup supaya gak terlalu asam ya. saya lebih suka yang stroberi karena lebih mudah meleleh seperti es krim yag terbuat dari susu/krim kental hehehhe

      Delete
  21. mbaaak...aduuuh resepnya ok ok bngt. Aku yg tdnya kurang berminat baking (karena sering berakhir dgn kegagalan...hahaha) wuiih skrg paling dikit seminggu 1-2x bkn kue dr resep mbak...anak & suami jd sering dibawain bekal kue yg katanya...uenaaak. Tiap hari ngintipin blognya mbak, dibaca mulai dr pengantarnya yg suka bikin senyum2..hihihi. Ini mau coba ice creamnya..smoga berhasil... Tks bngt ya mb sdh berbagi ilmu...

    ~sri han~

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Mba Sri, thanks ya, senang bisa berbagi dan menyenangkan orang lain. silahkan dicoba resepya Mba, moga suka ya. Salam buat keluarga, sukses selalu! ^_^

      Delete
  22. mba endang.. aku udh praktekin resep ini.. ice cream banana mango..enak..
    tq..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sedap tuh pakai mangga, gud idea ^_^

      Delete
    2. mba kay boelh tau resepnya yg manggo ap perludi bekukan juga ato g?

      Delete
  23. wah ajaib ya mbakk kpn2 nyoba ah di rumah. kirain pake yg eskrim bubuk instan itu :p. niceeee post ><b

    11daisy.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Desi, sip, thanks ya. silahkan dicoba, moga suka ya ^-^

      Delete
  24. MBak Endang, aku juga udah nyobain yg ini : yg Choco. Enak dan mudah banget! Aku pakai pisang Ambon, lalu susu bubuk aku ganti SKM dan dosisnya ditambah, demi menutupi rasa pisang :D Anakku gak suka pisang soalnya. Namunnnn, rupanya masih terasa pisangnya, hehehe. Apa ada saran utk jenis pisang, yg tdk terlalu kerasa rasanya? Tx!

    ReplyDelete
  25. Mbak Endang, salam kenal.
    Iya nih Mbak, gimana cara menutupi rasa dan bau pisang ya? hiks.... Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, pakai stroberi dan buah2an, rasa stroberi yang asam menutup rasa dan aroma pisang. Untuk es krim diatas fav saya stroberi. Saya rasa kiwi juga enak ya.

      Delete
  26. Bunda, boleh sharing beli blender mitzui dmn? Blender saya skrg krg oke, tekstur eskrimnya ga halus. Makasihhh bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak tolong sharing blender mitzui sama food procesor yg dipake donk. Saya juga lagi nyari yang multifungsi dan awet dipakai.
      Mama saya ada pake food procesor merk fissler, awet, hasil memuaskan tp harganya juga berasa :)
      Tq - Reinnitha

      Delete
    2. hai Mba, saya belum jadi Bunda ya wakakkakak. Panggil saja endang, saya beli Mitzui di Mall Kelapa Gading ya, memang blender ini motornya kuat jadi bisa digunakan untuk menggiling macem2 hingga smooth. Saya beli harganya sekitar 2 jutaan, beberapa bulan lalu. Bedanya dengan food processor, kalau blender nggak bisa rajang ya hanya menghaluskan, kalau food processor bisa keduanya (menghaluskan dan merajang) hanya saja hasil gilingan food processor tidak se-smooth Mitzui. Contohnya di selai kacang, saya bikin pakai food pro, masih kasar.

      Saya food pro pakai Phillips, harganya sekitar 1 jutaan, banyak di jual di mall dan supermarket.

      Delete
  27. Vanila ekstraknya kalo di skip boleh nggak mbak? Apakah akan berpengaruh?

    ReplyDelete
  28. mbak vanila ektrak klo dgnti pke vanili bubuk bs gak?takarannya brp ya?hehehehe..
    thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ya, pakai dikit saja, 1/4 takaran vanila ekstrak. Vanila bubuk kalau kebanyakan suka pahit rasanya.

      Delete
  29. Ice cream dari pisang?
    Tar kalau kelamaan diluar freezer apa tidak berubah jadi bubur pisang nich?
    Namun boleh juga tuch dicoba...
    Makasih telah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, pasti berubah tapi saya rasa jadinya seperti smoothie pisang ya. Tetap enak kok

      Delete
  30. hai mbaaaa .mba luar biasa sdh memotivasi saya untuk slalu mencoba resep2 mkanan yg mudah dan enak..aslinya aq ga bs masak..tp pas googling liat web mba,,,jd semangat masak dan suamiku jd tmbah sayangg sama aq..walau aq br nikah,,aq doain smoga mba slalu sehat ..murah rejeki dan panjang umur,,krn mba sdh memberikan hal yg bermanfaat buat org lainn..big thanks ya sist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, wah saya ikutan senang resep2nya disuka ya. saya rasa jika ada niat, usaha dan sedikit nekat semua orang bisa masak, hanya perlu jam terbang saja heheheh. sip, silahkan dicoba resep2nya Mba, tetap semangat memasak ya. Sukses selalu ^_^

      Delete
  31. haloo mb. thanks ya..resepnya...ini yang aku cari..pengen sgr praktekin buat 2 krucilku...
    kmrn aku baru punya food processor...klo mau buat es krim..pakai alat yang mana ya mb. buat muternya..

    mohon bantuannya..terimakasih
    wiwik jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mba Wiwik, saya selalu pakai pisau untuk proses semua makanan yang saya buat, yang plastik itu untuk menguleni, tapi saya gak pernah pakai hehehhe

      Delete
  32. dear sis endang

    sebagai silent reader, jadi tertarik komentar waktu melihat resep ini. karena saya sudah mempraktekkannya sendiri. cuma saya lebih sederhana, cuma pake pisang dan milo.

    saya jg memakai blender mitzui, dan kayanya udah beberapa tahun punyanya, disayang2 (karena mahal) tapi emang motornya kuat banget, bisa menghancurkan esbatu juga.

    terus update blognya ya sis.

    Lydia

    ReplyDelete
  33. Udah coba, anakqu suka banget. Tq mb resepnya :)

    ReplyDelete
  34. hai mba Endaaaaang ^_^ kayanya mba Endang masih liburan nih...saya lg ngebekuin pisang nih...doain ya mba...moga berhasil...heehee..tapi saya dpt pisangnya sunpride...berhasil ga yaaa besok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dita, wah liburannya sudah usai cuman mood ngeblognya gak mau datang hahahah. Pakai pisang sunpride oke juga kok. Btw, es krimnya kalau sudah jadi bisa juga dibikin smoothie pisang, saya blender dengan tambahan air, wah yummy!

      Delete
  35. hebat mb endang... ini memenuhi 4 syarat utama makanan (selain halal) buat ibu minimalis ky saya: sehat, enak, gampang, murah. setelah siomay dan bakso ayam ala mb endang yg selama ini jd langganan stok di freezer, mungkin es krim pisang bakal gabung jadi 3 besar. kemarin sy sengaja beli tepung frozen yoghurt instan krn ada pisang2 terlantar di rumah, feeling aja bakal cocok. beneran, volume jd banyak, tekstur es krim banget, rasa malah jd kaya es krim keju. sekarang nemu resep ini tmbah semangat mau bikin es krim pisang asli ky resep mb endang. green tea dan stroberi oke kyknya ya :)
    btw reputasi pisang trnyata bagus banget ya (one of the world's most nutritious food ktnya)

    http://www.naturalnews.com/034151_bananas_nutrition_facts.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Mba, coba juga nugget ayamnya tuh, mantap juga dan bisa buat stock di freezer hehehe. wah saya belum tahu tepung frozen yogurt instan, keknya seru juga tuh. yep pisang memang bagus banget, kandungan potassium dan magnesiumnya tinggi, gud buat cewek wakakkak.

      thanks sharingnya ya! sukses selalu ^_^

      Delete
  36. Mba mau nanya nih.
    Bagaimana cara membuat tekstur es krim yg lebih creamy spt ice cream yg dijual di pasaran? apa perlu bahan tambahan lain?
    Saya sudah coba resepnya untuk yg stroberi dan setelah saya keluarkan dari freezer hasilnya ko beku banget yah kek es loli tanpa tekstur creamy spt es krim di pasaran tapi untuk soal rasa..yummm love it...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Pauline, untuk es krim diatas tidak akan se creamy es krim yang dijual, karena minus krim kental dan susu. namanya juga es krim alternatif dan murah meriah yaaaa. Es krim yang dijual biasanya menambahkan kuning telur dan krim kental. Mungkin resep es krim dengan krim kental ini bisa membantu: http://www.justtryandtaste.com/2011/11/es-krim-mangga.html

      buahnya bisa pakai yang lain.

      Delete
  37. pas banget lagi mau nyoba bikin es krim sendiri, syukur2 nti klo rasanya enak dan bisa dijual :D

    tapi saya adanya blender doang, kira2 kuat gak ya buat nge-blend adonannya? kayaknya gampang banget dan adonannya gak neko2 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, untuk resep diatas menurut saya yang paling enak jika pisang campur buah lainnya seperti stroberi atu kiwi, supaya tekstur es nya gak keras. Dan pastikan adonan benar2 smooth ya, memang pakai blender yang kuat akan menghasilkan adonan yang lebih oke. Moga suka ya ^_^

      Delete
  38. siang mbak endang....

    mo nanya nih, yg d maksud ice cream maker d atas itu apa cuman food processor atau blender itu sendiri, atau menggunakan pembuat ice cream macam cuisinart? mohon penjelasannya

    beda step/langkah pake ice cream maker macam cuisinart itu dgn hnya pake blender apa sih mbak? kok hasil jadinya isa beda bgt keknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, ice cream maker adalah alat pembuat ice cream yang bisa melakukan proses churning (merubah es menjadi lembut). resep diatas adalah salah satu cara kalau kita ingin membuat es krim di rumah tapi tidak punya ice cream maker.

      Hasilnya tentu saja tidak bisa disamakan. Es krim diatas kompoisinya buah sehingga tastedan teksturnya tidak bisa disamakan dengan es krim normal. Banyak yang bilang pisang banget atau keras banget. Menurut saya wajar.

      Es krim sendiri terbuat dari krim, susu, kuning telur, gula, jus buah. Diproses dengan mesin, menghasilkan es krim yang lembut.

      jangan disamakan proses diatas dengan menggunakan ice cream maker, sangat berbeda.

      Delete
  39. Salam kenal Mbak Endang. Aku lagi nyoba resep ini nih. Udah semalaman bekuin pisang kok gak keras2 ya pisangnya. malah bunga es di freezer yang nambah banyak, hihihi. kayaknya mesti sabar nunggu pisangnya beku nih. padahal udah pengen banget nyobain es krim bikinan sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mba Dhani, wah kenapa ya, padahal saya sering bekuin pisang utuh dan cepat banget bekunya ya. Nggak usah sampai beku juga gak papa Mba, jadi setengah beku saja langsung di blender. Moga berhasil ya.

      Delete
    2. berhasil mbak. kayaknya kulkasku kepenuhan isi jadi kurang dingin :p tapi berhasil kok. jingkrak2. aku bikin rasa coklat sama rasa mangga. yummy banget. ga cepet eneg kayak kalo makan es krim yang beli2 itu, heheheh. thanks banget resepnya. oiya, aku juga udah cobain resep kleponnya. langsung ludes :)

      Delete
    3. Hai Mba Dhani, waah mantappp, jadi bisa sering2 makan es krim sehat ya, thanks sharingnya ya Mba ^_^

      Delete
  40. hai mba,
    semalem nyoba bikin , campuran nya pake oreo, lagi suka nge-mix pake oreo karena baca artikel ini mba :
    http://food.detik.com/read/2013/10/08/090417/2380864/297/1/yuk-bikin-nasi-dan-lolipop-enak-dari-biskuit-oreo#bigpic

    ntar pulang kerja baru di cek berhasil apa engga , pas di cicpin sih enak :-)
    thx resep nya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, pakai oreo lezat juga kok Mba, thanks sharingnya ya ^_^

      Delete
  41. Mbak Endang, kemarin saya coba buat es krimnya, tapi kok saat memblendernya susah sekali ya. apa harus pake food processor? saya pake blender philips.

    Food processor itu gimana yaa? apa bedanya dgn blender. trus yg bagus merekx apa? maaf yaa mbak saya kebanyakan pertanyaanx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai blender biasa memang susah Mba, kebetulan saya pakai blender yang powernya kuat, atau pakai gelas blender kecil saja yang untuk biji2an ya, atau dry mill,

      pakai food pro juga bisa, saya pakainya merk phillips ya.

      Delete
  42. hai mbak endang,,aku kmren cri2 resep bkin bakso ayam n Alhamdulillah mmpir ksni n skrng aku jdi ur fans mbak,, hihih,,


    aku udh brpa kli nyoba bkin eskrim ini mbak, spy brasa creamy, aku ksih susu ultra sesuai rasa yg aku bkin mbak,,
    tekstur nya kyak eskrim bnget mbak,,smpe adek n kponakan lgsung abis skli sikat,,

    mksh sharing ilmu nya mbak,,

    ReplyDelete
  43. Yaaaaaaauuuu mantap. Baca blog ini seneng banget. Udah nyoba cake brokoli bit wortel ternyata anakku tdk tertipu. Tapi mau coba yg pisang ini....... pisang ambon atau sunpride..... jempol dua buat mba endang yg mau berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakkak, tapi masih mau makan gak Mba Tesa? Silahkan dicoba ya, moga suka ^_-^

      Delete
  44. makasih mbak resepnya, bisa buat referensi ngisi liburan ;)

    ReplyDelete
  45. hai mbak....saya sudah coba....tapi blender saya gak mau muter karena pisangnya keras...akhirnya....tunggu pisangnya lembek lagi baru deh diblender+bahanllainnya n masukin freezer...saya buat rasa stroberi n coklat...anak2 paling suka rasa coklat....pertanyaannya : ngaruh ke hasil ga mbak kalo ngalusin pisangnya pas lembek/gak usah dibekukan dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kayanya bisa ya, setelah dihaluskan baru dibekukan ke freezer., saya belum pernah coba, hanya saja seharusnya sama ya.

      Delete
  46. siang mbak , skm itu apa ya ?:) hehe.. tq buat infonya

    ReplyDelete
  47. Replies
    1. Sayangnya resep ice cream ini kudu pakai pisang ya Mba. Kalau skip pisang dan pakai buah berarti sorbet namanya,
      ini contoh resepnya: http://www.justtryandtaste.com/2013/07/kiwi-sorbet-tanpa-mesin-pembuat-ice.html

      Delete
  48. mba kalo untuk rasanya menggunakan jus, bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tapi mungkin nanti teksturnya jadi seperti sorbet ya, lebih kasar dan kristal

      Delete
  49. hai mbak,lagi kena demam resep JTT Nich hehehe
    resep nya sdh banyak yg aq coba,apalagi aneka sambel dan ikannya atep bangetsss.................
    sekarang lagi pingin nyoba sorbet dan ice krimnya,semoga berhasil
    salam kenal ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba, salam kenal. Thanks sharingnya, moga sukses sorbet dan ice creamnya ya. Senang resep2 di JTT disuka ^_^

      Delete
  50. mbak endang, terima kasih atas resepnya sangat menginspirasi..
    mbak kalao ga pake pengawet seperti ini es krim bisa tahan berapa hari mbak?
    terima kasih dan salam sukses selalu yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba, thanks sharingnya ya. untuk es krim bisa tahan 1 bulan lamanya di freezer kok, bisa juga dibentuk menjadi es potong, es kantong atau masukkan ke cetakan lolipop ya.

      Delete
  51. mba endaaang makasih yaa.. aku dpt resep dari mba endang dari blog-nya temenku. baru nyobain yg double choco, sempet kesulitan wkt ngeblend pisang di awalnya. (blenderku yg kebalik itu lah tutupnya)..

    tapi pas udah jadi adonannya, moiiisst bangett,,,, lembuuut enaaak..aku sampai jilat2-in..

    semoga aja anakku suka ya (kayaknya si suka) scr dia banana hater, tapi klo bentuknya spt ini kayaknya bakal suka banget.. makasih ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooow Mba Restu, thanks sharingnya yaa, semoga juniornya suka dengan es krim pisangnya ya. Sebaiknya dimakan saat es tidak terlalu keras jadi agak setengah meleleh ya, menurut saya lebih enak hehehe

      Delete
  52. Halo Mb Endang,aku dah coba resepnya,enak...cuma mang bau pisangnya rada mengganggu. Kalo pisang diganti dengan alpukat bisa ga?secara tekstur alpukat n pisang hampir sama. Makasih mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bau dan terasa pisang, secara memang dari pisang yaaa, namanya juga es krim alternatif hehehe. bisa pakai alpukat tetapi biasanya alpukat suka pahit kalau dibekukan.

      Delete
  53. Halo Mbak Endang!!! (Teriak girang)....aku suka bgt sama blog Mbak. Udah resepnya banyak yang mudah dipraktekin (dan enak tentunya) buat pemula kayak saya,tips,trik,foto,n cara buatnya juga luengkap bgt.

    Aku pertama coba resep cake tape kukus,abis tu klo kepengen cari resep apa,pasti yang pertama dibuka blognya Mbak Endang.

    Barusan aku coba resep es krim ini,enak...teksturnya lembut bgt. Cuma mang aroma pisangnya aduhai kemana-mana. Aku mo tanya,klo pisang diganti dengan alpukat bisa ga Mbak? Secara teksturnya hampir sama, tapi aromanya ga setajem pisang. Makasi Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, thanks sharingnya ya, pisang bisa diganti alpukat hanya saja alpukat biasanya suka pahit kalau dibekukan ya dan sulit untuk diberi aneka rasa, karena rasanya ya alpukat hehehe. tapi silahkan dicoba ya.

      Delete
  54. Pisang... Jadi Es krim???
    Waaaaaw... Baru tau nih...
    Mba endang emang paling bisa deh...
    Mba, minta resep es krim jadi pisang dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakka, yang itu susaaaah, lagian namanya juga es krim jadi2an maka rasanya ya tetap pisang huaaaa

      Delete
  55. Maaf mbak...
    sya kan nyoba kmrin, sya sdh diamkan 18 jam tapi kok blum beku juga ya???
    minta masukannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba, wah saya terus terang belum pernah ketemu kasus seperti ini, makanan apapun masuk freeezer pasti beku loh. coba cek freezernya mungkin kurang dingin

      Delete
  56. Salam,mau tanya nih untuk yg rasa coklat kalau bahannya g pake susu bubuk bisa g?soalnya menyusui baby nya alergi susu sapi,hehehe

    ReplyDelete
  57. hai mba... suka banget deh resep2nya.... mo tanya mba, klo eskrim pisang ini ditambahin pake jagung manis kira-kira jadi gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, bisa2 saja, nah soal rasa saya kembalikan ke selera masing2 yaaa

      Delete
  58. mbak, kalo pake pisang raja gimana? hehehe..

    ReplyDelete
  59. aku udah nyobain mbak. pake pisang raja. enyaaaaakkkkk!! ponakan2 doyan banget. thanks for sharing mbaaaaak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Almas, thanks ya Mba, senang resep ice creamnya disuka ya!

      Delete
  60. Hai mba endang, aku udh coba bikin eskrim yg double chocolate aku tambahin coklat bubuk juga n chocochip, rasanya enaaaakkk.. makasih ya mba :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, mantap! Pasti lebih enaakkkk ya hehehhe

      Delete
  61. mbak ini es krimnya bisa tahan berapa hari ya?

    ReplyDelete
  62. Mbaa kemaren aku habis bikin es krimnya,, buahnya cuma pisang sm jeruk (krn ga ada buah di rumah) hasilnya rasanya asam2 gt, es krimnya lembut tapi ga selembut es krim yg dijual hehe, tapi ga keras. Enak mba cm bau pisangnya ga ilang2 :| makasih ya mbaa jadi ketagihan mau bikin yang lain ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Anggun, yep memang tidak selembut es krim umumnya ya, karena ini kan es krim alternatif hehehe. Dan karena bahan dasar pisang maka pasti rasa pisang dominan ya. Thanks sharingnya yaaa

      Delete
  63. Hai mba endang....Thanks for sharing this amazing recipe.. I had tried this recipe.. and voillaa.... I never imagine it's turn so delicious... yumm..yumm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Nimade, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. ^_^

      Delete
  64. mau coba ah.... tanx for blog yg menginspirasi nya...

    ReplyDelete
  65. Selamat pagi! Semalam bikin yg peanut dan choco, sekarang masih di freezer. Rasa pisang memang kuat, tapi saya suka, sampai jilatin telunjuk sblm cuci food pro-nya. Enak! Lain kali akan coba strawberry/kiwi, penasaran seberapa kuat rasa pisangnya. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba sisca, pakai mangga juga maknyus dan kurangi takaran pisangnya, kayanya kalau buahnya creamy dan lunak enak2 saja sebagai pengganti pisang ya

      Delete
    2. Komentar teman2 yg saya kasih icip seragam "pisang banget". Ada yg kurang suka (krn gak begitu suka pisang dari sononya), ada yg suka. Saya sendiri suka banget. Ya, lain kali coba dg strawberry/kiwi/mangga. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
    3. Mbak, Minggu pagi saya bikin dg tambahan strawberry. Memang rasa pisangnya masih ada, tapi ringan. Tapi kalo soal tekstur, rasa coklat/selai kacang lebih lembut ya. Sama dg mbak, favorit saya yg rasa strawberry sejauh ini. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete
    4. Hai Mba Sisca, yepp setuju Mba, saya paling suka yang stroberi karena ada rasa asam2nya ya. thanks sharingnya ya Mba ^_^

      Delete
  66. nice info mbak, jadi g perlu mesin pembuat es krim buat bikinnya. mudah dan praktis

    ReplyDelete
  67. besok bikin ah.... kebetulan bahannya punya, kecuali pisang... ahahha... pengen bikin yang choco...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak, aku bikin yang coco, tp kok masih ada rasa pisang2nya ya? coklat bubuk, aku pake bendsdrop, apa seharusnya pakai susu coklat? aku blg kurang nyoklat... apa mungkin seleraku yang emang prefer dark utk coklat... tp enak mba... thanks ya resepnyaaa... seneng banget, ga pake krim2an... biar ga genduts... LOL

      Delete
    2. hai mba, memang untuk rasa pisang gak bisa hilang ya, namanya juga berbahan dasar pisang. Mungkin bisa ditambahkan porsi coklatnya, kalau pakai dark coklat leleh takutnya saat beku jadi keras banget es krimnya. saya belum pernah coba pakai DCC ya

      Delete
  68. mbak, makasih resepnya..kmrn aku coba pake pisang ijo+mangga, tp kok warnanya cepet jd coklat, jd gak cantik lagi. klo pake pisang ambon warnanya gak berubah coklat ya mbak? gmn ya biar warna pisang gak berubah coklat..
    oya klo pingin bikin sorbet berbahan dasar melon, semangka ato buah lain yg lebih juicy perlu ditambahin apa ya biar lebih creamy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Riska, sepertinya tergantung campuran pisang yang digunakan. Semua pisang memang akan berubah coklat kalau diproses dan terkena udara, dan buah mangga juga memberikan efek kecoklatan yang sama. karena itu untuk es krim ini sebaiknya dicampur dengan coklat bubuk, peanut butter atau stroberi supaya warna coklat [isang tertutup.

      untuk sorbet sebaiknya memang menggunakan buah yang teksturnya creamy seperti mangga, strobery atau alpukat. Saya biasanya pakai krim kental supaya lebih halus teksturnya ya

      Delete
  69. Asikkkk segera dicoba resepnya neh mbak makasih ya :)

    ReplyDelete
  70. I loveee it..fantastic simple recipe..worth to try..muaaachh deh bwt mb endang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp, thanks yaaa, senang sekali resepnya disuka ^_^

      Delete
  71. Mbk saya mau tanya bagaimana hasil es krimnya lembut apa kasar mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasilnya lembut ya, hanya saja keras dan tidak mudah meleleh selayakya es krim umumnya, plus rasanya pisang banget ya wkaakka

      Delete
  72. Hai mba endang,,sukak bgt ama resep2 di jtt,,kmrn bikin sup kepala salmon bener2 mantaaf,,#lebay hehehe
    Harus dicoba niy resep es krimnya,,berhubung krucil2 disini pd suka es krim tp ga suka buah,,mudah2an langsung pd doyaan,,Tq y mba endang resep2nya,,*big hug*

    Wiken-jkt

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Wiken, thanks sharingnya ya Mba, senang sekali resep JTT disuka yaa. moga2 krucil2 suka dengan es krim terselubungnya hehehe

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...